HOME

06 Mei, 2023

MAKALAH PRAKTIK MENYIMAK KONSERVATIF

 

Pendahuluan

1.1  Latar Belakang

Bahasa memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Bahasa digunakan sebagai alat berkomunikasi, untuk menyampaikan suatu informasi baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Dalam berbahasa, terdapat empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis.

Menyimak merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang bersifat langsung, apresiatif, reseptif dan fungsional. Menyimak merupakan rangkaian kegiatan mendengarkan dengan penuh perhatian dan pemahaman agar informasi dapat tersampaikan serta isi dari informasi tersebut dapat dipahami dengan baik.

Dalam kegiatan menyimak terdapat bebrapa jenis menyimak, seperti menyimak intensif dan menyimak ekstensif. Menyimak ekstensif merupakan menyimak tanpa bimbingan dan pengawasan yang lebih ahli. Contoh menyimak ekstensif yaitu Menyimak sosial, menyimak sekunder, menyimak estetik dan menyimak pasif.

Sedangkan menyimak intensif yaitu menyimak dengan dibawah bimbingan dan pengawasan yang lebih ahli. Ada enam macam menyimak intensif yaitu menyimak kritis, menyimak konsentratif, menyimak kreatif, menyimak eksplor, menyimak interogatif dan menyimak selektif. Dalam makalah ini terfokuskan pada menyimak konsentratif, yaitu menyimak yang memerlukan konsentrasi agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan baik.

 

1.2  Rumusan Masalah

1.      Bagaimana  maksud dari menyimak konsentratif ?

2.      Bagaimana strategi agar dapat menyimak konsentratif?

 

1.3  Tujuan

1.      Untuk mendeskripsikan maksud dari menyimak konsentratif.

2.      Untuk mendeskripsikan strategi agar dapat menyimak konsentratif.

 

Pembahasan

2.1    Pengertian Menyimak Konsentratif

Menyimak konsentratif adalah kegiatan menyimak yang dilakukan dengan penuh perhatian untuk memperoleh pemahaman yang baik terhadap informasi yang disimak. Menyimak konsentratif pada dasarnya adalah bagian dari menyimak komprehensif. Penggolongan menyimak konsentratif  kedalam menyimak komprehensif berkaitan dengan aktifitas yang terjadi pada menyimak konsentrasi yang fokusnya menelaah pembicaraan atau hal yang disimaknya. Kegiatan menyimak konsentratif merupakan kegiatan menyimak dengan memusatkan perhatian pada ide, informasi, pengembangan ide, dan sebagainya. Hal ini diperlukan konsentrasi penuh dari penyimak agar ide dari pembicara dapat diterima dengan baik.

 

2.2    Tujuan Menyimak Konsentratif

Tujuan meyimak konsentratif secara khusus adalah tertangkapnya berbagai informasi yang disampaikan oleh penutur sehingga ide dari pembicara dapat dipahami dengan baik.

Tujuan menyimak konsentratif secara umum:

1.      Untuk mendengarkan dan mengikuti petunjuk

2.      Mencari hubungan antar unsur atau antar komponen dalam menyimak

3.      Mencari hubungan kuantitas dan kualitas dalam suatu komponen

4.      Mendapatkan butir-biutir informasi penting

5.      Memahami persoalan yang sangat penting

6.      Menemukan gagasan penting suatu simakan

7.      Menemukan urutan penempatan gagasan dalam materi simakan

 

2.3    Kegiatan-kegiatan dalam Menyimak Konsentratif

Kegiatan-kegiatan yang tercakup dalam menyimak konsentratif yaitu :

1)      Mengikuti petunjuk yang terdapat dalam pembicaraan

2)      Mencari dan merasakan hubungan-hubungan seperti kelas, waktu, urutan, serta sebab-akibat

3)      Mendapatkan atau memperoleh butir-butir informasi tertentu

4)      Memperoleh pemahaman dan pengertian yang mendalam

5)      Merasakan serta menghayati ide-ide sang pembicara

6)      Memahami urutan ide-ide sang pembicara

7)      Mencari dan mencatat fakta-fakta penting

 

2.4    Strategi Dalam Menyimak Konsentratif

1.      memusatkan perhatian

agar dapat melakukan penyimakan dengan baik harus memusatkan pada tuturan pembicara. Penutur atau pembicara biasanya menggunakan isyarat visual dan verbal untuk menyampaikan pesan dan mengarahkan perhatian penyimak. Isyarat visual meliputi gerak tubuh (gesture), tulisan atau kerangka informasi penting, dan perubahan ekspresi wajah. Iyarat verbal meliputi perhentian, naik turunya suara, lambatnya pengucapan butir-butir penting, dan pengulangan informasi penting.

