HOME

27 September, 2024

Al-Marasil

 


I.                   Pendahuluan

Sebagai salah satu pedoman bagi umat Islam, hadis menjadi salah satu perhatian dan kajian yang menarik bagi umat Islam. Urgensi mengkaji hadis tidak kalah dari urgensi mengkaji al Qur’an. Urgensi ini dirasa semakin nyata ketika umat Islam sendiri merasakan dampak dari kajian dan atau penelitian hadis. Kajian hadis secara mendalam dirasa wajar dilakukan agar umat Islam dapat mengetahui secara mendalam kandungan makna juga posisi dari setiap hadis sebelum meyakini dan ataupun mengamalkannya.

Terkait urgensi dari hadis, hadis pun mulai dikodifikasikan untuk memudahkan uamt Islam dalam mempelajarinya. Beragam usaha para ulama yang dapat ditemui hingga saat ini. Salah satu usaha para ulama tersebut adalah menulis kitab-kitab hadis dengan metode yang beragam.

Keberagaman tipologi kitab hadis ini tidak lain dimaksutkan untuk mempermudah umat Islam dalam mempelajari ataupun mencari hadis sesuai kebutuhan mereka.

Diantara tipologi kitab-kitab hadis tersebut, terdapat tipologi hadis Al-Mara>si>l yaitu tipologi kitab hadis yang isi didalamnya berkaitan dengan hadis mursal, berisi hadis-hadis hadis mursal ataupun para periwayat hadis mursal.

 

II. Pembahasan

A.    Definisi Al-Mara>si>l

Al-Mara>si>l adalah merupakan bentuk jama’ dari Al-Mursal. Sedangkan Al-Mursal merupakan ism maf’u>l dari أرسل yang bermakna أطلق .

Mah}mu>d al-T}ah}h}a>n memberikan definisi sebagai :

هو ما سقط من آخر إسنده من بعد التابعي [1]

Hadis yang mana di akhir silsilah rawinya (setelah ta>bi’i>n) tidak disebutkan.

Definisi lain menjelaskan bahwa :

و هو ما رفعه التابعي إلى رسول الله ص.م. كأن يقول : قال رسول الله ص.م. كذا أو فعل كذا[2]

Hadis yang disebutkan oleh Ta>bi’i>n langsung dari Nabi SAW. seperti contoh perkataan ta>>bi’i>n Rasulullah berkata  begini atau melakukan begini.

Diambil kesimpulan dari definisi diatas bahwa Kita>b Al-Mara>sil adalah salah satu tipologi kitab hadis yang berkaitan dengan hadis-hadis mursal. Terdapat dua jenis kitab Al-Mara>si>l yaitu :

1.       Kitab yang Memuat Hadis Mursal

a.    Al-Marâsîl karya Abu Daud.

Ditulis oleh Al-Ima>m Abi> Da>wud Sulayma>n bin Al-Ash’ash Al-Azdiy Al-sijista>niy. Kitab ini telah dicetak di Kairo dengan tahqi>q dari Al-Shaikh ‘Aliy Al-Magribiy.

b.    Tuh}fah al-Ashra>f

Ditulis oleh Al-H}a>fidh Al-Mizziy. Bab ini dikhususkan pada juz terakhir.

c.    Al-Ja>mi’ Al-Kabi>r

Ditulis oleh Al-Suyu>t}i>. bab ini dikhususkan pada bagian akhir kitab.

2.      Kitab yang Memuat Rawi Hadis Mursal

a.    Al-Marâsîl karya Ibnu Abi Hatim

Ditulis oleh ‘Abd Al-Rah}ma>n bin Abi> H}a>tim Muh}ammad bin Isdri>s al-H}andhaliy al-Ra>ziy. Kitab ini telah dicetaj sebanyak tiga cetakan, yang pertama di India, yang kedua di Bagdad dan yang ketiga di Beirut dan ditahqi>q oleh Shukrilla>h bin Ni’matilla>h Qauja>niy.

b.      Baya>n Al-Mursal karya Abu Bakr Al-Bardiji

c.       At-Tafshi> li Mubhama>t Al-Mara>si>l

Ditulis oleh Al-H}a>fidh Ah}mad bin ‘Ai> bin Tha>bit al-Khat}i>b al-Bagda>diy. Wafat pada tahun 463 H.

d.      Juz’ fi Al-Marâsîl karya Dhiya’uddin Al-Maqdisi

e.        Juz’ fi Al-Marâsîl karya Ibn ‘Abd al-ha>di> Al-Maqdisi

f.         Ja>mi’ Al-Tah}s}i>l li Ahka>m Al-Mara>si>l  

Ditulis oleh S}ala>h{ al-Di>n Khali>l bin Kaykaladiy bin ‘Abdilla>h al-Dimashqi>. Wafat pada tahun 761 H.

g.      Tuh}fah  Al-Tahs}i>l fi Dhikri Ruwa>t Al-Mara>si>l  

Ditulis oleh Ah}mad bin ‘Abd al-Rah}i>m bin al-Husayn atau Abi> Zar’ah Ah{mad bin ‘Abd al-Rah}i>m bin al-H}usayn al-Kurdiy. Wafat pada tahun 826 H. Abi> Zar’ah adalahalah satu guru dari Ibn H}ajr al-‘Asqala>niy.

