HOME

13 Agustus, 2023

MASYARAKAT DALAM ERA PROFESIONALISME

 


Masyarakat dalam Era Profesionalisme

Salah satu karakteristik penting masyarakat di masa depan adalah meningkatnya kebutuhan akan layanan profesionalisme dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Hal ini terjadi tidak terlepas dari ketiga hal yang telah disebutkan yaitu adanya kecenderungan globalisasi yang ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat, serta perkembangan arus infromasi, komunikasi dan transfortasi yang semakin padat dan cepat. Masyarakat Indonesia masa depan harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas serta daya kritis yang semakin tinggi.

Keadaan masyarakat masa depan semakin menuntut kualitas hidup yang lebih baik, termasuk berbagai layanan yang dibutuhkan. Layanan yang diberikan oleh pemangku profesi  tertentu atau layanan profesional, akan semakin penting untuk kebutuhan masyarakat masa depan. Status profesional memerlukan persyaratan yang berat sehingga tidak semua jenis pekerjaan dapat memperoleh status profesional tersebut. Tuntutan akan mutu layanan profesional akan semakin tinggi, oleh karena itu diperlukan kerja sama dan kemitraan yang lebih erat antar tenaga profesonal. Dengan layanan profesioanl yang lebih bermutu maka kualitas hidup dan kehidupan masyarakat di masa depan akan lebih baik lagi. Pada perkembangan berikutnya, di masa depan, tenaga profesional akan identik dengan tenaga spesialis karena kecenderungan dari masyarakat masa depan yang membutuhkan layanan dari tenaga-tenaga spesialis. Semua serba spesialis, barang kali era seperti ini dapat juga disebut era spesialisasi.

BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...