HOME

27 September, 2024

TIPOLOGI KITAB HADIS MUSALSAL

 





BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Hadis adalah salah satu sumber pokok ajaran Islam yang tidak seharusnya diabaikan. dengan mengakaji hadis secara intensive dapat mempermudah umat Islam untuk memahami serta menjalankan perintah atau syariat agamanya.

Urgensi dari pengkajian hadis telah disadari oleh para ulama yang terdahulu sehingga mereka berlomba-lomba untuk mempelajari dan kemudian menghasilkan karya demi membantu umat Islam secara umum untuk mempelajarinya. Selain kitab-kitab induk hadis yang ditulis oleh para ulama hadis, terdapat pula berbagai acam kitab hadis pendukung lainnya seperti kitab Sharh Al-H}adi>th, Kutu>b Al-Nuqa>d Al-H}adi>th, Kita>b Jarh wa Al-Ta’di<l, juga berbagai tipologi kitab hadis lainnya yang mengelompokkan hadis-hadis Nabi sesuai tipe kitab hadis yang telah disepakati.

Mengenal kitab-kitab hadis adalah merupakan keharusan bagi para umat muslim. Dengan mengetahui berbagai tipologi kitab hadis, baik mulai pengarang, sistematika penulisan dan ataupun segala hal yang berkaitan dengan permasalahan hadis, akan mempermudah proses pencarian dan pemahaman hadis secara keseluruhan. Terlepas dari kekurangan yang di miliki oleh setyap tipologi kitab hadis, kelebihan pengelompokkan hadis ini lebih jelas manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah dapat mempermudah umat muslim dalam pencarian juga memahami hads Nabi SAW.

Salah satu tipologi kitab hadis yang telah disusun oleh para ulama hadis adalah tipologi kitab Al-Musalsal. Dalam makalah ini, akan dijelaskan beberapa hal yang dirasa penting untuk diketahui terkait tipologi kitab tersebut.

 

 

1

 


BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Pengertian Hadis Musalsal

Menurut bahasa, musalsal merupakan isim maf’ul dari kata al-salsalatu (السلسلة) yaitu bersambungnya sesuatu dengan sesuatu yang lain, di antaranya adalah silsilah hadis. Hadis ini dinamakan musalsal, karena ada keserupaan dengan rantai (silsilah) dalam segi pertemuan (persambungan) pada masing-masing perawi atau ada kesamaan dalam bagian-bagiannya.[1]

Dalam istilah, menurut Mah{mu>d al-T{ah{h{a>n, hadis musalsal adalah

هو تتابع رجال إسناده على صفة أو حالة للرواة تارة, وللرواية تارة أخرى.[2]

Hadis yang rawi-rawi sanadnya berturut-turut dalam satu sifat atau keadaan tertentu, terkadang bagi para perawi dan dari periwayatan.

Nu>r al-Di>n ‘Itr mengatakan bahwa hadis musalsal adalah

هو ما تتابع رجال إسناده على صفة واحدة أو حال واحدة للرواة أو للرواية.[3]

Hadis yang rawi-rawi sanadnya berturut-turut dalam satu sifat atau keadaan tertentu, baik  bagi para perawi atau periwayatan.

S{ubh{i> al-S{a>lih{, mengatakan bahwa hadis musalsal adalah

الحديث المسند المتصل الخالي من التدليس الذي تتكرر في وصف روايته عبارات أو أفعال مماثلة ينقلها كل راوٍ عمن فوقه في السند حتى ينتهى إلى رسول الله.[4]

Hadis musalsal adalah Hadis yang musnad muttas{il yang bebas dari pemalsuan (tadli>s), yang dalam periwayatannya selalu berulang perkataan-perkataan atau perbuatan-perbuatan yang sama, yang dinukil oleh setiap rawi dari orang diatasnya dalam sanad, hingga berakhir pada Rasulullah saw.

 

2

Lebih luas Al-Iraqi memberikan definisi musalsal adalah hadis yang para perawinya dalam sanad berdatangan satu persatu dalam satu bentuk keadaan atau dalam satu sifat, baik sifat para perawi maupun sifat penyandaran (isnad) baik terjadi pada isnad dalam bentuk penyampaian periwayatan (ada>’ al-riwa>yah) maupun berkaitan dengan waktu dan tempatnya, baik keadaan para perawi maupun sifat-sifat mereka, dan baik perkataan maupun perbuatan.

Dengan demikian hadis musalsal adalah hadis musnad mutthasil yang bebas dari tadli>s (pemalsuan). Dalam periwayatannya selalu berulang perkataan-perkataan atau perbuatan-perbuatan yang sama, yang dinukil oleh setiap perawi dari orang di atasnya dalam sanad, hingga berakhir pada Rasulallah Saw. Keterlepasannya dari tadli>s dan keterputusannya mendorong pemula dalam ilmu ini mengenakan hukum secara spontan dan tergesa-gesa.

B.     Macam-Macam Hadis Musalsal

Dari penjelasan definisi di atas, dapat diketahui bahwa musalsal itu terbagi menjadi tiga bagian[5], yaitu:

1.    Musalsal mengenai keadaan rawi-rawi

Adapun mengenai keadaan-keadaan para rawi, adakalanya berupa perkataan-perkataan, perbuatan-perbuatan, atau perkataan dan perbuatan secara bersama-sama.

a.    Musalsal mengenai keadaan rawi-rawi berupa perkataan, seperti hadis;

حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ مَيْسَرَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ الْمُقْرِئُ حَدَّثَنَا حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ قَالَ سَمِعْتُ عُقْبَةَ بْنَ مُسْلِمٍ يَقُولُ حَدَّثَنِي أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحُبُلِيُّ عَنْ الصُّنَابِحِيِّ عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَذَ بِيَدِهِ وَقَالَ يَا مُعَاذُ وَاللَّهِ إِنِّي لَأُحِبُّكَ فَقَالَ أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لَا تَدَعَنَّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ تَقُولُ اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ وَأَوْصَى بِذَلِكَ مُعَاذٌ الصُّنَابِحِيَّ وَأَوْصَى بِهِ الصُّنَابِحِيُّ أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ.[6]