Diantara para ta>bi’i>n terdapat beberapa ta>bi’i>n yang dis}ah}ih}kan oleh para ulama diantaranya :

1.    Mara>si>l Al-Sha’biy

 

حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ مُوسَى، حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، عَنِ الْمُغِيرَةِ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، قال: " اهْتَمَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلصَّلَاةِ كَيْفَ يَجْمَعُ النَّاسَ [ص:81] لَهَا، قَالَ: فَانْصَرَفَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ زَيْدٍ مُهْتَمًّا لِأَمْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَتَاهُ آتٍ فِي الْمَنَامِ فَقَالَ لَهُ: مُرِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُ رَجُلًا عِنْدَ حُضُورِ الصَّلَاةِ، فَلْيُؤَذِّنْ فَلْيَقُلِ: اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، يَذْكُرُ الْأَذَانَ مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ، فَإِذَا فَرَغَ، فَلْيُمْهِلْ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ النَّائِمُ، وَيَتَوَضَّأَ مِنْ أَرَادَ أَنْ يَتَوَضَّأَ، فَإِذَا اجْتَمَعَ النَّاسُ لِصَلَاتِ      هِمْ، فَلْيُعِدْ، فَلْيَقُلْ مِثْلَ قَوْلِهِ حَتَّى إِذَا بَلَغَ: حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ، حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ، فَلْيَقُلْ: قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ " وَسَاقَ الْحَدِيثَ[3]

 

 

 

 

2.    Mara>si>l Ibn Musayyab

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي الْحَوَارِيِّ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ، عَنْ أَبِي عَمْرٍو، وَغَيْرِهِ، عَنِ ابْنِ حَرْمَلَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ «لَا يَخْرُجُ مِنَ الْمَسْجِدِ أَحَدٌ بَعْدَ النِّدَاءِ إِلَّا مُنَافِقٌ إِلَّا أَحَدٌ أَخْرَجَتْهُ حَاجَةٌ وَهُوَ يُرِيدُ الرُّجُوعَ»[4]

3.    Mara>si>l Ibn Si>ri>n

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ، حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ صَالِحٍ، عَنْ أَبِي الْمُعْتَمِرِ - شَيْخٍ كَانَ يَكُونُ بِالْحِيرَةِ اسْمُهُ يَزِيدُ بْنُ طَهْمَانَ، عَنِ ابْنِ سِيرِينَ «أَنَّ بِلَالًا جَعَلَ أُصْبُعَيْهِ فِي أُذُنَيْهِ فِي بَعْضِ أَذَانِهِ أَوْ فِي إِقَامَتِهِ بِصَوْتٍ لَيْسَ بِالرَّفِيعِ وَلَا بِالْوَضِيعِ»[5]

4.    Mara>si>l ‘At}a>’

 

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ، أَنَّهُ سَمِعَ عُبَيْدَ بْنَ عُمَيْرٍ، يَقُولُ ائْتَمَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هُوَ وَأَصْحَابُهُ كَيْفَ يَجْعَلُونَ شَيْئًا إِذَا أَرَادُوا جَمَعَ الصَّلَاةِ اجْتَمَعُوا لَهَا بِهِ فَائْتَمَرُوا بِالنَّاقُوسِ فَبَيْنَمَا عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ يُرِيدُ أَنْ يَبْتَاعَ خَشَبَتَيْنِ لِنَاقُوسٍ إِذْ رَأَى عُمَرُ فِي الْمَنَامِ أَنْ لَا تَجْعَلُوا النَّاقُوسَ بَلْ أَذِّنُوا بِالصَّلَاةِ فَذَهَبَ عُمَرُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِيُخْبِرَهُ بِالَّذِي رَأَى وَقَدْ جَاءَ الْوَحْيُ بِذَلِكَ فَمَا رَاعَ عُمَرَ إِلَّا بِلَالٌ يُؤَذِّنُ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «قَدْ سَبَقَكَ بِذَلِكَ الْوَحْيُ» حِينَ أَخْبَرَهُ عُمَرُ بِذَلِكَ [6]

5.    Mara>si>l Al-Zuhriy

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ، عَنْ عَقِيلٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «وَجَدَ فِي ثَوْبِهِ دَمًا، فَانْصَرَفَ»[7]

 

 

