HOME

20 Januari, 2024

TIPOLOGI KITAB HADIS MUSALSAL

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Hadis adalah salah satu sumber pokok ajaran Islam yang tidak seharusnya diabaikan. dengan mengakaji hadis secara intensive dapat mempermudah umat Islam untuk memahami serta menjalankan perintah atau syariat agamanya.

Urgensi dari pengkajian hadis telah disadari oleh para ulama yang terdahulu sehingga mereka berlomba-lomba untuk mempelajari dan kemudian menghasilkan karya demi membantu umat Islam secara umum untuk mempelajarinya. Selain kitab-kitab induk hadis yang ditulis oleh para ulama hadis, terdapat pula berbagai acam kitab hadis pendukung lainnya seperti kitab Sharh Al-Hadith, Kutub Al-Nuqad Al-Hadith, Kitab Jarh wa Al-Ta’dil, juga berbagai tipologi kitab hadis lainnya yang mengelompokkan hadis-hadis Nabi sesuai tipe kitab hadis yang telah disepakati.

Mengenal kitab-kitab hadis adalah merupakan keharusan bagi para umat muslim. Dengan mengetahui berbagai tipologi kitab hadis, baik mulai pengarang, sistematika penulisan dan ataupun segala hal yang berkaitan dengan permasalahan hadis, akan mempermudah proses pencarian dan pemahaman hadis secara keseluruhan. Terlepas dari kekurangan yang di miliki oleh setyap tipologi kitab hadis, kelebihan pengelompokkan hadis ini lebih jelas manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah dapat mempermudah umat muslim dalam pencarian juga memahami hads Nabi SAW.

Salah satu tipologi kitab hadis yang telah disusun oleh para ulama hadis adalah tipologi kitab Al-Musalsal. Dalam makalah ini, akan dijelaskan beberapa hal yang dirasa penting untuk diketahui terkait tipologi kitab tersebut.


BAB II

PEMBAHASAN

A.    Pengertian Hadis Musalsal

Menurut bahasa, musalsal merupakan isim maf’ul dari kata al-salsalatu (السلسلة) yaitu bersambungnya sesuatu dengan sesuatu yang lain, di antaranya adalah silsilah hadis. Hadis ini dinamakan musalsal, karena ada keserupaan dengan rantai (silsilah) dalam segi pertemuan (persambungan) pada masing-masing perawi atau ada kesamaan dalam bagian-bagiannya.[1]

Dalam istilah, menurut Mahmud al-Tahhan, hadis musalsal adalah

هو تتابع رجال إسناده على صفة أو حالة للرواة تارة, وللرواية تارة أخرى.[2]

Hadis yang rawi-rawi sanadnya berturut-turut dalam satu sifat atau keadaan tertentu, terkadang bagi para perawi dan dari periwayatan.

Nur al-Din ‘Itr mengatakan bahwa hadis musalsal adalah

هو ما تتابع رجال إسناده على صفة واحدة أو حال واحدة للرواة أو للرواية.[3]

Hadis yang rawi-rawi sanadnya berturut-turut dalam satu sifat atau keadaan tertentu, baik  bagi para perawi atau periwayatan.

Subhi al-Salih, mengatakan bahwa hadis musalsal adalah

الحديث المسند المتصل الخالي من التدليس الذي تتكرر في وصف روايته عبارات أو أفعال مماثلة ينقلها كل راوٍ عمن فوقه في السند حتى ينتهى إلى رسول الله.[4]

Hadis musalsal adalah Hadis yang musnad muttasil yang bebas dari pemalsuan (tadlis), yang dalam periwayatannya selalu berulang perkataan-perkataan atau perbuatan-perbuatan yang sama, yang dinukil oleh setiap rawi dari orang diatasnya dalam sanad, hingga berakhir pada Rasulullah saw.

 

2

Lebih luas Al-Iraqi memberikan definisi musalsal adalah hadis yang para perawinya dalam sanad berdatangan satu persatu dalam satu bentuk keadaan atau dalam satu sifat, baik sifat para perawi maupun sifat penyandaran (isnad) baik terjadi pada isnad dalam bentuk penyampaian periwayatan (ada’ al-riwayah) maupun berkaitan dengan waktu dan tempatnya, baik keadaan para perawi maupun sifat-sifat mereka, dan baik perkataan maupun perbuatan.

Dengan demikian hadis musalsal adalah hadis musnad mutthasil yang bebas dari tadlis (pemalsuan). Dalam periwayatannya selalu berulang perkataan-perkataan atau perbuatan-perbuatan yang sama, yang dinukil oleh setiap perawi dari orang di atasnya dalam sanad, hingga berakhir pada Rasulallah Saw. Keterlepasannya dari tadlis dan keterputusannya mendorong pemula dalam ilmu ini mengenakan hukum secara spontan dan tergesa-gesa.

