BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Hadis adalah salah satu sumber pokok ajaran Islam yang tidak
seharusnya diabaikan. dengan mengakaji hadis secara intensive dapat mempermudah
umat Islam untuk memahami serta menjalankan perintah atau syariat agamanya.
Urgensi dari pengkajian hadis telah disadari oleh para ulama yang
terdahulu sehingga mereka berlomba-lomba untuk mempelajari dan kemudian
menghasilkan karya demi membantu umat Islam secara umum untuk mempelajarinya. Selain
kitab-kitab induk hadis yang ditulis oleh para ulama hadis, terdapat pula
berbagai acam kitab hadis pendukung lainnya seperti kitab Sharh Al-H}adi>th,
Kutu>b Al-Nuqa>d Al-H}adi>th, Kita>b
Jarh wa Al-Ta’di<l, juga berbagai tipologi kitab hadis lainnya yang mengelompokkan
hadis-hadis Nabi sesuai tipe kitab hadis yang telah disepakati.
Mengenal kitab-kitab hadis adalah merupakan keharusan bagi para
umat muslim. Dengan mengetahui berbagai tipologi kitab hadis, baik mulai pengarang,
sistematika penulisan dan ataupun segala hal yang berkaitan dengan permasalahan
hadis, akan mempermudah proses pencarian dan pemahaman hadis secara
keseluruhan. Terlepas dari kekurangan yang di miliki oleh setyap tipologi kitab
hadis, kelebihan pengelompokkan hadis ini lebih jelas manfaatnya. Salah satu
manfaatnya adalah dapat mempermudah umat muslim dalam pencarian juga memahami
hads Nabi SAW.
Salah
satu tipologi kitab hadis yang telah disusun oleh para ulama hadis adalah
tipologi kitab Al-Musalsal. Dalam makalah ini, akan dijelaskan beberapa
hal yang dirasa penting untuk diketahui terkait tipologi kitab tersebut.
1 |
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Hadis Musalsal
Menurut bahasa, musalsal merupakan isim maf’ul dari kata al-salsalatu
(السلسلة)
yaitu bersambungnya sesuatu dengan sesuatu yang lain, di antaranya adalah
silsilah hadis. Hadis ini dinamakan musalsal, karena ada keserupaan
dengan rantai (silsilah) dalam segi pertemuan (persambungan) pada masing-masing
perawi atau ada kesamaan dalam bagian-bagiannya.[1]
Dalam istilah, menurut Mah{mu>d al-T{ah{h{a>n, hadis musalsal
adalah
هو تتابع رجال إسناده على صفة أو
حالة للرواة تارة, وللرواية
تارة أخرى.[2]
Hadis yang
rawi-rawi sanadnya berturut-turut dalam satu sifat atau keadaan
tertentu, terkadang bagi para perawi dan dari periwayatan.
Nu>r al-Di>n ‘Itr mengatakan bahwa hadis musalsal adalah
هو
ما تتابع رجال إسناده على صفة واحدة أو حال واحدة للرواة أو للرواية.[3]
Hadis yang
rawi-rawi sanadnya berturut-turut dalam satu sifat atau keadaan
tertentu, baik bagi para perawi atau
periwayatan.
S{ubh{i> al-S{a>lih{, mengatakan bahwa hadis musalsal adalah
الحديث
المسند المتصل الخالي من التدليس الذي تتكرر في وصف روايته عبارات أو أفعال مماثلة
ينقلها كل راوٍ عمن فوقه في السند حتى ينتهى إلى رسول الله.[4]
Hadis musalsal adalah Hadis yang musnad muttas{il yang bebas dari pemalsuan (tadli>s), yang dalam periwayatannya selalu berulang
perkataan-perkataan atau perbuatan-perbuatan yang sama, yang dinukil oleh
setiap rawi dari orang diatasnya dalam sanad, hingga berakhir pada
Rasulullah saw.
2 |
Dengan demikian hadis musalsal adalah hadis musnad mutthasil
yang bebas dari tadli>s (pemalsuan). Dalam periwayatannya selalu berulang
perkataan-perkataan atau perbuatan-perbuatan yang sama, yang dinukil oleh
setiap perawi dari orang di atasnya dalam sanad, hingga berakhir pada
Rasulallah Saw. Keterlepasannya dari tadli>s dan
keterputusannya mendorong pemula dalam ilmu ini mengenakan hukum secara spontan
dan tergesa-gesa.
B.
Macam-Macam Hadis Musalsal
Dari penjelasan definisi di atas, dapat diketahui bahwa musalsal
itu terbagi menjadi tiga bagian[5],
yaitu:
1.
Musalsal mengenai keadaan rawi-rawi
Adapun mengenai
keadaan-keadaan para rawi, adakalanya berupa perkataan-perkataan,
perbuatan-perbuatan, atau perkataan dan perbuatan secara bersama-sama.
a.
Musalsal mengenai keadaan rawi-rawi berupa perkataan, seperti hadis;
حَدَّثَنَا
عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ مَيْسَرَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
يَزِيدَ الْمُقْرِئُ حَدَّثَنَا حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ قَالَ سَمِعْتُ عُقْبَةَ
بْنَ مُسْلِمٍ يَقُولُ حَدَّثَنِي أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحُبُلِيُّ عَنْ
الصُّنَابِحِيِّ عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ أَنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَذَ بِيَدِهِ وَقَالَ يَا
مُعَاذُ وَاللَّهِ إِنِّي لَأُحِبُّكَ فَقَالَ أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لَا تَدَعَنَّ
فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ تَقُولُ اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ
وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ وَأَوْصَى
بِذَلِكَ مُعَاذٌ الصُّنَابِحِيَّ وَأَوْصَى بِهِ الصُّنَابِحِيُّ أَبَا عَبْدِ
الرَّحْمَنِ.[6]
Telah
menceritakan kepada Kami ‘Ubayd Allah ibn ‘Umar ibn Maysarah telah menceritakan
kepada Kami ‘Abd Allah bin Yazi>d Al-Muqri`, telah menceritakan kepada Kami H{aywah
bin Shurayh{, ia
berkata; aku mendengar ‘Uqbah bin Muslim berkata; telah menceritakan kepadaku
Abu>
‘Abd al-Rah{man
Al-H{ubuli>
dari Al-S{una>bih{i>
dari Mu’a>dh
ibn Jabal bahwa Rasulullah Saw. menggandeng tangannya dan berkata: "Wahai
Mu’a>dh,
demi Allah, aku mencintaimu." Kemudian beliau berkata: "Aku wasiatkan
kepadamu wahai Mu’a>dh,
janganlah engkau tinggalkan setiap selesai shalat untuk mengucapkan,
"ALLAHUMMA A'INNI>
'ALA>
DHIKRIKA WA SHUKRIKA WA H{USNI
'IBA>DATIK"
(Ya Allah, bantulah aku untuk berdzikir dan bersyukur kepadaMu serta beribadah
kepadaMu dengan baik.) Mu’a>dh mewasiatkan dengan hal tersebut kepada Al-S{una>bihi
dan Al-S{una>bihi
mewasiatkan hal tersebut kepada ‘Abd al-Rah{man.