6.    Mara>si>l Qata>dah

حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ، عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنِ الْحَسَنِ، قَالَ: «لَمَّا جَاءَ بِهِنَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى قَوْمِهِ، يَعْنِي الصَّلَوَاتِ، خَلَّى عَنْهُنَّ حَتَّى إِذَا زَالَ الشَّمْسُ عَنْ بَطْنِ السَّمَاءِ نُودِيَ فِيهِمُ الصَّلَاةُ جَامِعَةٌ، فَاجْتَمَعُوا لِذَلِكَ، وَفَزِعُوا، فَصَلَّى بِهِمْ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لَا يَقْرَأُ فِيهِنَّ عَلَانِيَةً، وَجِبْرِيلُ بَيْنَ يَدَيْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ يَدَيِ النَّاسِ يَقْتَدِي النَّاسُ بِنَبِيِّهِمْ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَيَقْتَدِي نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِجِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلَامُ، ثُمَّ خَلَّى عَنْهُنَّ حَتَّى إِذَا تَصَوَّبَتِ الشَّمْسُ وَهِيَ بَيْضَاءُ نَقِيَّةٌ نُودِيَ فِيهِمُ الصَّلَاةُ جَامِعَةٌ، فَاجْتَمَعُوا لِذَلِكَ فَصَلَّى بِهِمْ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ دُونَ صَلَاةِ الظُّهْرِ» ، ثُمَّ ذَكَرَ ابْنُ الْمُثَنَّى كَمَا ذَكَرَ فِي الظُّهْرِ، قَالَ: " ثُمَّ أَضْرَبَ عَنْهُنَّ حَتَّى إِذَا غَابَتِ الشَّمْسُ نُودِيَ فِيهِمُ الصَّلَاةُ جَامِعَةٌ، فَاجْتَمَعُوا لِذَلِكَ، فَصَلَّى بِهِمُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ قَرَأَ فِي رَكْعَتَيْنِ عَلَانِيَةً، وَالرَّكْعَةُ الثَّالِثَةُ لَا يَقْرَأُ فِيهَا عَلَانِيَةً، رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ يَدَيِ النَّاسِ، وَجِبْرِيلُ بَيْنَ يَدَيِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ ذَكَرَ كَمَا ذَكَرَ فِي الْعَصْرِ حَتَّى إِذَا كَانَ الشَّفَقُ وَأَبْطَأَ الْعِشَاءُ نُودِيَ فِيهِمُ الصَّلَاةُ جَامِعَةٌ، فَاجْتَمَعُوا لِذَلِكَ، فَصَلَّى [ص:78] بِهِمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ يَقْرَأُ فِي رَكْعَتَيْنِ عَلَانِيَةً وَرَكْعَتَيْنِ لَا يَقْرَأُ فِيهِمَا عَلَانِيَةً - فَذَكَرَ كَمَا ذَكَرَ فِي الْمَغْرِبِ، قَالَ: فَبَاتُوا وَهُمْ لَا يَدْرُونَ أَيُزَادُونَ عَلَى ذَلِكَ أَمْ لَا؟ حَتَّى إِذَا طَلَعَ الْفَجْرُ نُودِيَ فِيهِمُ الصَّلَاةُ جَامِعَةٌ، فَاجْتَمَعُوا لِذَلِكَ، فَصَلَّى بِهِمْ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ يَقْرَأُ فِيهِمَا عَلَانِيَةً، وَيُطِيلُ فِيهِمَا الْقِرَاءَةَ، جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ بَيْنَ يَدَيْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ يَدَيِ النَّاسِ يَقْتَدِي النَّاسُ بِنَبِيِّهِمْ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَيَقْتَدِي نَبِيُّهُمْ بِجِبْرِيلَ "[8]

7.    Mara>si>l Abi> Ish}a>q Al-Hamda>niy

8.    Mara>si>l Isma>’i>l bin Abi> Kha>lid

9.    Mara>si>l Ibn ‘Uyaynah

10.     Mara>si>l Al-Nakha>’iy

Sedangkan yang dinilai paling banyak meriwayatkan hadis mursal adalah :

  1. Dari Ahli Madinah : Sa’i>d bin Musayyab
  2. Dari Ahli Makkah : ‘At}a>’ bin Abi> Raba>h}
  3. Dari Ahli Mesir : Sa’i>d bin Abi> Hila>l
  4. Dari Ahli Syam : Makh}u>l al-Dimashqi>
  5. Dari Ahli Bashrah : Al-H}asan bin Abi> al-Hasan al-Bas}ri>
  6. Dari Ahli Kufah : Ibra>hi>m bin Yazi>d al-Nakha’i>[9]
  1. Kehujahan Hadis Mursal

Mengenai kehujahan Hadis Mursal terdapat 3 pendapat, yakni kelompok yang menerima Hadis Mursal, kelompok yang menolak Hadis Mursal dan kelompok yang menerima dan menolak Hadis Mursal dengan syarat.

