HOME

09 Maret, 2022

Imam Al-Daruquthni

 

    A.       Biografi al-Daruquthni.[1]

Beliau adalah al-Imam al-Hafidz, Amir al-Mu’minin dalam Hadis. Ali bin Umar bin Ahmad bin Mahdi bin Mas’ud bin Nu’man bin Dinar bin Abdullah, Abu al-Hasan al-Daruquthni[2]Al-Shafi’i.[3]lahir 5 Dzulqa’dah 306H. di kota Daruquthni Bagdad. Dan wafat pada bulan Dzulqa’dah tahun 385H.dimakamkan di “Bab ad-Diyar”, dekat dengan makam Syaikh Ma’ruf al-Karkhi.[4]

    B.       Pendidikan.

Keinginannya mencari ilmu sudah ada padanya sejak muda, dan beliau punya perhatian besar pada Hadis juga ilmu Hadis. Beliau berkumpul dengan memasuki kumpulan ulama sedang umur beliau belum 10 tahun, beliau berjalan dibelakang orang yang haus akan ilmu, sedang ditangannya adonan roti dan bumbu.dan ketika dilarang masuk beliau duduk dipintu dan menangis.[5]dari kecil beliau terkenal dengan hafalan yang kuat dan pemahaman yang dalam. diceritakan : ketika  al-Daruquthni mendengarkan Hadis di majelisnya Ismail Al-Shofar, sedang dia dalam keadaan menulis, kemudian salah satu orang yang hadir berkata; riwayatmu tidak sah. Karna kamu dalam keadaan menulis Daruquthni menjawab : pemahamanku berbeda dengan kalian. Dikatakan lagi; berapa Hadis yang sudah guru diktekan sampai sekarang kemudian Daruquthni menyebutkan seluruh Hadis lengkap dengan sanadnya. Sehingga membuat kagum orang yang hadir.[6]

Bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu sehinga menjadi yang terdepan. Yang tiada tandingan pada masanya, menjadi imam dalam periwayatan Hadis, penyusun kitab al-Ilal dan Jarh wa al-Ta’dil, paling bagusnya susunan, luasnya periwayatan, dan sempurna dalam telaah pembahasan Hadis. Disertai sifat jujur, dapat dipercaya, faqih, berwibawa, mempunyai i’tiqad yang lurus dan madzhab yang benar.[7] Tertancap dalam hatinya pengetahuan tentang Hadis dan ilmu Ilal al-Hadis , sehingga menjadi yang terbaik dalam hal tersebut.[8] Beliau menaruh perhatian besar dalam  belajar Qira’ah, sanad diambilnya dengan hafalan juga sima’an dari Muhammad bin an-Naqasy dan Ali bin Said al-Qazaz dan yang lain. Sehingga beliau menguasai dalam bidang ini, sehingga orang-orang berkata : al-Daruqutni adalah seorang Qari’ kota ini. Sehingga beliau menulis sebuah kitab dalam masalah Qira’ah yang menjadi rujukan para Qari’ setelah beliau.[9]

Diceritakan bahwa al-Daruqutni berkata; saya dan al-Kattani sama-sama belajar Hadis, sehingga orang-orang berkata Kattani adalah seorang Muhaddith kota ini, dan al Daruquthni adalah Qari’kota ini, dan kenyataannya saya seorang Muhaddith dan al-Kattani seorang Qari’.[10]

Beliau juga ahli fiqih Mazhab Shafi’i,yang diambilnya dari Abi Said al-Asytukhri.[11]Ada yang mengatakan dari temanya.[12]Beliau mahir dalam masalah Ikhtilaf dalam madhab Syafi’i, seperti yang dikatakan oleh al-Khatib; kitab as-Sunan karya al-Daraqutni dalam bidang fiqih adalah menunjukkan bahwa beliau mempunyai perhatian besar terhadap ilmu fiqih.[13]Disamping itu ilmu ini menuntut dalam penguasaan ilmu Nahwu, Bahasa dan Shi’ir.

