HOME

06 Mei, 2023

Memahami dan Mencegah Perundungan di Sekolah

 

Pengertian Perundungan atau Bullying adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan, yang dilakukan secara sengaja oleh satu orang atau kelompok yang lebih kuat. Tujuan dari bullying ini untuk menyakiti orang lain dan dilakukan terus menerus. Bullying merupakan perilaku agresif berulang kepada seseorang yang kesulitan membela diri, itu dapat menyebabkan kerusakan emosional dan fisik.

 

Jenis Bullying Perilaku bullying dibagi menjadi beberapa jenis, seperti verbal dan non verbal. Bullying non verbal berdampak pada ancaman pelaku hingga kekerasan fisik. Sedangkan bullying verbal menggunakan kata-kata kasar sampai menyebarkan aib korban ke orang lain. Bullying dikelompokkan dalam enam kategori, antara lain:

  1. Kontak Verbal Langsung Bullying berupa tindakan mengancam, mempermalukan, mengganggu, memberi panggilan nama, merendahkan, intimidasi, memaki, dan menyebarkan gosip buruk.
  2. Kontak Fisik Langsung Pelaku mendorong, menendang, menjambak, memukul, mencakar, mencubit, memeras, mengunci seseorang dalam ruangan, hingga menghancurkan barang milik orang lain.
  3. Perilaku Non Verbal Langsung Tindakan bullying melihat sinis, menampilkan ekspresi merendahkan, mengancam, mengejek, menjulurkan lidah, sampai melakukan kekerasan fisik pada korban.
  4. Perilaku Non Verbal Tidak Langsung Tindakan bullying berupa memanipulasi persahabatan, mengucilkan atau mengabaikan, mengirimkan surat kaleng, sampai mendiamkan seseorang.
  5. Pelecehan Seksual Tindakan bullying ini masuk dalam kategori kekerasan fisik atau verbal.
  6. Cyber Bullying Tindakan kekerasan dengan cara menyakiti orang lain melalui media elektronik. Seperti memberi komentar jelek, pencemaran nama baik lewat media sosial, dan menyebarkan rekaman video intimidasi. BACA JUGA Pengertian Self Healing dan Cara Melakukannya Dampak Bullying Bullying berdampak pada kesehatan mental terutama pada anak-anak dan remaja. Pelaku yang melakukan pembullyan bisa memberi pengaruh buruk pada kesehatan fisik dan mental korbannya. Dampak paling fatal dari kasus bullying adalah tindakan bunuh diri yang dilakukan oleh korban.

 

Alasan Perilaku Bullying

Perilaku bullying berasal dari beberapa factor seperti ketidakamanan, kecemburuan, dan mencari perhatian. Ini dapat memiliki konsekuensi serius pada kesehatan mental. Mari mengambil tindakan untuk menghentikan intimidasi dan mempromosikan kebaikan.

 

Faktor yang Mungkin Mempengaruhi Perilaku Pembully Pada Anak

  1. Masalah emosional
  2. Perilaku agresif
  3. Keluarga dan lingkungan
  4. Kurangnya empati
  5. Kecendrungan meniru
  6. Kekuasaan dan status

 

Dampak Bullying

Bullying dapat menyebabkan depresi, kecemasan, prestasi akademik yang buruk, dan bahkan bunuh diri. Sangat penting untuk mengenali dan mencegah perilaku bullying.

 

Prevention Program

Sekolah dapat mencegah intimidasi melalui pendidikan, kampanye kesadaran, dan menciptakan lingkungan yang aman dan inklusif untuk semua siswa.

 

Apa yang Bisa Dilakukan Guru?

  1. Buat peraturan yang jelas dan tegas
  2. Jadikan lingkungan kelas atau sekolah yang inklusif
  3. Berikan pendidikan tentang perundungan
  4. Pantau interaksi di kelas atau sekolah
  5. Jadi diri sebagai contoh
  6. Libatkan orang tua dan keluarga
  7. Berikan dukungan dan bantuan kepada korban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...