HOME

20 Januari, 2024

TIPOLOGI KITAB HADIS AL MARASIL

 


I.                   Pendahuluan

Sebagai salah satu pedoman bagi umat Islam, hadis menjadi salah satu perhatian dan kajian yang menarik bagi umat Islam. Urgensi mengkaji hadis tidak kalah dari urgensi mengkaji al Qur’an. Urgensi ini dirasa semakin nyata ketika umat Islam sendiri merasakan dampak dari kajian dan atau penelitian hadis. Kajian hadis secara mendalam dirasa wajar dilakukan agar umat Islam dapat mengetahui secara mendalam kandungan makna juga posisi dari setiap hadis sebelum meyakini dan ataupun mengamalkannya.

Terkait urgensi dari hadis, hadis pun mulai dikodifikasikan untuk memudahkan uamt Islam dalam mempelajarinya. Beragam usaha para ulama yang dapat ditemui hingga saat ini. Salah satu usaha para ulama tersebut adalah menulis kitab-kitab hadis dengan metode yang beragam.

Keberagaman tipologi kitab hadis ini tidak lain dimaksutkan untuk mempermudah umat Islam dalam mempelajari ataupun mencari hadis sesuai kebutuhan mereka.

Diantara tipologi kitab-kitab hadis tersebut, terdapat tipologi hadis Al-Marasil yaitu tipologi kitab hadis yang isi didalamnya berkaitan dengan hadis mursal, berisi hadis-hadis hadis mursal ataupun para periwayat hadis mursal.

 

II. Pembahasan

A.    Definisi Al-Marasil

Al-Marasil adalah merupakan bentuk jama’ dari Al-Mursal. Sedangkan Al-Mursal merupakan ism maf’ul dari أرسل yang bermakna أطلق .

Mahmud al-Tahhan memberikan definisi sebagai :

هو ما سقط من آخر إسنده من بعد التابعي [1]

Hadis yang mana di akhir silsilah rawinya (setelah tabi’in) tidak disebutkan.

Definisi lain menjelaskan bahwa :

و هو ما رفعه التابعي إلى رسول الله ص.م. كأن يقول : قال رسول الله ص.م. كذا أو فعل كذا[2]

Hadis yang disebutkan oleh Tabi’in langsung dari Nabi SAW. seperti contoh perkataan tabi’in Rasulullah berkata  begini atau melakukan begini.

Diambil kesimpulan dari definisi diatas bahwa Kitab Al-Marasil adalah salah satu tipologi kitab hadis yang berkaitan dengan hadis-hadis mursal. Terdapat dua jenis kitab Al-Marasil yaitu :

1.       Kitab yang Memuat Hadis Mursal

a.    Al-Marâsîl karya Abu Daud.

Ditulis oleh Al-Imam Abi Dawud Sulayman bin Al-Ash’ash Al-Azdiy Al-sijistaniy. Kitab ini telah dicetak di Kairo dengan tahqiq dari Al-Shaikh ‘Aliy Al-Magribiy.

b.    Tuhfah al-Ashraf

Ditulis oleh Al-Hafidh Al-Mizziy. Bab ini dikhususkan pada juz terakhir.

c.    Al-Jami’ Al-Kabir

Ditulis oleh Al-Suyuti. bab ini dikhususkan pada bagian akhir kitab.

2.      Kitab yang Memuat Rawi Hadis Mursal

a.    Al-Marâsîl karya Ibnu Abi Hatim

Ditulis oleh ‘Abd Al-Rahman bin Abi Hatim Muhammad bin Isdris al-Handhaliy al-Raziy. Kitab ini telah dicetaj sebanyak tiga cetakan, yang pertama di India, yang kedua di Bagdad dan yang ketiga di Beirut dan ditahqiq oleh Shukrillah bin Ni’matillah Qaujaniy.

b.      Bayan Al-Mursal karya Abu Bakr Al-Bardiji

c.       At-Tafshi li Mubhamat Al-Marasil

Ditulis oleh Al-Hafidh Ahmad bin ‘Ai bin Thabit al-Khatib al-Bagdadiy. Wafat pada tahun 463 H.

d.      Juz’ fi Al-Marâsîl karya Dhiya’uddin Al-Maqdisi

e.        Juz’ fi Al-Marâsîl karya Ibn ‘Abd al-hadi Al-Maqdisi

f.         Jami’ Al-Tahsil li Ahkam Al-Marasil  

Ditulis oleh Salah{ al-Din Khalil bin Kaykaladiy bin ‘Abdillah al-Dimashqi. Wafat pada tahun 761 H.

g.      Tuhfah  Al-Tahsil fi Dhikri Ruwat Al-Marasil  

Ditulis oleh Ahmad bin ‘Abd al-Rahim bin al-Husayn atau Abi Zar’ah Ah{mad bin ‘Abd al-Rahim bin al-Husayn al-Kurdiy. Wafat pada tahun 826 H. Abi Zar’ah adalahalah satu guru dari Ibn Hajr al-‘Asqalaniy.

