HOME

02 April, 2022

Hadis Tentang Berbuat Adil Terhadap Anak

 

2447 -حدثنا حامد بن عمر حدثنا أبو عوانة عن حصين عن عامر قال سمعت النعمان بن بشير رضي الله عنهما وهو على المنبر يقول

 :أعطاني أبي عطية فقالت عمرة بنت رواحة لا أرضى حتى تشهد رسول الله صلى الله عليه و سلم فأتى رسول الله صلى الله عليه و سلم فقال إني أعطيت ابني من عمرة بنت رواحة عطية فأمرتني أن أشهدك يا رسول الله قال ( أعطيت سائر ولدك مثل هذا ) . قال لا قال ( فاتقوا الله واعدلوا بين أولادكم ) . قال فرجع فرد عطيته

Hadis riwayat dari Nu‘man binBashir r.a. dia berkata : “saya telah diberi sesuatu pemberian oleh ayah saya, tetapi (ibu saya) Amrah binti Rawahah tidak merestuinya, sehingga (pemberian itu) dipersaksikan kepada Rasulullah saw. Kemudian (ayah saya) datang menghadap kepada Rasulullah saw. Dan berkata : sesungguhnya saya telah memberi anak saya yang dari Amrah binti Rawahah ini sesuatu pemberian. Dia Amrah meminta saya untuk mempersaksikan pemberian tersebut di hadapan anda ya Rasulullah. Beliau menjawab: apakah kamu memberi semua anak kamu seperti yang kamu berikan pada anakmu ini. Dia menjawab: tidak. Beliau bersabda: bertakwalah kamu kepada Allah swt. Dan berbuat adillah terhadap anak-anakmu.

Nu’man berkata: maka dia (ayah saya) pulang dan menarik(membatalkan) pemberiannya.[1]

Bersikap adil merupakan salah satu ajaran Islam, termasuk orang tua terhadap anaknya, maka cukup dengan pemahaman tekstual hadis tersebut menunjukkan salah satu ajaran Islam yang bersifat universal.[2]Untuk sifat keadilannya ulama berbeda pendapat, ada yang mengatakan sama dengan pemberian waris yaitu anak laki-laki mendapatkan dua bagian dari perempuan, pendapat lain mengatakan harus sama.[3]


BACA ARTIKEL LAIN YANG BERKAITAN:


[1]Muhammad b, Ismail Al-Bukhari, Sahih Bukhari. (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah,2008)2, 90.

[2]Ismail, Suhudi. Hadis Tektual dan Kontekstual. (Jakarta: Bulan Bintang, 1994). 27-28

[3] Ibnu Hajar, Fath Al-Bari, bab Hibah li al-Walad, Fath al-Bari, Beirut: Dar Ma‘rifah, 1379).5,214

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...