B.     Macam-Macam Hadis Musalsal

Dari penjelasan definisi di atas, dapat diketahui bahwa musalsal itu terbagi menjadi tiga bagian[5], yaitu:

1.    Musalsal mengenai keadaan rawi-rawi

Adapun mengenai keadaan-keadaan para rawi, adakalanya berupa perkataan-perkataan, perbuatan-perbuatan, atau perkataan dan perbuatan secara bersama-sama.

a.    Musalsal mengenai keadaan rawi-rawi berupa perkataan, seperti hadis;

حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ مَيْسَرَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ الْمُقْرِئُ حَدَّثَنَا حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ قَالَ سَمِعْتُ عُقْبَةَ بْنَ مُسْلِمٍ يَقُولُ حَدَّثَنِي أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحُبُلِيُّ عَنْ الصُّنَابِحِيِّ عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَذَ بِيَدِهِ وَقَالَ يَا مُعَاذُ وَاللَّهِ إِنِّي لَأُحِبُّكَ فَقَالَ أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لَا تَدَعَنَّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ تَقُولُ اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ وَأَوْصَى بِذَلِكَ مُعَاذٌ الصُّنَابِحِيَّ وَأَوْصَى بِهِ الصُّنَابِحِيُّ أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ.[6]

Telah menceritakan kepada Kami ‘Ubayd Allah ibn ‘Umar ibn Maysarah telah menceritakan kepada Kami ‘Abd Allah bin Yazid Al-Muqri`, telah menceritakan kepada Kami Haywah bin Shurayh, ia berkata; aku mendengar ‘Uqbah bin Muslim berkata; telah menceritakan kepadaku Abu ‘Abd al-Rahman Al-Hubuli dari Al-Sunabihi dari Mu’adh ibn Jabal bahwa Rasulullah Saw. menggandeng tangannya dan berkata: "Wahai Mu’adh, demi Allah, aku mencintaimu." Kemudian beliau berkata: "Aku wasiatkan kepadamu wahai Mu’adh, janganlah engkau tinggalkan setiap selesai shalat untuk mengucapkan, "ALLAHUMMA A'INNI 'ALA DHIKRIKA WA SHUKRIKA WA HUSNI 'IBADATIK" (Ya Allah, bantulah aku untuk berdzikir dan bersyukur kepadaMu serta beribadah kepadaMu dengan baik.) Mu’adh mewasiatkan dengan hal tersebut kepada Al-Sunabihi dan Al-Sunabihi mewasiatkan hal tersebut kepada ‘Abd al-Rahman.

Hadis diatas musalsal pada perkataan setiap perawi ketika menyampaikan periwayatan dengan ungkapan: (وَاللَّهِ إِنِّي لَأُحِبُّكَ فَقَالَ) sesungguhnya aku mencintaimu, maka katakan di setiap selesai shalat. Setiap perawi yang menyampaikan perawi hadis ini selalu memulai dengan kata-kata tersebut sebagaimana yang dilakukan Rasulullah kepada Mu’adh.

b.    Musalsal mengenai keadaan rawi-rawi berupa perbuatan, seperti hadis;

حدثني وشبك بيدي جمع من الأعلام منهم الشيخ عمر حمدان المحرسي والشيخ خليفة النبهاني والشيخ علي بن فالح الظاهري عن أبي اليسر فالح الظاهري وشبك يده بيدهم عن السيد محمد بن علي السنوسي وشبك بيده عن النور محمد بن عامر المعداني وشبك بيده عن محمد بن عبد السلام البناني وشبك بيده عن الولي محمد الخرشي وشبك بيده عن الشهاب أحمد الخفاجي وشبك بيده عن إبراهيم بن عبد الرحمن العلقمي وشبك بيده عن أخيه محمد العلقمي وشبك بيده عن الجلال السيوطي وشبك بيده عن الإمام تقي الدين الشمني وشبك بيده عن عبد الله الحنبلي وشبك بيده عن أبي الحسن العرضي وشبك بيده عن أبي الحسن ابن البخاري وشبك بيده

 ( ح ) وبه إلى الجلال السيوطي عن أحمد بن محمد المرجاني والكمال إمام الكاملية وشبكا بيده عن الشمس محمد ابن الجزري وشبك بيدهما عن أبي حفص عمر بن الحسن المراغي وشبك بيده

 عن أبي الحسن علي بن أحمد المقدسي عرف بابن البخاري وشبك بيده عن عمر بن سعد الحلبي وشبك بيده عن أبي الفرج يحيى بن محمود الثقفي وشبك بيده عن الحافظ إسماعيل بن محمد التيمي وشبك بيده عن أبي محمد الحسن بن أحمد السمرقندي وشبك بيده عن أبي العباس جعفر بن محمد المستغفري وشبك بيده عن أبي بكر أحمد بن عبد العزيز المكي وشبك بيده عن أبي الحسن محمد بن طالب وشبك بيده عن أبي عمر عبد العزيز بن الحسن بن أبي بكر بن عبد الله بن الشرود الصنعاني وشبك بيده عن أبيه الحسن وشبك بيده عن إبراهيم بن أبي يحيى وشبك بيده عن صفوان بن سليم وشبك بيده عن أيوب بن خالد وشبك بيده عن عبد الله بن رافع وشبك بيده عن أبي هريرة وشبك بيده قال شبك بيدي أبو القاسم صلى الله عليه و سلم وقال خلق الله الأرض يوم السبت والجبال يوم الأحد والشجر يوم الاثنين والمكروه يوم الثلاثاء والنور يوم الأربعاء والدواب يوم الخميس وآدم يوم الجمعة .[7]

Dalam contoh di atas, benar-benar telah terjadi kesamaan dari perbuatan para rawi dengan berjabat / mensejajarkan tangan.

