HOME

20 Januari, 2024

TIPOLOGI KITAB HADIS AL MUSTAKHRAJ


BAB I

PENDAHULUAN

Allah telah memberikan kedudukan kepada Nabi Muhammad sebagai Rasulullah dengan fungsi antara lain: menjelaskan Al-Qur’an, dipatuhi oleh orang-orang beriman, menjadi uswah hasanah dan rahmat bagi seluruh alam. Berangkat dari pemahaman tersebut, maka untuk mengetahui hal-hal yang harus diteladani dan yang tidak harus diteladani dari diri Nabi, diperlukan sebuah penelitian. Dengan demikian, dapat diketahui hadis Nabi yang berkaitan dengan ajaran Agama Islam, praktek Nabi dalam mengaplikasikan petunjuk Al-Quran sesuai dengan tingkat budaya masyarakat yang sedang dihadapi oleh Nabi dan sebagainya. Selanjutnya menurut sejarah, seluruh hadis tidak ditulis pada zaman Nabi.

Nabi Muhammad adalah adalah pusat perhatian bagi semua umat muslim. Segala perkataan, perbuatan, dan segala sesuatu yang bersumber dari Nabi Muhammad  adalah sabda yang sangat dianjurkan untuk diteladani. Semua informasi mengenai  hal tersebut telah direkam oleh para sahabat.Rekaman yang mereka miliki tersebut kemudian disebarkan kepada sesama sahabat, murid, dan tabi’in. Penyebaran hadis tersebut terjadi secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

Sebelum kodifikasi hadis dilakukan, umat merasakan kesulitan untuk mendapatkan informasi dan ilmu mengenai Nabi Muhammad. Hal ini disebabkan oleh proses transmisi yang ada didominasi oleh tradisi lisan. Dampak yang timbul adalah munculnya hadis-hadis palsu yang meluas. Hal ini yang memotivasi beberapa ulama’ untuk melakukan kodifikasi hadis.

Perkembangan penulisan kitab-kitab Hadis mengalami kemajuan dari abad ke abad dengan cara dan corak yang berbeda-beda, terutama dalam sistematika penyusunannya. Tokoh-tokoh Hadis yang datang telah mengelompokkan kitab-kitab Hadis yang bervariasi tersebut ke dalam beberapa kelompok. Salah satu kitab hadis tersebut adalah tipe kitab al-Mustakhraj.

 

BAB II

PEMBAHASAN 

A.    Pengertian al-Mustakhraj

Al-Mustakhraj secara bahasa adalah berarti al-istinbat. Dan secara istilah adalah suatu kitab hadis yang ditulis oleh seorang ulama’ dengan mentakhrijkan (menuliskan riwayat) hadis-hadis yang sudah dibukukan di dalam suatu kitab hadis dengan matnnya yang sama tetapi dari jalan yang lain dari pengarang kitab mustakhraj ‘alaih (yang dimustakhrajkan), lalu periwayatan mereka bertemu pada gurunya (penulis kitab yang dimustakhrajkan) atau guru yang lebih tinggi, sampai kepada sahabat.

Syaratnya, tidak sampai kepada shaikh dengan jalan yang lebih panjang sehingga menghilangkan sanad yang menghantarkan kepadanya yang lebih dekat, kecuali dengan alasan uluw (ketinggian) atau ada ziyadah (tambahan) yang penting. Bisa jadi Mustakhraj menggugurkan hadis-hadis yang sanadnya yang tidak memuaskan dan bisa pula menyebutkan hadis-hadis itu dengan jalan penulis kitab yang dimustakhrajkan.[1]

Dilihat dari segi sistematika penulisannya, kitab mustakhraj harus sesuai dengan kitab yang ditakhrijkan hadisnya baik susunan maupun pembagian babnya, karena topik pembahasan yang ada dalam kitab al-mustakhraj adalah topik kitab-kitab yang ditakhrijkan, baik itu berupa susunan, jumlah pembahasan, maupun bab-babnya. Selain itu, cara penggunaannya adalah seperti kitab-kitab jami‘.[2]

 

B.     Kitab-kitab al-Mustakhraj

Kitab kitab al-mustakhraj banyak sekali sebanyak kitab hadis yang ditakhrijnya, di antara kitab-kitab tersebut yang terkenal antara lain adalah:[3]