  1.  Kelompok yang Menerima Hadis Mursal

Kelompok yang menerima Hadis Mursal ini masih terbagi ke dalam lima pendapat yang berbeda yakni;

a)      Menerima secara mutlak Hadis Mursal dari Ta>bi’i>n dan generasi-generasi setelahnya. Mereka ulama muta’akhkhiri>n dari madzhab Hanafiah. Pendapat ini dinilai berlebihan oleh banyak ulama dan dianggap batil.[10]

b)      Menerima Hadis Mursal dari Ta>bi’i>n dan Atba>’ Al-Ta>bi’i>n kecuali (Hadis Mursal) yang diketahui berasal dari rawi yang tidak thiqah maka tidak diterima. Ini adalah pendapatnya Isa ibn Iban, Abu Bakar Al-Ra>zi>, Al-Bazdawiy, dan Al-Qa>d}i Abd al- Waha>b Al-Maliki.[11]

c)      Menerima Hadis Mursal dari Ta>bi’i>n saja dengan tingkatan yang berbeda-beda berdasarkan kualitas Ta>bi’i>n tersebut. Ini adalah pendapat Imam Malik beserta mayoritas pengikutnya dan Ahmad ibn Hanbal.[12]

d)     Menerima Hadis Mursal dari Ta>bi’i>n Senior saja dan tidak menerima dari Ta>bi’i>n Muda yang memang sangat sedikit yang meriwayatkan hadis dari Sahabat. Ini adalah pendapat Ibn ‘Abd al-ba>r.[13]

e)     Ibn Jari>r Al-T}abari>, Abu Al-Faraj Al-Maliki dan Abu Bakr Al-Abha>ri>, berpendapat bahwa Hadis Mursal dan Hadis Musnad tidak ada bedanya, sama-sama diterima sebagai hujah. Bahkan, mereka berpendapat jika ada dua hadis yang bertentangan yakni antara Hadis Mursal dan Hadis Musnad maka tidak ada tarji>h}. Ini bertentangan dengan mayoritas pengikut Imam Malik dan para peneliti dari Madzhab Hanafi seperti Abu Ja’far Al-T{ahawi> yang mendahulukan Hadis Musnad daripada Hadis Mursal. Sedangkan, ulama ahli hadis tetap melihat keterputusan sanad sebagai illat dalam hadis yang membuatnya tidak wajib diamalkan. Adapun mayoritas pengikut madzhab Sha>fi’iyah berpegang pada pendapat Ibn Abi Hatim, “Hadis-hadis Mursal tidak bisa dijadikan hujah kecuali didukung oleh sanad-sanad lain yang sahih dan muttas}il.”[14]

2. Kelompok yang Menolak Hadis Mursal

Kelompok yang menolak Hadis Mursal ini masih terbagi ke dalam tiga pendapat yang berbeda yakni;

a.    Menolak semua Hadis Mursal kecuali Mursal Al-S}aha>bi>. Ini adalah pendapat jumhur ahli hadis, sebagian ahli fikih dan ahli ushul. Ibn Shalah berkata,

وما ذكرناه من سقوط الاحتجاج بالمرسل، والحكم بضعفه، هو المذهب الذي استقر عليه آراء جماهير حُفَّاظ الحديث ونُقَّاد الأثر، وقد تداولوه في تصانيفهم[15]

“Pendapat kita tentang tidak sahnya berhujah dengan Hadis Mursal dan menghukuminya sebagai hadis d}ai>f adalah madzhab yang diputuskan oleh jumhur H}uffa>dh Al-H}adi>th dan para peneliti athar. Mereka pun telah mendiskusikannya dalam karya-karya mereka.”

b.      Menolak Hadis Mursal secara mutlak, apapun itu meski Mursal Al-S}aha>bi>. Ini adalah pendapat Abu Ishak Al-Isfira’ dan beberapa orang saja.[16]

c.       Tidak menerima Hadis Mursal kecuali jika dia mendapat persetujuan dari dan diterima oleh ijma’ ulama. Ini adalah pendapat Ibn Hazm.

 

 

 

3.      Kelompok yang Menerima/Menolak Hadis Mursal dengan Syarat

Kelompok yang menolak atau menerima Hadis Mursal dengan syarat ini terbagi ke dalam lima pendapat yang berbeda yakni;

a.        Jika al-mursil (rawi yang memursalkan) itu diketahui orangnya atau jelas sekali bahwa dia tidak meriwayatkan Hadis Mursal kecuali dari guru yang thiqah maka riwayat mursalnya diterima. Pendapat inilah yang kemudian dikuatkan oleh Al-‘Ala’i dalam kitabnya, “Jami’ At-Tahshîl”. Pendapat ini merupakan madzhab yang dipilih oleh Yahya ibn Sa’id Al-Qaththan, Ali ibn Al-Madini dan yang lainnya.

