HOME

14 Mei, 2023

ADAB MELAKSANAKAN SHALAT IED

 Berikut beberapa adab-adab melaksanakan shalat ied:

·         Mandi sebelum keluar untuk melaksanakan shalat ied.

·         Tidak keluar pada shalat iedul fitri sampai dia memakan beberapa biji kurma, sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Bukahri dari Anas bin Malik, dia berkata: Bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam tidak pergi melakasanakan shalat ied sampai beliau memakan beberapa kurma… dengan jumlah ganjil[1], dan jika dia tidak mendapatkan kurma maka hendaklah dia memakan sesuatu yang mubah.

·         Dan dianjurkan pada saat shalat iedul adha untuk tidak makan sesuatu apapun sampai dia kembali dari shalat dan makan dari kurbannya.

·         Bertakbir pada hari ied:

-Waktu takbir untuk shalat iedul fitri: Mulai dari malam ied sampai imam masuk melaksanakan shalat ied.

-Waktu takbir untuk iedul adha: Dimulai dari hari pertama bulan zul hijjah sampai tenggelamnya matahari pada akhir hari tasyriq.

Sifat Bacaan Takbir

اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ وَِللهِ الْحَمْدُ

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan Allah Maha Besar, dan bagiNya segala pujian".

اللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا اللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا اللهُ اَكْبَرُ وَأَجَلُّ اللهُ اَكْبَرُ وَِللهِ الْحَمْدُ

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan Maha Mulia, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah".[2]

·       Diantara adab yang dianjurkan dalam shalat ied adalah memberikan ucapan selamat dengan kata-kata yang indah, seperti: تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ  "Semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian". Dari Jubai bin Nafir berkata: Bahwa para shahabat nabi shallallahu alaihi wasallam jika saling bertemu pada hari ied mereka mengatakan: تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ  [3]. Tuntunan minimal yang harus dilakukan pada hari ied adalah menjawab ucapan selamat orang yang memberikan ucapan selamat dengan kedatangan hari ied dan diam jika orang tidak memberikan ucapan selamat. Imam Ahmad Rahimhullah berkata: "Jika seseorang memberikan ucapan selamat kepadaku maka aku menjawabnya, namun jika tidak maka aku tidak memulainya.

·       Memperindah penampilan diri saat shalat ied, dan Nabi shallallahu alaihi wasallam mempunyai Jubbah khusus yang dipakainya pada hari ied dan hari jum'at.[4]

·         Berangkat menuju shalat ied dari suatu jalan dan pulang dari jalan lain. Dari Jabir bin Abdullah radhiallahu anhu dia berakta: Bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam jika berada pada hari ied beliau berangkat dan kembali dari jalan yang berbeda.[5]


BACA MATERI KHUTBAH LAINNYA YANG BERKAITAN:


[1] HR. Bukahri no:953.

[2] Al-Irwa' (3/126).

[3] Ibnu Hajar berkata: Sanadnya hasan, Al-Fath 2/446.

[4] Shahih Ibnu Huzaimah no: 1765.

[5] HR. Bukhari no: 986.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...