2.      Membuat catatan

Membuat catatan dapat membantu aktivitas menyimak karna mendorong berkonsentrasi, menyediakan bahan-bahan untuk meriview, dan dapat membantu mengingatkan. Akan tetapi membuat catatan juga memerlukan konsentrasi. Agar membuat catatan sewaktu menyimak tidak menggangu konsentrasi sebaiknya saran-saran berikut dipertimbangkan:

1.      Catatan bersifat sederhana

Membuat catatan yang bersifat sederhana maksudnya adalah membuat catatan dengan mencatat ide-ide pokok yang dianggap penting saja dan bukan berupa kalimat yang panjang.

2.      Catatan menggunakan singkatan-singkatan dan simbol-simbol.

Catatan yang dibuat saat melakukan kegiatan menyimak haruslah berisi singkatan-singkatan dan simbol-simbol yang dapat dipahami dengan baik maksud dari simbol-simbol itu.

3.      Catatan harus jelas.

Catatan yang dibuat harus jelas menurut ukuran diri sendiri agar tidak susah jika membaca ulang tulisan tersebut.

 

2.5    Isi video

Dalam makalah ini akan dilaksanakan kegiatan menyimak konsentratif dengan menggunakan media pemutaran video yang berjudul “Kick Andy- Dokter Ini Marah Apabila Ditanya Tarif”.

Dalam video tersebut, Andy F. Noya sebagai pembawa acara dan Dr.Aznan Lelo sebagai narasumber.  Dr. Aznan Lelo merupakan seorang dokter dari Medan dan mulai membuka praktik pertamanya pada tahun 1978. Praktik Dr.Aznan Lelo dilakukan di garasi rumahnya. Pasien yang datang setiap hari mulai dari 30 sampai 153. Dr. Aznan Lelo sering disebut dengan julukan “buya” yang berarti “ayah”. Dr.Aznan merupakan anak pertama dari enam bersaudara dan kedua orang tuanya bekerja sebagai tukang jahit. Pendidikan kedua orang tuanya tidak tamat SD. Pertama kali muncul keinginan untuk menjadi dokter karena ingin membantu orang banyak. Dr.Aznan masuk kuliah kedokteran berbohong kepada kedua orang tuanya karena tidak diizinkan dan beliau masuk ke satu universitas kemudian setelah lulus baru kedua orang tuanya tau bahwa Dr.Aznan masuk ke fakultas kedokteran. Selama kuliah, beliau membiayai kuliah dengan biaya sendiri dan tanpa dibantu orang tua karena beliau hanya meminta uang kepada orang tua untuk awal masuk daftar ke universitas.

Dr.Aznan Lelo disebut sebagai dokter aneh karena bukan dari penampilan tapi dari tarif dan sistem praktik. Salah satu yang membuatn aneh adalah tidak ada papan nama di tempat praktik. Selain itu, beliau tidak mengenakan tarif dalam pasien yang berobat. Alasan Dr.Aznan tidak boleh mengenakan tarif karena menurut beliau ada tiga profesi yang tidak boleh dikenai tarif tetapi jika dikasih harus diterima . Profesi tersebut antara lain apabila ada seseorang murid ingin berguru (Dosen atau guru) , apabila datang orang untuk meminta nasihat (Pengacara) dan apabila ada orang yang datang untuk berobat (Dokter).

