HOME

13 Agustus, 2023

PENDIDIKAN MORAL DALAM PENDIDIKAN

 


Pentingnya Pendidikan Moral

Akselerasi perubahan masyarakat yang begitu cepat di masa depan berpengaruh terhadap tata kehidupan manusia. Toffler (1970) menyebutkan tata kehidupan manusia masa depan itu mencakup.

1.    Masyarakat yang serba membuang.

2.    Kaum nomad baru.

3.    Insan modular.

Masyarakat  yang serba membuang menggambarkan sikap hidup masyarakat terhadap benda. Ia senang berganti-ganti barang sehingga berakibat pada adanya stmulasi produk yang selalu membanjiri masyarakat dengan desain up to date. Nomad baru mencerminkan mobilitas penduduk, perindahan pekerjaan dan lalu lalangnya manusia akibat mutasi pekerjaan dan tempat tinggal. Insan modular menggambarkan hubungan sesama manusia yang mengarah pada sebatas hubungan fungsional.

Selain masalah yang terkait dengan perubahan  tata kehiudapan di atas, di Indonesia pada masa depan akan dihadapkan pula dengan masalah kependudukan, ketenagakerjaan, dan perubahan lingkungan hidup. Pertambahan penduduk yang begitu cepat merupakan tantangan  bagi masyarakat Indonesia masa depan. Pada tahun 2020, jumlah penduduk di Indonesia diperkirakan mencapai 250 juta jiwa dan tahun 2050 mencapai 350 juta jiwa rata-rata pertumbuhan penduduk di Indoensia saat ini sekitar 1,8% per tahun. Akibat dari adanya pertumbuhan penduduk tersebut dapat memunculkan masalah-masalah sosial, misalnya pengangguran. Sementara itu, presentase tenaga terdidik Indonesia yang tidak terserap oleh lapangan kerja jumlahnya cukup tinggi. Fenomena ini tidak terlepas dari pertumbuhan penduduk  yang tidak berimbang dengan daya serap lapangan kerja. Proporsi tingkat pendidikan tenaga kerja di Indonesia lebih besar hanya berpendidikan SD ke bawah, akibatnya pada beberapa sektor dan posisi jabatan masih diduduki oleh tenaga profesonal asing. Keadaan ini tentu merupakan tantangan  bagi dunia pendidikan di Indonesia saat ini dan masa mendatang. Masalah berikutnya berkaitan dengan perubahan lingkungan hidupa yang akan dihadapi oleh masyarakat masa depan. Beberapa perubahan lingkungan di masa depan menurut Kastama (2002:61) meliputi :

1.    Bertambahnya jumlah penduduk di bumi.

2.    Krisis air bersih untuk keperluan penduduk dan industri.

3.    Makin luasnya tanah krisis.

4.    Berkurangnya luas hutan.

5.    Musnahnya berbagai plasma nutfah di darat dan air karena rusaknya ekosistem.

6.    Rusaknya berbagai ekosistem di laut akibat pengurasan  hasil laut dan pencemaran di sungai.

7.    Makin luasnya padang pasir.

8.    Meningkatnya suhu bumi akibat efek rumah kaca.

9.    Makin meningkatnya hujan asam.

10. Jurang  ekonomi antara negara miskin dan negara maju yang makin lebar.

Semua permasalahan yang akan dihadapi di masa depan sebagaimana diuraikan di atas akan memunculkan adanya tekanan-tekanan sosial sebagai akibat dari berbagai ketimpangan sosial yang dapat menimbulkan tingkah laku menyimpang dari masayarakat. Sebagai contoh, akibat dari globalisasi dalm bidang informasi maka tata nilai dasar ke Indonesiaan dengan mudah diterjang oleh budaya asing yang datang begitu deras sehingga melahirkan perilaku baru dikalangan generasi muda yang mengarah pada kasus demoralisasi atau degredasai moral. Pertanyaan yang perlu dijawab adalah nilai-nilai moral yang bagaimanakah yang hendak dikembangkan dalam pendidikan masa depan Indonesia, terutama bagi para generasi muda ? diskusi  mengenai gagasan kurikulum masa depan yang diselenggarakan oleh Pusat Kurikulum Depdiknas menganggap perlu dikembangkannya kebudayaan moral dalam dunia pendidikan (sekolah), antara lain melalui kepemimpinan moral dan akademik, pelajaran-pelajaran bernilai moral yang dapat membentuk perilaku, peningkatan rasa komunitarian untuk dapat lebih mengenal yang lain, semangat demokratis, lingkungan moral yang mengandalkan dialog, dan lebih diperhatikannya dimensi moral dalam pergaulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...