1.      Al-Mustakhrajat ‘ala S{ahih al-Bukhari

a.       Al-Mustakhraj ‘ala Sahih al-Bukhari karya Abu Bakr Ahmad Ibn Ibrahim al-Isma‘ili al-Jurjani (w. 371 H).

b.      Al-Mustakhraj ‘ala Sahih al-Bukhari karya Muhammad Ibn Abu Hamid Ahmad Ibn al-Husain Ibn al-Qasim Ibn al-Ghitrif Ibn al-Jahm al-Ghitrifi (w. 377 H).

c.       Al-Mustakhraj ‘ala Sahih al-Bukhari karya Abu ‘Abd Allah yang terkenal dengan Ibn Abi Dhuhl (w. 378 H).

d.      Al-Mustakhraj ‘ala Sahih al-Bukhari karya Ibn Marduyah Abu Bakr, Ahmad Ibn Musa Ibn Marduyah al-Asbahani (w 416H).

e.       Al-Mustakhraj ‘ala Sahih al-Bukhari karya Abu Nu‘aym, Ahmad Ibn ‘abd Allah Ibn Ahmad al-Asbahani (w. 430 H).

2.      Al-Mustakhrajat ‘ala S{ahih Muslim.

a.       Al-Mustakhraj ‘ala S{ahih Muslim karya Abu al-Fadl al-Bazzar, Ahmad Ibn Salamah al-Naysaburi (w. 286 H).

b.      Al-Mustakhraj ‘ala S{ahih Muslim karya Abu Bakr, Muhammad Ibn Muhammad Ibn Raja’ al-Isfarayayni al-Naysaburi (w. 286 H).

c.       Al-Mustakhraj ‘ala S{ahih Muslim karya Abu Ja‘far al-H{iri (w. 311 H).

d.      Al-Mustakhraj ‘ala S{ahih Muslim atau yang disebut dengan S{ahih Abu ‘Awanah atau Musnad Abu ‘Awanah karya Ya’qub Ibn Ishaq Ibn Ibrahim Ibn Yazid (w. 316 H).

e.       Al-Mustakhraj ‘ala S{ahih Muslim karya Abu ‘Imran al-Juwayni (w. 323 H).

f.       Al-Mustakhraj ‘ala S{ahih Muslim karya Abu Muhammad al-T{usi (w. 339 H).

g.      Al-Mustakhraj ‘ala S{ahih Muslim karya Abu Muhammad, Qasim Ibn Asbagh Ibn Muhammad (w. 340).

h.      Al-Mustakhraj ‘ala S{ahih Muslim karya Abu al-Walid al-Qazwini (w. 344 H).

i.        Al-Mustakhraj ‘ala S{ahih Muslim karya Abu al-Nasr al-T{usi, Muhammad Ibn Yusuf al-Shafi‘i (w. 344 H).  

j.        Al-Mustakhraj ‘ala S{ahih Muslim karya Abu Sa‘id al-H{iri, Ahmad Ibn Abu Bakr Muhammad iabn al-H{afiz al-Kabir Abu ‘Uthman Sa‘id Ibn Isma‘il al-H{iri (w. 353 H).

k.      Al-Mustakhraj ‘ala S{ahih Muslim karya Abu H{amid, Ahmad ibn Sharak (w. 355 H).

l.        Al-Mustakhraj ‘ala S{ahih Muslim karya Muhammad Ibn Abd Allah Ibn Muhammad Ibn Zakariya al-Shaybani al-Jawzaqi (w. 388 H).

m.    Al-Mustakhraj ‘ala S{ahih Muslim karya Abu Nu‘aym al-Asbahni (w. 430).