Diantara para tabi’in terdapat beberapa tabi’in yang disahihkan oleh para ulama diantaranya :

1.    Marasil Al-Sha’biy

 

حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ مُوسَى، حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، عَنِ الْمُغِيرَةِ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، قال: " اهْتَمَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلصَّلَاةِ كَيْفَ يَجْمَعُ النَّاسَ [ص:81] لَهَا، قَالَ: فَانْصَرَفَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ زَيْدٍ مُهْتَمًّا لِأَمْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَتَاهُ آتٍ فِي الْمَنَامِ فَقَالَ لَهُ: مُرِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُ رَجُلًا عِنْدَ حُضُورِ الصَّلَاةِ، فَلْيُؤَذِّنْ فَلْيَقُلِ: اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، يَذْكُرُ الْأَذَانَ مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ، فَإِذَا فَرَغَ، فَلْيُمْهِلْ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ النَّائِمُ، وَيَتَوَضَّأَ مِنْ أَرَادَ أَنْ يَتَوَضَّأَ، فَإِذَا اجْتَمَعَ النَّاسُ لِصَلَاتِ            هِمْ، فَلْيُعِدْ، فَلْيَقُلْ مِثْلَ قَوْلِهِ حَتَّى إِذَا بَلَغَ: حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ، حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ، فَلْيَقُلْ: قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ " وَسَاقَ الْحَدِيثَ[3]

 

 

 

 

2.    Marasil Ibn Musayyab

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي الْحَوَارِيِّ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ، عَنْ أَبِي عَمْرٍو، وَغَيْرِهِ، عَنِ ابْنِ حَرْمَلَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ «لَا يَخْرُجُ مِنَ الْمَسْجِدِ أَحَدٌ بَعْدَ النِّدَاءِ إِلَّا مُنَافِقٌ إِلَّا أَحَدٌ أَخْرَجَتْهُ حَاجَةٌ وَهُوَ يُرِيدُ الرُّجُوعَ»[4]

3.    Marasil Ibn Sirin

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ، حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ صَالِحٍ، عَنْ أَبِي الْمُعْتَمِرِ - شَيْخٍ كَانَ يَكُونُ بِالْحِيرَةِ اسْمُهُ يَزِيدُ بْنُ طَهْمَانَ، عَنِ ابْنِ سِيرِينَ «أَنَّ بِلَالًا جَعَلَ أُصْبُعَيْهِ فِي أُذُنَيْهِ فِي بَعْضِ أَذَانِهِ أَوْ فِي إِقَامَتِهِ بِصَوْتٍ لَيْسَ بِالرَّفِيعِ وَلَا بِالْوَضِيعِ»[5]

4.    Marasil ‘Ata’

 

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ، أَنَّهُ سَمِعَ عُبَيْدَ بْنَ عُمَيْرٍ، يَقُولُ ائْتَمَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هُوَ وَأَصْحَابُهُ كَيْفَ يَجْعَلُونَ شَيْئًا إِذَا أَرَادُوا جَمَعَ الصَّلَاةِ اجْتَمَعُوا لَهَا بِهِ فَائْتَمَرُوا بِالنَّاقُوسِ فَبَيْنَمَا عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ يُرِيدُ أَنْ يَبْتَاعَ خَشَبَتَيْنِ لِنَاقُوسٍ إِذْ رَأَى عُمَرُ فِي الْمَنَامِ أَنْ لَا تَجْعَلُوا النَّاقُوسَ بَلْ أَذِّنُوا بِالصَّلَاةِ فَذَهَبَ عُمَرُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِيُخْبِرَهُ بِالَّذِي رَأَى وَقَدْ جَاءَ الْوَحْيُ بِذَلِكَ فَمَا رَاعَ عُمَرَ إِلَّا بِلَالٌ يُؤَذِّنُ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «قَدْ سَبَقَكَ بِذَلِكَ الْوَحْيُ» حِينَ أَخْبَرَهُ عُمَرُ بِذَلِكَ [6]

5.    Marasil Al-Zuhriy

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ، عَنْ عَقِيلٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «وَجَدَ فِي ثَوْبِهِ دَمًا، فَانْصَرَفَ»[7]

 

 