Ibnu Hajar Al-‘Asqalani juga berkata,

لم تزل الأئمة يحتجون بالمرسل إذا تقارب عصر المرسل والمرسل عنه ولم يعرف المرسل بالرواية عن الضعفاء[17]

“Para imam selalu berhujah dengan Hadis Mursal jika masa antara al-mursil (rawi yang memursalkan) dan al-mursal ‘anhu (rawi yang riwayatnya dimursalkan) berdekatan. Selain itu, al-mursil tidak diketahui pernah meriwayatkan dari guru-guru yang d}ai>f.”

b. Seandainya al-mursil itu adalah dari a’immatu an-naqli yang al-marju>h} ilaihim fi al-ta’di>l wa tajrîh maka Hadis Mursalnya diterima. Ini adalah pendapat Isa ibn Aban dari madzhab Hanafi, Abu Bakar Al-Ra>zi dan Abu Walid Al-Baji. Bahkan, Abu Walid Al-Baji menjadikan ini sebagai syarat mutlak untuk menerima Hadis Mursal.[18]

c. Jika Hadis Mursal itu berasal dari orang yang sahih dalam jarh} dan ta’di>l maka itu diterima, baik itu hadisnya musnad atau mursal. Ini adalah pendapat Ibn Burhan dan dia sendiri dalam pendapatnya.[19]

d. Menerima Hadis Mursal dari Tabi’in Senior dengan ketentuan yang berlaku bagi al-mursal dan al-mursil.[20]

C.     Kajian Kitab Al-Mara>si>l

1.      Al-Ma>rasi>l Imam Abi> Da>wud

Kitab Al-Mara>si>l ini memiliki judul lengkap Al-Mara>si>l ma’a Al-asa>ni>d. penulisnya adalah Imam Abi> Da>wud Sulayma>n bin Al-‘Ash’ash al-Sijista>ni>. Ima>m Abi> Da>wu>d adalah Sulayma>n bin Al-‘Ash’ash bin Isha>q al-Azdiy al-Sijista>niy.

Diantara karya-karyanya adalah :

a.       Kita>b al-Sunan

b.      Risa>lah fi> Was}fi Ta’li>fihi likita>b al-Sunan

c.       Kita>b al-Zuhd

d.      Kita>b al-Rija>l

e.       Kita>b al-Mara>si>l

f.       Kita>b al-Na>sikh

Kitab Al-Mara>si>l ini pertama diterbitkan pada tahun 1310 H dengan 56 Halaman. Dicetak di Kairo dengan menghilangkan sanad dan meringkas sebagian periwayatan. Cetakan kedua tanpa tahun dan ditah}qi>q oleh Muh}ammad ‘Ali> S}ubh}.

Dalam kitab Tahqi>q atas kitabnya, disebutkan bahwa Abu> Da>wu>d memperbolehkan hadis mursal dijadikan h}ujjah ketika tidak lagi ditemukan hadis musnad lain yang bisa dijadikan h}ujjah, namun hadis mursal tidaklah sama dengan hadis muttas}il yang lebih kuat dibanding hadis mursal.

Kitab Al-Mara>si>l ini disusun berdasarkan bab-bab fiqh yang dimulai dengan bab (kita>b) Al-T}aha>rah yang kemudian dibagi menjadi beberapa sub bab (ba>b) dan ditutup dengan bab (kita>b) Adab.

Contoh metode Abi> Da>wu>d dalam pencantuman hadis dalam kitab Al-Mara>si>l :[21]

 

Pada kitab Al-Mara>sil ini, Imam Abu> Da>wud memberi tanda ( * ) untuk menunjukkan mursil al-h}adi>th. Tanda ini memberikan kemudahan kepada pembaca untuk mengetahui mursil al-h}adi>th secara langsung tanpa butuh melakukan penelitian terlebih dahulu.

Dalam teks hadis diatas, Imam Abu> Da>wud memberi tanda ( * ) pada Abi> Salmah bin Abd Al-Rah}ma>n. Hal ini pertanda bahwa dalam sanad hadis tersebut terdapat mursil al-h}adi>th yaitu Abi> Salmah bin Abd Al-Rah}ma>n. Abi> Salmah disebut sebagai mursil al-h}adi>th karena Abi> Salmah menyandarkan langsung riwayat hadisnya kepada Nabi Muhammad SAW. tanpa menyertakan sahabat.

Abi> Salmah bin Abd Al-Rah}ma>n adalah Abu> Salmah bin ‘Abd Al-Rah}ma>n bin ‘Auf Al-Qurashi> Al-Zauhdiy Al-Madaniy, ada yang mengatakan nama aslinya adalah ‘Abdulla>h. Lahir pada tahun 22 H dan wafat pada tahun 94 H. Meriwayatkan hadis dari para sahabat seperti Usa>mah bin Zayd, Anas bin Ma>lik, Bashr bin Sa’i>d. Ja>bir bin ‘Abdilla>h, dll.[22]

Pada lafad hadis di atas, Abu> Salmah meriwayatkan langsung dari Nabi SAW. yang berarti dalam periwayatan hadis tersebut terdapat irsa>l dan yang menjadi mursil adalah Abu> Salmah bin ‘Abd Al-Rahma>n.

Selain contoh hadis dalam kitab Al-Mara>si>l karya Imam Abu> Da>wud diatas, dilampirkan juga daftar isi pada kitab tersebut agar lebih mudah memahami dan memberi gambaran yang jelas terkait sistematika penyusunannya.