Hadis diatas musalsal pada perkataan setiap perawi ketika
menyampaikan periwayatan dengan ungkapan: (وَاللَّهِ
إِنِّي لَأُحِبُّكَ فَقَالَ) sesungguhnya aku mencintaimu, maka katakan di setiap selesai shalat. Setiap
perawi yang menyampaikan perawi hadis ini selalu memulai dengan kata-kata
tersebut sebagaimana yang dilakukan Rasulullah kepada Mu’a>dh.
b.
Musalsal mengenai keadaan rawi-rawi berupa perbuatan, seperti hadis;
حدثني
وشبك بيدي جمع من الأعلام منهم الشيخ عمر حمدان المحرسي
والشيخ خليفة النبهاني والشيخ علي بن فالح الظاهري عن أبي اليسر فالح الظاهري وشبك
يده بيدهم عن السيد محمد بن علي السنوسي وشبك بيده عن النور محمد بن عامر المعداني
وشبك بيده عن محمد بن عبد السلام البناني وشبك بيده عن الولي محمد الخرشي وشبك
بيده عن الشهاب أحمد الخفاجي وشبك بيده عن إبراهيم بن عبد الرحمن العلقمي وشبك
بيده عن أخيه محمد العلقمي وشبك بيده عن الجلال السيوطي وشبك بيده عن الإمام تقي
الدين الشمني وشبك بيده عن عبد الله الحنبلي وشبك بيده عن أبي الحسن العرضي وشبك
بيده عن أبي الحسن ابن البخاري وشبك بيده
( ح ) وبه إلى الجلال السيوطي عن أحمد بن محمد المرجاني والكمال إمام
الكاملية وشبكا بيده عن الشمس محمد ابن الجزري وشبك بيدهما عن أبي حفص عمر بن
الحسن المراغي وشبك بيده
عن أبي الحسن علي بن أحمد
المقدسي عرف بابن البخاري وشبك بيده عن عمر بن سعد الحلبي وشبك بيده عن أبي الفرج
يحيى بن محمود الثقفي وشبك بيده عن الحافظ إسماعيل بن محمد التيمي وشبك بيده عن
أبي محمد الحسن بن أحمد السمرقندي وشبك بيده عن أبي العباس جعفر بن محمد المستغفري
وشبك بيده عن أبي بكر أحمد بن عبد العزيز المكي وشبك بيده عن أبي الحسن محمد بن
طالب وشبك بيده عن أبي عمر عبد العزيز بن الحسن بن أبي بكر بن عبد الله بن الشرود
الصنعاني وشبك بيده عن أبيه الحسن وشبك بيده عن إبراهيم بن أبي يحيى وشبك بيده عن
صفوان بن سليم وشبك بيده عن أيوب بن خالد وشبك بيده عن عبد الله بن رافع وشبك بيده
عن أبي هريرة وشبك بيده قال شبك بيدي أبو القاسم صلى الله عليه و سلم وقال خلق
الله الأرض يوم السبت والجبال يوم الأحد والشجر يوم
الاثنين والمكروه يوم الثلاثاء والنور يوم الأربعاء والدواب يوم الخميس وآدم يوم
الجمعة .[7]
Dalam contoh di
atas, benar-benar telah terjadi kesamaan dari perbuatan para rawi dengan
berjabat / mensejajarkan tangan.
c.
Musalsal mengenai keadaan rawi-rawi berupa perkataan dan perbuatan secara
bersamaan, seperti hadis;
المرداوي خطيب مردا عن أبي الفرج يحيى بن محمود الثقفي عن جده لأمه
الحافظ أبي القاسم إسماعيل بن محمد التميمي عن الشيخ أبي بكر أحمد بن علي بن خلف
الشيرازي عن الإمام أبي عبد الله محمد بن عبد الله الحاكم النيسابوري ثنا الزبير
بن عبد الواحد الأسد آبادي ثنا أبو الحسن يوسف بن عبد الأحد الشافعي ثنا سليمان بن
شعيب الكسائي ثنا سعيد الأدم ثنا شهاب بن خراش قال سمعت يزيد الرقاشي يحدث عن أنس
بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم لا يجد العبد
حلاوة الإيمان حتى يؤمن بالقدر خيره وشره حلوه ومره قال
وقبض رسول الله صلى اللع عليه وسلم على لحيته وقال آمنت بالقدر خيره وشره حلوه
ومره وهكذا قال كل راو من الرواة وأقول و أنا قابض على لحيتي عن نية صادقة وعقيدة
صحيحة آمنت بالقدر خيره وشره حلوه ومره.[8]
Pada contoh di
atas, telah terjadi kesamaan dari rawi-rawi mengenai menggenggam jenggotnya,
dan berkata “aku telah beriman kepada Qadar yang baik maupun yang jelek, yang
manis maupun yang pahit”.
2.
Musalsal mengenai sifat-sifat rawi
Sifat-sifat rawi adakalanya berupa perkataan dan perbuatan:
a.
