HOME

10 Maret, 2023

PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN LOKA JAYA COFFEE

 

A.    Ringkasan Eksekutif

1.      Konsep Bisnis

“LOKA JAYA COFFEE” merupakan produk minuman segar yang berbahan dasar utama susu. Agar cita rasanya semakin nikmat, maka  ditambahkan dengan dalgona atau kopi tanpa ampas. Penjualan produk ini rencananya akan berlokasi di kawasan UIN Sunan Ampel Surabaya dan jam operasi menyesuaikan dengan jadwal perkuliahan.

2.      Tim Manajemen

Usaha “LOKA JAYA COFFEE” ini adalah kolaborasi diantara empat mahasiswa. Keempat orang ini menyetor modal dengan jumlah yang sama pada usaha ini. Jadi, jumlah profit yang akan dibagikan nantinya juga akan menyesuaikan banyaknya profit yang didapatkan. Selain berperan sebagai owner, keempat orang ini juga bertugas untuk melayani para pembeli.

B.     Gambaran Usaha

1.      Deskripsi Singkat Produk

“LOKA JAYA COFFEE” merupakan minuman yang berbahan dasar susu yang menyehatkan dan dalgona diatas susu. Ide pembuatan ini dilatarbelakangi karena bahan yang digunakan mudah ditemui, murah, menyehatkan, dan rasanya segar.

2.      Strategi Pemasaran

a.       Strategi Produk

“LOKA JAYA COFFEE” memiliki keunggulan disbanding produk lainnya, yaitu penggunaan bahan yang masih segar. Selain itu, tambahan dalgona sebagai pemanis juga memberikan sensasi berbeda saat meminumnya.

b.      Strategi Harga

Produk ini dijual dengan harga yang cukup murah dan dipastikan dapat dijangkau semua kalangan masyarakat, yaitu Rp.

 

 

c.       Strategi Promosi

Strategi untuk mempromosikan produk ini adalah secara online dan offline yaitu mouth to mouth.

d.      Target Pasar

Secara umum, target pasar dari produk ini adalah menjangkau semua kalangan. Sementara itu, target pasar khusus produk ini adalah mahasiswa dan para pekerja.

3.      Analisis Persaingan

a.       Pesaing

Terdapat  banyak  pesaing yang juga menjual produk dengan bahan dasar susu. Oleh karena itu, inovasi dilakukan terhadap produk ini dengan menambahkan dalgona sebagai cita rasa yang baru untuk memberikan sensasi kekopian serta nikmat saat meminumnya.

b.      Posisi dalam Persaingan

Produk minuman “LOKA JAYA COFFEE” memang memiliki banyak pesaing, agar menghindari ketatnya persaingan dan memperoleh profit yang optimal, usaha ini dibuka di area kampus. Alasan pemilihan lokasi ini adalah belum terdapatnya pesaing penjual produk yang serupa.

c.       Kelebihan dibanding pesaing

Aspek yang membuat cita rasa produk ini berbeda dibandinkan pesaingnya adalah tamabahan dalgona sebagai cita rasa yang unik.

4.      Rencana Desain & Pengembangan

a.       Tujuan Usaha Jangka Panjang

Menjadi produk minuman yang diminati oleh semua orang dari berbagai kalangan.

b.      Strategi

Melakukan promosi secara online maupun offline untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Promosi via online dilakukan dengan memanfaatkan jejaring social yang ada. Sementara itu, promosi secara offline dilakukan dengan metode mouth to mouth.

c.       Evaluasi Resiko

Produk minuman ini tidak dapat bertahan lama maksimal hanya 1 hari.

5.      Rencana Operasi & Manajemen

a.       Proses Produksi

·         Penyediaan bahan-bahan

·         Pembuatan dalgona

·         Meletakkan dalgona diatas susu

b.      Pengendalian Persediaan

Pada awalnya akan menyediakan 20 gelas per harinya untuk dijual kepada konsumen. Namun, apabilaterdapat sisa yang tidak terjual maka kami akan menurunkan persediaan sesuai penjualan hari sebelumnya.

c.       Kontrol Keuangan

·         Harus selalu tersedia uang tunai secukupnya ketika berjualan untuk kembalian.

·         Menyisihkan modal dan profit untuk mengangsur cicilan serta antisipasi biaya tak terduga.

·         Tidak menggunakan uang modal atau hasil penjualan untuk keperluan pribadi.

C.    Analisis Rencana Keuangan

1.      Perkiraan Pendapatan

a.       Modal Awal

= Biaya variabel x 30 hari

= Rp. 130.000 x 30 hari

= Rp. 3.900.000

b.      Hasil Penjualan per Bulan

= Target penjualan harian x harga jual per gelas x 30 hari

= 30 gelas x Rp. 5000 x 30 hari

= Rp. 4.500.000

 

 

c.       Laba

= Hasil penjualan – modal awal

= Rp. 4.500.000 – Rp. 3.900.000

= Rp. 600.000

2.      Perkiraan Pengeluaran per Hari

a.       Bahan Baku

NO

BAHAN

HARGA

1

5 Susu UHT 1000ml

Rp. 85000

2

30 pack nescafe classic 2g

Rp. 18000

3

1/4 kg gula pasir

Rp. 5000

4

Es batu

Rp. 4000

5

1 Pack gelas plastik

Rp. 12000

6

Sedotan

Rp. 3000

7

Air

Rp. 2000

8

Kantong Plastik

Rp. 3000

 

b.      Peralatan

Untuk peralatan diperoleh dari kelompok.

3.      Sumber Modal dan Penggunaan

Modal usaha “LOKA JAYA COFFEE” ini berasal dari iuran empat orang yang berperan sebagai owner dengan jumlah yang disamaratakan. Jadi, perolehan profit dari usaha ini akan dialokasikan kepada setiap owner sesuai dengan modal.


 BACA ARTIKEL LAINYA YANG BERKAITAN:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH HADIST TENTANG HIJAB

  A.   Latar Belakang Telah disepakati oleh seluruh umat Islam bahwa al-Qur’an menjadi pedoman hidup baik tentang syariah maupun dalam keh...