 

 

 

Contoh daftar isi kitab Al-Mara>si>l Abi> Da>wud :

Dari contoh daftar isi diatas, menjelaskan bahwa kitab Al-Mara>si>l karya Imam Abi> Da>wud tersebut tersusun berdasarkan bab-bab fiqih. Susunan bab fiqih ini terlihat dari bab awal yang dibahas oleh Abi> Da>wud adalah bab T}aha>rah. Penyusunan secara bab fiqih ini diharapkan dapat mempermudah pembaca kitab Al-Mara>si>l karena hadis-hadis dalam kitab ini sudah terklasifikasikan.

2.      Kita>b al-Mara>si>l Ibn Abi> H}a>tim

Kitab Al-Mara>si>l yang kedua adalah kitab al-Mara>si>l karya Abi> Muh{ammad ‘Abd al-Rah}ma>n bin Abi> H}a>tim bin Idri>s al-H}anz}a>liy al-Ra>ziy. Ibn Abi> H}a>ti>m lahir di Madinah pada tahun 240 H dan hidup selama 87 tahun dan wafat pada bulan Muharram tahun 327 H.

Diantara karya-karya Ibn Abi> H}a>tim :

a.       A>da>b al-Sha>fi’iy wa Mana>qibuhu

b.      Kita>b al-Jarh} wa al-Ta’di>l

c.       ‘Ilal al-H}adi>th

d.      Kita>b al-Mara>si>l

e.       Al-Tafsi>r

f.       Al-Raddu ‘Ala> al-Jahmiyah

g.      Fad}a>il Ah}mad

h.      Kita>b al-Sunnah

i.        Al-Musnad

j.        Al-Kuna>

Dalam muqaddimah kitab Al-Mara>si>l Ibn Abi> H}a>tim dijelaskan definisi Al-Mara>si>l adalah :

 

المراسيل هي الروايات التي انقطاع إسنادها, فرواها الرواة عمن لم يتلوها عنهم مباشرة, وهي نوع من أنواع الروايات المعللة, و أحاديثها عند المحدثين ضعيفة لا يحتج بها.[23]

Al-Mara>si>l adalah periwayatan yang sanadnya terputus, maka seorang perawi meriwayatkan hadis tanpa menyebutkan keseluruhan perawi hadis yang ditemuinya, hadis musal ini adalah bagian dari periwayatan yang mu’allal, dan menurut para ulama hadis, hadis ini adalah hadis yang d}a’i>f dan tidak dapat digunakan sebagai hujjah.

Ibn Abi> H}a>tim juga menjelaskan tentang hukum hadis mursal pada muqaddimahnya dengan judul “ باب ما ذكر في الأسانيد المرسلة انها لاتثبت بها الحجة ”. Dalam bab tersebut. Ibn Abi> H{a>tim menyebutkan 15 dalil. Selanjutnya Ibn Abi> H}a>tim membuat judul “ باب شرح المراسيل المروية عن النبي صل الله عليه و سلم و عن أصحابه و التابعين و من بعدهم ” dan diawali dengan menyebutkan tara>jim yang disusun dari huruf ali>f hingga ya>’. Adapun tara>ji>m yang ditulis oleh Ibn Abi> H}a>tim berjumlah 492. Kitab al-Marasi>l yang ditulisnya dianggap lebih lengkap dari kitab-kitab tara>jim lain yang ditulisnya.

Terkait penilaian terhadap pribadi periwayat, Ibn Abi> H}a>tim merujuk kepada pendapat para kritikus hadis seperti pendapat dari Shu’bah, Ibn al-Madi>niy, Ibn Ma’i>n. Mayoritas periwayatan dalam menilai seorang periwayat didapatnya dari ayahnya dan juga dari Abi> Zar’ah. Periwayatan yang diperoleh dari ayahnya melebihi 400 lebih periwayatan sedangkan periwayatan dari Abi> Zar’ah setengah dari periwayatan yang diperoleh dari ayahnya. Sedangkan sisanya, diriwayatkan dari Ah}mad melewati anaknya yaitu ‘Abdulla>h, dari H}arb al-Kirma>niy dan yang lainnya.

Dalam kitabnya, Ibn Abi> H}a>tim memulai kitabnya dengan pembahasan dari huruf al-ali>f  yaitu Abba>n bin ‘Uthma>n bin ‘Affa>n dan diakhiri dengan huruf ya>’ yaitu Yu>nus bin ‘Ubayd.

Cetakan pertama kitab ini dicetak di India pada tahun 1341 H dn selanjutnya dicetak di Bagdad pada tahun 1976 M.

Terdapat beberapa kekurangan dalam beberapa kekurangan dalam kitab ini diantaranya :

a.    Dalam kitab Al-Mara>si>l, Ibn Abi> H}a>tim banyak tidak menyebutkan periwayat hadis mursal sebagaimana yang telah disebutkannya dalam kitabnya Jarh wa Al-Ta’di>l

b.    Terdapat beberapa pengulangan tarjamah al-ra>wi>

Contoh metode Ibn Abi> H}a>tim dalam penulisan kitabnya :[24]

 

Pada contoh di atas, disampaikan penilaian para ulama hadis terkait pribadi Ibrahi>m Al-Nakha>’iy. Penilaian pada kitab ini di sampaikan secara riwayat oleh Ibn Abi> Ha>tim.