6.    Marasil Qatadah

حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ، عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنِ الْحَسَنِ، قَالَ: «لَمَّا جَاءَ بِهِنَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى قَوْمِهِ، يَعْنِي الصَّلَوَاتِ، خَلَّى عَنْهُنَّ حَتَّى إِذَا زَالَ الشَّمْسُ عَنْ بَطْنِ السَّمَاءِ نُودِيَ فِيهِمُ الصَّلَاةُ جَامِعَةٌ، فَاجْتَمَعُوا لِذَلِكَ، وَفَزِعُوا، فَصَلَّى بِهِمْ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لَا يَقْرَأُ فِيهِنَّ عَلَانِيَةً، وَجِبْرِيلُ بَيْنَ يَدَيْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ يَدَيِ النَّاسِ يَقْتَدِي النَّاسُ بِنَبِيِّهِمْ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَيَقْتَدِي نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِجِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلَامُ، ثُمَّ خَلَّى عَنْهُنَّ حَتَّى إِذَا تَصَوَّبَتِ الشَّمْسُ وَهِيَ بَيْضَاءُ نَقِيَّةٌ نُودِيَ فِيهِمُ الصَّلَاةُ جَامِعَةٌ، فَاجْتَمَعُوا لِذَلِكَ فَصَلَّى بِهِمْ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ دُونَ صَلَاةِ الظُّهْرِ» ، ثُمَّ ذَكَرَ ابْنُ الْمُثَنَّى كَمَا ذَكَرَ فِي الظُّهْرِ، قَالَ: " ثُمَّ أَضْرَبَ عَنْهُنَّ حَتَّى إِذَا غَابَتِ الشَّمْسُ نُودِيَ فِيهِمُ الصَّلَاةُ جَامِعَةٌ، فَاجْتَمَعُوا لِذَلِكَ، فَصَلَّى بِهِمُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ قَرَأَ فِي رَكْعَتَيْنِ عَلَانِيَةً، وَالرَّكْعَةُ الثَّالِثَةُ لَا يَقْرَأُ فِيهَا عَلَانِيَةً، رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ يَدَيِ النَّاسِ، وَجِبْرِيلُ بَيْنَ يَدَيِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ ذَكَرَ كَمَا ذَكَرَ فِي الْعَصْرِ حَتَّى إِذَا كَانَ الشَّفَقُ وَأَبْطَأَ الْعِشَاءُ نُودِيَ فِيهِمُ الصَّلَاةُ جَامِعَةٌ، فَاجْتَمَعُوا لِذَلِكَ، فَصَلَّى [ص:78] بِهِمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ يَقْرَأُ فِي رَكْعَتَيْنِ عَلَانِيَةً وَرَكْعَتَيْنِ لَا يَقْرَأُ فِيهِمَا عَلَانِيَةً - فَذَكَرَ كَمَا ذَكَرَ فِي الْمَغْرِبِ، قَالَ: فَبَاتُوا وَهُمْ لَا يَدْرُونَ أَيُزَادُونَ عَلَى ذَلِكَ أَمْ لَا؟ حَتَّى إِذَا طَلَعَ الْفَجْرُ نُودِيَ فِيهِمُ الصَّلَاةُ جَامِعَةٌ، فَاجْتَمَعُوا لِذَلِكَ، فَصَلَّى بِهِمْ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ يَقْرَأُ فِيهِمَا عَلَانِيَةً، وَيُطِيلُ فِيهِمَا الْقِرَاءَةَ، جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ بَيْنَ يَدَيْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ يَدَيِ النَّاسِ يَقْتَدِي النَّاسُ بِنَبِيِّهِمْ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَيَقْتَدِي نَبِيُّهُمْ بِجِبْرِيلَ "[8]

7.    Marasil Abi Ishaq Al-Hamdaniy

8.    Marasil Isma’il bin Abi Khalid

9.    Marasil Ibn ‘Uyaynah

10.     Marasil Al-Nakha’iy

Sedangkan yang dinilai paling banyak meriwayatkan hadis mursal adalah :

  1. Dari Ahli Madinah : Sa’id bin Musayyab
  2. Dari Ahli Makkah : ‘Ata’ bin Abi Rabah
  3. Dari Ahli Mesir : Sa’id bin Abi Hilal
  4. Dari Ahli Syam : Makhul al-Dimashqi
  5. Dari Ahli Bashrah : Al-Hasan bin Abi al-Hasan al-Basri
  6. Dari Ahli Kufah : Ibrahim bin Yazid al-Nakha’i[9]
  1. Kehujahan Hadis Mursal

Mengenai kehujahan Hadis Mursal terdapat 3 pendapat, yakni kelompok yang menerima Hadis Mursal, kelompok yang menolak Hadis Mursal dan kelompok yang menerima dan menolak Hadis Mursal dengan syarat.