3.      Al-Mustakhrajat ‘ala al-S{ahihayn

a.       Al-Mustakhrajat ‘ala al-S{ahihayn karya Abu ‘Abd Allah Muhammad Ibn Ya‘qub Ibn Yusuf Ibn al-Akhram al-Shaybani (w. 344 H).

b.      Al-Mustakhrajat ‘ala al-S{ahihayn karya Abu ‘Ali al-Hasan Ibn Muhammad Ibn Ahmad Ibn Muhammad Ibn al-Husayn al-Masarjisi (w. 365 H).

c.       Al-Mustakhrajat ‘ala al-S{ahihayn karya Abu Bakr Ahmad Ibn Muhammad Ib al-Farraj al-Shayrazi (w. 388 H).

d.      Al-Mustakhrajat ‘ala al-S{ahihayn karya Abu Bakr al-Barqani Ahmad Ibn Mhammad Ibn Ahmad Ibn Ghalib al-Khawarizmi al-Shafi‘i (w. 425 H).

e.       Al-Mustakhrajat ‘ala al-S{ahihayn karya Abu Nu‘aym al-Asbahani (w. 430 H).

f.       Al-Mustakhrajat ‘ala al-S{ahihayn karya AbuDharr, ‘Abd Ibn Ahmad Ibn Muhammad Ibn al-‘Ansari al-Harawi (w. 434 H).

g.      Al-Mustakhrajat ‘ala al-S{ahihayn karya Abu Muhammad al-Khallal (w. 439 H).

h.      Al-Mustakhrajat ‘ala al-S{ahihayn karya Abu Mas‘ud al-Mulihi Sulayman Ibn Ibrahim (w. 486 H).

4.      Al-Mustakhrajat ‘ala Sunan Abi Dawud

a.       Al-Mustakhrajat ‘ala Sunan Abi Dawud karya Ibn Faraj Abu ‘Abd Allah Muhammad Ibn ‘Abd al-Malik Ibn Ayman Ibn Faraj al-Qurtubi (w. 330 H).

b.      Al-Mustakhrajat ‘ala Sunan Abi Dawud karya al-Qasim Ibn Asbagh (w. 340 H).

c.       Al-Mustakhrajat ‘ala Sunan Abi Dawud karya Abu Bakr Ibn Manjuyah al-Asfahani (w. 428 H).

5.      Al-Mustakhrajat ‘ala Jami‘ al-Tirmidhi

a.       Mustkahraj Abu ‘Ali al-T{usi ‘ala Jami‘ al-Tirmidhi karya H{asan Ibn ‘Ali Ibn Nasr al-Khurasani (w. 312 H).

b.      Al-Mustakhraj ‘ala Jami‘ al-Tirmidhi Abu Bakr Ibn Manjuyah (w. 428 H).

6.      Al-Mustakhrajat ‘ala Kutub al-Ukhra

a.       Mustakhraj Abu Nu‘aym al-Asbahani (w. 430 H) ‘ala al-Tawhid Li Ibn Khuzaymah.

b.      Al-Muntaqa karya Abu Muhammad ‘Abd Allah Ibn ‘Ali Ibn al-Jarawid (w. 308 H).

 

C.    Pembahasan Tentang Beberapa Kitab al-Mustakhraj

Dari bebrapa kitab di atas, penulis mencoba membahas beberapa kitab yang antara lain adalah:

1.      Musnad Abu ‘Awanah karya Ya’qub Ibn Ishaq Ibn Ibrahim Ibn Yazid (w. 316 H).

Kitab ini dikarang oleh Abu ‘Awanah Ya’qub Ibn Ishaq Ibn Ibrahim Ibn Yazid, beliau adalah salah satu ulama besar dalam bidang hadis, beliau mengelilingi berbagai penjuru daerah untuk mendengarkan hadis dari para guru-gurunya, maka beliau pergi ke Khurasan, Iraq, H{ijaz, Yaman, Sham, Persia, Asfahan, dan Mesir. Beliau berguru hadis kepada Abu ‘Ali al-Naysaburi, Ibn ‘Adi, dan al-T{abrani.

Kitab Musnad ini adalah salah satu kitab yang terkanal yang mentakhrij kitab S{ahih Muslim, banyak ulama yang telah mengambil manfaat dari kitab beliau.