Musalsal mengenai sifat perkataan rawi-rawi seperti hadis yang musalsal
mengenai bacaan surat al-Shaf.
أن الصحابة سألوا
المصطفى صلى الله عليه وسلم عن أحب الأعمال إلى الله عز وجل ليعملوه
فقرأ عليهم سورة ( الصف
)
Hadis di atas musalsal
pada membaca Surah Shaf. Setiap periwayat membacakan Surah Shaf ketika
menyampaikan periwayatan kepada muridnya atau yang menerima hadisnya.
Dalam masalah
ini, al-‘Iraqy berkata “sifat-sifat perkataan serta keadaan perkataan rawi-rawi
saling berdekatan bahkan saling menyerupai”.
b.
Musalsal mengenai sifat perbuatan rawi-rawi, seperti kesamaan nama-nama
rawi-rawi berupa “al-Muh{ammadi>n” atau kesamaan nama-nama ahli fiqih atau sama-sama penghafal
hadis, atau kesamaan nisbat mereka berupa “seperti sama-sama penduduk Damaskus
atau penduduk Mesir”.
حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ
حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْبَيِّعَانِ
بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا أَوْ يَقُولُ
أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ اخْتَرْ وَرُبَّمَا قَالَ أَوْ يَكُونُ بَيْعَ خِيَارٍ[9]
Hadis di atas musalsal
diriwayatkan oleh fuqaha kepada para fuqaha secara terus menerus, atau termasuk
musalsal ini seperti kesepakatan nama-nama para perawi, seperti musalsal
dalam nama Al-Muh{ammadi>n kesepakatan dalam menyebut bangsa/nisbat mereka seperti musalsal
dalam menyebut Ad-Dimasyqiyin dan Al-Mishriyin.
3.
Musalsal mengenai sifat riwayatnya
Adakalanya mengenai bentuk-bentuk penyampaian atau mengenai nama atau tempatnya:
a.
Musalsal mengenai bentuk penyampaian riwayat: seperti hadis musalsal
mengenai perkataan tiap-tiap rawi berupa “aku telah mendengar” atau “telah
mengabarkan kepadaku”.
b.
Musalsal mengenai waktu periwayatan: seperti hadis yang terdapat kesamaan
pada hari Raya ‘Id.
عن ابن عباس رضي الله
عنه قال ( شهدت رسول الله صلى الله عليه وسلم في يوم عيد فطر أو أضحى فلما فرغ
من الصلاة أقبل علينا بوجهه فقال : أيها الناس قد أصبحتم
خيراً . فمن أحب أن ينصرف فلينصرف, ومن أحب أن يقيم حتى
يسمع الخطبة فليقم )
Hadis
Ibnu Abbas berkata: “Aku menyasikan Rasulullah Saw. pada hari raya Idul Fitri
atau Idul Adha, setelah beliau selesai shalat menghadap kita dengan wajahnya
kemudian bersabda: “Wahai manusia kalian telah memperoleh kebaikan…,”
Hadis di atas musalsal waktu periwayatan yaitu pada hari
raya Idul Fitri atau Idul Adha. Setiap perawi mengungkapkan kalimat tersebut
dalam menyampaikan periwayatan kepada muridnya.
c.
Musalsal mengenai tempatnya: seperti hadis tentang terkabulnya do’a di
Multazam.
قال ابن عباس رضي الله
عنه سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول ( الملتزم موضع يستجاب فيه
الدعاء وما دعا الله فيه عبد دعوة إلا استجاب له ) , قال ابن عباس رضي الله
عنه فوالله ما دعوت الله عز وجل فيه قط منذ سمعت هذا الحديث إلا استجاب لي , وقد تسلسل الحديث بقول كل من رواته وأنا ما دعوت الله فيه بشيء منذ
سمعته إلا استجاب لي.
Aku
mendengar Rasulallah SAW bersabda: “Multazam adalah suatu tempat yang
diperkenankan doa padanya. Tidaklah seorang hamba yang berdoa kepada Allah di
Multazam melainkan dikabulkannya.”
قال
ابن عباس:
فوالله مادعوت الله عزوجل فيه قط منذ
سمعت هذاالحديث الا استجاب لي
Ibnu Abbas berkata: Demi Allah, aku tidak
berdoa kepada Allah padanya sama sekali sejak mendengar hadis ini melainkan
Allah memperkenan doaku.
Hadis musalsal pada tempat periwayatannya, masing-masing
periwayat mengungkapkan sebagaimana perkataan Ibnu Abbas tersebut setelah
menyampikan periwayatan hadis kepada orang lain.
C.
Hukum Hadis Musalsal
Mengenai tasalsul dalam
semua sanad ini tidak disyaratkan, karena kadang kala dalam hadis terjadi
musalsal dari awal sampai akhir dan terkadang pula sebagian musalsal
terputus di permulaan, tengah, atau di akhiran. Tetapi dalam kondisi semacam
ini mereka berkata: “Hadis ini musalsal kepada si fulan”.[10]
Oleh karenanya Al-H{a>fiz{ Al-‘Iraqi> berkata: Sedikit
sekali hadis musalsal yang selamat dari ke-d{a’i>f-an,
dimaksudkan di sini sifat musalsal bukan pada asal matan karena
sebagian matan s{ah{i>h{. Amat jarang
hadis musalsal yang selamat dari adanya cacat pada rantainya, atau d{a’i>f,
namun pada asalnya hadisnya itu s{ah{i>h{ bukan melalui
jalur tasalsul.[11]
Jadi hukum hadis musalsal itu bisa shahih,
hasan, atau dha’if tergantung perawinya. Ibnu Hajar berkata: Musalsal
yang paling s{ah{i>h{ adalah musalsal
hadis membaca Surah Al-Shaf. Disebutkan dalam Sharah{ Al-Nukhbah musalsal
para h{uffaz{ memberi faedah
ilmu yang pasti (qat{‘i>).