c.    Musalsal mengenai keadaan rawi-rawi berupa perkataan dan perbuatan secara bersamaan, seperti hadis;

المرداوي خطيب مردا عن أبي الفرج يحيى بن محمود الثقفي عن جده لأمه الحافظ أبي القاسم إسماعيل بن محمد التميمي عن الشيخ أبي بكر أحمد بن علي بن خلف الشيرازي عن الإمام أبي عبد الله محمد بن عبد الله الحاكم النيسابوري ثنا الزبير بن عبد الواحد الأسد آبادي ثنا أبو الحسن يوسف بن عبد الأحد الشافعي ثنا سليمان بن شعيب الكسائي ثنا سعيد الأدم ثنا شهاب بن خراش قال سمعت يزيد الرقاشي يحدث عن أنس بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم لا يجد العبد حلاوة الإيمان حتى يؤمن بالقدر خيره وشره حلوه ومره قال وقبض رسول الله صلى اللع عليه وسلم على لحيته وقال آمنت بالقدر خيره وشره حلوه ومره وهكذا قال كل راو من الرواة وأقول و أنا قابض على لحيتي عن نية صادقة وعقيدة صحيحة آمنت بالقدر خيره وشره حلوه ومره.[8]

Pada contoh di atas, telah terjadi kesamaan dari rawi-rawi mengenai menggenggam jenggotnya, dan berkata “aku telah beriman kepada Qadar yang baik maupun yang jelek, yang manis maupun yang pahit”.

2.    Musalsal mengenai sifat-sifat rawi

Sifat-sifat rawi adakalanya berupa perkataan dan perbuatan:

a.       Musalsal mengenai sifat perkataan rawi-rawi seperti hadis yang musalsal mengenai bacaan surat al-Shaf.

أن الصحابة سألوا المصطفى صلى الله عليه وسلم عن أحب الأعمال إلى الله عز وجل ليعملوه فقرأ عليهم سورة ( الصف )

Hadis di atas musalsal pada membaca Surah Shaf. Setiap periwayat membacakan Surah Shaf ketika menyampaikan periwayatan kepada muridnya atau yang menerima hadisnya.

Dalam masalah ini, al-‘Iraqy berkata “sifat-sifat perkataan serta keadaan perkataan rawi-rawi saling berdekatan bahkan saling menyerupai”.

b.      Musalsal mengenai sifat perbuatan rawi-rawi, seperti kesamaan nama-nama rawi-rawi berupa “al-Muhammadin” atau kesamaan nama-nama ahli fiqih atau sama-sama penghafal hadis, atau kesamaan nisbat mereka berupa “seperti sama-sama penduduk Damaskus atau penduduk Mesir”.

حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا أَوْ يَقُولُ أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ اخْتَرْ وَرُبَّمَا قَالَ أَوْ يَكُونُ بَيْعَ خِيَارٍ[9]

Hadis di atas musalsal diriwayatkan oleh fuqaha kepada para fuqaha secara terus menerus, atau termasuk musalsal ini seperti kesepakatan nama-nama para perawi, seperti musalsal dalam nama Al-Muhammadin kesepakatan dalam menyebut bangsa/nisbat mereka seperti musalsal dalam menyebut Ad-Dimasyqiyin dan Al-Mishriyin.

3.    Musalsal mengenai sifat riwayatnya

Adakalanya mengenai bentuk-bentuk penyampaian  atau mengenai nama atau tempatnya:

a.       Musalsal mengenai bentuk penyampaian riwayat: seperti hadis musalsal mengenai perkataan tiap-tiap rawi berupa “aku telah mendengar” atau “telah mengabarkan kepadaku”.

b.      Musalsal mengenai waktu periwayatan: seperti hadis yang terdapat kesamaan pada hari Raya ‘Id.

عن ابن عباس رضي الله عنه قال ( شهدت رسول الله صلى الله عليه وسلم في يوم عيد فطر أو أضحى فلما فرغ من الصلاة أقبل علينا بوجهه فقال : أيها الناس قد أصبحتم خيراً . فمن أحب أن ينصرف فلينصرف, ومن أحب أن يقيم حتى يسمع الخطبة فليقم )

Hadis Ibnu Abbas berkata: “Aku menyasikan Rasulullah Saw. pada hari raya Idul Fitri atau Idul Adha, setelah beliau selesai shalat menghadap kita dengan wajahnya kemudian bersabda: “Wahai manusia kalian telah memperoleh kebaikan…,”

Hadis di atas musalsal waktu periwayatan yaitu pada hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Setiap perawi mengungkapkan kalimat tersebut dalam menyampaikan periwayatan kepada muridnya.

c.       Musalsal mengenai tempatnya: seperti hadis tentang terkabulnya do’a di Multazam.

قال ابن عباس رضي الله عنه سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول ( الملتزم موضع يستجاب فيه الدعاء وما دعا الله فيه عبد دعوة إلا استجاب له ) , قال ابن عباس رضي الله عنه فوالله ما دعوت الله عز وجل فيه قط منذ سمعت هذا الحديث إلا استجاب لي , وقد تسلسل الحديث بقول كل من رواته وأنا ما دعوت الله فيه بشيء منذ سمعته إلا استجاب لي.

