HOME

05 Juni, 2022

HADIS TENTANG ZAKAT HARTA KARUN (RIKAZ)

 

Hadis Tentang Zakat Harta Karun (Rikaz)

    A.  Pendahuluan

Ulama menyepakati bahwa hadis/ sunah Rasulullah SAW adalah kitab suci kedua setelah al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai pedoman hidup. Ayat-ayat yang terkandung didalamnya membahas banyak hal bahkan seluruh aspek kehidupan di dunia maupun akhirat. Namun terkadang ayat tersebut bersifat universal yang tidak bisa dipahami secara tekstual saja. Oleh karenanya, ia membutuhkan interprener yakni Rasulullah untuk menginterpretasikan apa yang dimaksud ayat-ayat tersebut.

Hadis/ sunah adalah segala perkataan maupun perbuatan Rasul baik itu yang bermuatan hukum maupun tidak. Ada pula hadis yang tidak boleh diikuti oleh umatnya misalnya, menikah lebih dari empat wanita bersamaan. Muatan hadis sama dengan al-Qur’an karena ia berfungsi sebagai bayan terhadap al-Qur’an. Maka hadis juga mencakup seluruh perkara manusia baik di dunia maupun di akhirat. Tidak ketinggalan pula adalah masalah yang ungen yaitu pembahasan zakat karena ini juga menunjang perekonomian umat. Salahsatu bagian dari zakat yaitu harta karun. Potensi zakat harta karun ini juga banyak karena setiap barang temuan tersebut wajib dizakati sebesar 20%. Maka makalah ini akan membahas beberapa masalah yang mencakup dalam masalah harta karun seperti definisi, besar zakat yang dikeluarkan, pendapat mazhab fikih dan lainnya.

 

    B.  Hadis Tentang Hasil Tambang

1.    Matan hadis harta karun (rikaz)

3085 - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، وَأَبِي سَلَمَةَ، سَمِعَا أَبَا هُرَيْرَةَ، يُحَدِّثُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «فِي الرِّكَازِ الْخُمُسُ»[1]

Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Musaddad, menceritakan kepada kami Sufyan dari al-Zuhri dari Sa‘id ibn al-Musayyib dan Abi Salamah, keduanya mendengar dari Abi Hurairah r.a, dia bercerita bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: zakat harta karun adalah seperlima.

  

2.    Takhrij dan data hadis pendukung

Setelah melakukan penelitian dengan menggunakan aplikasi Maktabah al-Shamilah, penulis menemukan beberapa hadis yang sama dengan hadis di atas tetapi hanya dibatasi pada enam  kitab induk saja. Pencarian ini dengan menggunakan kata kunci al-rikaz yang ditemukan dalam riwayat al-Bukhari sebanyak 4 riwayat, Muslim 2 riwayat, Abu Daud 2 riwayat, al-Tirmidhi 1 riwayat, al-Nasa’i 3 riwayat, Ibnu Majah 2 riwayat.

a.    Riwayat al-Bukhari

1499 - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ المُسَيِّبِ، وَعَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «العَجْمَاءُ جُبَارٌ، وَالبِئْرُ جُبَارٌ، وَالمَعْدِنُ جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الخُمُسُ»[2]

2355 - حَدَّثَنَا مَحْمُودٌ، أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ، عَنْ إِسْرَائِيلَ، عَنْ أَبِي حَصِينٍ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «المَعْدِنُ جُبَارٌ، وَالبِئْرُ جُبَارٌ، وَالعَجْمَاءُ جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الخُمُسُ»[3]

6912 - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، حَدَّثَنَا اللَّيْثُ، حَدَّثَنَا ابْنُ شِهَابٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ المُسَيِّبِ، وَأَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «العَجْمَاءُ جَرْحُهَا جُبَارٌ، وَالبِئْرُ جُبَارٌ، وَالمَعْدِنُ جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الخُمُسُ»[4]

6913 - حَدَّثَنَا مُسْلِمٌ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «العَجْمَاءُ عَقْلُهَا جُبَارٌ، وَالبِئْرُ جُبَارٌ، وَالمَعْدِنُ جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الخُمُسُ»[5]

b.    Riwayat Muslim

45 - (1710) حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، وَمُحَمَّدُ بْنُ رُمْحٍ، قَالَا: أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ، ح وحَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا لَيْثٌ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، وَأَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهُ قَالَ: «الْعَجْمَاءُ جَرْحُهَا جُبَارٌ، وَالْبِئْرُ جُبَارٌ، وَالْمَعْدِنُ جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الْخُمْسُ»[6]