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ،
عَنْ الأَوْزَاعِيِّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَلَامٍ، قَالَ: قَعَدْنَا نَفَرٌ مِنْ أَصْحَابِ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَذَاكَرْنَا، فَقُلْنَا: لَوْ
نَعْلَمُ أَيَّ الأَعْمَالِ أَحَبَّ إِلَى [ص:413] اللَّهِ لَعَمِلْنَاهُ، فَأَنْزَلَ
اللَّهُ تَعَالَى {سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ
وَهُوَ العَزِيزُ الحَكِيمُ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا
لَا تَفْعَلُونَ}، قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَلَامٍ: «فَقَرَأَهَا
عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ» قَالَ
أَبُو سَلَمَةَ: «فَقَرَأَهَا
عَلَيْنَا ابْنُ سَلَامٍ» قَالَ يَحْيَى: «فَقَرَأَهَا
عَلَيْنَا أَبُو سَلَمَةَ» قَالَ ابْنُ كَثِيرٍ: «فَقَرَأَهَا
عَلَيْنَا الأَوْزَاعِيُّ» قَالَ عَبْدُ اللَّهِ: «فَقَرَأَهَا
عَلَيْنَا ابْنُ كَثِيرٍ». وَقَدْ خُولِفَ مُحَمَّدُ بْنُ
كَثِيرٍ، فِي إِسْنَادِ هَذَا الحَدِيثِ عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، فَرَوَى ابْنُ
المُبَارَكِ، عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ هِلَالِ
بْنِ أَبِي مَيْمُونَةَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ
سَلَامٍ، أَوْ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَلَامٍ، وَرَوَى
الوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، هَذَا الحَدِيثَ، عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، نَحْوَ رِوَايَةِ
مُحَمَّدِ بْنِ كَثِيرٍ [12]
Dengan demikian tidak
seluruh hadis musalsal s{ah{i>h{. Sebagaimana
tinjauan pembagian hadis di atas, bahwa musalsal adalah sifat sebagian sanad,
maka tidak menunjukkan ke-s{ah{i>h{-an suatu hadis.
Ke-s{ah{i>h{-an hadis
ditentukan 5 persyaratan yakni persambungan sanad, periwayat yang adil
dan d{a>bit{, tidak adanya sha>dh dan ’illah.
Diantara kelebihan musalsal,
adalah menunjukkan ke-muttas{il-an
dalam mendengar, tidak adanya tadli>s dan inqit{a>’,
dan nilai tambah ke-d{a>bit{-an para perawi.
Hal ini dibuktikan dengan perhatian masing-masing perawi dalam pengulangan
menyebut keadaan atau sifat para perawi atau periwayatan. Manfaat dari
mengetahui bentuk hadis ini adalah dapat menambah tingkat kekuatan hafalan bagi
para perawinya.
Subh{i al-S{a>lih{ menukil perkataan Imam Ibn Kathi>r (w. 774 H) di dalam kitabnya Ikhtis{a>r ‘Ulu>m al-H{adi>th: ”Faedah Tasalsul (kesinambungan) adalah
menjauhkan suatu hadis dari pemalsuan dan keterputusan. Meskipun begitu, jarang
hadis shahih disampaikan secara musalsal. Beliau juga menukil bahwa
kadang-kadang asal matan dalam hadis jenis ini memang s{ah{i>h{, karena terhindar dari tadli>s. Tetapi kelemahan itu bisa saja terjadi semata-mata melalui kesinambungan
sebagian perkataan atau perbuatan dalam periwayatannya sendiri, karena sulitnya
kesinambungan dan lengkapnya persamaan ini dalam penukilan hadis. Dengan
demikian, banyak terdapat matan hadis yang s{ah{i>h{ tanpa ke-s{ah{i>h{-an periwayatannya sendiri dengan tasalsul.
Keistimewaan yang utama dari hadis musalsal adalah
menunjukkan pada kesinambungan al-sima>’ dan tidak adanya tadli>s. Manfaatnya adalah menambah ked{abit{an para perawi.[13]
D.
Macam-Macam Kitab Hadis Musalsal
Di antara kitab-kitab hadis Musalsal yang terkenal adalah:
1.
Al-Musalsal
al-Awwal karya Abi> al-Qa>sim
al-Samarqandi> (w. 536 H),
Abi> al-Qa>sim
Isma>’i>l ibn Ah{mad ibn ‘Umar al-Dimashqi> al-Baghda>di>. Dicetak oleh penerbit al-Z{a>hiriyyah yang
terletak di Damaskus.
2.
Nuzhah
al-H{uffa>z{
karya Abi> Mu>sa> al-Madi>ni> (w. 581 H);
al-H{a>fiz{ Muh{ammad
ibn Abi> Bakr ‘Umar ibn Ah{mad
al-Is{baha>ni> al-Sha>fi’i>. Di dalamnya membahas masalah musalsal para rawi seperti musalsal
bi al-Muh{ammadi>n dan musalsal
Ah{madi>n … Ibn H{ajar al-‘Asqala>ni> dalam “al-Mu’jam al-Mufahras” menyebutkan: mengandung para
rawi yang serupa atau sama dalam nama, bapak, kakek, dan sebagainya serta
mentakhrij hadis-hadis dari jalan (t{arq) mereka.
Dicetak dengan tahqiq dari ‘Abd al-Ra>d{i> Muh{ammad
‘Abd al-Muh{sin oleh Muassisah al-Kutub al-Thaqa>fiyyah di Beirut pada tahun 1406 H/1886 M dalam 128 halaman.
3.
Al-Musalsala>t al-Kubra>
karya al-Suyu>t{i> (w. 911 H);
al-Jala>l Abi>
al-Fad{l ‘Abd al-Rah{man
ibn Abi> Bakr ibn Muh{ammad
al-Mis{ri> al-Sha>fi’i. Kitab tersebut menghimpun 85 hadis. Al-Suyu>t{i> berkata: saya mengumpulkan dalam kitab tersebut dari apa yang aku
dengar secara musalsal dalam sanad-sanadnya, dan
orang-orang pun mengumpulkan hal yang demikian itu.
4.
