HOME

30 Agustus, 2024

KULTUM SINGKAT KEUTAMAAN AHLUL FAJR

 


Bismillaahhirrohmaanirrohiim..

Assalamu’alaikum warohmatullahi wa barokaatuuh..

 

Alhamdulillahirobbil ‘alamin, washolatu wasalmu’ala ashrofil ambya’i walmursalin, wa ‘ala alihi washohbihi aj’mangin. Ama ba’du…

 

Bapak Ibu yang dimuliakan Allah, marilah kita senantiasa meningkatkan iman dan takwa kita, salah satunya dengan selalu mensyukuri nikmat Allah serta menggunakannya untuk amal ibadah dan kebaikan.

 

Tak lupa salam dan shalawat semoga tetap terlimpahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang senantiasa istiqomah.

 

Jama’ah yang dirahmati Allah, pada kesempatan kali ini saya akan membacakan sebuah kultum dengan tema:

 

Keutamaan Ahlul Fajr

 

Ahlul fajr adalah orang yang mengisi waktu fajar dengan ibadah, berdzikir, berdoa, sholat sunnah fajar, dan sholat subuh berjamaah di masjid. Beberapa keutamaan bagi ahlul fajr antara lain:

 

1. Disaksikan dua malaikat

 

“Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan dirikanlah pula sholat subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan oleh malaikat” [QS. Al Isra:78].

 

Imam At Thobari menjelaskan, bahwa malaikat penjaga siang dan malam melakukan pergantian di waktu fajar dan ashar. Saat itulah kedua malaikat tersebut menyaksikan hamba Allah yang sedang sholat.

 

2. Sholatnya menjadi penghalang dari api neraka

 

Dari Abi Bakr bin Umarah bin Ruaibah dari bapaknya aku mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Seseorang  tidak akan dijliat api neraka bila sholat sebelum matahari terbit (subuh), dan sebelum matahari terbenam (ashar). [HR. Muslim].

 

3. Di hari kiamat ahlul fajr akan melihat wajah Allah

 

Diriwayatkan dari Humaid, saat itu kami bersama nabi shalallahu ‘alaihi wasallam di malam bulan purnama. Ketika kami melihat bulan, rasulullah bersabda, “Sesungguhnya kalian akan melihat Tuhan-mu sebagaimana kalian melihat terangnya bulan purnama ini tanpa kesulitan dalam melihatnya, kerjakanlah sholat sebelum terbit matahari (subuh) dan sebelum matahari terbenam (ashar).” Kemudian rasulullah membaca ayat (yang artinya) “bertasbihlah kepada Tuhan-mu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam.”

 

4. Ibadahnya ahlul fajr dihitung ibadah semalam suntuk

 

Barang siapa sholat isya’ berjamaah maka sia seperti telah sholat separuh malam, dan barang siapa yang sholat subuh berjamaah maka ia seperti telah sholat semalam suntuk. [HR. Muslim].

 

5. Ahlul fajr berada dalam lindungan Allah

 

Dari Khalid bin Sirin berkata, aku mendengar Jndab bin Abdillah berkata, rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang sholat subuh maka dia dalam perlindungan Allah.” [HR. Muslim].

 

6. Ahlul fajr di hari kiamat akan bercahaya

 

Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan di kegelapan malam untuk sholat di masjid, yaitu dengan sempurnanya cahaya di Hari Kiamat. [HR. Abu Dawud].

 

Demikainlah sedikit yang dapat saya sampaikan. Semoga ada pelajaran yang bisa kita ambil manfaatnya.

 

Billahitaufik walhidayah.. Wassalamu’alaikum warohmatullahi wa barokaatuuh..

 BACA TEKS KULTUM LAINNYA YANG BERKAITAN:

  1. KULTUM SINGKAT KEUTAMAAN AHLUL FAJR
  2. SUJUD YANG MEMBATALKAN SHALAT
  3. KULTUM TENTANG AMALAN YANG SEDIKIT NAMUN RUTIN ITU JAUH LEBIH BAIK DAN DICINTAI ALLAH
  4. KULTUM TENTANG ANCAMAN DAN HUKUMAN UNTUK ORANG-ORANG SOMBONG
  5. KULTUM TENTANG BERUNTUNGLAH ORANG YANG MASUK ISLAM
  6. HUKUM MELANGKAHI PUNDAK JAMA'AH YANG DUDUK KETIAK SHALAT JUM'AT
  7. KERUGIAN BESAR JIKA MANUSIA TIDAK BERTAKWA KEPADA ALLAH SWT
  8. MEMBACA AL-QUR'AN KETIKA MENGANTUK
  9. TELADAN DARI UMMU HUMAID: SHALATNYA MUSLIMAH DI RUMAHANYA LEBIH BAIK BAGI MEREKA
  10. MENGOBATI PENYAKIT HATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH HADIST TENTANG HIJAB

  A.   Latar Belakang Telah disepakati oleh seluruh umat Islam bahwa al-Qur’an menjadi pedoman hidup baik tentang syariah maupun dalam keh...