  1.  Kelompok yang Menerima Hadis Mursal

Kelompok yang menerima Hadis Mursal ini masih terbagi ke dalam lima pendapat yang berbeda yakni;

a)      Menerima secara mutlak Hadis Mursal dari Tabi’in dan generasi-generasi setelahnya. Mereka ulama muta’akhkhirin dari madzhab Hanafiah. Pendapat ini dinilai berlebihan oleh banyak ulama dan dianggap batil.[10]

b)      Menerima Hadis Mursal dari Tabi’in dan Atba’ Al-Tabi’in kecuali (Hadis Mursal) yang diketahui berasal dari rawi yang tidak thiqah maka tidak diterima. Ini adalah pendapatnya Isa ibn Iban, Abu Bakar Al-Razi, Al-Bazdawiy, dan Al-Qadi Abd al- Wahab Al-Maliki.[11]

c)      Menerima Hadis Mursal dari Tabi’in saja dengan tingkatan yang berbeda-beda berdasarkan kualitas Tabi’in tersebut. Ini adalah pendapat Imam Malik beserta mayoritas pengikutnya dan Ahmad ibn Hanbal.[12]

d)     Menerima Hadis Mursal dari Tabi’in Senior saja dan tidak menerima dari Tabi’in Muda yang memang sangat sedikit yang meriwayatkan hadis dari Sahabat. Ini adalah pendapat Ibn ‘Abd al-bar.[13]

e)     Ibn Jarir Al-Tabari, Abu Al-Faraj Al-Maliki dan Abu Bakr Al-Abhari, berpendapat bahwa Hadis Mursal dan Hadis Musnad tidak ada bedanya, sama-sama diterima sebagai hujah. Bahkan, mereka berpendapat jika ada dua hadis yang bertentangan yakni antara Hadis Mursal dan Hadis Musnad maka tidak ada tarjih. Ini bertentangan dengan mayoritas pengikut Imam Malik dan para peneliti dari Madzhab Hanafi seperti Abu Ja’far Al-T{ahawi yang mendahulukan Hadis Musnad daripada Hadis Mursal. Sedangkan, ulama ahli hadis tetap melihat keterputusan sanad sebagai illat dalam hadis yang membuatnya tidak wajib diamalkan. Adapun mayoritas pengikut madzhab Shafi’iyah berpegang pada pendapat Ibn Abi Hatim, “Hadis-hadis Mursal tidak bisa dijadikan hujah kecuali didukung oleh sanad-sanad lain yang sahih dan muttasil.”[14]

2. Kelompok yang Menolak Hadis Mursal

Kelompok yang menolak Hadis Mursal ini masih terbagi ke dalam tiga pendapat yang berbeda yakni;

a.    Menolak semua Hadis Mursal kecuali Mursal Al-Sahabi. Ini adalah pendapat jumhur ahli hadis, sebagian ahli fikih dan ahli ushul. Ibn Shalah berkata,

وما ذكرناه من سقوط الاحتجاج بالمرسل، والحكم بضعفه، هو المذهب الذي استقر عليه آراء جماهير حُفَّاظ الحديث ونُقَّاد الأثر، وقد تداولوه في تصانيفهم[15]

“Pendapat kita tentang tidak sahnya berhujah dengan Hadis Mursal dan menghukuminya sebagai hadis daif adalah madzhab yang diputuskan oleh jumhur Huffadh Al-Hadith dan para peneliti athar. Mereka pun telah mendiskusikannya dalam karya-karya mereka.”

b.      Menolak Hadis Mursal secara mutlak, apapun itu meski Mursal Al-Sahabi. Ini adalah pendapat Abu Ishak Al-Isfira’ dan beberapa orang saja.[16]

c.       Tidak menerima Hadis Mursal kecuali jika dia mendapat persetujuan dari dan diterima oleh ijma’ ulama. Ini adalah pendapat Ibn Hazm.

 

 

 

3.      Kelompok yang Menerima/Menolak Hadis Mursal dengan Syarat

Kelompok yang menolak atau menerima Hadis Mursal dengan syarat ini terbagi ke dalam lima pendapat yang berbeda yakni;

a.        Jika al-mursil (rawi yang memursalkan) itu diketahui orangnya atau jelas sekali bahwa dia tidak meriwayatkan Hadis Mursal kecuali dari guru yang thiqah maka riwayat mursalnya diterima. Pendapat inilah yang kemudian dikuatkan oleh Al-‘Ala’i dalam kitabnya, “Jami’ At-Tahshîl”. Pendapat ini merupakan madzhab yang dipilih oleh Yahya ibn Sa’id Al-Qaththan, Ali ibn Al-Madini dan yang lainnya.