Jiya>d al-Musalsala>t karya al-Suyu>t{i> juga, kitab ini merupakan bagian sisa (lanjutan) dari kitab “Al-Musalsala>t al-Kubra>”.
5.
Al-Fawa>id al-Jali>lah
fi> Musalsala>t Muh{ammad
ibn ‘Uqaylah (w. 1150 H), al-Muh{addi>th
al-S{u>fi> Jama>l
al-Di>n Abi>
‘Abd Allah, Muh{ammad
ibn Ah{mad ibn Sa’i>d,
yang dikenal dengan sebutan nama ayahnya “’Uqaylah” al-Makki>. Dicetak oleh al-Maktabah al-Baladiyah yang terletak di
al-Iskandariyah.
6.
Al-Mana>hil al-Salsalah fi> al-Ah{a>di>th
al-Musalsalah karya al-Ayyu>bi> (w. 1364 H):
Muh{ammad ‘Abd al-Ba>qi>. Di cetak di Maktabah al-Qudsi> yang terletak di Kairo pada tahun 1357 H/1938 M, berjumlah 230
halaman. Dan di cetak juga oleh Da> al-Kutub al-‘Ilmiyah di Beirut pada tahun 1403 H/1983 M, yang
berjumlah 414 halaman.
7.
Dhayl
Naz{m Aju>d al-Musalsala>t karya Zuba>rah (w. 1380 H): Muh{ammad ibn Muh{ammad
ibn Yah{ya> al-Yamani>. Dicetak oleh percetakan Wiza>rah al-Ma’a>rif
di S{an’a>’
pada tahun 1363 H/1944 M, di dalamnya berjumlah 45 + 432 halaman. Disertakan juga “Naz{m Ajwad al-Musalsala>t” karya Ibn Yah{ya>.[14]
E.
Contoh Kitab-Kitab Hadis Musalsal
Dari beberapa kitab Musalsal yang telah disebutkan di atas,
maka dalam makalah ini, hanya akan membahas tiga buah kitab musalsal,
yakni:
1.
Nuzhah
Al-H{uffa>z{
karya Abi> Mu>sa> al-Madi>ni> (w. 581 H)
a.
Biografi
Penulis Kitab
Penulis Kitab Nuzhah Al-H}uffa>z} ini adalah Muh}ammad
ibn ‘Umar ibn Ah}mad
ibn ‘Umar ibn Muh}ammad
Al-As}baha>ni> Al-Madi>ni>, Abu> Mu>sa> adalah ahli
hadis di kalangan Al-Sha>fi’i>. Lahir pada tahun 501 H dan wafat pada tahun 581 dalam usia 80
tahun. Julukan Al-Madi>ni> pada namanya dinisbatkan kepada kota As}baha>n.[15]
Al-Subki>
mengatakan bahwa Abu> Mu>sa> mempunyai
banyak keistimewaan, dan telah menyusun tidak hanya satu kitab. Beberapa kitab
yang ditulis oleh Abi> Mu>sa> adalah :
1)
Al-Akhba>r Al-T}uwa>l
2)
Al-Asma>’ Al-Mushtarakah Bayna Al-Rija>l wa Al-Nisa>’
3)
Ansa>b Al-Muh}addithi>n
4)
Al-Targi>b wa Al-Tarhi>b
5)
Tad}yi>’ Al-‘Umr wa
Al-Aya>m
6)
Dustu>r Al-Muh}addithi>n
7)
Al-T}uwa>la>t fi Al-Wahn wa Al-Maud}u>’ min Al-H}adi>th
8)
‘Awa>liy Al-Ta>bi’i>n
9)
Saba>’iya>t fi
Al-H}adi>th
10)
Nuzhah
Al-H}ufa>dh[16]
b.
Tentang
Kitab
Abi> Mu>sa> mengawali kitabnya
dengan muqaddimah yang di dalamnya dijelaskan tentang motivasi Abi> Mu>sa> dalam menulis kitabnya, menjelaskan metode serta cara penyusunan
kitabnya.
Abi> Mu>sa> menyusun
kitabnya sesuai urutan nama periwayat hadis musalsal. Urutan nama
periwayat tersebut disusun sesuai huruf hijaiyah. Akan tetapi Abi> Musa> memulai penyusunan kitabnya dengan bab Muh}ammadi>n sebagai wujud tabaruk dengan nama Nabi Muhammad SAW.
kemudian barulah dilanjutkan dengan susunan huruf hijaiyah.
Pengarang lebih mendahulukan menyusun berdasarkan tertib nama-nama
perawi dari golongan laki-laki dibandingkan (kemudian) perempuan. Setelah
selesai menyebutkan perawi dari golongan laki-laki, baru kemudian memulai
dengan menyebutkan perawi dari golongan perempuan, kemudian diakhiri dengan
menyebutkan hadis-hadis yang perawinya mempunyai nama julukan (kunyah).
Dalam kitabnya, Abi> Mu>sa> juga membagi
pembahsannya dalam kita>b Al-Rija>l,
kita>b Al-Nisa>’ dan terakhir
ditutup dengan kita>b
Al-Kuna>. Setelah
pembagian kita>b tersebut
barulah Abi>
Mu>sa> menulis sesuai urutan huruf
hijaiyah. Perawi yang dicantumkan oleh Abi> Mu>sa> tidaklah semuanya meriwayatkan hadis namun sebagian terdapat
perawi yang meriwayatkan perakataan para sahabat, ta>bi’i>n
juga ta>bi’u ta>bi’i>n.[17]
Abi> Mu>sa> tidak hanya
mencamtumkan hadis musalsal saja akan tetapi turut memberi perhatian
kepada hadis yang dicantumkannya dengan memberi penjelasan terkait derajat
hadis kemudian menghukumi kesahihan dan ked}a’i>fan hadis-hadis yang dicantumkannya. Selain itu pada beberapa hadis,
Abi> Mu>sa
juga menyandarkan hadis-hadis tersebut kepada para penulis kitab hadis seperti
Al-T}abra>niy
dan Al-Ha>kim.[18]
c.