46 - (1710) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحِ بْنِ الْمُهَاجِرِ، أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ، عَنْ أَيُّوبَ بْنِ مُوسَى، عَنِ الْأَسْوَدِ بْنِ الْعَلَاءِ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «الْبِئْرُ جَرْحُهَا جُبَارٌ، وَالْمَعْدِنُ جَرْحُهُ جُبَارٌ، وَالْعَجْمَاءُ جَرْحُهَا جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الْخُمْسُ»[7]

c.    Riwayat Abu Daud

3085 - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، وَأَبِي سَلَمَةَ، سَمِعَا أَبَا هُرَيْرَةَ، يُحَدِّثُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «فِي الرِّكَازِ الْخُمُسُ»[8]

4593 - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ، وأَبِي سَلَمَةَ، سَمِعَا أَبَا هُرَيْرَةَ، يُحَدِّثُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «الْعَجْمَاءُ جُرْحُهَا جُبَارٌ، وَالْمَعْدِنُ جُبَارٌ، وَالْبِئْرُ جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الْخُمْسُ»[9]

d.   Riwayat al-Tirmidhi

642 - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ المُسَيِّبِ، وَأَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «العَجْمَاءُ جَرْحُهَا جُبَارٌ، وَالمَعْدِنُ جُبَارٌ، وَالبِئْرُ جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الخُمُسُ»[10]

1377 - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ المُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «العَجْمَاءُ جَرْحُهَا جُبَارٌ، وَالبِئْرُ جُبَارٌ، وَالمَعْدِنُ جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الخُمُسُ»[11]

e.    Riwayat al-Nasa’i

2495 - أَخْبَرَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ح وأَخْبَرَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: أَنْبَأَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، قَالَ: حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدٍ، وَأَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «الْعَجْمَاءُ جُرْحُهَا جُبَارٌ، وَالْبِئْرُ جُبَارٌ، وَالْمَعْدِنُ جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الْخُمُسُ»[12]

2497 - أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ سَعِيدٍ، وَأَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «جُرْحُ الْعَجْمَاءِ جُبَارٌ، وَالْبِئْرُ جُبَارٌ، وَالْمَعْدِنُ جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الْخُمْسُ»[13]

2498 - أَخْبَرَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، أَنْبَأَنَا مَنْصُورٌ، وَهِشَامٌ، عَنْ ابْنِ سِيرِينَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «الْبِئْرُ جُبَارٌ، وَالْعَجْمَاءُ جُبَارٌ، وَالْمَعْدِنُ جُبَارٌ، وَفِي الرِّكَازِ الْخُمْسُ»[14]

f.     Riwayat Ibnu Majah

2510 - حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ، عَنْ إِسْرَائِيلَ، عَنْ سِمَاكٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «فِي الرِّكَازِ الْخُمُسُ»[15]

2509 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَيْمُونٍ الْمَكِّيُّ، وَهِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ قَالَا: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدٍ، وَأَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «فِي الرِّكَازِ الْخُمُسُ»[16]

 

3.    Skema sanad riwayat Abu Daud

 

Nabi Muhammad SAW

 

 

Abu Hurairah w. 57

Sahabat: adil

 

‘Abd Allah ibn ‘Abd al-Rahman ibn ‘Auf m. 22 w. 94[1]

Ibnu Hibban; thiqah

 

Sa‘id ibn al-Musayyab ibn Hazn ibn Abi Wahab m. 17 w. 92

Al-Hakim: thiqah

 

Ibnu Shihab al-Zuhri m. 52 w. 124[1]

Ibnu Hibban; thiqah

 

 

Sufyan ibn ‘Uyaynah m. 107 w. 198[1]

Abu Hatim thiqah

Ibnu Hibban hafiz

 

 

Musaddad ibn Masarhil w. 228

Abu hatim: thiqah

 

 

Abu Daud

 

Mata rantai rawi di atas jika dilihat dari tahun wafat dari rai pertama yakni Rasululullah-Abu Hurairah[17]-Abu Salamah[18] dan al-Musayyab-al-Zuhri[19]-Sufyan[20]-Musaddad hingga sampai kepada kolektor yakni Abu Daud kemungkin bertemu. Jika demikian, maka hadis ini dari segi sanad sahih di tambah dengan adanya syawahid dari riwayat al-Bukhari dan Muslim yang dianggap sahih. Dari segi matan, kandungan hadis ini tidak terdapat illah maupun syadz. Dan juga kandungan matan ini tidak menyalahi ayat al-Qur’an, hadis sahih yang lain, akal dan lainnya. Maka dari segi sanad dan matan hadis ini berkualitas sahih.