Ibnu Hajar Al-‘Asqalani juga berkata,

لم تزل الأئمة يحتجون بالمرسل إذا تقارب عصر المرسل والمرسل عنه ولم يعرف المرسل بالرواية عن الضعفاء[17]

“Para imam selalu berhujah dengan Hadis Mursal jika masa antara al-mursil (rawi yang memursalkan) dan al-mursal ‘anhu (rawi yang riwayatnya dimursalkan) berdekatan. Selain itu, al-mursil tidak diketahui pernah meriwayatkan dari guru-guru yang daif.”

b. Seandainya al-mursil itu adalah dari a’immatu an-naqli yang al-marjuh ilaihim fi al-ta’dil wa tajrîh maka Hadis Mursalnya diterima. Ini adalah pendapat Isa ibn Aban dari madzhab Hanafi, Abu Bakar Al-Razi dan Abu Walid Al-Baji. Bahkan, Abu Walid Al-Baji menjadikan ini sebagai syarat mutlak untuk menerima Hadis Mursal.[18]

c. Jika Hadis Mursal itu berasal dari orang yang sahih dalam jarh dan ta’dil maka itu diterima, baik itu hadisnya musnad atau mursal. Ini adalah pendapat Ibn Burhan dan dia sendiri dalam pendapatnya.[19]

d. Menerima Hadis Mursal dari Tabi’in Senior dengan ketentuan yang berlaku bagi al-mursal dan al-mursil.[20]

C.     Kajian Kitab Al-Marasil

1.      Al-Marasil Imam Abi Dawud

Kitab Al-Marasil ini memiliki judul lengkap Al-Marasil ma’a Al-asanid. penulisnya adalah Imam Abi Dawud Sulayman bin Al-‘Ash’ash al-Sijistani. Imam Abi Dawud adalah Sulayman bin Al-‘Ash’ash bin Ishaq al-Azdiy al-Sijistaniy.

Diantara karya-karyanya adalah :

a.       Kitab al-Sunan

b.      Risalah fi Wasfi Ta’lifihi likitab al-Sunan

c.       Kitab al-Zuhd

d.      Kitab al-Rijal

e.       Kitab al-Marasil

f.       Kitab al-Nasikh

Kitab Al-Marasil ini pertama diterbitkan pada tahun 1310 H dengan 56 Halaman. Dicetak di Kairo dengan menghilangkan sanad dan meringkas sebagian periwayatan. Cetakan kedua tanpa tahun dan ditahqiq oleh Muhammad ‘Ali Subh.

Dalam kitab Tahqiq atas kitabnya, disebutkan bahwa Abu Dawud memperbolehkan hadis mursal dijadikan hujjah ketika tidak lagi ditemukan hadis musnad lain yang bisa dijadikan hujjah, namun hadis mursal tidaklah sama dengan hadis muttasil yang lebih kuat dibanding hadis mursal.

Kitab Al-Marasil ini disusun berdasarkan bab-bab fiqh yang dimulai dengan bab (kitab) Al-Taharah yang kemudian dibagi menjadi beberapa sub bab (bab) dan ditutup dengan bab (kitab) Adab.

Contoh metode Abi Dawud dalam pencantuman hadis dalam kitab Al-Marasil :[21]

 

Pada kitab Al-Marasil ini, Imam Abu Dawud memberi tanda ( * ) untuk menunjukkan mursil al-hadith. Tanda ini memberikan kemudahan kepada pembaca untuk mengetahui mursil al-hadith secara langsung tanpa butuh melakukan penelitian terlebih dahulu.

Dalam teks hadis diatas, Imam Abu Dawud memberi tanda ( * ) pada Abi Salmah bin Abd Al-Rahman. Hal ini pertanda bahwa dalam sanad hadis tersebut terdapat mursil al-hadith yaitu Abi Salmah bin Abd Al-Rahman. Abi Salmah disebut sebagai mursil al-hadith karena Abi Salmah menyandarkan langsung riwayat hadisnya kepada Nabi Muhammad SAW. tanpa menyertakan sahabat.

Abi Salmah bin Abd Al-Rahman adalah Abu Salmah bin ‘Abd Al-Rahman bin ‘Auf Al-Qurashi Al-Zauhdiy Al-Madaniy, ada yang mengatakan nama aslinya adalah ‘Abdullah. Lahir pada tahun 22 H dan wafat pada tahun 94 H. Meriwayatkan hadis dari para sahabat seperti Usamah bin Zayd, Anas bin Malik, Bashr bin Sa’id. Jabir bin ‘Abdillah, dll.[22]

Pada lafad hadis di atas, Abu Salmah meriwayatkan langsung dari Nabi SAW. yang berarti dalam periwayatan hadis tersebut terdapat irsal dan yang menjadi mursil adalah Abu Salmah bin ‘Abd Al-Rahman.

Selain contoh hadis dalam kitab Al-Marasil karya Imam Abu Dawud diatas, dilampirkan juga daftar isi pada kitab tersebut agar lebih mudah memahami dan memberi gambaran yang jelas terkait sistematika penyusunannya.