Dalam menyusun kitab musnad ini beliau menggunakan metode penyusunan seperti apa yang telah ada dalam kitab aslinya, tetapi beliau menambahi penjelasan tentang kehujjahan hadis yang belum ditakhrij oleh imam Muslim, dan di dalamnya ada yang berkualitas sahih, hasan, maupun daif, dan mawquf. Pengarang (Abu ‘Awanah) membagi bab-bab dalam kitabnya berdasarkan Kutub Fiqhiyyah, kemudian dalam setiap Kitab ada bagian-bagian tertentu (abwab), dan beliau menulis setiap hadis yang ada dalam babnya masing-masing.[4]

Contoh pembahasan dalam kitab Musnad Abu ‘Awanah dan perbandingannya dengan kitab S{ahih Muslim:

a.       Musnad Abu ‘Awanah (dalam bab keutamaan puasa)

-        حَدَّثَنَا الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ، حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ يَزِيدَ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ: حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيِّبِ أَنَّهُ، سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «كُلُّ عَمِلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلَّا الصِّيَامُ هُوَ لِي، وَأَنَا أَجْزِي بِهِ، وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَخِلْفَةُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ»[5]

-        حَدَّثَنَا حَمْدَانُ بْنُ الْجُنَيْدِ، وَأَبُو أُمَيَّةَ، قَالَا: حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ: أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ، عَنَ أَبِي صَالِحٍ الزَّيَّاتِ، أَنَّهُ، سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «كُلُّ عَمِلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ، إِلَّا الصَّوْمَ لِي، فَهُوَ لِي، وَأَنَا أَجْزِي بِهِ، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ»[6]

b.      Sahih Muslim (dalam bab keutamaan puasa)

-        وحدثني حرملة بن يحيى التجيبي، أخبرنا ابن وهب، أخبرني يونس، عن ابن شهاب، أخبرني سعيد بن المسيب، أنه سمع أبا هريرة رضي الله عنه، قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: قال الله عز وجل: كل عمل ابن آدم له، إلا الصيام، هو لي وأنا أجزي به «فوالذي نفس محمد بيده، لخلفة فم الصائم، أطيب عند الله من ريح المسك»[7]

-        وحدثني محمد بن رافع، حدثنا عبد الرزاق، أخبرنا ابن جريج، أخبرني عطاء، عن أبي صالح الزيات، أنه سمع أبا هريرة رضي الله عنه، يقول: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " قال الله عز وجل: كل عمل ابن آدم له إلا الصيام، فإنه لي وأنا أجزي به، والصيام جنة، فإذا كان يوم صوم أحدكم، فلا يرفث يومئذ ولا يسخب، فإن سابه أحد أو قاتله، فليقل: إني امرؤ صائم "«والذي نفس محمد بيده، لخلوف فم الصائم أطيب عند الله، يوم القيامة، من ريح المسك»[8]


 


2.      Mustakhraj Abu Nu‘aym terhadap S{ahih Muslim.

Nama lengkap pengarang kitab ini adalah Ahmad ibn Abdillah ibn Ahmad ibn Ishaq ibn Musa ibn Mihran. Beliau dilahirkan pada tahun 336 H. beliau adalah seorang Imam Hafiz dan ulama yang thiqat. Beliau adalah seorang muhaddith yang telah mendapatkan ijazah sanad hadis dari guru-gurunya di berbagai tempat antara lain adalah kepada ayahnya sendiri, kepada ulama Sham seperti Khaithamah ibn Sulaiman, kepada ulama Naisabur seperti kepada Abu al-Abbas al-Asam, kepada ulama Wasit seperti kepada Abdullah Ibn Umar ibn Shaudhab, kepada ulama Baghdad seperti kepada Abu Sahl bin Ziyad al-Qattan dan ulama-ulama lainnya.

Beliau mengarang berbagai kitab seperti kitab mu’jam, mustakhraj ‘ala sahihain, tarikh asbahan, sifat al-jannah, dalail an-Nubuwwah, fadail al-sahabah, ulum al-hadith, dan masih banyak lagi kitab karangan lainnya.

Banyak sekali pujian yang diberikan karena kitab karangan dan keilmuan beliau dalam berbagai bidang keislaman. Namun para ulama juga berpendapat bahwa beliau adalah seorang yang cukup tasahul dalam melakukan jarh maupun ta’dil terhadap rijal hadith. Dan beliau wafat pada tahun 430 H pada tanggal 20 Muharram.[9]

Kitab hadis ini di dalam software shamilah memiliki 4 jilid. Hadis-hadis ditulis dengan metode penulisan Mustakhraj yaitu suatu jenis kitab hadis yang memuat matan hadis yang diriwayatkan oleh seorang perawi dan selanjutnya penyusun kitab ini meriwayatkan matan hadis tersebut dengan sanadnya sendiri.

