HOME

13 Agustus, 2023

PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN


Pentingnya Pemanfaatan Teknologi

Pendidikan berkaitan dengan peningkatan kulaitas sumber daya manusia. Perubahan-perubahan  yang akan terjadi di masa depan sangat membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas sumber daya manusia yang harus  dihasilkan pendidikan di masa depan tersebut adalah mereka yang memiliki tiga ciri utama :

1.    Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

2.    Memiliki kreativitas.

3.    Memiliki solidaritas sosial.

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi ditandai dengan adanya kesadaran akan IPTEK atau berpengetahuan luas, mampu mencerna informasi dan menolahnya untuk kepentingan diri dan masyarakatnya. Mampu menganalisis informasi mengenai segala perubahan guna menentukan sikap terhadap perubahan tersebut. Mampu melakukan belajar sepanjang hayat (life long learning). Memiliki kemampuan nalar dan integritas yang tinggi, serta mampu mendayagunakan IPTEK bahkan dapat menemukan inovasi untuk menciptakan perubahan dan mengendalikannya.

Teknologi infromasi dan  komunikasi mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi dan informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan berbagai alat bantu, manipulasim, dan pengelolaan informasi. Teknologi dan komunikasi adalah dua hal yang tidak terpisah dan merupakan suatu padanan  yang mengandung pengertian luas mengenai segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan trnasfer atau pemindahan informasi antarmedia.

Teknologi dan infromasi dan komunikasi mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi infromasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan berbagai alat bantu, amnipulasi, dan pengelolaan infromasi. Teknologi dan komunikasi meruapakan segala  hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk meproses dan mentransfer data dari perangkat  yang satu ke perangkat yang liannya. Dengan penjelasan  seperti itu maka dapat dikatakan bahwa teknologi infromasi dan tekonologi komunikasi adalah dua hal yang tidak dapat terpisah dan merupakan suatu padanan yang mengandung pengertian luas mengenai segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer atau pemindahaan informasi antar media.

Pemanfaat teknologi infromasi dan komunikasi ini akan menjadi kebutuhan mutlak dalam dunia pendidikan masa kini dan masa depan. Secara khusus, pemanfaatan teknologi dan infromasi dan komunikasi ini ialah untuk menyadarkan peserta didik akan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi dan komunikasi  yang mengalami perubahan secara terus-menerus dari waktu ke waktu. Hal ini akan memberikan motivasi untuk mepelajari bidang teknologi dan komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat (life long learning). Pemanfaatan lainnya ialah sebagai berikut.

1.    Memotivasi siswa untuk dapat beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat melaksanakan dan menjalani aktivitas kehidupan secara lebih ,mandiri dan lebih percaya diri.

2.    Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan  teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung kegiatan belajar mengajar dan bekerja serta berbagai aktivitas kehidupan lainnya.

3.    Mengembangkan kemampuan belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa memiliki keterampilan dalam berkomunikasi, mengorganisasi infromasi dan kebiasaan bekerja sama.

4.    Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan teknologi dan informasi dan komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan memecahkan masalah.

Apabila siswa sudah terbiasa memanfaatkan perangkat tekonologi infromasi dan komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan meproses infromasi dalam kegiatan belajar, bekerja dan aktivitas lainnya amaka diharapkan siswa akan mampu berkreasi, mengembangkan sikap imajinatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah terlibat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi. Siswa dapat menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif sehingga siswa akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman berbagai kalangan, serta dapat mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuab belajar mandiri sehingga siswa dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan di mana penggunaan teknologi informasi dan komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...