Contoh daftar isi Kitab Al-Mara>si>l Ibn Abi> H}a>tim :

 

 

Daftar isi yang dicantumkan di atas memberi gambaran yang jelas bahwa dalam kitab Al-Mara>si>l Ibn Abi> H}a>tim disusun dengan abjad perawi yang dimulai dengan huruf alif kemudian dituliskan penilaian dari para ulama hadis terhadap rawi tersebut. Penilaian para ulama ditulis secara riwayat.

D.    Kelebihan dan Kelemahan Kitab Al-Mara>si>l

1.      Kelebihan Kitab Al-Mara>si>l

a.       Mempermudah dalam pencarian hadis dengan mengkhususkannya pada hadis-hadis mursal.

b.      Mempermudah dalam mengetahui kualitas periwayat hadis mursal.

c.       Mempermudah dalam mengetahui kuaitas hadis karena hadis yang tercantum didalamnya astilah merupakan hadis mursal.

2.      Kelemahan Kitab Al-Mara>si>l

a.       Tidak memuat keseluruhan hadis sehingga sebelum pencarian hadis diharuskan untuk mengetahui kualitas hadis terlebih dahulu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

III. Penutup

Kesimpulan

Al-Mara>sil adalah salah satu tipologi kitab hadis yang berkaitan dengan hadis-hadis mursal. Terdapat beberapa kitab Al-Mara>si>l yaitu :

1.      Kitab yang Memuat Hadis Mursal

  1. Kitab yang Memuat Rawi Hadis Mursal

Diantara para ta>bi’i>n terdapat beberapa ta>bi’i>n yang dis}ah}ih}kan oleh para ulama diantaranya :

1.    Mara>si>l Al-Sha’biy

2.    Mara>si>l Al-Nakha>’iy

3.    Mara>si>l Ibn Musayyab

4.    Mara>si>l Ibn Si>ri>n

5.    Mara>si>l ‘At}a>’

6.    Mara>si>l Al-Zuhriy

7.    Mara>si>l Qata>dah

8.    Mara>si>l Abi> Ish}a>q Al-Hamda>niy

9.    Mara>si>l Isma>’i>l bin Abi> Kha>lid

10.    Mara>si>l Ibn ‘Uyaynah

Sedangkan yang dinilai paling banyak meriwayatkan hadis mursal adalah :

1.                Dari Ahli Madinah : Sa’i>d bin Musayyab

2.                Dari Ahli Makkah : ‘At}a>’ bin Abi> Raba>h}

3.                Dari Ahli Mesir : Sa’i>d bin Abi> Hila>l

4.                Dari Ahli Syam : Makh}u>l al-Dimashqi>

5.                Dari Ahli Bashrah : Al-H}asan bin Abi> al-Hasan al-Bas}ri>

6.                Dari Ahli Kufah : Ibra>hi>m bin Yazi>d al-Nakha’i

Contoh kitab Al-Mara>si>l adalah Kitab Al-Mara>si>l karya Abi Da>wud dan Al-Mara>si>l karya Ibn Abi> H}a>tim. Imam Abu> Da>wud menulis kitabnya berdasarkan urutan abwa>b fiqhiyah yang dimulai dengan babAl-T}aha>rah. Sedangkan Ibn Abi> H}a>tim menyusun kitabnya berdasarkan urutan alfabetis yaitu dimulai dengan huruf alif.

Kelebihan dan Kelemahan Kitab Al-Mara>si>l

1.      Kelebihan Kitab Al-Mara>si>l

a.         Mempermudah dalam pencarian hadis dengan mengkhususkannya pada hadis-hadis mursal.

b.         Mempermudah dalam mengetahui kualitas periwayat hadis mursal.

c.       Mempermudah dalam mengetahui kuaitas hadis karena hadis yang tercantum didalamnya astilah merupakan hadit mursal.

2.      Kelemahan Kitab Al-Mara>si>l

Tidak memuat keseluruhan hadis sehingga sebelum pencarian hadis diharuskan untuk mengetahui kualitas hadis terlebih dahulu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

Abi> H}a>tim, Abi> Muh}ammad ‘Abd al-Rah}ma>n bin, Al-Mara>si>l, (Beirut:Mausu>’ah al-Risa>lah,1997)

Al-T}ahha>n, Mahmud, Taysi>r Mus}t}alah al-H}adi>th (Beirut:Dar al Fikr,tth)

Al-‘Alla>i, Abu Sa’i>d, Jâmi’ Al-Tahs}î>l fî Ah}ka>m Al-Mara>si>l,(Beirut:’Ala>m al-Kutub, 1996)

Al-‘Asqalani, Ibn H}ajr, Al-Nukat ‘ala Kita>b ibn S}alah, , (Riyadh: Adhwa’ Al-Salaf, 1998)