 

Contoh daftar isi kitab Al-Marasil Abi Dawud :

Dari contoh daftar isi diatas, menjelaskan bahwa kitab Al-Marasil karya Imam Abi Dawud tersebut tersusun berdasarkan bab-bab fiqih. Susunan bab fiqih ini terlihat dari bab awal yang dibahas oleh Abi Dawud adalah bab Taharah. Penyusunan secara bab fiqih ini diharapkan dapat mempermudah pembaca kitab Al-Marasil karena hadis-hadis dalam kitab ini sudah terklasifikasikan.

2.      Kitab al-Marasil Ibn Abi Hatim

Kitab Al-Marasil yang kedua adalah kitab al-Marasil karya Abi Muh{ammad ‘Abd al-Rahman bin Abi Hatim bin Idris al-Hanzaliy al-Raziy. Ibn Abi Hatim lahir di Madinah pada tahun 240 H dan hidup selama 87 tahun dan wafat pada bulan Muharram tahun 327 H.

Diantara karya-karya Ibn Abi Hatim :

a.       Adab al-Shafi’iy wa Manaqibuhu

b.      Kitab al-Jarh wa al-Ta’dil

c.       ‘Ilal al-Hadith

d.      Kitab al-Marasil

e.       Al-Tafsir

f.       Al-Raddu ‘Ala al-Jahmiyah

g.      Fadail Ahmad

h.      Kitab al-Sunnah

i.        Al-Musnad

j.        Al-Kuna

Dalam muqaddimah kitab Al-Marasil Ibn Abi Hatim dijelaskan definisi Al-Marasil adalah :

 

المراسيل هي الروايات التي انقطاع إسنادها, فرواها الرواة عمن لم يتلوها عنهم مباشرة, وهي نوع من أنواع الروايات المعللة, و أحاديثها عند المحدثين ضعيفة لا يحتج بها.[23]

Al-Marasil adalah periwayatan yang sanadnya terputus, maka seorang perawi meriwayatkan hadis tanpa menyebutkan keseluruhan perawi hadis yang ditemuinya, hadis musal ini adalah bagian dari periwayatan yang mu’allal, dan menurut para ulama hadis, hadis ini adalah hadis yang da’if dan tidak dapat digunakan sebagai hujjah.

Ibn Abi Hatim juga menjelaskan tentang hukum hadis mursal pada muqaddimahnya dengan judul “ باب ما ذكر في الأسانيد المرسلة انها لاتثبت بها الحجة ”. Dalam bab tersebut. Ibn Abi H{atim menyebutkan 15 dalil. Selanjutnya Ibn Abi Hatim membuat judul “ باب شرح المراسيل المروية عن النبي صل الله عليه و سلم و عن أصحابه و التابعين و من بعدهم ” dan diawali dengan menyebutkan tarajim yang disusun dari huruf alif hingga ya’. Adapun tarajim yang ditulis oleh Ibn Abi Hatim berjumlah 492. Kitab al-Marasil yang ditulisnya dianggap lebih lengkap dari kitab-kitab tarajim lain yang ditulisnya.

Terkait penilaian terhadap pribadi periwayat, Ibn Abi Hatim merujuk kepada pendapat para kritikus hadis seperti pendapat dari Shu’bah, Ibn al-Madiniy, Ibn Ma’in. Mayoritas periwayatan dalam menilai seorang periwayat didapatnya dari ayahnya dan juga dari Abi Zar’ah. Periwayatan yang diperoleh dari ayahnya melebihi 400 lebih periwayatan sedangkan periwayatan dari Abi Zar’ah setengah dari periwayatan yang diperoleh dari ayahnya. Sedangkan sisanya, diriwayatkan dari Ahmad melewati anaknya yaitu ‘Abdullah, dari Harb al-Kirmaniy dan yang lainnya.

Dalam kitabnya, Ibn Abi Hatim memulai kitabnya dengan pembahasan dari huruf al-alif  yaitu Abban bin ‘Uthman bin ‘Affan dan diakhiri dengan huruf ya’ yaitu Yunus bin ‘Ubayd.

Cetakan pertama kitab ini dicetak di India pada tahun 1341 H dn selanjutnya dicetak di Bagdad pada tahun 1976 M.

Terdapat beberapa kekurangan dalam beberapa kekurangan dalam kitab ini diantaranya :

a.    Dalam kitab Al-Marasil, Ibn Abi Hatim banyak tidak menyebutkan periwayat hadis mursal sebagaimana yang telah disebutkannya dalam kitabnya Jarh wa Al-Ta’dil

b.    Terdapat beberapa pengulangan tarjamah al-rawi

Contoh metode Ibn Abi Hatim dalam penulisan kitabnya :[24]

 

Pada contoh di atas, disampaikan penilaian para ulama hadis terkait pribadi Ibrahim Al-Nakha’iy. Penilaian pada kitab ini di sampaikan secara riwayat oleh Ibn Abi Hatim.

