A.
Ringkasan
Eksekutif
1. Konsep
Bisnis
“LOKA
JAYA COFFEE” merupakan produk minuman segar yang berbahan dasar utama susu.
Agar cita rasanya semakin nikmat, maka ditambahkan
dengan dalgona atau kopi tanpa ampas. Penjualan produk ini rencananya akan
berlokasi di kawasan UIN Sunan Ampel Surabaya dan jam operasi menyesuaikan
dengan jadwal perkuliahan.
2. Tim
Manajemen
Usaha
“LOKA JAYA COFFEE” ini adalah kolaborasi diantara empat mahasiswa. Keempat
orang ini menyetor modal dengan jumlah yang sama pada usaha ini. Jadi, jumlah
profit yang akan dibagikan nantinya juga akan menyesuaikan banyaknya profit
yang didapatkan. Selain berperan sebagai owner, keempat orang ini juga bertugas
untuk melayani para pembeli.
B.
Gambaran
Usaha
1. Deskripsi
Singkat Produk
“LOKA
JAYA COFFEE” merupakan minuman yang berbahan dasar susu yang menyehatkan dan
dalgona diatas susu. Ide pembuatan ini dilatarbelakangi karena bahan yang
digunakan mudah ditemui, murah, menyehatkan, dan rasanya segar.
2. Strategi
Pemasaran
a. Strategi
Produk
“LOKA
JAYA COFFEE” memiliki keunggulan disbanding produk lainnya, yaitu penggunaan
bahan yang masih segar. Selain itu, tambahan dalgona sebagai pemanis juga
memberikan sensasi berbeda saat meminumnya.
b. Strategi
Harga
Produk
ini dijual dengan harga yang cukup murah dan dipastikan dapat dijangkau semua
kalangan masyarakat, yaitu Rp.
c. Strategi
Promosi
Strategi
untuk mempromosikan produk ini adalah secara online dan offline yaitu mouth to mouth.
d. Target
Pasar
Secara umum, target pasar dari produk
ini adalah menjangkau semua kalangan. Sementara itu, target pasar khusus produk
ini adalah mahasiswa dan para pekerja.
3. Analisis
Persaingan
a. Pesaing
Terdapat banyak
pesaing yang juga menjual produk dengan bahan dasar susu. Oleh karena
itu, inovasi dilakukan terhadap produk ini dengan menambahkan dalgona sebagai
cita rasa yang baru untuk memberikan sensasi kekopian serta nikmat saat
meminumnya.
b. Posisi
dalam Persaingan
Produk
minuman “LOKA JAYA COFFEE” memang memiliki banyak pesaing, agar menghindari
ketatnya persaingan dan memperoleh profit yang optimal, usaha ini dibuka di
area kampus. Alasan pemilihan lokasi ini adalah belum terdapatnya pesaing
penjual produk yang serupa.
c. Kelebihan
dibanding pesaing
Aspek
yang membuat cita rasa produk ini berbeda dibandinkan pesaingnya adalah
tamabahan dalgona sebagai cita rasa yang unik.
4. Rencana
Desain & Pengembangan
a. Tujuan
Usaha Jangka Panjang
Menjadi
produk minuman yang diminati oleh semua orang dari berbagai kalangan.
b. Strategi
Melakukan
promosi secara online maupun offline untuk memperkenalkan produk kepada
konsumen. Promosi via online dilakukan dengan memanfaatkan jejaring social yang
ada. Sementara itu, promosi secara offline dilakukan dengan metode mouth to mouth.
c. Evaluasi
Resiko
Produk
minuman ini tidak dapat bertahan lama maksimal hanya 1 hari.
5. Rencana
Operasi & Manajemen
a. Proses
Produksi
·
Penyediaan
bahan-bahan
·
Pembuatan
dalgona
·
Meletakkan
dalgona diatas susu
b. Pengendalian
Persediaan
Pada
awalnya akan menyediakan 20 gelas per harinya untuk dijual kepada konsumen.
Namun, apabilaterdapat sisa yang tidak terjual maka kami akan menurunkan
persediaan sesuai penjualan hari sebelumnya.
c. Kontrol
Keuangan
·
Harus selalu
tersedia uang tunai secukupnya ketika berjualan untuk kembalian.
·
Menyisihkan
modal dan profit untuk mengangsur cicilan serta antisipasi biaya tak terduga.
·
Tidak
menggunakan uang modal atau hasil penjualan untuk keperluan pribadi.
C.
Analisis
Rencana Keuangan
1. Perkiraan
Pendapatan
a. Modal
Awal
=
Biaya variabel x 30 hari
=
Rp. 130.000 x 30 hari
=
Rp. 3.900.000
b. Hasil
Penjualan per Bulan
=
Target penjualan harian x harga jual per gelas x 30 hari
=
30 gelas x Rp. 5000 x 30 hari
=
Rp. 4.500.000
c.
Laba
=
Hasil penjualan – modal awal
=
Rp. 4.500.000 – Rp. 3.900.000
=
Rp. 600.000
2. Perkiraan
Pengeluaran per Hari
a.
Bahan Baku
NO |
BAHAN |
HARGA |
1 |
5 Susu UHT 1000ml |
Rp. 85000 |
2 |
30 pack nescafe classic 2g |
Rp. 18000 |
3 |
1/4 kg gula pasir |
Rp. 5000 |
4 |
Es batu |
Rp. 4000 |
5 |
1 Pack gelas plastik |
Rp. 12000 |
6 |
Sedotan |
Rp. 3000 |
7 |
Air |
Rp. 2000 |
8 |
Kantong Plastik |
Rp. 3000 |
b. Peralatan
Untuk
peralatan diperoleh dari kelompok.
3. Sumber
Modal dan Penggunaan
Modal
usaha “LOKA JAYA COFFEE” ini berasal dari iuran empat orang yang berperan
sebagai owner dengan jumlah yang disamaratakan. Jadi, perolehan profit dari
usaha ini akan dialokasikan kepada setiap owner sesuai dengan modal.
- MAKALAH HADITS TENTANG PRODUKSI, KONSUMSI, DAN DISTRIBUSI
- MAKALAH TENTANG MACAM-MACAM LEMBAGA TINGGI NEGARA
- ESSAY TENTANG FAKTA VIRUS CORONA DAN SOLUSI ISLAM
- PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN LOKA JAYA COFFEE
- PENGERTIAN BUSINESS PLAN DAN MENGAPA HARUS MEMBUAT BUSINESS PLAN
- Apa Yang Dituntut Kejahatan Kesusilaan Dan Pelanggaran Kesusilaan
- Upaya Penyelesaian Permasalahan Pelanggaran HAM
- Penggunaan Paylater dalam Transaksi Jual-Beli Pada E-Commerce Shopee
Tidak ada komentar:
Posting Komentar