Jika dilihat dari isi kitab dan hasil penelitian kecil terhadap karakteristik kitab ini, maka hasilnya adalah sebagai berikut: Kitab ini umumnya memiliki jalur sanad yang bisa dibilang panjang. Hal itu dikarenakan Abu Nuaim adalah ulama yang hidup pada masa abad ke empat yang membuat jalur periwayatan hadis semakin jauh dan kualitas rawi yang lebih rentan dari daif. Contohnya adalah seperti hadis di bawah ini, yang memiliki jalur periwayat yang panjang yaitu :

a.       Dalam Mustakhraj adalah:

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُوسُفَ بْنِ خَلادٍ ثَنَا الْحَارِثُ بْنُ أَبِي أُسَامَةَ ثَنَا يُونُسُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمُؤَدِّبُ ثَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُسَيْنٍ الآجُرِّيُّ ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى الْحُلْوَانِيُّ ثَنَا سَعِيدُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنِ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ ذَبَّانَ ثَنَا مُحَمَّدُ ابْن رمح أبنأ اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ أَبِي الْخَيْرِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَجُلا سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الإِسْلامِ خَيْرٌ قَالَ (تُطْعِمُ الطَّعَام وتقرىء السَّلامُ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ) لَفْظُ الْحَارِثِ رَوَاهُ مُسْلِمٌ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ رُمْحٍ عَن اللَّيْث[10]

b.      Dalam kitab Sahih Muslim:

حدثنا قتيبة بن سعيد، حدثنا ليث، ح وحدثنا محمد بن رمح بن المهاجر، أخبرنا الليث، عن يزيد بن أبي حبيب، عن أبي الخير، عن عبد الله بن عمرو، أن رجلا سأل رسول الله صلى الله عليه وسلم، أي الإسلام خير؟ قال: «تطعم الطعام، وتقرأ السلام على من عرفت، ومن لم تعرف»[11]

Melihat salah satu contoh di atas, dapat diketahui bahwa antara kitab asli (Sahih Muslim) dan kitab yang mentakhrijnya sangat berbeda sekali dalam jalur sanadnya, meskipun dalam matnnya sama seperti kitab yang telah ditakhrijnya.


 


 


3.      Mustkahraj al-T{usi ‘ala Jami‘ al-Tirmidhi

Kitab ini dikarang oleh Abu ‘Ali al-H{asan Ibn ‘Ali Ibn Nasr al-T{usi, beliau dilahirkan 222 H, beliau hidup dalam keadaan yang mendukungkanya dalam keilmuan, belajar kepada para guru yang ada diantara ulama besar pada masanya.[12]

Dari beberapa guru al-T{usi antara lain adalah:

a.       Muhammad Ibn Bashar Bindar (w. 252 H)

b.      Muhammad Ibn al-Muthanna al-‘Anzi (w. 252 H)

c.       Muhammad Ibn Yahya al-Dhuhli (w. 258 H)

d.      Al-H{asan Ibn ‘Arafah (w. 257 H)

e.       Abu H{atim al-Razi (w. 264 H), dan lain sebagainya.[13]

Sebagai seorang ulama tentunya al-T{usi memiliki murid yang telah menimba ilmu beliau, dari memerapa muridnya antara lain adalah:

a.       Ahmad Ibn Ibrahim Ibn Isma‘il al-Isma‘ili (w. 371 H)

b.      Ahmad Ibn ‘Ali al-Husayn al-Razi

c.       Ahmad Ibn Muhammad Ibn ‘Abdus

d.      Ishaq Ibn Muhammad al-Kaysani

e.       Ja‘far Ibn T{alib Ibn ‘Ali

f.       Ja‘far al-Kurabisi

g.      Abu Bakr ‘Abd Allah Ibn Muhammad Ibn Muslim al-Isfarayayni

h.      ‘Ubaydillah Ibn Ahmad al-Raisi, dan lain sebagainya.[14]