Telah menceritakan kepada Kami ‘Ubayd Allah ibn ‘Umar ibn Maysarah telah menceritakan kepada Kami ‘Abd Allah bin Yazi>d Al-Muqri`, telah menceritakan kepada Kami H{aywah bin Shurayh{, ia berkata; aku mendengar ‘Uqbah bin Muslim berkata; telah menceritakan kepadaku Abu> ‘Abd al-Rah{man Al-H{ubuli> dari Al-S{una>bih{i> dari Mu’a>dh ibn Jabal bahwa Rasulullah Saw. menggandeng tangannya dan berkata: "Wahai Mu’a>dh, demi Allah, aku mencintaimu." Kemudian beliau berkata: "Aku wasiatkan kepadamu wahai Mu’a>dh, janganlah engkau tinggalkan setiap selesai shalat untuk mengucapkan, "ALLAHUMMA A'INNI> 'ALA> DHIKRIKA WA SHUKRIKA WA H{USNI 'IBA>DATIK" (Ya Allah, bantulah aku untuk berdzikir dan bersyukur kepadaMu serta beribadah kepadaMu dengan baik.) Mu’a>dh mewasiatkan dengan hal tersebut kepada Al-S{una>bihi dan Al-S{una>bihi mewasiatkan hal tersebut kepada ‘Abd al-Rah{man.

Hadis diatas musalsal pada perkataan setiap perawi ketika menyampaikan periwayatan dengan ungkapan: (وَاللَّهِ إِنِّي لَأُحِبُّكَ فَقَالَ) sesungguhnya aku mencintaimu, maka katakan di setiap selesai shalat. Setiap perawi yang menyampaikan perawi hadis ini selalu memulai dengan kata-kata tersebut sebagaimana yang dilakukan Rasulullah kepada Mu’a>dh.

b.    Musalsal mengenai keadaan rawi-rawi berupa perbuatan, seperti hadis;

حدثني وشبك بيدي جمع من الأعلام منهم الشيخ عمر حمدان المحرسي والشيخ خليفة النبهاني والشيخ علي بن فالح الظاهري عن أبي اليسر فالح الظاهري وشبك يده بيدهم عن السيد محمد بن علي السنوسي وشبك بيده عن النور محمد بن عامر المعداني وشبك بيده عن محمد بن عبد السلام البناني وشبك بيده عن الولي محمد الخرشي وشبك بيده عن الشهاب أحمد الخفاجي وشبك بيده عن إبراهيم بن عبد الرحمن العلقمي وشبك بيده عن أخيه محمد العلقمي وشبك بيده عن الجلال السيوطي وشبك بيده عن الإمام تقي الدين الشمني وشبك بيده عن عبد الله الحنبلي وشبك بيده عن أبي الحسن العرضي وشبك بيده عن أبي الحسن ابن البخاري وشبك بيده

 ( ح ) وبه إلى الجلال السيوطي عن أحمد بن محمد المرجاني والكمال إمام الكاملية وشبكا بيده عن الشمس محمد ابن الجزري وشبك بيدهما عن أبي حفص عمر بن الحسن المراغي وشبك بيده

 عن أبي الحسن علي بن أحمد المقدسي عرف بابن البخاري وشبك بيده عن عمر بن سعد الحلبي وشبك بيده عن أبي الفرج يحيى بن محمود الثقفي وشبك بيده عن الحافظ إسماعيل بن محمد التيمي وشبك بيده عن أبي محمد الحسن بن أحمد السمرقندي وشبك بيده عن أبي العباس جعفر بن محمد المستغفري وشبك بيده عن أبي بكر أحمد بن عبد العزيز المكي وشبك بيده عن أبي الحسن محمد بن طالب وشبك بيده عن أبي عمر عبد العزيز بن الحسن بن أبي بكر بن عبد الله بن الشرود الصنعاني وشبك بيده عن أبيه الحسن وشبك بيده عن إبراهيم بن أبي يحيى وشبك بيده عن صفوان بن سليم وشبك بيده عن أيوب بن خالد وشبك بيده عن عبد الله بن رافع وشبك بيده عن أبي هريرة وشبك بيده قال شبك بيدي أبو القاسم صلى الله عليه و سلم وقال خلق الله الأرض يوم السبت والجبال يوم الأحد والشجر يوم الاثنين والمكروه يوم الثلاثاء والنور يوم الأربعاء والدواب يوم الخميس وآدم يوم الجمعة .[7]

Dalam contoh di atas, benar-benar telah terjadi kesamaan dari perbuatan para rawi dengan berjabat / mensejajarkan tangan.

c.    Musalsal mengenai keadaan rawi-rawi berupa perkataan dan perbuatan secara bersamaan, seperti hadis;

المرداوي خطيب مردا عن أبي الفرج يحيى بن محمود الثقفي عن جده لأمه الحافظ أبي القاسم إسماعيل بن محمد التميمي عن الشيخ أبي بكر أحمد بن علي بن خلف الشيرازي عن الإمام أبي عبد الله محمد بن عبد الله الحاكم النيسابوري ثنا الزبير بن عبد الواحد الأسد آبادي ثنا أبو الحسن يوسف بن عبد الأحد الشافعي ثنا سليمان بن شعيب الكسائي ثنا سعيد الأدم ثنا شهاب بن خراش قال سمعت يزيد الرقاشي يحدث عن أنس بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم لا يجد العبد حلاوة الإيمان حتى يؤمن بالقدر خيره وشره حلوه ومره قال وقبض رسول الله صلى اللع عليه وسلم على لحيته وقال آمنت بالقدر خيره وشره حلوه ومره وهكذا قال كل راو من الرواة وأقول و أنا قابض على لحيتي عن نية صادقة وعقيدة صحيحة آمنت بالقدر خيره وشره حلوه ومره.[8]

Pada contoh di atas, telah terjadi kesamaan dari rawi-rawi mengenai menggenggam jenggotnya, dan berkata “aku telah beriman kepada Qadar yang baik maupun yang jelek, yang manis maupun yang pahit”.