Sistematika
penulisan hadis
Mengenai sistematika penulisan hadis dalam kitab ini, mula-mula
pengarang menyebutkan fas{l, yang di awali dengan fas{l al-musalsal
bi al-muh{ammadi>n, di dalam fas{l ini memuat beberapa judul
lagi. Misalnya, judul riwa>yah ah{ad ‘ashar min al-muh{ammadi>n
ba’d{uhum ‘an ba’d{, kemudian disebutkan runtutan sanadnya yang
berakhir sampai pada matannya. Selanjutnya penyebutan hadisnya itu juga
sama dengan sebelumnya.
d.
Contoh
Penulisan
(فصل)
]المسلسل بالمحمدين[
v رِوَايَة أحد عشر من المحمدين بَعضهم عَن بعض:
حَدَّثَنِي أَوْحَدُ (وَقْتِهِ) فِي الْحِفْظِ أَبُو الْفَضْلِ مُحَمَّدُ
بْنُ طَاهِرٍ الْمَقْدِسِيُّ رَحِمَهُ الله لفظا سنة 555 هـ قَدِمَ عَلَيْنَا قَالَ إِنَّ أَبَا طَاهِرٍ مُحَمَّدَ بْنَ عَبْدِ
الْوَهَّابِ الْبَزَّاز بِالريِّ أخبرنَا قَالَ أَنبأَنَا أَبُو الطَّاهِر
مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَلِيِّ بن حمدَان أَنبأَنَا أَبُو الْهَيْثَمِ
مُحَمَّدُ بْنُ الْمَكِّيِّ أَنبأَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ الْقُوَيْرِيُّ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ الْبُخَارِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
خَالِدٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ وَهْبٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَرْب
حَدثنَا مُحَمَّد بن الْوَلِيد الزبيدِيّ أَنبأَنَا الزُّهْرِيُّ وَاسْمُهُ
مُحَمَّدُ بْنُ مُسْلِمٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ زَيْنَب بنت أبي
سَلمَة عَن أم سَلمَة رَضِي الله عَنْهَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى فِي بَيْتِهَا جَارِيَةً فِي وَجههَا سفعة فَقَالَ
اسْتَرْقُوا لَهَا فَإِن بهَا النظرة رَوَاهُ البخارى.
2.
Jiya>d al-Musalsala>t karya al-Suyu>t{i>.
a.
Biografi
Penulis Kitab
Nama lengkap penulis kitab Jiya>d Al-Musalsala>t adalah Jala>l
Al-Di>n ‘Abd Al-Rah}ma>n bin Abu> Bakr
bin Muh}ammad bin Sa>biq
Al-Di>n Al-Suyu>t}i>. Lahir pada bulan Rajab tahun 849 H dan wafat pada malam Jum’at,
tanggal 19 Juma>dil
U>la> tahun 911 H.
Dalam pengembaraannya mencari ilmu, Al-Suyu>t}i> singgah ke beberapa
negeri seperti Sha>m, Hija>z, Yaman, India dan Maroko.[19]
Ia berguru kepada sejumlah ulama besar, bahkan seorang muridnya pernah
menghitung guru beliau hingga mencapai 51 guru.
Beberapa Karya Al-Suyu>t}iy
1) Al-Itqa>n fi ‘Ulu>m Al-Qur’a>n
2) Al-Du>rr Al-Mans}ur fi Al-Tafsi>r bi Al-Ma’thu>r
3) Asrar Al-Tanzi>l
4) Luba>b Al-Nuqul fi Asba>b Al-Nuzu>l
5) Al-Takhbi>r fi ‘Ulu>m Al-Tafsi>r
6) Jiya>d Al-Musalsala>t
b.
Tentang
Kitab
Kitab Jiya>d Al-Musalsala>t karya Imam Al-Suyu>t}i> ini disusun berdasarkan tema hadis musalsal yang diawali
dengan hadis Al-Musalsal bi Al-Awaliyah dan ditutup dengan Athar ‘An
‘Ala> Musalsal bi
Al-Aba>’.
Dalam kitabnya, Imam Al-Suyu>t{i> mencantumkan 23 tema hadis musalsal dan 2 tema athar musalsal.
Imam Al-Suyu>t}i> hanya sebatas
mencantumkan hadis-hadis musalsal saja tanpa memberi penilaian atau komentar
para ulama terkait hadis-hadis tersebut. Setelah menyebutkan hadis secara
lengkap Imam Al-Suyu>t}i menyebutkan referensi atau kitab induk hadis yang meriwayatkan
hadis-hadis tersebut.[20]
c.
Sistematika
Penulisan Hadis
Mengenai sistematika penulisan hadis
dalam kitab ini, sebelum pengarang memulai menyebutkan seluruh hadisnya,
mula-mula ia membuka dengan muqaddimah yang sangat sederhana. Kemudian baru
memulai menyebutkan hadisnya dengan judul masing-masing hadis, yang di awali
dengan al-h{adi>th al-musalsal bi al-awaliyyah, dan dilanjutkan
dengan al-h{adi>th al-tha>ni> al-musalsal bi al-fuqaha>’, dan
seterusnya.
d.
3.
Al-‘Uja>lah fi>
al-Ah{adi>th al-Musalsalah
karya Abi> al-Fayd{ Muh{ammad
Ya>si>n bin Muh{ammad ‘I>sa> Al-Fa>da>ni> Al-Makki>.
a.
Tentang
Kitab
Muh}ammad
Ya>si>n menyusun
kitabnya berdasarkan tema hadis-hadis musalsal yang di awali dengan Al-Musalsal
bi Al-Awaliyah. Dalam kitabnya, Muh}ammad Ya>si>n menyebutkan 113 tema hadis-hadis musalsal.
Dalam kitabnya, Muh}ammad
Ya>si>n tidak hanya
mencantumkan hadis-hadis musalsal saja tetapi turut menyertakan
penilaian dan penjelasan para ulama terkait hadis. Selain itu, pada akhir
penjelasan para ulama, Muh}ammad
Ya>si>n juga
menyebutkan kitab induk hadis yang mencantumkan hadis-hadis tersebut.