Adapun beberapa pendapat/penilaian ulama tentang al-T{usi, antara lain:

a.       Ibn Abi H{atim, Thiqah mu‘tamad ‘alaih.

b.      Abu Shaykh al-Asbahani, sanafa al-kutub, kathir al-hadith.

c.       Al-Dhahabi, al-imam al-hafiz.

d.      Ibn al-‘Imad, al-hafiz al-mashhurah, dan lain sebagainya.[15]

Selain beberapa hal di atas, sebagai seorang yang giat dalam mendalami ilmunya tentunya beliau pernah melakukan rihlah ke berbagai penjuru daerah, antara lain: Asbahan (295), Jurjan, Basrah, Bahgdad, Wasit, Kufah, Makkah, dan lain-lain.

Al-T{usi menulis karya-karya yang lain selain kitab ini (al-Mustakhraj), antara lain adalah:

a.       Kitab al-Fawaid

b.      Kitab al-Qiraat

c.       ‘Ishruna Juz’an ‘an Ya‘qub al-Duraqi

d.      H{adith Shu‘bah.

Dalam mentakhrij kitab Jami‘ al-Tirmidhi, beliau mengikuti apa yang telah ada dalam kitab aslinya, meskipun terkadang dalam sebagian penulisan hadisnya ada yang diringkas ataupun dijelaskan tentang pemahaman hadis-hadis tersebut. Terkadang pula al-T{usi menambahi bahasan dalam penulisan kitab ini, contohnya seperti dalam “Kitab al-S{alah” pada hadis nomor  507.[16]

-         حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ قَالَ: حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ قَالَ: أَخْبَرَنَا مَنْصُورٌ وَهُوَ ابْنُ زَاذَانَ، عَنْ ابْنِ سِيرِينَ، عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ، «أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُخْرِجُ الأَبْكَارَ، وَالعَوَاتِقَ، وَذَوَاتِ الخُدُورِ، وَالحُيَّضَ فِي العِيدَيْنِ»، فَأَمَّا الحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ المُصَلَّى، وَيَشْهَدْنَ دَعْوَةَ المُسْلِمِينَ، قَالَتْ إِحْدَاهُنَّ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنْ لَمْ يَكُنْ لَهَا جِلْبَابٌ، قَالَ: «فَلْتُعِرْهَا أُخْتُهَا مِنْ جَلَابِيبِهَا»[17]

-         نَا عَلِيُّ بْنُ مُسْلِمٍ قَالَ نَا هُشَيْمٌ قَالَ نَا مَنْصُورٌ عَنِ ابْنِ سِيرِينَ عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ وَهِشَامٌ عَنِ ابْنِ سِيرِينَ عَنْ حَفْصَةَ عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُخْرِجُ الأَبْكَارَ وَالْعَوَاتِقَ وَذَوَاتَ الْخُدُورِ وَالْحُيَّضَ يَوْمَ الْعِيدِ فَأَمَّا الْحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الْمُصَلَّى وَيَشْهَدْنَ الْخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِينَ قَالَتْ فَقَالَتْ إِحْدَاهُنَّ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لإِحْدَانَا جِلْبَابٌ قَالَ فَلْتُعِرْهَا أُخْتُهَا جِلْبَابَهَا[18]

وَفِي الْبَابِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ وَيُقَالُ حَدِيثُ أُمِّ عَطِيَّةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَقَدْ ذَهَبَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ إِلَى هَذَا الْحَدِيثِ وَرَخَّصَ إِلَى النِّسَاءِ فِي الْخُرُوجِ إِلَى الْعِيدَيْنِ وَكَرِهَهُ بَعْضُهُمْ وَرُوِيَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُبَارَكِ أَنَّهُ قَالَ أَكْرَهُ الْيَوْمَ الْخُرُوجَ لِلنِّسَاءِ فِي الْعِيدَيْنِ فَإِنْ أَبَتِ الْمَرْأَةُ إِلا أَن تخرج فليأدن لَهَا زَوْجُهَا أَنْ تَخْرُجَ فِي أَطْمَارِهَا وَلا تَزَيَّنُ فَإِنْ أَبَتْ أَنْ تَخْرُجَ كَذَلِكَ فَلِلزَّوْجِ أَنْ يَمْنَعَهَا مِنَ الْخُرُوجِ وَيُرْوَى عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا لَوْ رَأَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا أَحْدَثَ النِّسَاءُ لَمَنَعَهُنَّ الْمَسْجِدَ كَمَا مُنِعَتْ نِسَاءُ بَنِي إِسْرَائِيلَ وَيُرْوَى عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ أَنَّهُ كَرِهَ الْيَوْمَ الْخُرُوجَ لِلنِّسَاءِ إِلَى الْعِيدِ