2.    Musalsal mengenai sifat-sifat rawi

Sifat-sifat rawi adakalanya berupa perkataan dan perbuatan:

a.       Musalsal mengenai sifat perkataan rawi-rawi seperti hadis yang musalsal mengenai bacaan surat al-Shaf.

أن الصحابة سألوا المصطفى صلى الله عليه وسلم عن أحب الأعمال إلى الله عز وجل ليعملوه فقرأ عليهم سورة ( الصف )

Hadis di atas musalsal pada membaca Surah Shaf. Setiap periwayat membacakan Surah Shaf ketika menyampaikan periwayatan kepada muridnya atau yang menerima hadisnya.

Dalam masalah ini, al-‘Iraqy berkata “sifat-sifat perkataan serta keadaan perkataan rawi-rawi saling berdekatan bahkan saling menyerupai”.

b.      Musalsal mengenai sifat perbuatan rawi-rawi, seperti kesamaan nama-nama rawi-rawi berupa “al-Muh{ammadi>n” atau kesamaan nama-nama ahli fiqih atau sama-sama penghafal hadis, atau kesamaan nisbat mereka berupa “seperti sama-sama penduduk Damaskus atau penduduk Mesir”.

حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا أَوْ يَقُولُ أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ اخْتَرْ وَرُبَّمَا قَالَ أَوْ يَكُونُ بَيْعَ خِيَارٍ[9]

Hadis di atas musalsal diriwayatkan oleh fuqaha kepada para fuqaha secara terus menerus, atau termasuk musalsal ini seperti kesepakatan nama-nama para perawi, seperti musalsal dalam nama Al-Muh{ammadi>n kesepakatan dalam menyebut bangsa/nisbat mereka seperti musalsal dalam menyebut Ad-Dimasyqiyin dan Al-Mishriyin.

3.    Musalsal mengenai sifat riwayatnya

Adakalanya mengenai bentuk-bentuk penyampaian  atau mengenai nama atau tempatnya:

a.       Musalsal mengenai bentuk penyampaian riwayat: seperti hadis musalsal mengenai perkataan tiap-tiap rawi berupa “aku telah mendengar” atau “telah mengabarkan kepadaku”.

b.      Musalsal mengenai waktu periwayatan: seperti hadis yang terdapat kesamaan pada hari Raya ‘Id.

عن ابن عباس رضي الله عنه قال ( شهدت رسول الله صلى الله عليه وسلم في يوم عيد فطر أو أضحى فلما فرغ من الصلاة أقبل علينا بوجهه فقال : أيها الناس قد أصبحتم خيراً . فمن أحب أن ينصرف فلينصرف, ومن أحب أن يقيم حتى يسمع الخطبة فليقم )

Hadis Ibnu Abbas berkata: “Aku menyasikan Rasulullah Saw. pada hari raya Idul Fitri atau Idul Adha, setelah beliau selesai shalat menghadap kita dengan wajahnya kemudian bersabda: “Wahai manusia kalian telah memperoleh kebaikan…,”

Hadis di atas musalsal waktu periwayatan yaitu pada hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Setiap perawi mengungkapkan kalimat tersebut dalam menyampaikan periwayatan kepada muridnya.

c.       Musalsal mengenai tempatnya: seperti hadis tentang terkabulnya do’a di Multazam.

قال ابن عباس رضي الله عنه سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول ( الملتزم موضع يستجاب فيه الدعاء وما دعا الله فيه عبد دعوة إلا استجاب له ) , قال ابن عباس رضي الله عنه فوالله ما دعوت الله عز وجل فيه قط منذ سمعت هذا الحديث إلا استجاب لي , وقد تسلسل الحديث بقول كل من رواته وأنا ما دعوت الله فيه بشيء منذ سمعته إلا استجاب لي.

Aku mendengar Rasulallah SAW bersabda: “Multazam adalah suatu tempat yang diperkenankan doa padanya. Tidaklah seorang hamba yang berdoa kepada Allah di Multazam melainkan dikabulkannya.”

قال ابن عباس: فوالله مادعوت الله عزوجل فيه قط منذ سمعت هذاالحديث الا استجاب لي

Ibnu Abbas berkata: Demi Allah, aku tidak berdoa kepada Allah padanya sama sekali sejak mendengar hadis ini melainkan Allah memperkenan doaku.

Hadis musalsal pada tempat periwayatannya, masing-masing periwayat mengungkapkan sebagaimana perkataan Ibnu Abbas tersebut setelah menyampikan periwayatan hadis kepada orang lain.

 

 

 

C.    Hukum Hadis Musalsal

Mengenai tasalsul dalam semua sanad ini tidak disyaratkan, karena kadang kala dalam hadis terjadi musalsal dari awal sampai akhir dan terkadang pula sebagian musalsal terputus di permulaan, tengah, atau di akhiran. Tetapi dalam kondisi semacam ini mereka berkata: “Hadis ini musalsal kepada si fulan”.[10]

Oleh karenanya Al-H{a>fiz{ Al-‘Iraqi> berkata: Sedikit sekali hadis musalsal yang selamat dari ke-d{a’i>f-an, dimaksudkan di sini sifat musalsal bukan pada asal matan karena sebagian matan s{ah{i>h{. Amat jarang hadis musalsal yang selamat dari adanya cacat pada rantainya, atau d{a’i>f, namun pada asalnya hadisnya itu s{ah{i>h{ bukan melalui jalur tasalsul.[11]

Jadi hukum hadis musalsal itu bisa shahih, hasan, atau dha’if tergantung perawinya. Ibnu Hajar berkata: Musalsal yang paling s{ah{i>h{ adalah musalsal hadis membaca Surah Al-Shaf. Disebutkan dalam Sharah{ Al-Nukhbah musalsal para h{uffaz{ memberi faedah ilmu yang pasti (qat{‘i>).

