HOME

24 Februari, 2021

Khabar (الخَبَرُ)

Khabar (الخَبَرُ)

Khabar (penjelas) adalah isim (kata benda) yang di-rafa’-kan yang memberitakan keaadaan mubtadak atau menyempurnakan makna mubtadak sehingga bisa disebut jumlah mufidah. Oleh karena itu anatara mubtadak dan khabar harus sesuai berdasarkan jumlah bilangan dan jenisnya. Contoh;

يُوْسُفُ تَاجِرٌ Yusuf  seorang pedagang

الْمُسْلِمَانِ مُطِيْعَانِ Dua orang muslim itu taat

الْمُسْلِمَاتُ مُطِيْعَاتٌ Orang-orang muslim perempuan itu taat

Lafadz Taajir kedudukannya sebagai khabar yang menyempurnakan maknanya mubtadak dan terletak setelah mubtadak. Seandainya tidak terdapat lafadz tersebut, maka kalimat di atas tidak bisa dipahami apa maksudnya.

Dengan demikian seperti yang sudah dijelaskan khabar disebut juga sebagai predikat. Apabila mubtadak tidak diikuti khabar belum dikatakan kalimat yang sempurna. Seperti halnya dalam bahasa Indonesia, setiap kalimat berpola S P, atau S P O. Kalau dalam Bahasa Arab polanya Mubtadak dan Khabar.

Khabar terbagi menjadi 2 bagian khabar mufrad dan khabar ghoiru mufrad. Lihat penjelasan di bawah ini.

1.    Khabar Mufrad adalah khabar yang tidak terdiri dari jumlah atau serupa jumlah. Contoh;

فَاطِمَةُ صَالِحَةٌ Fatimah seorang yang berbudi luhur

فَاطِمَةُ وَعَائِشَةُ صَالِحَتَانِ Fatimah dan Aisyah seorang yang berbudi luhur

هُنَّ صَالِحَاتٌ Mereka (perempuan) seorang yang berbudi luhur

 

2.    Khabar Ghoiru Mufrad adalah khabar yang terdiri dari jumlah dan shibhul jumlah (serupa jumlah). Khabar Ghairu Mufrad dibagi menjadi 2 yaitu khabar jumlah dan khabar syibhul jumlah.

a.    Khabar Jumlah adalah khabar-nya berupa susunan jumlah fi’liyyah (yang terdiri dari fi’il dan fa’il) dan jumlah ismiyyah (yang terdiri dari mubtadak dan khabar). Contoh;

جملة إسمية : سُفْيَانُ سَيَّارَتُهُ عَتِيْقَةٌ Mobil Sufyan antik

القَمِيْصُ جَيْبُهُ مَمْزُوْقٌ Saku kemeja itu sobek

Lafadz سَيَّارَتُهُ عَتِيْقَةٌ adalah khabar dari mubtadak lafadz سُفْيَانُ. Sedangkan lafadz سَيَّارَتُهُ عَتِيْقَةٌ adalah khabar yang terdiri dari susunan mubtadak dan khabar, سَيَّارَتُهُ sebagai mubtadak dan عَتِيْقَةٌ sebagai khabar.

جملة فعليَّة :  مَرْيَمُ قَامَ أَبُوْهَا Ayahnya maryam sedang berdiri

أَحْمَدُ تَكْنُسُ خَادِمَتُهُ اْلبِلَاطَ Asisten rumah tangga ahmad menyapu lantai

Lafadz قَامَ أَبُوْهَا adalah khabar dari mubtadak lafadz مَرْيَمُ. Sedangkan lafadz قَامَ أَبُوْهَا adalah khabar yang terdiri dari susunan fi’il  dan fa’il, قَامَ sebagai fi’il  dan أَبُوْهَا sebagai fa’il.

b.    Syibhul Jumlah (serupa jumlah) adalah khabar-nya berupa jar majrur dan dhorof (baik dhorof makan atau dhorof zaman).

جار مجرور :   اْلاَبْقَارُ فِى اْلكُوْخِ sapi itu di dalam kandang

اْلبُوْمَةُ عَلَى اْلقِرْمِيْدِ burung hantu itu di atas genteng

ظرف :       اْلبُسْتَانُ أَمَامَ اْلبَيْتِ taman itu di depan rumah

اْلمَقْصَفُ جَانِبَ اْلمَدْرَسَةِ kantin di samping sekolah

Dalam beberapa kondisi terdapat susunan mendahulukan khabar (خَبَرٌ مُقَدَّمٌ) dan mengahirkan mubtadak (مُبْتَدَأٌ مُؤَخَّرٌ), dengan syarat khabar berupa syibhul jumlah.  Contoh;

فِيْ الفَصْلِ تِلْمِيْذٌ = di dalam kelas (ada) siswa

عَلَى الْمَكْتَبِ كِتَابٌ = di atas meja (ada) buku

Keterangan :

Dalam khabar ghoiru mufrod, harus terdapat dhomir yang kembali kepada mubtada, dan dhomir tersebut harus sesuai dengan mubtada itu. Ketentuan ini berlaku apabila khabar ghoiru mufrod-nya terdiri dari jumlah ismiyah atau fi'liyah. Dhomir tersebut baik mustatir ( tidak nampak ), atau bariz ( nampak ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...