Setelah disebutkan bab-bab dalam kitab tersebut, kemudian disebutkan sanad-sanad hadis yang bertemu dengan guru al-Tirmidhi atau mungkin di atasnya lagi, atau bahkan dengan gurunya yang lebih jauh lagi. Terkadang antara keduanya (al-Tusi dan al-Tirmidhi) ada sedikit perbedaan dalam sebagian apa yang telah ditulis. Selain itu, beliau juga memberikan penilaian tentang hadis yang ditakhrijnya dari al-Tirmidhi.

 


D.    Manfaat Penyusunan Kitab Al-Mustakhraj

Adapun beberapa manfaat dari kitab jenis al-Mustakhraj ini antara lain adalah:

1.      Lengkapnya lafaz, seperti melengkapi lafaz yang mahdhuf, adanya keterangan dalam hadis.

2.      ‘Uluww al-Isnad.

3.      Semakin kuat kehujjahan hadis, karena banyaknya jalur sanad.

4.      Bersambungnya antara satu guru dengan yang lain, terkadang merajih satu sama lain.

5.      Semakin menjelaskan para perawi hadis tersebut.

6.      Mengetehui persamaan dan perbedaan dalam salah satu huruf atau dua huruf bahkan lebih dari itu antara kitab aslinya dan kitab yang mentakhrijnya.

7.      Menjelaskan adanya pertambahan lafaz pada beberapa hadis dalam kitab aslinya.

8.      Menyebutkan kisah yang mungkin tidak tertulis dalam kitab aslinya, tetapi tertulis dalam kitab al-Mustakhraj.

9.      Menerangkan lafaz yang mushkil yang terdapat dalam kitab S{ahihayn atau salah satu darinya.

10.  Adapun sanad yang terlewat dalam kitab yang ditakhrij, terkadang bersambung dalam kitab al-Mustakhraj. [19]


 BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:


PENUTUP 

Beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan di atas antara lain adalah:

a.       Kitab al-Mustakhraj adalah suatu kitab hadis yang ditulis oleh seorang ulama’ dengan mentakhrijkan (menuliskan riwayat) hadis-hadis yang sudah dibukukan di dalam suatu kitab hadis.

b.      Kitab mustakhraj harus sesuai dengan kitab yang ditakhrijkan hadisnya baik susunan maupun pembagian babnya, karena topik pembahasan yang ada dalam kitab mustakhraj adalah topik kitab-kitab yang ditakhrijkan, baik itu berupa susunan, jumlah pembahasan, maupun bab-babnya.

c.       Beberapa manfaat dari kitab jenis al-Mustakhraj ini antara lain adalah:

1.      Lengkapnya lafaz, seperti melengkapi lafaz yang mahdhuf, adanya keterangan dalam hadis.

2.      ‘Uluww al-Isnad.

3.      Semakin kuat kehujjahan hadis, karena banyaknya jalur sanad.

4.      Semakin menjelaskan para perawi hadis tersebut.

5.      Mengetehui persamaan dan perbedaan dalam salah satu huruf atau dua huruf bahkan lebih dari itu antara kitab aslinya dan kitab yang mentakhrijnya, dan lain sebagainya.

 

DAFTAR PUSTAKA

Abd Allah, Abu Nuaym Ahmad Ibn. al-Musnad al-Mustakhraj ‘Ala S{ahih Muslim, vol I (Beirut: Dar Kutub al-‘ilmiyyah, 1996).

Dhahabi (al), Shams al-Din Muhammad Ibn Ahmad Ibn ‘Uthman Siyar A‘lam al-Nubala’, vol 17 (Beirut: Muassasah al-Risalah, 1993).