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، عَنْ الأَوْزَاعِيِّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَلَامٍ، قَالَ: قَعَدْنَا نَفَرٌ مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَذَاكَرْنَا، فَقُلْنَا: لَوْ نَعْلَمُ أَيَّ الأَعْمَالِ أَحَبَّ إِلَى [ص:413] اللَّهِ لَعَمِلْنَاهُ، فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى {سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ وَهُوَ العَزِيزُ الحَكِيمُ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ}، قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَلَامٍ: «فَقَرَأَهَا عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ» قَالَ أَبُو سَلَمَةَ: «فَقَرَأَهَا عَلَيْنَا ابْنُ سَلَامٍ» قَالَ يَحْيَى: «فَقَرَأَهَا عَلَيْنَا أَبُو سَلَمَةَ» قَالَ ابْنُ كَثِيرٍ: «فَقَرَأَهَا عَلَيْنَا الأَوْزَاعِيُّ» قَالَ عَبْدُ اللَّهِ: «فَقَرَأَهَا عَلَيْنَا ابْنُ كَثِيرٍ». وَقَدْ خُولِفَ مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، فِي إِسْنَادِ هَذَا الحَدِيثِ عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، فَرَوَى ابْنُ المُبَارَكِ، عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ هِلَالِ بْنِ أَبِي مَيْمُونَةَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَلَامٍ، أَوْ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَلَامٍ، وَرَوَى الوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، هَذَا الحَدِيثَ، عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، نَحْوَ رِوَايَةِ مُحَمَّدِ بْنِ كَثِيرٍ [12]

Dengan demikian tidak seluruh hadis musalsal s{ah{i>h{. Sebagaimana tinjauan pembagian hadis di atas, bahwa musalsal adalah sifat sebagian sanad, maka tidak menunjukkan ke-s{ah{i>h{-an suatu hadis. Ke-s{ah{i>h{-an hadis ditentukan 5 persyaratan yakni persambungan sanad, periwayat yang adil dan d{a>bit{, tidak adanya sha>dh dan ’illah.

Diantara kelebihan musalsal, adalah menunjukkan ke-muttas{il-an dalam mendengar, tidak adanya tadli>s dan inqit{a>, dan nilai tambah ke-d{a>bit{-an para perawi. Hal ini dibuktikan dengan perhatian masing-masing perawi dalam pengulangan menyebut keadaan atau sifat para perawi atau periwayatan. Manfaat dari mengetahui bentuk hadis ini adalah dapat menambah tingkat kekuatan hafalan bagi para perawinya.

Subh{i al-S{a>lih{ menukil perkataan Imam Ibn Kathi>r (w. 774 H) di dalam kitabnya Ikhtis{a>r ‘Ulu>m al-H{adi>th: ”Faedah Tasalsul (kesinambungan) adalah menjauhkan suatu hadis dari pemalsuan dan keterputusan. Meskipun begitu, jarang hadis shahih disampaikan secara musalsal. Beliau juga menukil bahwa kadang-kadang asal matan dalam hadis jenis ini memang s{ah{i>h{, karena terhindar dari tadli>s. Tetapi kelemahan itu bisa saja terjadi semata-mata melalui kesinambungan sebagian perkataan atau perbuatan dalam periwayatannya sendiri, karena sulitnya kesinambungan dan lengkapnya persamaan ini dalam penukilan hadis. Dengan demikian, banyak terdapat matan hadis yang s{ah{i>h{ tanpa ke-s{ah{i>h{-an periwayatannya sendiri dengan tasalsul.

Keistimewaan yang utama dari hadis musalsal adalah menunjukkan pada kesinambungan  al-sima> dan tidak adanya tadli>s. Manfaatnya adalah menambah ked{abit{an para perawi.[13]

 

 

 

 

 

D.    Macam-Macam Kitab Hadis Musalsal

Di antara kitab-kitab hadis Musalsal yang terkenal adalah:

1.    Al-Musalsal al-Awwal karya Abi> al-Qa>sim al-Samarqandi> (w. 536 H), Abi> al-Qa>sim Isma>’i>l ibn Ah{mad ibn ‘Umar al-Dimashqi> al-Baghda>di>. Dicetak oleh penerbit al-Z{a>hiriyyah yang terletak di Damaskus.

2.    Nuzhah al-H{uffa>z{ karya Abi> Mu>sa> al-Madi>ni> (w. 581 H); al-H{a>fiz{ Muh{ammad ibn Abi> Bakr ‘Umar ibn Ah{mad al-Is{baha>ni> al-Sha>fi’i>. Di dalamnya membahas masalah musalsal para rawi seperti musalsal bi al-Muh{ammadi>n dan musalsal Ah{madi>n … Ibn H{ajar al-‘Asqala>ni> dalam “al-Mu’jam al-Mufahras” menyebutkan: mengandung para rawi yang serupa atau sama dalam nama, bapak, kakek, dan sebagainya serta mentakhrij hadis-hadis dari jalan (t{arq) mereka. Dicetak dengan tahqiq dari ‘Abd al-Ra>d{i> Muh{ammad ‘Abd al-Muh{sin oleh Muassisah al-Kutub al-Thaqa>fiyyah di Beirut pada tahun 1406 H/1886 M dalam 128 halaman.

3.    Al-Musalsala>t al-Kubra> karya al-Suyu>t{i> (w. 911 H); al-Jala>l Abi> al-Fad{l ‘Abd al-Rah{man ibn Abi> Bakr ibn Muh{ammad al-Mis{ri> al-Sha>fi’i. Kitab tersebut menghimpun 85 hadis. Al-Suyu>t{i> berkata: saya mengumpulkan dalam kitab tersebut dari apa yang aku dengar secara musalsal dalam sanad-sanadnya, dan orang-orang pun mengumpulkan hal yang demikian itu.