4.    Makna mufradat

Di bawah ini akan dijelaskan maksud dari perkata matan hadis yang di bahas dalam makalah ini.

في الرِّكَازِ الْخُمُس

في: di dalam

الركاز: harta terpendam, biji tambang emas

الخمس: seperlima

Dalam syari’at Islam, yang dimaksud dengan harta rikaz adalah harta/ barang kuno yang terpendam dalam bumi. Yang dimaksud hadis di atas adalah zakat yang wajib dikeluarkan dalam harta karun adalah seperlima/ 20%.  

5.    Definisi harta karun (rikaz)

Harta rikaz adalah harta yang tertimbun di dalam tanah (harta karun) yang pemiliknya sudah tidak ada, serta tidak diketahui ada tanda-tanda atau bekas-bekas pemiliknya, seperti tanda-tanda atau bekas-bekas galian yang digali oleh panitia khusus untuk tujuan pencarian harta karun ini.[21]

Dalam suatu hadis disebutkan bahwa harta karun adalah barang kuno yang tersimpan seperti hadis di bawah ini:

3086 - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ، حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ الْعَوَّامِ، عَنْ هِشَامٍ، عَنِ الْحَسَنِ، قَالَ: " الرِّكَازُ: الْكَنْزُ الْعَادِيُّ "[22]

أَخْبَرَنَا الرَّبِيعُ قَالَ: أَخْبَرَنَا الشَّافِعِيُّ قَالَ: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ دَاوُد بْنِ شابور وَيَعْقُوبَ بْنِ عَطَاءٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ «أَنَّ النَّبِيَّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قَالَ فِي كَنْزٍ وَجَدَهُ رَجُلٌ فِي خَرِبَةٍ جَاهِلِيَّةٍ إنْ وَجَدْته فِي قَرْيَةٍ مَسْكُونَةٍ، أَوْ سَبِيلٍ مِيتَاءٍ فَعَرِّفْهُ، وَإِنْ وَجَدْته فِي خَرِبَةٍ جَاهِلِيَّةٍ، أَوْ فِي قَرْيَةٍ غَيْرِ مَسْكُونَةٍ فَفِيهِ، وَفِي الرِّكَازُ الْخُمْسُ»[23]

Al-Rabi‘ mengabarkan kepada kami dia berkata al-Shafi‘i bercerita kepada kami dia berkata, bercerita kepada kami Sufyan dari Daud ibn Shabur dan Ya‘qub ibn ‘Ata’ dari ‘Amr ibn Shu‘aib dari ayahnya dari kakeknya bahwa Nabi pernah bersabda beliau berkata dalam masalah harta simpanan yang ditemukan dalam tanah reruntuhan jahiliyah, jika ditemukan di desa yang berpenduduk atau di jalan yang bertuan maka umumkanlah (seperti barnga temuan/ luqatah). Jika ditemukan  di tanah yang menunjukkan harta tersebut berasal dari masa jahiliyah atau di tempat yang tidak ditinggali manusia (tanah tak bertuan) atau di jalan tak bertuan maka ada kewajiban zakat rikaz sebesar 20%.

Imam al-Syafi’i berkomentar “saya tidak ragu bahwa harta karun adalah harta timbunan orang jahiliyah.”

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa jika menemukan harta timbunan jahiliyah baik ditemukan di bumi mati/ di negara Islam yang tidak ada pemiliknya/ di bumi perang maka harus dibagi lima. Lima bagian tersebut yang menjadi miliknya adalah empat perlimanya atau 80% sedangkan seperlima/ 20% harus dibagikan kepada yang wajib menerima zakat.

6.    Zakat harta karun

Menurut empat mazhab wajib seperlima dan tidak wajib nishab, banyak maupun sedikit wajib dizakati seperlima. Berbeda dengan pendapat Imamiyah yang mewajibkan zakat seperlima dengan syarta nisab.[24] Berikut akan dipaparkan pendapat dari empat imam mazhab atau dari pengikutnya.

