HOME

25 Maret, 2022

Mengenal Kitab Tafsir Al-Qurtubi

 

1.      Nama dan Latar Belakang Penulisan

Tafsir al-Qurtubi merupakan salah satu kitab tafsir terkemuka. Nama lengkap dari tafsir tersebut adalah al-Jami’ li Ahkam al-Quran wa al-Mubayyin lima Tadammanathu min al-Sunnah wa Ahkam al-Furqan.[1]

Adapun tujuan dan latar belakang penulisan kitab ini sebagaimana disampaikan oleh pengarangnya sendiri dalam muqaddimahnya bisa diuraikan sebagai berikut: [2]

a.       adalah  untuk mengabdikan diri kepada alquran karena alquran adalah jaminan bagi seluruh ilmu syariat (agama).

b.      Menjawab terhadap para ahli bid’ah dan sesat

c.       Sebagai pengingat bagi pengarang, dan sebagai bekal kelak setelah beliau wafat

 

2.      Metode Penafsiran yang digunakan dalam kitab Tafsir al-Qurtubi

Sebelum memulai menfsirkan alquran, Al-Qurtubi terlebih dahulu memberikan pendahuluan dalam kitabnya. Dimana dalam pendahuluan tersebut beliau menjelaskan tentang tujuan dan latar belakang penulisan serta penamaan kitab tafsirnya.

Tidak cukup hanya itu, beliau juga masih memberikan tambahan tentang hal-hal yang berkenaan dengan alquran dan ilmu tafsir seperti tentang keutamaan alquran, tata cara belajar dan memahami alquran dan sunnah, keutamaan tafsir dan ahli tafsir,  sejarah penulisan alquran, urutan surat dalam alquran, dan lain sebaginya.  

Lebih lanjut untuk memahami Metode Penafsiran yang digunakan Al-Qurtubi  dalam kitab Tafsirnya bisa dilihat dari beberapa segi yang penulis ambil dari buku Memahami Alquran, Perspektif Baru Metodologi Tafsir Muqarin karya Prof. Dr. H. M. Ridlwan Nasir, MA. Sebagaimana berikut :[3]

a)      Dari segi Sumbernya

Dalam menafsirkan ayat ayat al-Qur'an terdapat tiga sumber yaitu :

-          Bi al-Ma'thur, maksudnya adalah menafsirkan ayat ayat al-Qur'an yang didasarkan atas sumber alquran dan al-Sunnah , riwayat sahabat dan tabi’in\

-          Bi al-Ra'yi, yaitu menafsirkan ayat ayat al-Qur'an dengan didasarkan pada sumber ijtihad dan pemikiran mufassir

-          Bi al-Iqtiran, yaitu memadukan antara al-Naql dengan al-Ra'yi

Adapun sumber al-Qurt|ubi dalam menafsirkan ayat ayat al-Qura'an adalah dengan cara Iqtiran yaitu memadukan antara al-Naql dan al-Ra'yi.

b)      Dari segi cara penjelasannya

Dalam masalah ini terdapat dua cara untuk menjelaskan ayat ayat al-Qur'an yaitu:

1.      Muqarin / komparasi, maksudnya adalah menjelaskan ayat-ayat al-Quran dengan acara membandingkan ayat dengan ayat, ayat dengan hadis, dan antara pendapat mufassir lain.

2.      Bayani, maksudnya adalah menjelaskan ayat ayat al-Qur'an hanya dengan memberikan keterangan secara deskripsi tanpa melakukan perbandingan dan penilain (tarjih).

Adapun cara penjelasan al-Qurtubi dalam menafsirkan ayat ayat al-Qur'an adalah dengan menggunakan cara yang pertama, yaitu Muqarin.

c)      Dari segi Keluasan penjelasan Tafsirnyanya

Dalam hal ini ada dua macam metode yaitu:

1.      Ijmali, yaitu ayat-ayat al-Qur'an dijelaskan dengan pengertian-pengertian garis besarnya saja.

2.      Itnabi / Tafsili, yaitu menjelaskan ayat ayat al-Qur'an secara detail atau dengan rinci.

Adapun dalam masalah ini al-Qurtubi menggunakan cara yang kedua, yaitu Tafsili, maksudnya adalah menjelaskan ayat ayat al-Qur'an secara detail atau dengan rinci

d)     Dari segi sasaran dan tertib ayat yang ditafsirkan

Dalam hal ini terdapat tiga metode sebagai berikut:

1.      Tahlili yaitu penyusunan kitab tafsir dengan berpedoman pada urutan susunan ayat-ayat dan surat-surat dalam mushaf.

2.      Nuzuli yaitu dalam menafsirkan al-Qur'an berdasarkan kronologis turunnya surat-surat al-Qur'an.

3.      Maudu’i yaitu menfsirkan al-Qur'an dengan cara mengumpulkan ayat mengenai satu judul atau topik tertentu dengan memperhatikan asbabun nuzul ayat, dan mempelajarinya secara cermat dan mendalam, serta memperhatikan hubungan ayat yang satu dengan yang lain.

Al-Qurtubi dalam menulis kitab tafsirnya memulai dari surat al-Fatihah dan diakhiri dengan surat al-Nas, dengan demikian ia memakai sistematika mushafi atau tahlili, yaitu dalam menafsirkan al-Qur'an sesuai dengan urutan ayat dan surat yang terdapat dalam mushaf

3.      Kecenderungan / aliran penafsiran al-Qurtubi

Terdapat delapan macam corak / aliran / kecenderungan penafsiran sebagaimana berikut:[4]

1.      Adabi

2.       Fiqhi

3.      Sufi

4.      Falsafi

5.      Ijtima’i.

6.      'Asri

7.      I'tiqadi

Dari delapan aliran terssebut diatas tafsir karya al-Qurtubi masuk kedalam tafsir yang bercorak Fiqhi sehingga sering disebut sebagai tafsir ahkam dan juga bealiran lughawi karena juga sering menjelaskan tafsir alquran dari segi bahasa. Karena dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur'an lebih banyak dikaitkan dengan persoalan-persoalan hukum.


Baca artikel lain yang berkaitan;

DAFTAR PUSTAKA

Dhahabi (al), Muhammad Husein, al-Tafsir wa al-Mufassirun, juz 2,  Kairo: Maktabah Wahbah, 2000.

Fahd ibn Abd al-Rahman ibn Sulaiman al-Rumi, Usul al-Tafsir wa Manahijuhu, tt: Maktabah al-Taubah, 1419 H.           

H.M. Ridlwan Nasir, Memahami Alquran Perspektif Baru Metodologi Tafsir Muqarin, Surabaya: cv. Indra Media, 2003.

Salman, Mashur Hasan Mahmud, Al-Imam al-Qurtbi Shaikh Aimmah al-Tafsir , Damaskus: Dar al-Qalam, 1993.

Qurtubi (al), Muhammad ibn Ahmad ibn Abi Bakr, al-Jami’ li Ahkam al-Quran, Beirut: Muassasah ak-Risalah, 2006.


[1] al-Dhahabi, al-Tafsir wa al-Mufassirun, 337.

[2] al-Qurtubi, al-Jami’ li Ahkam al-Quran, 7-8

[3] H.M. Ridlwan Nasir, Memahami Alquran Perspektif Baru Metodologi Tafsir Muqarin (Surabaya: cv. Indra Media, 2003), 14-17

[4] Ridlwan Nasir, Memahami Alquran, 18-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...