Aku mendengar Rasulallah SAW bersabda: “Multazam adalah suatu tempat yang diperkenankan doa padanya. Tidaklah seorang hamba yang berdoa kepada Allah di Multazam melainkan dikabulkannya.”

قال ابن عباس: فوالله مادعوت الله عزوجل فيه قط منذ سمعت هذاالحديث الا استجاب لي

Ibnu Abbas berkata: Demi Allah, aku tidak berdoa kepada Allah padanya sama sekali sejak mendengar hadis ini melainkan Allah memperkenan doaku.

Hadis musalsal pada tempat periwayatannya, masing-masing periwayat mengungkapkan sebagaimana perkataan Ibnu Abbas tersebut setelah menyampikan periwayatan hadis kepada orang lain.

 

C.    Hukum Hadis Musalsal

Mengenai tasalsul dalam semua sanad ini tidak disyaratkan, karena kadang kala dalam hadis terjadi musalsal dari awal sampai akhir dan terkadang pula sebagian musalsal terputus di permulaan, tengah, atau di akhiran. Tetapi dalam kondisi semacam ini mereka berkata: “Hadis ini musalsal kepada si fulan”.[10]

Oleh karenanya Al-Hafiz Al-‘Iraqi berkata: Sedikit sekali hadis musalsal yang selamat dari ke-da’if-an, dimaksudkan di sini sifat musalsal bukan pada asal matan karena sebagian matan sahih. Amat jarang hadis musalsal yang selamat dari adanya cacat pada rantainya, atau da’if, namun pada asalnya hadisnya itu sahih bukan melalui jalur tasalsul.[11]

Jadi hukum hadis musalsal itu bisa shahih, hasan, atau dha’if tergantung perawinya. Ibnu Hajar berkata: Musalsal yang paling sahih adalah musalsal hadis membaca Surah Al-Shaf. Disebutkan dalam Sharah Al-Nukhbah musalsal para huffaz memberi faedah ilmu yang pasti (qat‘i).

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، عَنْ الأَوْزَاعِيِّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَلَامٍ، قَالَ: قَعَدْنَا نَفَرٌ مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَذَاكَرْنَا، فَقُلْنَا: لَوْ نَعْلَمُ أَيَّ الأَعْمَالِ أَحَبَّ إِلَى [ص:413] اللَّهِ لَعَمِلْنَاهُ، فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ وَهُوَ العَزِيزُ الحَكِيمُ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ، قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَلَامٍ: «فَقَرَأَهَا عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ» قَالَ أَبُو سَلَمَةَ: «فَقَرَأَهَا عَلَيْنَا ابْنُ سَلَامٍ» قَالَ يَحْيَى: «فَقَرَأَهَا عَلَيْنَا أَبُو سَلَمَةَ» قَالَ ابْنُ كَثِيرٍ: «فَقَرَأَهَا عَلَيْنَا الأَوْزَاعِيُّ» قَالَ عَبْدُ اللَّهِ: «فَقَرَأَهَا عَلَيْنَا ابْنُ كَثِيرٍ». وَقَدْ خُولِفَ مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، فِي إِسْنَادِ هَذَا الحَدِيثِ عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، فَرَوَى ابْنُ المُبَارَكِ، عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ هِلَالِ بْنِ أَبِي مَيْمُونَةَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَلَامٍ، أَوْ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَلَامٍ، وَرَوَى الوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، هَذَا الحَدِيثَ، عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، نَحْوَ رِوَايَةِ مُحَمَّدِ بْنِ كَثِيرٍ [12]

Dengan demikian tidak seluruh hadis musalsal sahih. Sebagaimana tinjauan pembagian hadis di atas, bahwa musalsal adalah sifat sebagian sanad, maka tidak menunjukkan ke-sahih-an suatu hadis. Ke-sahih-an hadis ditentukan 5 persyaratan yakni persambungan sanad, periwayat yang adil dan dabit, tidak adanya shadh dan ’illah.

Diantara kelebihan musalsal, adalah menunjukkan ke-muttasil-an dalam mendengar, tidak adanya tadlis dan inqita’, dan nilai tambah ke-dabit-an para perawi. Hal ini dibuktikan dengan perhatian masing-masing perawi dalam pengulangan menyebut keadaan atau sifat para perawi atau periwayatan. Manfaat dari mengetahui bentuk hadis ini adalah dapat menambah tingkat kekuatan hafalan bagi para perawinya.

Subhi al-Salih menukil perkataan Imam Ibn Kathir (w. 774 H) di dalam kitabnya Ikhtisar ‘Ulum al-Hadith: ”Faedah Tasalsul (kesinambungan) adalah menjauhkan suatu hadis dari pemalsuan dan keterputusan. Meskipun begitu, jarang hadis shahih disampaikan secara musalsal. Beliau juga menukil bahwa kadang-kadang asal matan dalam hadis jenis ini memang sahih, karena terhindar dari tadlis. Tetapi kelemahan itu bisa saja terjadi semata-mata melalui kesinambungan sebagian perkataan atau perbuatan dalam periwayatannya sendiri, karena sulitnya kesinambungan dan lengkapnya persamaan ini dalam penukilan hadis. Dengan demikian, banyak terdapat matan hadis yang sahih tanpa ke-sahih-an periwayatannya sendiri dengan tasalsul.