4.    Jiya>d al-Musalsala>t karya al-Suyu>t{i> juga, kitab ini merupakan bagian sisa (lanjutan) dari kitab “Al-Musalsala>t al-Kubra>”.

5.    Al-Fawa>id al-Jali>lah fi> Musalsala>t Muh{ammad ibn ‘Uqaylah (w. 1150 H), al-Muh{addi>th al-S{u>fi> Jama>l al-Di>n Abi> ‘Abd Allah, Muh{ammad ibn Ah{mad ibn Sa’i>d, yang dikenal dengan sebutan nama ayahnya “’Uqaylah” al-Makki>. Dicetak oleh al-Maktabah al-Baladiyah yang terletak di al-Iskandariyah.

6.    Al-Mana>hil al-Salsalah fi> al-Ah{a>di>th al-Musalsalah karya al-Ayyu>bi> (w. 1364 H): Muh{ammad ‘Abd al-Ba>qi>. Di cetak di Maktabah al-Qudsi> yang terletak di Kairo pada tahun 1357 H/1938 M, berjumlah 230 halaman. Dan di cetak juga oleh Da> al-Kutub al-‘Ilmiyah di Beirut pada tahun 1403 H/1983 M, yang berjumlah 414 halaman.

7.    Dhayl Naz{m Aju>d al-Musalsala>t karya Zuba>rah (w. 1380 H): Muh{ammad ibn Muh{ammad ibn Yah{ya> al-Yamani>. Dicetak oleh percetakan Wiza>rah al-Ma’a>rif di S{an’a>’ pada tahun 1363 H/1944 M, di dalamnya berjumlah 45 + 432 halaman.  Disertakan juga “Naz{m Ajwad al-Musalsala>t” karya Ibn Yah{ya>.[14]

 

E.     Contoh Kitab-Kitab Hadis Musalsal

Dari beberapa kitab Musalsal yang telah disebutkan di atas, maka dalam makalah ini, hanya akan membahas tiga buah kitab musalsal, yakni:

1.    Nuzhah Al-H{uffa>z{ karya Abi> Mu>sa> al-Madi>ni> (w. 581 H)

a.       Biografi Penulis Kitab

Penulis Kitab Nuzhah Al-H}uffa>z} ini adalah Muh}ammad ibn ‘Umar ibn Ah}mad ibn ‘Umar ibn Muh}ammad Al-As}baha>ni> Al-Madi>ni>, Abu> Mu>sa> adalah ahli hadis di kalangan Al-Sha>fi’i>. Lahir pada tahun 501 H dan wafat pada tahun 581 dalam usia 80 tahun. Julukan Al-Madi>ni> pada namanya dinisbatkan kepada kota As}baha>n.[15]

Al-Subki> mengatakan bahwa Abu> Mu>sa> mempunyai banyak keistimewaan, dan telah menyusun tidak hanya satu kitab. Beberapa kitab yang ditulis oleh Abi> Mu>sa> adalah :

1)        Al-Akhba>r Al-T}uwa>l

2)        Al-Asma>’ Al-Mushtarakah Bayna Al-Rija>l wa Al-Nisa>

3)        Ansa>b Al-Muh}addithi>n

4)        Al-Targi>b wa Al-Tarhi>b

5)        Tad}yi>’ Al-‘Umr wa Al-Aya>m

6)        Dustu>r Al-Muh}addithi>n

7)        Al-T}uwa>la>t fi Al-Wahn wa Al-Maud}u>’ min Al-H}adi>th

8)        ‘Awa>liy Al-Ta>bi’i>n

9)        Saba>’iya>t fi Al-H}adi>th

10)    Nuzhah Al-H}ufa>dh[16]

b.      Tentang Kitab

Abi> Mu>sa> mengawali kitabnya dengan muqaddimah yang di dalamnya dijelaskan tentang motivasi Abi> Mu>sa> dalam menulis kitabnya, menjelaskan metode serta cara penyusunan kitabnya.

Abi> Mu>sa> menyusun kitabnya sesuai urutan nama periwayat hadis musalsal. Urutan nama periwayat tersebut disusun sesuai huruf hijaiyah. Akan tetapi Abi>  Musa> memulai penyusunan kitabnya dengan bab Muh}ammadi>n sebagai wujud tabaruk dengan nama Nabi Muhammad SAW. kemudian barulah dilanjutkan dengan susunan huruf hijaiyah.

Pengarang lebih mendahulukan menyusun berdasarkan tertib nama-nama perawi dari golongan laki-laki dibandingkan (kemudian) perempuan. Setelah selesai menyebutkan perawi dari golongan laki-laki, baru kemudian memulai dengan menyebutkan perawi dari golongan perempuan, kemudian diakhiri dengan menyebutkan hadis-hadis yang perawinya mempunyai nama julukan (kunyah).

Dalam kitabnya, Abi> Mu>sa> juga membagi pembahsannya dalam kita>b Al-Rija>l, kita>b Al-Nisa> dan terakhir ditutup dengan kita>b Al-Kuna>. Setelah pembagian kita>b tersebut barulah Abi> Mu>sa> menulis sesuai urutan huruf hijaiyah. Perawi yang dicantumkan oleh Abi> Mu>sa> tidaklah semuanya meriwayatkan hadis namun sebagian terdapat perawi yang meriwayatkan perakataan para sahabat, ta>bi’i>n juga ta>bi’u ta>bi’i>n.[17]

Abi> Mu>sa> tidak hanya mencamtumkan hadis musalsal saja akan tetapi turut memberi perhatian kepada hadis yang dicantumkannya dengan memberi penjelasan terkait derajat hadis kemudian menghukumi kesahihan dan ked}a’i>fan hadis-hadis yang dicantumkannya. Selain itu pada beberapa hadis, Abi> Mu>sa juga menyandarkan hadis-hadis tersebut kepada para penulis kitab hadis seperti Al-T}abra>niy dan Al-Ha>kim.[18]

c.       Sistematika penulisan hadis

Mengenai sistematika penulisan hadis dalam kitab ini, mula-mula pengarang menyebutkan fas{l, yang di awali dengan fas{l al-musalsal bi al-muh{ammadi>n, di dalam fas{l ini memuat beberapa judul lagi. Misalnya, judul riwa>yah ah{ad ‘ashar min al-muh{ammadi>n ba’d{uhum ‘an ba’d{, kemudian disebutkan runtutan sanadnya yang berakhir sampai pada matannya. Selanjutnya penyebutan hadisnya itu juga sama dengan sebelumnya.