Pada beberapa hadis, Muh}ammad Ya>si>n tidak hanya menyebutkan satu sanad hadis saja akan tetapi
menyebutkan sanad-sanad hadis lainnya yang serupa. Setelah
menyebutkan sanad lengkap dari hadis yang dimaksud. Muh}ammad Ya>si>n melanjutkannya dengan penulisan matan hadis.
b.
Sistematika
Penulisan Hadis
Mengenai penulisan hadis dalam kitab ini, sebelum menyebutkan
hadisnya mula-mula pengarang terlebih dahulu menuliskan judul dari hadis-hadis
yang dicantumkannya dalam kitab ini. Judul pertama yang dicantumkan oleh
pengarang adalah al-musalsal bi al-awwaliyyah, yang kemudian al-musalsal
bi al-mus{a>fah{ah, dan seterusnya. Setelah disebutkan judulnya tersebut, barulah
pengarang menyebutkan deretan sanad yang terjadi adanya musalsal
di dalamnya sampai akhirnya berujung kepada matan hadis, dan dilanjutkan
dengan penilaian para ulama terhadap hadis tersebut, dan hal ini berlanjut
seterusnya.
c.
Contoh
Penulisan
1)
Sistematika
Penulisan Hadis[21]
2)
Penilaian
dan Penjelasan Para Ulama [22]
3)
Contoh
Daftar Isi[23]
F.
Kelebihan dan Kekurangan Kitab Al-Musalsal
1.
Kelebihan
Kitab Al-Musalsal
a.
Mempermudah
dalam pencarian hadis dengan mengkhususkannya pada hadis-hadis musalsal.
b.
Mempermudah
untuk mempelajari hadis-hadis musalsal secara keseluruhan karna dalam
kitab Al-Musalsalat mencantumkan hadis-hadis musalsal.
c.
Dapat
mengetahui penilaian para ulama terkait hadis musalsal karena dalam
beberapa kitab musalsal, penulis kitab turut mencantumkan komentar para
ulama juga.
2.
Kelemahan
Kitab Musalsal
a.
Tidak
memuat keseluruhan hadis sehingga sebelum pencarian hadis diharuskan untuk
mengetahui klasifikasi hadis terlebih dahulu.
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Menurut istilah, hadis musalsal adalah Hadis yang rawi-rawi sanadnya
berturut-turut dalam satu sifat atau keadaan tertentu, terkadang bagi para perawi
dan dari periwayatan.
Dari penjelasan tentang definisi tersebut, maka jelaslah bahwa musalsal
itu terbagi menjadi tiga bagian, yaitu: musalsal dengan keadaan
rawi-rawinya, musalsal dengan sifat-sifat rawinya, dan musalsal
dengan sifat-sifat riwayatnya. Masing-masing dari tiga bagian tersebut juga
mempunyai bagian-bagian lagi.
Di antara kitab-kitab hadis Musalsal
yang terkenal adalah: Al-Musalsal
al-Awwal, Nuzhah al-H{uffa>z{, Al-Musalsala>t al-Kubra>, Jiya>d al-Musalsala>t, Al-Fawa>id al-Jali>lah
fi> Musalsala>t Muh{ammad
ibn ‘Uqaylah, Al-Mana>hil
al-Salsalah fi>
al-Ah{a>di>th
al-Musalsalah, dan Dhayl
Naz{m Aju>d al-Musalsala>t.
Kitab musalsal tersebut mempunyai beberapa kelebihan dan
kekurangan. Di antara kelebihannya adalah mempermudah dalam pencarian hadis
dengan mengkhususkannya pada hadis-hadis musalsal, mempermudah untuk
mempelajari hadis-hadis musalsal secara keseluruhan karna dalam kitab Al-Musalsalat
mencantumkan hadis-hadis musalsal, serta dapat mengetahui penilaian
para ulama terkait hadis musalsal karena dalam beberapa kitab musalsal,
penulis kitab turut mencantumkan komentar para ulama juga. Sementara kelemahan
Kitab Musalsal adalah Tidak memuat keseluruhan hadis sehingga sebelum
pencarian hadis diharuskan untuk mengetahui klasifikasi hadis terlebih dahulu.
19 |
‘Itr, Nu>r
al-Di>n. Manhaj
al-Naqd fi>
‘Ulu>m
al-H{adi>th.
Damaskus: Da>r
al-Fikr. 1399 H/1979 M.
Abbas, Sirojuddin. Sejarah dan Keagungan Madzhab Syafi’I
halaman 229. Pustaka Tarbiyah Baru, 2010.
Bukha>ri>
(al), Abu>
‘Abd Allah Muh{ammad
ibn Isma>’i>l
ibn Ibra>hi>m
ibn al-Mughi>rah.
al-Ja>mi’
al-Musnad al-S{ah{i>h{
al-Mukhtas{ar
min Umu>r
Rasulullah S{alla>
Allah ‘alayhi wa Sallam wa Sunananihi wa Ayya>mihi.
Vol 3. t.k: Da>r T{awq
al-Naja>h.
1422.
Madi>ni>
(al), Abi> Mu>sa> Muh}ammad
bin ‘Umar Al-As}baha>ni>. Nuzhah
Al-H}ufa>dh.
Beirut: Muassasah Al-Kutub Al-Thaqa>fiyah.1987.
Maki>
(al), Abi>
Al-Fayd} Muh}ammad
Ya>si>n
bin Muh}ammad
‘I>sa>
Al-Fa>da>niy,
Al-‘Uja>lah
fi Al-Ah}a>di>th. Damaskus:Da>r
Al-Bas}a>ir,1985
Mur’ishli>, Yu>su>f. ‘Ilm
Takhri>j
al-H{adi>th
wa Baya>n
Kutub al-Sunnah al-Mushrifah. Beirut: Da>r
al-Ma’rifah. 1429 H/2008 M.
S{a>lih{ (al), S{ubh{i>. ‘Ulu>m
al-H{adi>th
wa Mus{t{alah{uhu
‘Ard{ wa
Dira>sah.