    C.       Pengembaraannya

Perjalanan beliau dalam mencari sanad diantaranya adalah Kufah, Bashrah, Wasith, Tannis, Syam, Mesir, dan kota Makkah di sana beliau belajar dan mengajar.[14]

    D.       Guru-guru al-Daruqutni.

Dalam mencari ilmu beliau tidak terbatas pada siapapun, guru-guru beliau yang menjadi perawi dalam kitab Al-Ilalnya kurang lebih dua ratus guru, diantaranya adalah :[15]

1.    Ibrahim bin al-Hasan al-Qarmisini (w 358 H)

2.    Ibrahim bin Hammad bin Ishaq, Abu Ishaq al-Azdi (W.323 H)

3.    Ahmad bin Ishaq bin Bahlul, Abu Jakfar al-Qadli (W.318 H)

4.    Ahmad bin Abbas bin Ahmad, Abu Al Hasan Al-Baghawi (W.322 H)

5.    Ahmad bin Abdillah bin Muhammad, Abu Bakar Wakil Abi al-S{ahrah (325 H).

6.    Ahmad bin Isa as-Sakin bin Fairuz, Abu al-Abbas as-Syaibani (W.323 H).

7.    Ahmad bin Muhamad bin Said, Abu Al-Abbas, Ibn Uqdah (W.332 H)

8.    Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin Ziad, Abu Sahl Al-Qattan (W.350 H).

9.    Ahmad bin Nasr bin T{alib Al-Hafiz (W.323 H).

10.     Ismail bin Muhammad bin Ismail Al-Shofar (W.341 H).

 

    E.       Murid-Murid Beliau

Banyak dari golongan hufadz dan fuqaha yang berguru pada beliau diantaranya adalah sebagai berikut :[16]

1.      Ahmad bin Abdullah bin Ahmad, Abu Nuaim Al-Asbihani (W.9430 H)

2.      Ahmad bin Muhamad bin Ghalib, Abu Bakar al-Barquni (W.425 H)

3.      Tamam bin muhammad bin Ubaidilllah bin Ja’far ar-Razi (W.414 H)

4.      Hamzah bin Muhamad bin T{ahir bin Yunus, Abu T{ahir al-Daqaq(w.424 H)

5.      Hamzah bin Yusuf bin Musa, Abu Al Qasim Al-Sahmi (427 H)

6.      Al-Hasan bin Ali bin Muhammad bin al Hasan bin Abdullah, Abu Muhammad Al-Jauhari (454 H)

 

    F.        Komentar Para Ulama Terhadap al-Daruquthni.

Al-hakim berkata: al-Daraqutni adalah satu-satu ulama yang Hafiz dan Wara’ pada masanya, Imam dalam Qira’ah dan Ilmu Nahwu. selama 4 bulan tinggal di Bagdad, Al-Hakim banyak mendapati gelar-gelar yang disifati oleh orang-orang terhadap beliau. Al hakim bertanya tentang ilmu Ilal Al-Hadis dan masalah perowi, ditangannya karya yang membahas panjang lebar masalah itu. Sehingga Al-Hakim menyaksikan bahwa Al-Daruqtni adalah seorang ilmuan yang tidak tergantikan.[17]

Abdul Ghoni al-Azdi berkata : tidak ada yang lebih bagus dalam membahas Hadis dan ilmu Ilal al-Hadis kecuali tiga orang : Ali bin al-Madini, Musa bin Harun dan Ali bin Umar ad-Daruqutni.[18]al-Azhari berkata; al-Daruqutni sangat antusias ketika membahas tentang suatu ilmu.[19]Al-Salami berkata; saya bersaksi demi Allah bahwa tidak ada yang sepadan diatas bumi ini dengan al-Daraqutni, dia tidak tergantikan oleh siapapun baik kalangan sahabat, tabiin, ataupun orang-orang setelah mereka.[20]

Al-Khotib berkata; al-Daruqutni tiada tandingan pada masanya, menjadi muara dalam ilmu Hadis dan ilmu Ilal al-Hadis, dan Jarah wa at-ta’dil. Disertai sifat jujur, dapat dipercaya, Faqih, berwibawa, mempunyai I’tiqad yang lurus dan Madzhab yang benar dan perhatiannya pada ilmu lain selain ilmu Hadis.[21] Ibn Al-Jauzi berkata; al-Daruqutni adalah seorang imam pada masanya, Terkumpul dalam dirinya ilmu Hadis, pengetahuan tentang para rawi dan Ilal Al-Hadith. pengetahuan tantang Qira’ah, Ilmu Nahwu, Ilmu Fiqih, Shi’ir, dapat dipercaya, berwibawa, dan lurusnya Aqidah.[22]Ibn Ashakir berkata; dia al-Hafiz terdepan di masanya.[23]berpendapat yang sama Ibn Kholikan, dan Ad-Dhahabi.[24] Ibn Kathir berkata; al-Daruqutni adalah al-Hafiz yang agung, paling bagus dalam pemikiran dan penta’lilan, imam pada masanya dalam hal parawi, amanah, thiqah adalah diterima saksinya, lurus i’tiqat dan Mazhab-nya, luas ilmunya tentang ilal al-hadits. Luasnya riwayat hadits dan sempurnanya dalam pembahasan hadits dirayah.[25]

    G.           Karya-Karyanya.

Beliau mempunyai banyak karangan dalam beberapa cabang disiplin ilmu, seperti ilmu Hadis, Asma al-Rijal, dan Qira’at, yang jumalahnya mencapai delapan puluh kitab. Diantara karya-karyanya tersebut adalah:[26]

1.      AHadis Al-Sifat

2.      Ahdith Al-Nuzul

3.      al-Afrad

4.      al-Zamat.