Tidak diragukan lagi jika harta karun yang ditemukan berupa emas atau mata uang dan sampai pada batas wajib zakat maka zakat yang harus dikeluarkan adalah seperlima atau 20%. Lebih lanjut, Imam as-Syafi’i menjelaskan walaupun harta karun yang ditemukan tidak sampai pada batas wajib zakat atau yang ditemukan bukan emas dan mata uang maka ada yang mengatakan wajib zakat seperlima walaupun didalamnya terdapat tembikar atau sejumlah dirham atau tidak samapai satu dirham. Menurutnya, zakat harta karun wajib dikeluarkan pada saat ditemukannya sama seperti zakat tambang yang juga dikeluarkan pada saat ditemukan.[25]

Dijelaskan dalam kitab al-Aslu al-Ma‘ruf bi al-Mabsut salahsatu pengikut Imam Hanafi bahwa harta karun wajib dizakati seperlima dan sesanya yakni empat perlima menjadi milikinya. Jika ada yang mnemukan harta karun maka empat perlima menjadi miliknya. Jika ia menemukan dalam tanah yang disewa atau dipinjam maka harta karun tersebut menjadi hak pemiliknya. Jika ia menemukan dalam tanah yang dibeli maka harta karun menjadi hak yang menjual. Jika yang menjual tersebut ternyata membeli dari orang lain maka harta karun tersebut menjadi hak pemilik asalnya.[26]

Imam Ahmad ibn Hanbal dalam kitabnya ‘Umdah al-Fiqhi menjelaskan bahwa zakat harta karun adalah seperlima baik itu menemukan banyak atau sedikit, sampai pada batas wajib zakat atau tidak, didapatkan dengan usaha atau tidak, meskipun digunakan untuk kepentingan pajak. Seperlima menjadi harta yang wajib dikeluarkan untuk kewajiban zakat, sedangkan sisanya yakni empat perlima/ 80% menjadi hak orang yang menemukan.[27]

7.    Dalil al-Qur’an

Allah SWT berfirman dalam al-qur’an:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ إِلَّا أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ[28]

Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu.dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk kemudian kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya agi Maha terpuji.[29]

 

Ayat di atas menjelaskan bahwa wajib mengeluarkan zakat dari barang yang keluar dari bumi termasuk hasil pertanian, atau barang yang ditemukan dari dalam bumi seperti tambang, harta karun. Dalam ayat ini tidak dijelaskan berapa besar zakat yang harus dikeluarkan dalam setiap barang yang wajib dizakati, namun dalam hadis ditemukan beberapa riwayat sahih yang menyatakan bahwa Rasulullah bersabda bahwa zakat harta karun adalah seperlima/ 20% dari barang yang ditemukan. Sedangakan sisanya menjadi hak orang yang menemukan seperti yang disepkati oleh empat imam mazhab.


BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:

 

    C.  Penutup

1.    Rikaz atau harta karun adalah harta timbunan orang jahiliyah.

2.  Menurut Imam Ahmad al-Hanbali, al-Syafi’i, Malik dan pengikut al-Hanafi menjelaskan bahwa zakat yang wajib dikeluarkan dalam harta karun adalah seperlima/ 20% dan sisanya 80% menjadi hak orang yang menemukan.

3.  Wajib mengeluarkan zakat tidak menunggu sampai satu tahun, jadi wajib dikeluarkan pada saat harta karun tersebut ditemuukan.

4.  Kewajiban tersebut tidak mengukur banyaknya, jadi sedikit banyaknya sampai pada batas wajib zakat atau tidak tetap wajib zakat.

5.    Selain itu, wajib dizakati meskipun untuk menemukannya dengan usaha atau tidak.


DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an dan Terjemahnya.

Bukhari, (al) Muhammad ibn Isma‘il. Sahih al-Bukhari, juz. 7. t.t: Dar Tuq al-Najah, 1422 H.

Hanbali, (al) Abu Muhammad ‘Abd Allah ibn Ahmad ibn Muhammad. ‘Umdah al-Fiqhi. t.t: al-Maktabah al-‘Arabiyah, 2004.

Mizi, (al) Jamal al-Din. Tahdhib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal, juz. 34. Beirut: Mu’assasah al-Risalah, 1980.

Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih Lima Mazhab; Ja’fari, Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali, terj. Masykur A. B, dkk. Jakarta: Lentera, 2011.

Nasa’i, (al) Abu ‘Abd al-Rahman al-Khurasani. al-Sunan al-Sughra al-Nasa’i, juz. 8. Halb: Maktab al-Matbu‘at al-Islamiyah, 1986.

Naisaburi, (al) Muslim ibn al-Hajjaj Abu al-Hasan. Sahih Muslim, juz. 4. Beirut: Dar Ihya’al-Turath al-‘Arabi, t.th.

Qazwini, (al) Ibnu Majah Abu ‘Abd Allah Muhammad ibn Yazid. Sunan Ibnu Majah, t.t: Dar Ihya’ al-Kutub al-‘Arabiyah, t.th.