Ghuri (al),  ‘abd al-Majid al-Wajiz fi Ta‘rif Kutub al-Hadith (Beirut: muassasah al-Sharq, 2009).

Qushayri (al), Muslim Ibn al-Hajjaj Abu al-Hasan. S{ahih Muslim, vol I, (Beirut: Dar Ihya’ al-Turath, Tt).

___________. S{ahih Muslim, vol II, (Beirut: Dar Ihya’ al-Turath, Tt).

SuyutI (al), Jalal al-Din ‘Abd al-Rahman Ibn Abi Bakr tadrib al-Rawi Fi Sharh Taqrib al-Nawawi, vol I (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1996).

T{ahhan (al), Mahmud Usul al-Takhrij wa Dirasah al-Asanid (Beirut: Dar al-Qur’an al-Karim, 1979).

T{usi (al), Abu ‘Ali al-H{asan Ibn ‘Ali Ibn Nasr Mukhtasar al-Ahkam, Mustakhraj al-T{usi, vol I (Madinah: Maktabah al-Ghuraba’ al-Athariyyah, 1412H).

Tirmidhi (al), Muhammad Ibn ‘Isa Ibn Sawrah Ibn Musa Ibn al-D{ahhak. Sunan al-Tirmidhi, vol II (Mesir: Maktabah Mustafa al-Babi, 1975).

Yazid, Abu ‘Awanah Ya’qub Ibn Ishaq Ibn Ibrahim Ibn. Mustakhraj Abi ‘Awanah, vol II (Beirut: Dar al-Fikr, 1998).

Software al-Maktabah al-Shamilah (Mustakhraj Abi ‘Awanah).



[1]Jalal al-Din ‘Abd al-Rahman Ibn Abi Bakr al-Suyuti, tadrib al-Rawi Fi Sharh Taqrib al-Nawawi, vol I (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1996), 55.

[2]Mahmud al-Tahhan, Usul al-Takhrij wa Dirasah al-Asanid (Beirut: Dar al-Qur’an al-Karim, 1979), 115.

[3]‘Abd al-Majid al-Ghuri, al-Wajiz fi Ta‘rif Kutub al-Hadith (Beirut: Muassasah al-Sharq, 2009),82-87.

[4]Software al-Maktabah al-Shamilah (Mustakhraj Abi ‘Awanah).

[5]Abu ‘Awanah Ya’qub Ibn Ishaq Ibn Ibrahim Ibn Yazid, Mustakhraj Abi ‘Awanah, vol II (Beirut: Dar al-Fikr, 1998) 163.

[6]Ibid., 163.

[7]Muslim Ibn al-Hajjaj Abu al-Hasan al-Qushayri, Sahih Muslim, vol II, (Beirut: Dar Ihya’ al-Turath, Tt) 806.

[8]Ibid., 807.

[9]Shams al-Din Muhammad Ibn Ahmad Ibn ‘Uthman al-Dhahabi, Siyar A‘lam al-Nubala’, vol 17 (Beirut: Muassasah al-Risalah, 1993), 453.

[10]Abu Nuaym Ahmad Ibn Abd Allah, al-Musnad al-Mustakhraj ‘Ala Sahih Muslim, vol I (Beirut: Dar Kutub al-‘ilmiyyah, 1996), 130.

[11]Muslim Ibn al-Hajjaj Abu al-Hasan al-Qushayri, Sahih Muslim, vol I, (Beirut: Dar Ihya’ al-Turath, Tt), 65.

[12]Abu ‘Ali al-Hasan Ibn ‘Ali Ibn Nasr al-Tusi, Mukhtasar al-Ahkam, Mustakhraj al-Tusi, vol I (Madinah: Maktabah al-Ghuraba’ al-Athariyyah, 1412H), 24.

[13]Ibid., 36.

[14]Ibid., 37.

[15]Ibid., 39.

[16]Ibid., 52.

[17]Muhammad Ibn ‘Isa Ibn Sawrah Ibn Musa Ibn al-Dahhak al-Tirmidhi, Sunan al-Tirmidhi, vol II (Mesir: Maktabah Mustafa al-Babi, 1975), 419.

[18]al-Tusi, Mukhtasar al-Ahkam, vol III…70.

[19]al-Ghuri, al-Wajiz fi Ta‘rif…81.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...