Keistimewaan yang utama dari hadis musalsal adalah menunjukkan pada kesinambungan  al-sima’ dan tidak adanya tadlis. Manfaatnya adalah menambah kedabitan para perawi.[13]

  

D.    Macam-Macam Kitab Hadis Musalsal

Di antara kitab-kitab hadis Musalsal yang terkenal adalah:

1.    Al-Musalsal al-Awwal karya Abi al-Qasim al-Samarqandi (w. 536 H), Abi al-Qasim Isma’il ibn Ahmad ibn ‘Umar al-Dimashqi al-Baghdadi. Dicetak oleh penerbit al-Zahiriyyah yang terletak di Damaskus.

2.    Nuzhah al-Huffaz karya Abi Musa al-Madini (w. 581 H); al-Hafiz Muhammad ibn Abi Bakr ‘Umar ibn Ahmad al-Isbahani al-Shafi’i. Di dalamnya membahas masalah musalsal para rawi seperti musalsal bi al-Muhammadin dan musalsal Ahmadin … Ibn Hajar al-‘Asqalani dalam “al-Mu’jam al-Mufahras” menyebutkan: mengandung para rawi yang serupa atau sama dalam nama, bapak, kakek, dan sebagainya serta mentakhrij hadis-hadis dari jalan (tarq) mereka. Dicetak dengan tahqiq dari ‘Abd al-Radi Muhammad ‘Abd al-Muhsin oleh Muassisah al-Kutub al-Thaqafiyyah di Beirut pada tahun 1406 H/1886 M dalam 128 halaman.

3.    Al-Musalsalat al-Kubra karya al-Suyuti (w. 911 H); al-Jalal Abi al-Fadl ‘Abd al-Rahman ibn Abi Bakr ibn Muhammad al-Misri al-Shafi’i. Kitab tersebut menghimpun 85 hadis. Al-Suyuti berkata: saya mengumpulkan dalam kitab tersebut dari apa yang aku dengar secara musalsal dalam sanad-sanadnya, dan orang-orang pun mengumpulkan hal yang demikian itu.

4.    Jiyad al-Musalsalat karya al-Suyuti juga, kitab ini merupakan bagian sisa (lanjutan) dari kitab “Al-Musalsalat al-Kubra”.

5.    Al-Fawaid al-Jalilah fi Musalsalat Muhammad ibn ‘Uqaylah (w. 1150 H), al-Muhaddith al-Sufi Jamal al-Din Abi ‘Abd Allah, Muhammad ibn Ahmad ibn Sa’id, yang dikenal dengan sebutan nama ayahnya “’Uqaylah” al-Makki. Dicetak oleh al-Maktabah al-Baladiyah yang terletak di al-Iskandariyah.

6.    Al-Manahil al-Salsalah fi al-Ahadith al-Musalsalah karya al-Ayyubi (w. 1364 H): Muhammad ‘Abd al-Baqi. Di cetak di Maktabah al-Qudsi yang terletak di Kairo pada tahun 1357 H/1938 M, berjumlah 230 halaman. Dan di cetak juga oleh Da al-Kutub al-‘Ilmiyah di Beirut pada tahun 1403 H/1983 M, yang berjumlah 414 halaman.

7.    Dhayl Nazm Ajud al-Musalsalat karya Zubarah (w. 1380 H): Muhammad ibn Muhammad ibn Yahya al-Yamani. Dicetak oleh percetakan Wizarah al-Ma’arif di San’a’ pada tahun 1363 H/1944 M, di dalamnya berjumlah 45 + 432 halaman.  Disertakan juga “Nazm Ajwad al-Musalsalat” karya Ibn Yahya.[14]

 

E.     Contoh Kitab-Kitab Hadis Musalsal

Dari beberapa kitab Musalsal yang telah disebutkan di atas, maka dalam makalah ini, hanya akan membahas tiga buah kitab musalsal, yakni:

1.    Nuzhah Al-Huffaz karya Abi Musa al-Madini (w. 581 H)

a.       Biografi Penulis Kitab

Penulis Kitab Nuzhah Al-Huffaz ini adalah Muhammad ibn ‘Umar ibn Ahmad ibn ‘Umar ibn Muhammad Al-Asbahani Al-Madini, Abu Musa adalah ahli hadis di kalangan Al-Shafi’i. Lahir pada tahun 501 H dan wafat pada tahun 581 dalam usia 80 tahun. Julukan Al-Madini pada namanya dinisbatkan kepada kota Asbahan.[15]

Al-Subki mengatakan bahwa Abu Musa mempunyai banyak keistimewaan, dan telah menyusun tidak hanya satu kitab. Beberapa kitab yang ditulis oleh Abi Musa adalah :

1)        Al-Akhbar Al-Tuwal

2)        Al-Asma’ Al-Mushtarakah Bayna Al-Rijal wa Al-Nisa’

3)        Ansab Al-Muhaddithin

4)        Al-Targib wa Al-Tarhib

5)        Tadyi’ Al-‘Umr wa Al-Ayam

6)        Dustur Al-Muhaddithin

7)        Al-Tuwalat fi Al-Wahn wa Al-Maudu’ min Al-Hadith

8)        ‘Awaliy Al-Tabi’in

9)        Saba’iyat fi Al-Hadith

10)    Nuzhah Al-Hufadh[16]

b.      Tentang Kitab

Abi Musa mengawali kitabnya dengan muqaddimah yang di dalamnya dijelaskan tentang motivasi Abi Musa dalam menulis kitabnya, menjelaskan metode serta cara penyusunan kitabnya.