Contoh daftar isi Kitab Al-Marasil Ibn Abi Hatim :

 

 

Daftar isi yang dicantumkan di atas memberi gambaran yang jelas bahwa dalam kitab Al-Marasil Ibn Abi Hatim disusun dengan abjad perawi yang dimulai dengan huruf alif kemudian dituliskan penilaian dari para ulama hadis terhadap rawi tersebut. Penilaian para ulama ditulis secara riwayat.

D.    Kelebihan dan Kelemahan Kitab Al-Marasil

1.      Kelebihan Kitab Al-Marasil

a.       Mempermudah dalam pencarian hadis dengan mengkhususkannya pada hadis-hadis mursal.

b.      Mempermudah dalam mengetahui kualitas periwayat hadis mursal.

c.       Mempermudah dalam mengetahui kuaitas hadis karena hadis yang tercantum didalamnya astilah merupakan hadis mursal.

2.      Kelemahan Kitab Al-Marasil

a.       Tidak memuat keseluruhan hadis sehingga sebelum pencarian hadis diharuskan untuk mengetahui kualitas hadis terlebih dahulu

 

 

III. Penutup

Kesimpulan

Al-Marasil adalah salah satu tipologi kitab hadis yang berkaitan dengan hadis-hadis mursal. Terdapat beberapa kitab Al-Marasil yaitu :

1.      Kitab yang Memuat Hadis Mursal

  1. Kitab yang Memuat Rawi Hadis Mursal

Diantara para tabi’in terdapat beberapa tabi’in yang disahihkan oleh para ulama diantaranya :

1.    Marasil Al-Sha’biy

2.    Marasil Al-Nakha’iy

3.    Marasil Ibn Musayyab

4.    Marasil Ibn Sirin

5.    Marasil ‘Ata’

6.    Marasil Al-Zuhriy

7.    Marasil Qatadah

8.    Marasil Abi Ishaq Al-Hamdaniy

9.    Marasil Isma’il bin Abi Khalid

10.    Marasil Ibn ‘Uyaynah

Sedangkan yang dinilai paling banyak meriwayatkan hadis mursal adalah :

1.                Dari Ahli Madinah : Sa’id bin Musayyab

2.                Dari Ahli Makkah : ‘Ata’ bin Abi Rabah

3.                Dari Ahli Mesir : Sa’id bin Abi Hilal

4.                Dari Ahli Syam : Makhul al-Dimashqi

5.                Dari Ahli Bashrah : Al-Hasan bin Abi al-Hasan al-Basri

6.                Dari Ahli Kufah : Ibrahim bin Yazid al-Nakha’i

Contoh kitab Al-Marasil adalah Kitab Al-Marasil karya Abi Dawud dan Al-Marasil karya Ibn Abi Hatim. Imam Abu Dawud menulis kitabnya berdasarkan urutan abwab fiqhiyah yang dimulai dengan babAl-Taharah. Sedangkan Ibn Abi Hatim menyusun kitabnya berdasarkan urutan alfabetis yaitu dimulai dengan huruf alif.

Kelebihan dan Kelemahan Kitab Al-Marasil

1.      Kelebihan Kitab Al-Marasil

a.         Mempermudah dalam pencarian hadis dengan mengkhususkannya pada hadis-hadis mursal.

b.         Mempermudah dalam mengetahui kualitas periwayat hadis mursal.

c.       Mempermudah dalam mengetahui kuaitas hadis karena hadis yang tercantum didalamnya astilah merupakan hadit mursal.

2.      Kelemahan Kitab Al-Marasil

Tidak memuat keseluruhan hadis sehingga sebelum pencarian hadis diharuskan untuk mengetahui kualitas hadis terlebih dahulu.

 

BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:

  1. TIPOLOGI KITAB HADIS MUSALSAL
  2. TIPOLOGI KITAB HADIS AL MARASIL
  3. TIPOLOGI KITAB HADIS AL MASANID
  4. TIPOLOGI KODIFIKASI KITAB HADIS الموطأ (AL-MUWATTA’)
  5. TIPOLOGI KODIFIKASI HADIS AL THULATHIYYAT
  6. TIPOLOGI KODIFIKASI KITAB HADIS AL MA’AJIM
  7. TIPOLOGI KITAB HADIS AL JAWAMI’


Daftar Pustaka

Abi Hatim, Abi Muhammad ‘Abd al-Rahman bin, Al-Marasil, (Beirut:Mausu’ah al-Risalah,1997)

Al-Tahhan, Mahmud, Taysir Mustalah al-Hadith (Beirut:Dar al Fikr,tth)