Beirut: Da>r
al-‘Ilm li al-Mala>yi>n.
2009.
Sijista>ni>
(al), Abu> Da>wud
Sulayma>n
ibn al-Ash’ath. Sunan Abi> Da>wud. Vol
1. Beirut: Da>r
al-Kita>b
al-‘Arabi>.
t.th.
Suyu>t}i>
(al), Abd Al-Rah}ma>n
bin Abi>
Bakr Jala>l
Al-Di>n i>, Jiya>d
Al-Musalsala>t.
Beirut:Da>r
Al-Basha>ir
Al-Isla>miyah,2002.
T{ah{h{a>n
(al), Mah{mu>d. Taysi>r
Mus{t{alah{
al-H{adi>th. al-Iskandariyah:
Markaz al-Madh{ li
al-Dira>sa>t.
1415.
Tirmiziy
(al), Muh}ammad bin ‘I>say bin Saurah bin Mu>say bin Al-D}aha>k >, Sunan
Al- Tirmiziy. Mesir:Shirkah
Maktabah wa Mat}ba’ah Mus}tafay Al-Ba>niy,1975. Vol 5
Zaqzu>q, Muh{ammad H{amdi>. Mawsu’ah
‘Ulu>m
al-h{adi>th
al-Shari>f . Kairo:
Wiza>rah
al-Awqa>f
al-Majlis al-A’la> li
al-Shu’u>n
al-Isla>miyyah.
1430 H/2009 M.
[1]Mah{mu>d al-T{ah{h{a>n, Taysi>r Mus{t{alah{ al-H{adi>th (al-Iskandariyah:
Markaz al-Madh{ li al-Dira>sa>t, 1415), 144.
[2]Ibid.
[3]Nu>r al-Di>n ‘Itr, Manhaj
al-Naqd fi> ‘Ulu>m al-H{adi>th (Damaskus: Da>r al-Fikr, 1399 H/1979 M), 354.
[4]S{ubh{i> al-S{a>lih, ‘Ulu>m al-H{adi>th wa Mus{t{alah{uhu ‘Ard{ wa Dira>sah (Beirut: Da>r al-‘Ilm li al-Mala>yi>n, 2009), 249.
[5]Muh{ammad H{amdi> Zaqzu>q, Mawsu’ah
‘Ulu>m al-h{adi>th al-Shari>f (Kairo: Wiza>rah al-Awqa>f al-Majlis
al-A’la> li al-Shu’u>n al-Isla>miyyah, 1430
H/2009 M), 699.
[6]Abu> Da>wud Sulayma>n ibn al-Ash’ath al-Sijista>ni>, Sunan Abi> Da>wud, Vol 1 (Beirut:
Da>r al-Kita>b al-‘Arabi>, t.th), 561.
[7]Abi> al-Fayd{ Muh{ammad Ya>si>n ibn Muh{ammad ‘I>sa> al-Fa>da>ni> al-Makki>, al-‘Uja>lah fi> al-Ah{adi>th al-Musalsalah
(Damaskus> Da>r al-Bas{a>ir, 1985), 13.
[8]Abi> al-Fayd{ Muh{ammad Ya>si>n ibn Muh{ammad ‘I>sa> al-Fa>da>ni> al-Makki>, al-‘Uja>lah fi> al-Ah{adi>th …, 97.
[9]Abu> ‘Abd Allah Muh{ammad ibn Isma>’i>l ibn Ibra>hi>m ibn al-Mughi>rah al-Bukha>ri>, al-Ja>mi’ al-Musnad
al-S{ah{i>h{ al-Mukhtas{ar min Umu>r Rasulullah S{alla> Allah ‘alayhi
wa Sallam wa Sunananihi wa Ayya>mihi, Vol 3 (t.k:
Da>r T{awq al-Naja>h, 1422), 64.
[10]Mah{mu>d al-T{ah{h{a>n, Taysi>r Mus{t{alah{ …, 146.
[11]Ibid.
[12]Muh}ammad bin ‘I>say bin
Saurah bin Mu>say bin Al-D}aha>k Al-Tirmiziy>, Sunan Al-Tirmiziy,
(Mesir:Shirkah Maktabah wa Mat}ba’ah Mus}tafay Al-Ba>niy,1975), Vol 5, 412
[13]Ibid.
[14]Yu>su>f Mur’ishli>, ‘Ilm Takhri>j al-H{adi>th wa Baya>n Kutub al-Sunnah al-Mushrifah (Beirut: Da>r al-Ma’rifah, 1429 H/2008 M), 297-299.
[15]Abi> Mu>sa> Muh}ammad bin ‘Umar
Al-As}baha>niy Al-Madi>ni>, Nuzhah Al-H}uffa>z} (Beirut: Muassasah Al-Kutub Al-Thaqa>fiyah,1987), 21.
[16]Ibid., 22-23.
[17]Abi> Mu>sa> Muh}ammad bin ‘Umar
Al-As}baha>niy Al-Madi>ni>, Nuzhah Al-H}uffa>z{…, 46.
[18]Ibid., 60.
[19]Sirojuddin
Abbas, Sejarah
dan Keagungan Madzhab Syafi’I halaman 229, (Pustaka Tarbiyah
Baru, cetakan ke-17, 2010), 231
[20] ‘Abd Al-Rah}ma>n bin Abi> Bakr Jala>l Al-Di>n Al-Suyu>t}i>, Jiya>d Al-Musalsala>t,(Beirut:Da>r Al-Basha>ir Al-Isla>miyah,2002), 77
[21]Abi> Al-Fayd} Muh}ammad Ya>si>n bin Muh}ammad ‘I>sa> Al-Fa>da>niy Al-Makiy, Al-‘Uja>lah fi Al-Ah}a>di>th …, 13.
[22]Abi> Al-Fayd} Muh}ammad Ya>si>n bin Muh}ammad ‘I>sa> Al-Fa>da>niy Al-Makiy, Al-‘Uja>lah fi Al-Ah}a>di>th Al-Musalsalah…12
[23]Ibid. 126
Tidak ada komentar:
Posting Komentar