 

 

d.      Contoh Penulisan

(فصل)

]المسلسل بالمحمدين[

 

v    رِوَايَة أحد عشر من المحمدين بَعضهم عَن بعض:

حَدَّثَنِي أَوْحَدُ (وَقْتِهِ) فِي الْحِفْظِ أَبُو الْفَضْلِ مُحَمَّدُ بْنُ طَاهِرٍ الْمَقْدِسِيُّ رَحِمَهُ الله لفظا سنة 555 هـ قَدِمَ عَلَيْنَا قَالَ إِنَّ أَبَا طَاهِرٍ مُحَمَّدَ بْنَ عَبْدِ الْوَهَّابِ الْبَزَّاز بِالريِّ أخبرنَا قَالَ أَنبأَنَا أَبُو الطَّاهِر مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَلِيِّ بن حمدَان أَنبأَنَا أَبُو الْهَيْثَمِ مُحَمَّدُ بْنُ الْمَكِّيِّ أَنبأَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ الْقُوَيْرِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ الْبُخَارِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ وَهْبٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَرْب حَدثنَا مُحَمَّد بن الْوَلِيد الزبيدِيّ أَنبأَنَا الزُّهْرِيُّ وَاسْمُهُ مُحَمَّدُ بْنُ مُسْلِمٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ زَيْنَب بنت أبي سَلمَة عَن أم سَلمَة رَضِي الله عَنْهَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى فِي بَيْتِهَا جَارِيَةً فِي وَجههَا سفعة فَقَالَ اسْتَرْقُوا لَهَا فَإِن بهَا النظرة رَوَاهُ البخارى.

 

2.    Jiya>d al-Musalsala>t karya al-Suyu>t{i>.

a.    Biografi Penulis Kitab

Nama lengkap penulis kitab Jiya>d Al-Musalsala>t adalah Jala>l Al-Di>n  ‘Abd Al-Rah}ma>n bin Abu> Bakr bin Muh}ammad bin Sa>biq Al-Di>n Al-Suyu>t}i>. Lahir pada bulan Rajab tahun 849 H dan wafat pada malam Jum’at, tanggal 19 Juma>dil U>la> tahun 911 H.

Dalam pengembaraannya mencari ilmu, Al-Suyu>t}i> singgah ke beberapa negeri seperti Sha>m, Hija>z, Yaman, India dan Maroko.[19] Ia berguru kepada sejumlah ulama besar, bahkan seorang muridnya pernah menghitung guru beliau hingga mencapai 51 guru.

Beberapa Karya Al-Suyu>t}iy

1)      Al-Itqa>n fi Ulu>m Al-Qur’a>n

2)      Al-Du>rr Al-Mans}ur fi Al-Tafsi>r bi Al-Ma’thu>r

3)      Asrar Al-Tanzi>l

4)      Luba>b Al-Nuqul fi Asba>b Al-Nuzu>l

5)      Al-Takhbi>r fi Ulu>m Al-Tafsi>r

6)      Jiya>d Al-Musalsala>t

b.    Tentang Kitab

Kitab Jiya>d Al-Musalsala>t karya Imam Al-Suyu>t}i> ini disusun berdasarkan tema hadis musalsal yang diawali dengan hadis Al-Musalsal bi Al-Awaliyah dan ditutup dengan Athar ‘An ‘Ala> Musalsal bi Al-Aba>.

Dalam kitabnya, Imam Al-Suyu>t{i> mencantumkan 23 tema hadis musalsal dan 2 tema athar musalsal. Imam Al-Suyu>t}i> hanya sebatas mencantumkan hadis-hadis musalsal saja tanpa memberi penilaian atau komentar para ulama terkait hadis-hadis tersebut. Setelah menyebutkan hadis secara lengkap Imam Al-Suyu>t}i menyebutkan referensi atau kitab induk hadis yang meriwayatkan hadis-hadis tersebut.[20]

c.       Sistematika Penulisan Hadis

Mengenai sistematika penulisan hadis dalam kitab ini, sebelum pengarang memulai menyebutkan seluruh hadisnya, mula-mula ia membuka dengan muqaddimah yang sangat sederhana. Kemudian baru memulai menyebutkan hadisnya dengan judul masing-masing hadis, yang di awali dengan al-h{adi>th al-musalsal bi al-awaliyyah, dan dilanjutkan dengan al-h{adi>th al-tha>ni> al-musalsal bi al-fuqaha>’, dan seterusnya.

 

d.      Contoh Penulisan

 

 

3.    Al-‘Uja>lah fi> al-Ah{adi>th al-Musalsalah karya Abi> al-Fayd{ Muh{ammad Ya>si>n bin Muh{ammad ‘I>sa> Al-Fa>da>ni> Al-Makki>.

a.       Tentang Kitab

Muh}ammad Ya>si>n menyusun kitabnya berdasarkan tema hadis-hadis musalsal yang di awali dengan Al-Musalsal bi Al-Awaliyah. Dalam kitabnya, Muh}ammad Ya>si>n menyebutkan 113 tema hadis-hadis musalsal.

Dalam kitabnya, Muh}ammad Ya>si>n tidak hanya mencantumkan hadis-hadis musalsal saja tetapi turut menyertakan penilaian dan penjelasan para ulama terkait hadis. Selain itu, pada akhir penjelasan para ulama, Muh}ammad Ya>si>n juga menyebutkan kitab induk hadis yang mencantumkan hadis-hadis tersebut.