Abi Musa menyusun kitabnya sesuai urutan nama periwayat hadis musalsal. Urutan nama periwayat tersebut disusun sesuai huruf hijaiyah. Akan tetapi Abi  Musa memulai penyusunan kitabnya dengan bab Muhammadin sebagai wujud tabaruk dengan nama Nabi Muhammad SAW. kemudian barulah dilanjutkan dengan susunan huruf hijaiyah.

Pengarang lebih mendahulukan menyusun berdasarkan tertib nama-nama perawi dari golongan laki-laki dibandingkan (kemudian) perempuan. Setelah selesai menyebutkan perawi dari golongan laki-laki, baru kemudian memulai dengan menyebutkan perawi dari golongan perempuan, kemudian diakhiri dengan menyebutkan hadis-hadis yang perawinya mempunyai nama julukan (kunyah).

Dalam kitabnya, Abi Musa juga membagi pembahsannya dalam kitab Al-Rijal, kitab Al-Nisa’ dan terakhir ditutup dengan kitab Al-Kuna. Setelah pembagian kitab tersebut barulah Abi Musa menulis sesuai urutan huruf hijaiyah. Perawi yang dicantumkan oleh Abi Musa tidaklah semuanya meriwayatkan hadis namun sebagian terdapat perawi yang meriwayatkan perakataan para sahabat, tabi’in juga tabi’u tabi’in.[17]

Abi Musa tidak hanya mencamtumkan hadis musalsal saja akan tetapi turut memberi perhatian kepada hadis yang dicantumkannya dengan memberi penjelasan terkait derajat hadis kemudian menghukumi kesahihan dan keda’ifan hadis-hadis yang dicantumkannya. Selain itu pada beberapa hadis, Abi Musa juga menyandarkan hadis-hadis tersebut kepada para penulis kitab hadis seperti Al-Tabraniy dan Al-Hakim.[18]

c.       Sistematika penulisan hadis

Mengenai sistematika penulisan hadis dalam kitab ini, mula-mula pengarang menyebutkan fasl, yang di awali dengan fasl al-musalsal bi al-muhammadin, di dalam fasl ini memuat beberapa judul lagi. Misalnya, judul riwayah ahad ‘ashar min al-muhammadin ba’duhum ‘an ba’d, kemudian disebutkan runtutan sanadnya yang berakhir sampai pada matannya. Selanjutnya penyebutan hadisnya itu juga sama dengan sebelumnya.

  

d.      Contoh Penulisan

(فصل)

]المسلسل بالمحمدين[

 

v    رِوَايَة أحد عشر من المحمدين بَعضهم عَن بعض:

حَدَّثَنِي أَوْحَدُ (وَقْتِهِ) فِي الْحِفْظِ أَبُو الْفَضْلِ مُحَمَّدُ بْنُ طَاهِرٍ الْمَقْدِسِيُّ رَحِمَهُ الله لفظا سنة 555 هـ قَدِمَ عَلَيْنَا قَالَ إِنَّ أَبَا طَاهِرٍ مُحَمَّدَ بْنَ عَبْدِ الْوَهَّابِ الْبَزَّاز بِالريِّ أخبرنَا قَالَ أَنبأَنَا أَبُو الطَّاهِر مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَلِيِّ بن حمدَان أَنبأَنَا أَبُو الْهَيْثَمِ مُحَمَّدُ بْنُ الْمَكِّيِّ أَنبأَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ الْقُوَيْرِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ الْبُخَارِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ وَهْبٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَرْب حَدثنَا مُحَمَّد بن الْوَلِيد الزبيدِيّ أَنبأَنَا الزُّهْرِيُّ وَاسْمُهُ مُحَمَّدُ بْنُ مُسْلِمٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ زَيْنَب بنت أبي سَلمَة عَن أم سَلمَة رَضِي الله عَنْهَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى فِي بَيْتِهَا جَارِيَةً فِي وَجههَا سفعة فَقَالَ اسْتَرْقُوا لَهَا فَإِن بهَا النظرة رَوَاهُ البخارى.

 

2.    Jiyad al-Musalsalat karya al-Suyuti.

a.    Biografi Penulis Kitab

Nama lengkap penulis kitab Jiyad Al-Musalsalat adalah Jalal Al-Din  ‘Abd Al-Rahman bin Abu Bakr bin Muhammad bin Sabiq Al-Din Al-Suyuti. Lahir pada bulan Rajab tahun 849 H dan wafat pada malam Jum’at, tanggal 19 Jumadil Ula tahun 911 H.

Dalam pengembaraannya mencari ilmu, Al-Suyuti singgah ke beberapa negeri seperti Sham, Hijaz, Yaman, India dan Maroko.[19] Ia berguru kepada sejumlah ulama besar, bahkan seorang muridnya pernah menghitung guru beliau hingga mencapai 51 guru.