Al-IbbadAbd al-Kari>m Murad dan ‘Abd al-Muhsin, Min At}ya>bi al-Minah fi> ‘Ilmi al- Mus{t}alah,(Madinah:1424H)

Al-Sakhawi, Shamsuddin>, Fath} Al-Mughi>th Shar}h Alfiyah Al-Hadî>th, (Lebanon: Dar Al-Kutub Al-‘Ilmiyah, 1403 H)

Ibn S{ala>h, Abu ‘Amr Uthma>n ibn Abd Al-Rah}ma>n}, ‘Ulûm Al-Hadîts, (Mesir: Maktabah Al-Farabi, 1984)

Ibnu Rajab, Zainuddin Abu Al-Faraj, Syarah ‘Ilal At-Turmudzi, (Madinah: Multaqa Ahl Al-Hadits, t. th.)

Sulayma>n, Al-Ima>m Abi> Da>wud, Al-Mara>si>l Ma’a Al-Asa>ni>d,(Beirut:Da>r al-Qalam,1976)

Yu>suf, Yu>suf bin ‘Abd Al-Rah}ma>n bin, Tahdhi>b Al-Kama>l Fi> Asma>I Al-Rija>l,  (Beirut:Muassasah Al-Risa>lah,1980), Vol 33

 



[1] Mahmud al T}ahha>n, Taysi>r Mus}t}alah al-H}adi>th (Beirut:Dar al Fikr,tth), 59

[2]Abd al-Kari>m Murad dan ‘Abd al-Muhsin al-Ibbad, Min At}ya>bi al-Minah fi> ‘Ilmi al- Mus{t}alah,(Madinah:1424H),26

[3] Al-Ima>m Abi> Da>wud Sulayma>n, Al-Mara>si>l Ma’a Al-Asa>ni>d,(Beirut:Da>r al-Qalam,1976),Vol 1, 80

[4] Ibid…84

[5] Ibid…83

[6] Ibid…81

[7] Ibid…76

[8] Al-Ima>m Abi> Da>wud Sulayma>n, Al-Mara>si>l Ma’a Al-Asa>ni>d,(Beirut:Da>r al-Qalam,1976),Vol 1, 77

[9] Mahmu>d H}amdi, Mausu>’ah ‘Ulu>m al-H}adi>th al-Shari>f(Kairo:Wiza>rh al-Awqa>f al-Majlis al-A’la> Li Al-Shu’u>n al-Isla>miyah,2009), 276

[10] Abu Sa’i>d Al-‘Alla>’i, Jâmi’ Al-Tahs}î>l fî Ah}ka>m Al-Mara>si>l,(Beirut:’Ala>m al-Kutub, 1996).  33

[11] Ibid

[12] Abu Sa’i>d Al-‘Alla>’i, Jâmi’ Al-Tahs}î>l34

[13] Ibid

[14] Abu Sa’i>d Al-‘Alla>’i, Jâmi’ Al-Tahs}î>l36

[15] Abu ‘Amr Uthma>n ibn Abd al-rah}ma>n (Ibnu Shalah), ‘Ulûm Al-Hadîts, (Mesir: Maktabah Al-Farabi, 1984), 31.

[16] Abu Sa’i>d Al-‘Alla>’i, Jâmi’ Al-Tahs}î>l36

[17] Shamsuddin> Al-Sakhawi, Fath} Al-Mughi>th Shar}h Alfiyah Al-Hadî>th, (Lebanon: Dar Al-Kutub Al-‘Ilmiyah, 1403 H), 140

[18] Ibn H}ajr Al-‘Asqalani, Al-Nukat ‘ala Kita>b ibn S}alah, , (Riyadh: Adhwa’ As-Salaf, 1998),551

[19] Abu Sa’i>d Al-‘Alla>’i, Jâmi’ Al-Tahs}î>l92

[20] Zainuddin Abu Al-Faraj, Ibnu Rajab, Syarah ‘Ilal At-Turmudzi, (Madinah: Multaqa Ahl Al-Hadits, t. th.), 56

[21] Al-Ima>m Abi> Da>wud Sulayma>n, Al-Mara>si>l Ma’a Al-Asa>ni>d,(Beirut:Da>r al-Qalam,1976)

[22]Yu>suf bin ‘Abd Al-Rah}ma>n bin Yu>suf, Tahdhi>b Al-Kama>l Fi> Asma>I Al-Rija>l,  (Beirut:Muassasah Al-Risa>lah,1980), Vol 33, 371

[23] Abi> Muh}ammad ‘Abd al-Rah}ma>n bin Abi> H}a>tim, Al-Mara>si>l, (Beirut:Mausu>’ah al-Risa>lah,1997), 5

[24]Abi> Muh}ammad ‘Abd al-Rah}ma>n bin Abi> H}a>tim, Al-Mara>si>l, (Beirut:Mausu>’ah al-Risa>lah,1997)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH HADIST TENTANG HIJAB

  A.   Latar Belakang Telah disepakati oleh seluruh umat Islam bahwa al-Qur’an menjadi pedoman hidup baik tentang syariah maupun dalam keh...