Sistem pembayaran yang diterapkan oleh Dr.Aznan dengan menggunakan prinsip bayar suka-suka dan menggunakan amplop. Dengan sistem seperti itu Dr.Aznan tidak merasa dirugikan dan jika ada pasien yang bertanya tentang tarif, maka Dr.Aznan akan marah karena menurut beliau itu penghinaan dengan alasan jika beliau sudah bisa menghargai berapa rupiah maka orang lain akan bisa membeli beliau. Dr. Aznan akan bersikap sama terhadap semua pasiennya baik itu orang biasa maupun pejabat. Amanat dari Dr. Aznan untuk anak muda masa kini yang merasa bahwa materi adalah ukuran sukses yaitu Apa yang dicari dalam hidup ini. Maksudnya apa yang dicari dari kekayaan itu, yang penting cari kekayaan yang berkah yang dapat dinikmati diri sendiri dan orang lain.

Pertanyaan

1.      Apa usaha Dr. Aznan Lelo  ketika dia tidak disetujui oleh orang tuanya untuk menjadi dokter?

2.      Pada tahun berapa awal mulainya praktik Dr.Aznan dan pada pukul berapa praktik mulai buka?

3.      Dimana Dr.Aznan melakukan praktiknya?

4.      Mengapa Dr. Aznan Lelo disebut dengan dokter  yang aneh ?

5.      Apa nama populer dari Dr. Aznan Lelo dan apa artinya?

6.      Mengapa jika ada yang bertanya soal tarif  dokter tersebut marah?

7.      Mengapa  Dr. Aznan menerapkan pembayaran dengan sistem suka-suka ?

8.      Sebutkan tiga profesi menurut Dr. Aznan Lelo  yang tidak menargetkan tarif pembayaran?

9.      Berapa banyak jumplah pasien Dokter  perharinya ?

10.  Apa  amanat yang disampaikan oleh Dr.Aznan Lelo untuk anak muda yang menilai sukses dari segi materi atau uang?

 

Jawaban

1.      Awalnya berbohong karena tidak diizinkan untuk bersekolah kedokteran. Kemudian Dr.Aznan meminta uang kepada orang tuanya untuk daftar satu Universitas. Orang tua tidak tau jika Dr.Aznan mendaftar kedokteran. Biaya saat kuliah diperoleh dari hasil privat les anak SMA dan menjual kumpulan soal-soal yang ia fotokopi kepada mahasiswa.

2.      Tahun 1978 dan buka mulai pukul 5 sampai dini hari.

3.      Di garasi rumahnya

4.      Dari penampilannya, dalam praktiknya tidak menggunakan papan nama dan tidak mengenakan tarif untuk pasiennya.

5.      Nama populer Dr. Aznan Lelo adalah buya dan artinya ayah

6.      Karena dia merasa terhina dengan pertanyaan itu, jika doter tersebut menargetkan tarif, maka orang lain bisa membeli harga dirinya.

7.      Karena Dr.Aznan menerapkan sistem bayar seikhlasnya dan sang dokter tidak pernah mengerti atau membuka amplopp yang diberikan oleh pasiennya.

8.      apabila ada seseorang murid ingin berguru (Dosen atau guru) , apabila datang orang untuk meminta nasihat (Pengacara) dan apabila ada orang yang datang untuk berobat (Dokter).

9.      30 sampai 153 pasien

10.  Amanat dari Dr. Aznan untuk anak muda masa kini yang merasa bahwa materi adalah ukuran sukses yaitu Apa yang dicari dalam hidup ini. Maksudnya apa yang dicari dari kekayaan itu, yang penting cari kekayaan yang berkah yang dapat dinikmati diri sendiri dan orang lain.

 

Simpulan

Dalam keterampilan berbahasa, menyimak adalah salah satu keterampilan dalam berbahasa. Jenis-jenis dari menyimak ada menyimak ekstensif dan menyimak intensif. Menyimak intensif merupakan kegiatan menyimak yang dibawah bimbingan yang lebih ahli. Salah satu jenis menyimak intensif adalah menyimak konsentratif. Menyimak konsentratif adalah menyimak dengan membutuhkan konsentrasi penuh terhadap bahan yang disimak agar dapat memahami isi simakan. Selain itu, dapat menemukan hal-hal penting dan ide-ide dalam simakan.

 

Daftar Pustaka

http://pengertianedefinisi.com/pengertian-menyimak-tujuan-jenis-menyimak/

http://dinimarisya.blogspot.co.id/2015/07/.html

http://www.planetxperia.tk/2014/04/pengertian-menyimak-jenis-jenis-meyimak.html

 BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...