Shaibani, (al) Abu ‘Abd Allah Muhammad ibn al-Hasan. al-Aslu al-Ma‘ruf bi al-Mabsut, juz. 2. Krachi: Idarah al-Qur’an wa al-‘Ulum al-Islamiyah, t.th.

Shafi‘i, (al) Abu ‘Abd Allah Muhammad ibn Idris. al-Umm, juz. 2. Beirut: Dar al-Ma‘rifah, 1990 M/ 1410 H.

Sijistani, (al) Abu Sulaiman ibn al-Ash‘ath. Sunan Abi Daud. Beirut: al-Maktabah al-‘Asriyah, t.th.

Tirmidhi, (al) Muhammad ibn ‘Isa ibn Saurah. Sunan al-Tirmidhi. Mesir: Shirkah Maktabah wa Matba‘ ah Mustafa al-Babi al-Halbi, 1975.


[1] Abu Daud Sulaiman ibn al-Ash‘ath al-Sijistani, Sunan Abi Daud, juz. 3 (Beirut: al-Maktabah al-‘Asriyah, t.th), 181.

[2] Muhammad ibn Isma‘il al-Bukhari, Sahih al-Bukhari, juz. 2 (t.t: Dar Tuq al-Najah, 1422 H), 130.

[3] Ibid, juz. 3, 110.

[4] Ibid, Juz. 9, 12.

[5] Ibid.

[6] Muslim ibn al-Hajjaj Abu al-Hasan al-Naisaburi, Sahih Muslim, juz. 3 (Beirut: Dar Ihya’al-Turath al-‘Arabi, t.th), 1334.

[7] Ibid., 1335.

[8] Sulaiman ibn al-Ash‘ath al-Sijistani, Sunan Abi Daud, juz. 3 (Beirut: al-Maktabah al-‘Asriyah, t.th), 181.

[9] Ibid, juz. 4, 196.

[10] Muhammad ibn ‘Isa ibn Saurah al-Tirmidhi, Sunan al-Tirmidhi, juz. 3 (Mesir: Shirkah Maktabah wa Matba‘ ah Mustafa al-Babi al-Halbi, 1975), 25.

[11] Ibid., 653.

[12] Abu ‘Abd al-Rahman al-Khurasani al-Nasa’i, al-Sunan al-Sughra al-Nasa’i, juz. 5 (Halb: Maktab al-Matbu‘at al-Islamiyah, 1986), 44.

[13] Ibid, juz. 5, 45.

[14] Ibid.

[15] Ibnu Majah Abu ‘Abd Allah Muhammad ibn Yazid al-Qazwini, Sunan Ibnu Majah, juz. 2 (t.t: Dar Ihya’ al-Kutub al-‘Arabiyah, t.th), 839.

[16] Ibid.

[17] Jamal al-Din al-Mizi, Tahdhib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal, juz. 34 (Beirut: Mu’assasah al-Risalah, 1980), 366.

[18] Ibid, juz. 33, 370, 376.

[19] Ibid, juz. 26, 419, 440-442.

[20] Ibid, juz. 11, 177, 188-189.

[21] Muhammad Jawad Mughniyah, Fiqih Lima Mazhab; Ja’fari, Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali, terj. Masykur A. B, dkk (Jakarta: Lentera, 2011), 169.

[22] al-Sijistani, Sunan Abi Daud, juz. 3, 181.

[23] Abu ‘Abd Allah Muhammad ibn Idris al-Shafi‘i, al-Umm, juz. 2 (Beirut: Dar al-Ma‘rifah, 1990 M/ 1410 H), 47.

[24] Mughniyah, Fiqih Lima, 169.

[25] Al-Shafi‘i, al-Umm, 48.

[26] Abu ‘Abd Allah Muhammad ibn al-Hasan al-Shaibani, al-Aslu al-Ma‘ruf bi al-Mabsut, juz. 2 (Krachi: Idarah al-Qur’an wa al-‘Ulum al-Islamiyah, t.th), 132.

[27] Abu Muhammad ‘Abd Allah ibn AH]mad ibn Muhammad al-Hanbali, ‘Umdah al-Fiqhi (t.t: al-Maktabah al-‘Arabiyah, 2004), 37.

[28] Al-Qur’an, 01: 267.

[29] Al-Qur’an dan Terjemahnya, 67.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH HADIST TENTANG HIJAB

  A.   Latar Belakang Telah disepakati oleh seluruh umat Islam bahwa al-Qur’an menjadi pedoman hidup baik tentang syariah maupun dalam keh...