5.      al-Tatabu’.

6.      al-Ruwiyah.

7.      Sualat al-Barquni li al-Daruquthni.

8.      Sualat al-Hakim li Ad-Daruqutni.

9.      Sualat as-Salami li ad-Daruqutni.

10.  Sualat Al-Sahmi.

11.  al-Sunan.

12.  al-Duafa’ wa al-Matrukun.

13.  al-Ilalal-Waridah fi al-AHadis an-Nabawiyah.

14.  GhoroibMalik.

15.  al-Mu’talif wa al-Mukhtalif fi Asma ar-Rijal.

Baca artikel tentang Hadis lainya :


[1]Muqaddimah Al-Ilal, 1, 9

[2] Ad-daraqutni adalah penisbatan pada sebuah kota di baghdad, lihat Al-Ansab,5,275

[3] Ahmad bin Ali Abu Bakar al-Khatib al-Baghdadi, Tarikh Baghdad (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah,tt),12,34, Siyara A’lam An-Nubala’ 10,259, At-Tadzkirah 3,991, Tabaqat Syafi’i Qubra., jilid 2,310

[4] Terjadi perbedaan penetuan hari dan tanggal, lihat tarikh bagdad, 12,40. Wafayat al-a’yan, 3,298. Siyaru A’lam an-Nubala’,10,261. At-Tadzkirah, 3,995. Bidayat wa an-Nihayah, 11,317.  Ibn Shalah, Thabaqat al-Fuqaha’ as-Syafi’iyah,(Beirut : Dar al-Basyair al-Islamiyah, 1992) 2,616-617

[5] Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin Utsman ad-Dhahabi, Siyaru A’lam An-Nubala’ (Lebanon: Dar al-Kutub al-Ilmiyah),10,260

[6]Al-Ilal Wa Ajnasuha,213. Dinukil dari aL-Khatib dalam tarikhnya., 12,63.

[7]Ahmad bin ali abu bakar al-khatib al-baghdadi, Tarikh Baghdad (Beirut:Dar al-Kutub al-Ilmiyah,tt),12,36-37

[8] Seperti banyak penilaian ulama bahwa kitab al-Ilal karya ad-Daruqutni adalah yang paling sempurna.

[9] Al-Khatib, Tarikh Bagdad, 12,34-35

[10]Muqaddimah al-ilal, 11. Dinukil dari al-Munaddlom, 7,184

[11] Al-Khatib, Tarikh bagdad., 7,268-270

[12]  Ibid., jilid12,34-35

[13]  At tadzkirah,., 3,1135

[14]Muqaddimah al-Ilal,1, 11

[15] Ibid.,1,12

[16]Muqaddimah al-Ilal, 1,13

[17] Tarikh dimsyiq, 12,240, Muhammad bin ahmad bin Utsman ad-Dzahabi, Tadzkirah Al-Hufadz (Beirut : Dar al-Kutub al-Ilmiyah,1998)., 3,132

[18] Muqaddimah al-Ilal al-Hadis li al-Daruqutni, jilid 1,9

[19]al-Khatib, Tarikh Baghdad (Beirut:Dar al-Kutub al-Ilmiyah,tt).12,36

[20]Ad-Dzahabi, Siyaru A’lam An-Nubala’ (Beirut: Da<r al-Kutub al-Ilmiyah, 2004).10,261

[21]Tarikh bagdad., jilid12,36-37

[22] Muqaddimah al-Ilal lial-Daruqutni, 1,16

[23]Tarikh Dimsyiq.,12,2,240

[24]Tadzkirah.,3,991. Dia adalah ahmad bin Muhammad bin Ibrahim (w.681H) lihat Syadarat Ad Dzahab. 5,371

[25] Abu al-fida’ ismail bin umar bin katsir al-qursyi ad-Dimsyiqi, al-Bidayah wa an-Nihayah ( t.tp : Dar ihya’ at-turats al-arabiyah,1988)., 11,317

[26]Muqaddimah al-Ilal, 25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH HADIST TENTANG HIJAB

  A.   Latar Belakang Telah disepakati oleh seluruh umat Islam bahwa al-Qur’an menjadi pedoman hidup baik tentang syariah maupun dalam keh...