Beberapa Karya Al-Suyutiy

1)      Al-Itqan fi Ulum Al-Qur’an

2)      Al-Durr Al-Mansur fi Al-Tafsir bi Al-Ma’thur

3)      Asrar Al-Tanzil

4)      Lubab Al-Nuqul fi Asbab Al-Nuzul

5)      Al-Takhbir fi Ulum Al-Tafsir

6)      Jiyad Al-Musalsalat

b.    Tentang Kitab

Kitab Jiyad Al-Musalsalat karya Imam Al-Suyuti ini disusun berdasarkan tema hadis musalsal yang diawali dengan hadis Al-Musalsal bi Al-Awaliyah dan ditutup dengan Athar ‘An ‘Ala Musalsal bi Al-Aba’.

Dalam kitabnya, Imam Al-Suyuti mencantumkan 23 tema hadis musalsal dan 2 tema athar musalsal. Imam Al-Suyuti hanya sebatas mencantumkan hadis-hadis musalsal saja tanpa memberi penilaian atau komentar para ulama terkait hadis-hadis tersebut. Setelah menyebutkan hadis secara lengkap Imam Al-Suyuti menyebutkan referensi atau kitab induk hadis yang meriwayatkan hadis-hadis tersebut.[20]

c.       Sistematika Penulisan Hadis

Mengenai sistematika penulisan hadis dalam kitab ini, sebelum pengarang memulai menyebutkan seluruh hadisnya, mula-mula ia membuka dengan muqaddimah yang sangat sederhana. Kemudian baru memulai menyebutkan hadisnya dengan judul masing-masing hadis, yang di awali dengan al-hadith al-musalsal bi al-awaliyyah, dan dilanjutkan dengan al-hadith al-thani al-musalsal bi al-fuqaha’, dan seterusnya.


d. Contoh Penulisan

 


BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:

  1. TIPOLOGI KITAB HADIS MUSALSAL
  2. TIPOLOGI KITAB HADIS AL MARASIL
  3. TIPOLOGI KITAB HADIS AL MASANID
  4. TIPOLOGI KODIFIKASI KITAB HADIS الموطأ (AL-MUWATTA’)
  5. TIPOLOGI KODIFIKASI HADIS AL THULATHIYYAT
  6. TIPOLOGI KODIFIKASI KITAB HADIS AL MA’AJIM
  7. TIPOLOGI KITAB HADIS AL JAWAMI’


BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Menurut istilah, hadis musalsal adalah Hadis yang rawi-rawi sanadnya berturut-turut dalam satu sifat atau keadaan tertentu, terkadang bagi para perawi dan dari periwayatan.

Dari penjelasan tentang definisi tersebut, maka jelaslah bahwa musalsal itu terbagi menjadi tiga bagian, yaitu: musalsal dengan keadaan rawi-rawinya, musalsal dengan sifat-sifat rawinya, dan musalsal dengan sifat-sifat riwayatnya. Masing-masing dari tiga bagian tersebut juga mempunyai bagian-bagian lagi.

Di antara kitab-kitab hadis Musalsal yang terkenal adalah: Al-Musalsal al-Awwal, Nuzhah al-Huffaz, Al-Musalsalat al-Kubra, Jiyad al-Musalsalat, Al-Fawaid al-Jalilah fi Musalsalat Muhammad ibn ‘Uqaylah, Al-Manahil al-Salsalah fi al-Ahadith al-Musalsalah, dan Dhayl Nazm Ajud al-Musalsalat.

Kitab musalsal tersebut mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Di antara kelebihannya adalah mempermudah dalam pencarian hadis dengan mengkhususkannya pada hadis-hadis musalsal, mempermudah untuk mempelajari hadis-hadis musalsal secara keseluruhan karna dalam kitab Al-Musalsalat mencantumkan hadis-hadis musalsal, serta dapat mengetahui penilaian para ulama terkait hadis musalsal karena dalam beberapa kitab musalsal, penulis kitab turut mencantumkan komentar para ulama juga. Sementara kelemahan Kitab Musalsal adalah Tidak memuat keseluruhan hadis sehingga sebelum pencarian hadis diharuskan untuk mengetahui klasifikasi hadis terlebih dahulu.


DAFTAR PUSTAKA

‘Itr, Nur al-Din. Manhaj al-Naqd fi ‘Ulum al-Hadith. Damaskus: Dar al-Fikr. 1399 H/1979 M.

Abbas, Sirojuddin. Sejarah dan Keagungan Madzhab Syafi’I  halaman 229. Pustaka Tarbiyah Baru, 2010.

Bukhari (al), Abu ‘Abd Allah Muhammad ibn Isma’il ibn Ibrahim ibn al-Mughirah. al-Jami’ al-Musnad al-Sahih al-Mukhtasar min Umur Rasulullah Salla Allah ‘alayhi wa Sallam wa Sunananihi wa Ayyamihi. Vol 3. t.k: Dar Tawq al-Najah. 1422.

Madini (al), Abi Musa Muhammad bin ‘Umar Al-Asbahani. Nuzhah Al-Hufadh. Beirut: Muassasah Al-Kutub Al-Thaqafiyah.1987.

Maki (al), Abi Al-Fayd Muhammad Yasin bin Muhammad ‘Isa Al-Fadaniy, Al-‘Ujalah fi Al-Ahadith. Damaskus:Dar Al-Basair,1985

Mur’ishli, Yusuf. ‘Ilm Takhrij al-Hadith wa Bayan Kutub al-Sunnah al-Mushrifah. Beirut: Dar al-Ma’rifah. 1429 H/2008 M.