Pada beberapa hadis, Muh}ammad Ya>si>n tidak hanya menyebutkan satu sanad hadis saja akan tetapi menyebutkan sanad-sanad hadis lainnya yang serupa. Setelah menyebutkan sanad lengkap dari hadis yang dimaksud. Muh}ammad Ya>si>n melanjutkannya dengan penulisan matan hadis.

b.      Sistematika Penulisan Hadis

Mengenai penulisan hadis dalam kitab ini, sebelum menyebutkan hadisnya mula-mula pengarang terlebih dahulu menuliskan judul dari hadis-hadis yang dicantumkannya dalam kitab ini. Judul pertama yang dicantumkan oleh pengarang adalah al-musalsal bi al-awwaliyyah, yang kemudian al-musalsal bi al-mus{a>fah{ah, dan seterusnya. Setelah disebutkan judulnya tersebut, barulah pengarang menyebutkan deretan sanad yang terjadi adanya musalsal di dalamnya sampai akhirnya berujung kepada matan hadis, dan dilanjutkan dengan penilaian para ulama terhadap hadis tersebut, dan hal ini berlanjut seterusnya.

 

 

 

 

c.       Contoh Penulisan

1)      Sistematika Penulisan Hadis[21]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2)      Penilaian dan Penjelasan Para Ulama [22]

3)      Contoh Daftar Isi[23]

 

F.     Kelebihan dan Kekurangan Kitab Al-Musalsal

1.    Kelebihan Kitab Al-Musalsal

a.    Mempermudah dalam pencarian hadis dengan mengkhususkannya pada hadis-hadis musalsal.

b.    Mempermudah untuk mempelajari hadis-hadis musalsal secara keseluruhan karna dalam kitab Al-Musalsalat mencantumkan hadis-hadis musalsal.

c.    Dapat mengetahui penilaian para ulama terkait hadis musalsal karena dalam beberapa kitab musalsal, penulis kitab turut mencantumkan komentar para ulama juga.

2.    Kelemahan Kitab Musalsal

a.    Tidak memuat keseluruhan hadis sehingga sebelum pencarian hadis diharuskan untuk mengetahui klasifikasi hadis terlebih dahulu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.    Kesimpulan

Menurut istilah, hadis musalsal adalah Hadis yang rawi-rawi sanadnya berturut-turut dalam satu sifat atau keadaan tertentu, terkadang bagi para perawi dan dari periwayatan.

Dari penjelasan tentang definisi tersebut, maka jelaslah bahwa musalsal itu terbagi menjadi tiga bagian, yaitu: musalsal dengan keadaan rawi-rawinya, musalsal dengan sifat-sifat rawinya, dan musalsal dengan sifat-sifat riwayatnya. Masing-masing dari tiga bagian tersebut juga mempunyai bagian-bagian lagi.

Di antara kitab-kitab hadis Musalsal yang terkenal adalah: Al-Musalsal al-Awwal, Nuzhah al-H{uffa>z{, Al-Musalsala>t al-Kubra>, Jiya>d al-Musalsala>t, Al-Fawa>id al-Jali>lah fi> Musalsala>t Muh{ammad ibn ‘Uqaylah, Al-Mana>hil al-Salsalah fi> al-Ah{a>di>th al-Musalsalah, dan Dhayl Naz{m Aju>d al-Musalsala>t.

Kitab musalsal tersebut mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Di antara kelebihannya adalah mempermudah dalam pencarian hadis dengan mengkhususkannya pada hadis-hadis musalsal, mempermudah untuk mempelajari hadis-hadis musalsal secara keseluruhan karna dalam kitab Al-Musalsalat mencantumkan hadis-hadis musalsal, serta dapat mengetahui penilaian para ulama terkait hadis musalsal karena dalam beberapa kitab musalsal, penulis kitab turut mencantumkan komentar para ulama juga. Sementara kelemahan Kitab Musalsal adalah Tidak memuat keseluruhan hadis sehingga sebelum pencarian hadis diharuskan untuk mengetahui klasifikasi hadis terlebih dahulu.

 

 

 

19

 


DAFTAR PUSTAKA

 

‘Itr, Nu>r al-Di>n. Manhaj al-Naqd fi> ‘Ulu>m al-H{adi>th. Damaskus: Da>r al-Fikr. 1399 H/1979 M.

Abbas, Sirojuddin. Sejarah dan Keagungan Madzhab Syafi’I  halaman 229. Pustaka Tarbiyah Baru, 2010.

Bukha>ri> (al), Abu> ‘Abd Allah Muh{ammad ibn Isma>’i>l ibn Ibra>hi>m ibn al-Mughi>rah. al-Ja>mi’ al-Musnad al-S{ah{i>h{ al-Mukhtas{ar min Umu>r Rasulullah S{alla> Allah ‘alayhi wa Sallam wa Sunananihi wa Ayya>mihi. Vol 3. t.k: Da>r T{awq al-Naja>h. 1422.

Madi>ni> (al), Abi> Mu>sa> Muh}ammad bin ‘Umar Al-As}baha>ni>. Nuzhah Al-H}ufa>dh. Beirut: Muassasah Al-Kutub Al-Thaqa>fiyah.1987.

Maki> (al), Abi> Al-Fayd} Muh}ammad Ya>si>n bin Muh}ammad ‘I>sa> Al-Fa>da>niy, Al-‘Uja>lah fi Al-Ah}a>di>th. Damaskus:Da>r Al-Bas}a>ir,1985

Mur’ishli>, Yu>su>f. ‘Ilm Takhri>j al-H{adi>th wa Baya>n Kutub al-Sunnah al-Mushrifah. Beirut: Da>r al-Ma’rifah. 1429 H/2008 M.

S{a>lih{ (al), S{ubh{i>. ‘Ulu>m al-H{adi>th wa Mus{t{alah{uhu ‘Ard{ wa Dira>sah. Beirut: Da>r al-‘Ilm li al-Mala>yi>n. 2009.