Al-‘Alla’i, Abu Sa’id, Jâmi’ Al-Tahsîl fî Ahkam Al-Marasil,(Beirut:’Alam al-Kutub, 1996)

Al-‘Asqalani, Ibn Hajr, Al-Nukat ‘ala Kitab ibn Salah, , (Riyadh: Adhwa’ Al-Salaf, 1998)

Al-IbbadAbd al-Karim Murad dan ‘Abd al-Muhsin, Min Atyabi al-Minah fi ‘Ilmi al- Mus{talah,(Madinah:1424H)

Al-Sakhawi, Shamsuddin, Fath Al-Mughith Sharh Alfiyah Al-Hadîth, (Lebanon: Dar Al-Kutub Al-‘Ilmiyah, 1403 H)

Ibn S{alah, Abu ‘Amr Uthman ibn Abd Al-Rahman, ‘Ulûm Al-Hadîts, (Mesir: Maktabah Al-Farabi, 1984)

Ibnu Rajab, Zainuddin Abu Al-Faraj, Syarah ‘Ilal At-Turmudzi, (Madinah: Multaqa Ahl Al-Hadits, t. th.)

Sulayman, Al-Imam Abi Dawud, Al-Marasil Ma’a Al-Asanid,(Beirut:Dar al-Qalam,1976)

Yusuf, Yusuf bin ‘Abd Al-Rahman bin, Tahdhib Al-Kamal Fi AsmaI Al-Rijal,  (Beirut:Muassasah Al-Risalah,1980), Vol 33

 



[1] Mahmud al Tahhan, Taysir Mustalah al-Hadith (Beirut:Dar al Fikr,tth), 59

[2]Abd al-Karim Murad dan ‘Abd al-Muhsin al-Ibbad, Min Atyabi al-Minah fi ‘Ilmi al- Mustalah,(Madinah:1424H),26

[3] Al-Imam Abi Dawud Sulayman, Al-Marasil Ma’a Al-Asanid,(Beirut:Dar al-Qalam,1976),Vol 1, 80

[4] Ibid…84

[5] Ibid…83

[6] Ibid…81

[7] Ibid…76

[8] Al-Imam Abi Dawud Sulayman, Al-Marasil Ma’a Al-Asanid,(Beirut:Dar al-Qalam,1976),Vol 1, 77

[9] Mahmud Hamdi, Mausu’ah ‘Ulum al-Hadith al-Sharif(Kairo:Wizarh al-Awqaf al-Majlis al-A’la Li Al-Shu’un al-Islamiyah,2009), 276

[10] Abu Sa’id Al-‘Alla’i, Jâmi’ Al-Tahsîl fî Ahkam Al-Marasil,(Beirut:’Alam al-Kutub, 1996).  33

[11] Ibid

[12] Abu Sa’id Al-‘Alla’i, Jâmi’ Al-Tahsîl34

[13] Ibid

[14] Abu Sa’id Al-‘Alla’i, Jâmi’ Al-Tahsîl36

[15] Abu ‘Amr Uthman ibn Abd al-rahman (Ibnu Shalah), ‘Ulûm Al-Hadîts, (Mesir: Maktabah Al-Farabi, 1984), 31.

[16] Abu Sa’id Al-‘Alla’i, Jâmi’ Al-Tahsîl36

[17] Shamsuddin Al-Sakhawi, Fath Al-Mughith Sharh Alfiyah Al-Hadîth, (Lebanon: Dar Al-Kutub Al-‘Ilmiyah, 1403 H), 140

[18] Ibn Hajr Al-‘Asqalani, Al-Nukat ‘ala Kitab ibn Salah, , (Riyadh: Adhwa’ As-Salaf, 1998),551

[19] Abu Sa’id Al-‘Alla’i, Jâmi’ Al-Tahsîl92

[20] Zainuddin Abu Al-Faraj, Ibnu Rajab, Syarah ‘Ilal At-Turmudzi, (Madinah: Multaqa Ahl Al-Hadits, t. th.), 56

[21] Al-Imam Abi Dawud Sulayman, Al-Marasil Ma’a Al-Asanid,(Beirut:Dar al-Qalam,1976)

[22]Yusuf bin ‘Abd Al-Rahman bin Yusuf, Tahdhib Al-Kamal Fi AsmaI Al-Rijal,  (Beirut:Muassasah Al-Risalah,1980), Vol 33, 371

[23] Abi Muhammad ‘Abd al-Rahman bin Abi Hatim, Al-Marasil, (Beirut:Mausu’ah al-Risalah,1997), 5

[24]Abi Muhammad ‘Abd al-Rahman bin Abi Hatim, Al-Marasil, (Beirut:Mausu’ah al-Risalah,1997)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...