Salih (al), Subhi. ‘Ulum al-Hadith wa Mustalahuhu ‘Ard wa Dirasah. Beirut: Dar al-‘Ilm li al-Malayin. 2009.

Sijistani (al), Abu Dawud Sulayman ibn al-Ash’ath. Sunan Abi Dawud. Vol 1. Beirut: Dar al-Kitab al-‘Arabi. t.th.

Suyuti (al), Abd Al-Rahman bin Abi Bakr Jalal Al-Din i, Jiyad Al-Musalsalat. Beirut:Dar Al-Bashair Al-Islamiyah,2002.

Tahhan (al), Mahmud. Taysir Mustalah al-Hadith. al-Iskandariyah: Markaz al-Madh li al-Dirasat. 1415.

Tirmiziy (al), Muhammad bin ‘Isay bin Saurah bin Musay bin Al-Dahak , Sunan Al-   Tirmiziy. Mesir:Shirkah Maktabah wa Matba’ah Mustafay Al-Baniy,1975. Vol 5

Zaqzuq,  Muhammad Hamdi. Mawsu’ah ‘Ulum al-hadith al-Sharif . Kairo: Wizarah al-Awqaf al-Majlis al-A’la li al-Shu’un al-Islamiyyah. 1430 H/2009 M.



[1]Mahmud al-Tahhan, Taysir Mustalah al-Hadith (al-Iskandariyah: Markaz al-Madh li al-Dirasat, 1415), 144.

[2]Ibid.

[3]Nur al-Din ‘Itr, Manhaj al-Naqd fi ‘Ulum al-Hadith (Damaskus: Dar al-Fikr, 1399 H/1979 M), 354.

[4]Subhi al-Salih, ‘Ulum al-Hadith wa Mustalahuhu ‘Ard wa Dirasah (Beirut: Dar al-‘Ilm li al-Malayin, 2009), 249.

[5]Muhammad Hamdi Zaqzuq, Mawsu’ah ‘Ulum al-hadith al-Sharif  (Kairo: Wizarah al-Awqaf al-Majlis al-A’la li al-Shu’un al-Islamiyyah, 1430 H/2009 M), 699.

[6]Abu Dawud Sulayman ibn al-Ash’ath al-Sijistani, Sunan Abi Dawud, Vol 1 (Beirut: Dar al-Kitab al-‘Arabi, t.th), 561.

[7]Abi al-Fayd Muhammad Yasin ibn Muhammad ‘Isa al-Fadani al-Makki, al-‘Ujalah fi al-Ahadith al-Musalsalah (Damaskus Dar al-Basair, 1985), 13.

[8]Abi al-Fayd Muhammad Yasin ibn Muhammad ‘Isa al-Fadani al-Makki, al-‘Ujalah fi al-Ahadith …, 97.

[9]Abu ‘Abd Allah Muhammad ibn Isma’il ibn Ibrahim ibn al-Mughirah al-Bukhari, al-Jami’ al-Musnad al-Sahih al-Mukhtasar min Umur Rasulullah Salla Allah ‘alayhi wa Sallam wa Sunananihi wa Ayyamihi, Vol 3 (t.k: Dar Tawq al-Najah, 1422), 64.

[10]Mahmud al-Tahhan, Taysir Mustalah …, 146.

[11]Ibid.

[12]Muhammad bin ‘Isay bin Saurah bin Musay bin Al-Dahak Al-Tirmiziy, Sunan Al-Tirmiziy, (Mesir:Shirkah Maktabah wa Matba’ah Mustafay Al-Baniy,1975), Vol 5, 412

[13]Ibid.

[14]Yusuf Mur’ishli, ‘Ilm Takhrij al-Hadith wa Bayan Kutub al-Sunnah al-Mushrifah (Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1429 H/2008 M), 297-299.

[15]Abi Musa Muhammad bin ‘Umar Al-Asbahaniy Al-Madini, Nuzhah Al-Huffaz (Beirut: Muassasah Al-Kutub Al-Thaqafiyah,1987), 21.

[16]Ibid., 22-23.

[17]Abi Musa Muhammad bin ‘Umar Al-Asbahaniy Al-Madini, Nuzhah Al-Huffaz…, 46.

[18]Ibid., 60.

[19]Sirojuddin Abbas, Sejarah dan Keagungan Madzhab Syafi’I  halaman 229, (Pustaka Tarbiyah Baru, cetakan ke-17, 2010), 231

[20] ‘Abd Al-Rahman bin Abi Bakr Jalal Al-Din Al-Suyuti, Jiyad Al-Musalsalat,(Beirut:Dar Al-Bashair Al-Islamiyah,2002), 77

[21]Abi Al-Fayd Muhammad Yasin bin Muhammad ‘Isa Al-Fadaniy Al-Makiy, Al-‘Ujalah fi Al-Ahadith …, 13.

[22]Abi Al-Fayd Muhammad Yasin bin Muhammad ‘Isa Al-Fadaniy Al-Makiy, Al-‘Ujalah fi Al-Ahadith Al-Musalsalah…12

[23]Ibid. 126

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...