Sijista>ni> (al), Abu> Da>wud Sulayma>n ibn al-Ash’ath. Sunan Abi> Da>wud. Vol 1. Beirut: Da>r al-Kita>b al-‘Arabi>. t.th.

Suyu>t}i> (al), Abd Al-Rah}ma>n bin Abi> Bakr Jala>l Al-Di>n i>, Jiya>d Al-Musalsala>t. Beirut:Da>r Al-Basha>ir Al-Isla>miyah,2002.

T{ah{h{a>n (al), Mah{mu>d. Taysi>r Mus{t{alah{ al-H{adi>th. al-Iskandariyah: Markaz al-Madh{ li al-Dira>sa>t. 1415.

Tirmiziy (al), Muh}ammad bin ‘I>say bin Saurah bin Mu>say bin Al-D}aha>k >, Sunan Al-   Tirmiziy. Mesir:Shirkah Maktabah wa Mat}ba’ah Mus}tafay Al-Ba>niy,1975. Vol 5

Zaqzu>q,  Muh{ammad H{amdi>. Mawsu’ah ‘Ulu>m al-h{adi>th al-Shari>f . Kairo: Wiza>rah al-Awqa>f al-Majlis al-A’la> li al-Shu’u>n al-Isla>miyyah. 1430 H/2009 M.



[1]Mah{mu>d al-T{ah{h{a>n, Taysi>r Mus{t{alah{ al-H{adi>th (al-Iskandariyah: Markaz al-Madh{ li al-Dira>sa>t, 1415), 144.

[2]Ibid.

[3]Nu>r al-Di>n ‘Itr, Manhaj al-Naqd fi> ‘Ulu>m al-H{adi>th (Damaskus: Da>r al-Fikr, 1399 H/1979 M), 354.

[4]S{ubh{i> al-S{a>lih, ‘Ulu>m al-H{adi>th wa Mus{t{alah{uhu ‘Ard{ wa Dira>sah (Beirut: Da>r al-‘Ilm li al-Mala>yi>n, 2009), 249.

[5]Muh{ammad H{amdi> Zaqzu>q, Mawsu’ah ‘Ulu>m al-h{adi>th al-Shari>f  (Kairo: Wiza>rah al-Awqa>f al-Majlis al-A’la> li al-Shu’u>n al-Isla>miyyah, 1430 H/2009 M), 699.

[6]Abu> Da>wud Sulayma>n ibn al-Ash’ath al-Sijista>ni>, Sunan Abi> Da>wud, Vol 1 (Beirut: Da>r al-Kita>b al-‘Arabi>, t.th), 561.

[7]Abi> al-Fayd{ Muh{ammad Ya>si>n ibn Muh{ammad ‘I>sa> al-Fa>da>ni> al-Makki>, al-‘Uja>lah fi> al-Ah{adi>th al-Musalsalah (Damaskus> Da>r al-Bas{a>ir, 1985), 13.

[8]Abi> al-Fayd{ Muh{ammad Ya>si>n ibn Muh{ammad ‘I>sa> al-Fa>da>ni> al-Makki>, al-‘Uja>lah fi> al-Ah{adi>th …, 97.

[9]Abu> ‘Abd Allah Muh{ammad ibn Isma>’i>l ibn Ibra>hi>m ibn al-Mughi>rah al-Bukha>ri>, al-Ja>mi’ al-Musnad al-S{ah{i>h{ al-Mukhtas{ar min Umu>r Rasulullah S{alla> Allah ‘alayhi wa Sallam wa Sunananihi wa Ayya>mihi, Vol 3 (t.k: Da>r T{awq al-Naja>h, 1422), 64.

[10]Mah{mu>d al-T{ah{h{a>n, Taysi>r Mus{t{alah{ …, 146.

[11]Ibid.

[12]Muh}ammad bin ‘I>say bin Saurah bin Mu>say bin Al-D}aha>k Al-Tirmiziy>, Sunan Al-Tirmiziy, (Mesir:Shirkah Maktabah wa Mat}ba’ah Mus}tafay Al-Ba>niy,1975), Vol 5, 412

[13]Ibid.

[14]Yu>su>f Mur’ishli>, ‘Ilm Takhri>j al-H{adi>th wa Baya>n Kutub al-Sunnah al-Mushrifah (Beirut: Da>r al-Ma’rifah, 1429 H/2008 M), 297-299.

[15]Abi> Mu>sa> Muh}ammad bin ‘Umar Al-As}baha>niy Al-Madi>ni>, Nuzhah Al-H}uffa>z} (Beirut: Muassasah Al-Kutub Al-Thaqa>fiyah,1987), 21.

[16]Ibid., 22-23.

[17]Abi> Mu>sa> Muh}ammad bin ‘Umar Al-As}baha>niy Al-Madi>ni>, Nuzhah Al-H}uffa>z{, 46.

[18]Ibid., 60.

[19]Sirojuddin Abbas, Sejarah dan Keagungan Madzhab Syafi’I  halaman 229, (Pustaka Tarbiyah Baru, cetakan ke-17, 2010), 231

[20] ‘Abd Al-Rah}ma>n bin Abi> Bakr Jala>l Al-Di>n Al-Suyu>t}i>, Jiya>d Al-Musalsala>t,(Beirut:Da>r Al-Basha>ir Al-Isla>miyah,2002), 77

[21]Abi> Al-Fayd} Muh}ammad Ya>si>n bin Muh}ammad ‘I>sa> Al-Fa>da>niy Al-Makiy, Al-‘Uja>lah fi Al-Ah}a>di>th …, 13.

[22]Abi> Al-Fayd} Muh}ammad Ya>si>n bin Muh}ammad ‘I>sa> Al-Fa>da>niy Al-Makiy, Al-‘Uja>lah fi Al-Ah}a>di>th Al-Musalsalah…12

[23]Ibid. 126

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH HADIST TENTANG HIJAB

  A.   Latar Belakang Telah disepakati oleh seluruh umat Islam bahwa al-Qur’an menjadi pedoman hidup baik tentang syariah maupun dalam keh...