HOME

27 September, 2024

TIPOLOGI KITAB AL-MUSTAKHRAJ

 


 BAB I

 PENDAHULUAN              

Allah telah memberikan kedudukan kepada Nabi Muhammad sebagai Rasulullah dengan fungsi antara lain: menjelaskan Al-Qur’an, dipatuhi oleh orang-orang beriman, menjadi uswah h}asanah} dan rahmat bagi seluruh alam. Berangkat dari pemahaman tersebut, maka untuk mengetahui hal-hal yang harus diteladani dan yang tidak harus diteladani dari diri Nabi, diperlukan sebuah penelitian. Dengan demikian, dapat diketahui hadis Nabi yang berkaitan dengan ajaran Agama Islam, praktek Nabi dalam mengaplikasikan petunjuk Al-Quran sesuai dengan tingkat budaya masyarakat yang sedang dihadapi oleh Nabi dan sebagainya. Selanjutnya menurut sejarah, seluruh hadis tidak ditulis pada zaman Nabi.

Nabi Muhammad adalah adalah pusat perhatian bagi semua umat muslim. Segala perkataan, perbuatan, dan segala sesuatu yang bersumber dari Nabi Muhammad  adalah sabda yang sangat dianjurkan untuk diteladani. Semua informasi mengenai  hal tersebut telah direkam oleh para sahabat.Rekaman yang mereka miliki tersebut kemudian disebarkan kepada sesama sahabat, murid, dan tabi’in. Penyebaran hadis tersebut terjadi secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

Sebelum kodifikasi hadis dilakukan, umat merasakan kesulitan untuk mendapatkan informasi dan ilmu mengenai Nabi Muhammad. Hal ini disebabkan oleh proses transmisi yang ada didominasi oleh tradisi lisan. Dampak yang timbul adalah munculnya hadis-hadis palsu yang meluas. Hal ini yang memotivasi beberapa ulama’ untuk melakukan kodifikasi hadis.

Perkembangan penulisan kitab-kitab Hadis mengalami kemajuan dari abad ke abad dengan cara dan corak yang berbeda-beda, terutama dalam sistematika penyusunannya. Tokoh-tokoh Hadis yang datang telah mengelompokkan kitab-kitab Hadis yang bervariasi tersebut ke dalam beberapa kelompok. Salah satu kitab hadis tersebut adalah tipe kitab al-Mustakhraj.

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Pengertian al-Mustakhraj

Al-Mustakhraj secara bahasa adalah berarti al-istinba>t}. Dan secara istilah adalah suatu kitab hadis yang ditulis oleh seorang ulama’ dengan mentakhrijkan (menuliskan riwayat) hadis-hadis yang sudah dibukukan di dalam suatu kitab hadis dengan matnnya yang sama tetapi dari jalan yang lain dari pengarang kitab mustakhraj ‘alaih (yang dimustakhrajkan), lalu periwayatan mereka bertemu pada gurunya (penulis kitab yang dimustakhrajkan) atau guru yang lebih tinggi, sampai kepada sahabat.

Syaratnya, tidak sampai kepada shaikh dengan jalan yang lebih panjang sehingga menghilangkan sanad yang menghantarkan kepadanya yang lebih dekat, kecuali dengan alasan uluw (ketinggian) atau ada ziya>dah (tambahan) yang penting. Bisa jadi Mustakhraj menggugurkan hadis-hadis yang sanadnya yang tidak memuaskan dan bisa pula menyebutkan hadis-hadis itu dengan jalan penulis kitab yang dimustakhrajkan.[1]

Dilihat dari segi sistematika penulisannya, kitab mustakhraj harus sesuai dengan kitab yang ditakhrijkan hadisnya baik susunan maupun pembagian babnya, karena topik pembahasan yang ada dalam kitab al-mustakhraj adalah topik kitab-kitab yang ditakhri>jkan, baik itu berupa susunan, jumlah pembahasan, maupun bab-babnya. Selain itu, cara penggunaannya adalah seperti kitab-kitab ja>mi‘.[2]

 

 

 

 

 

B.     Kitab-kitab al-Mustakhraj

Kitab kitab al-mustakhraj banyak sekali sebanyak kitab hadis yang ditakhrijnya, di antara kitab-kitab tersebut yang terkenal antara lain adalah:[3]

1.      Al-Mustakhraja>t ‘ala S{ah}i>h al-Bukhari>

a.       Al-Mustakhraj ‘ala Sahi>h al-Bukha>ri> karya Abu> Bakr Ah}mad Ibn Ibra>hi>m al-Isma>‘ili> al-Jurja>ni> (w. 371 H).

b.      Al-Mustakhraj ‘ala Sahi>h al-Bukha>ri> karya Muhammad Ibn Abu Ha>mid Ahmad Ibn al-Husain Ibn al-Qa>sim Ibn al-Ghit}ri>f Ibn al-Jahm al-Ghit}ri>fi> (w. 377 H).

c.       Al-Mustakhraj ‘ala Sahi>h al-Bukha>ri> karya Abu ‘Abd Allah yang terkenal dengan Ibn Abi> Dhuhl (w. 378 H).

d.      Al-Mustakhraj ‘ala Sahi>h al-Bukha>ri> karya Ibn Mardu>yah Abu Bakr, Ahmad Ibn Mu>sa> Ibn Mardu>yah al-As}baha>ni> (w 416H).

e.       Al-Mustakhraj ‘ala Sahi>h al-Bukha>ri> karya Abu Nu‘aym, Ahmad Ibn ‘abd Allah Ibn Ahmad al-As}baha>ni> (w. 430 H).

2.      Al-Mustakhraja>t ‘ala> S{ahi}h Muslim.

a.       Al-Mustakhraj ‘ala> S{ahi}h Muslim karya Abu> al-Fad}l al-Bazza>r, Ahmad Ibn Salamah al-Naysa>bu>ri> (w. 286 H).

b.      Al-Mustakhraj ‘ala> S{ahi}h Muslim karya Abu> Bakr, Muhammad Ibn Muhammad Ibn Raja>’ al-Isfara>yayni> al-Naysa>bu>ri> (w. 286 H).

c.       Al-Mustakhraj ‘ala> S{ahi}h Muslim karya Abu> Ja‘far al-H{i>ri> (w. 311 H).

d.      Al-Mustakhraj ‘ala> S{ahi}h Muslim atau yang disebut dengan S{ahi>h Abu> ‘Awa>nah atau Musnad Abu ‘Awa>nah karya Ya’qu>b Ibn Ish}a>q Ibn Ibra>hi>m Ibn Yazi>d (w. 316 H).

e.       Al-Mustakhraj ‘ala> S{ahi}h Muslim karya Abu ‘Imra>n al-Juwayni> (w. 323 H).

f.       Al-Mustakhraj ‘ala> S{ahi}h Muslim karya Abu Muhammad al-T{usi> (w. 339 H).

g.      Al-Mustakhraj ‘ala> S{ahi}h Muslim karya Abu> Muhammad, Qa>sim Ibn As}bagh Ibn Muhammad (w. 340).

h.      Al-Mustakhraj ‘ala> S{ahi}h Muslim karya Abu al-Wali>d al-Qazwi>ni> (w. 344 H).

i.        Al-Mustakhraj ‘ala> S{ahi}h Muslim karya Abu al-Nas}r al-T{u>si>, Muhammad Ibn Yu>suf al-Sha>fi‘i> (w. 344 H).  

j.        Al-Mustakhraj ‘ala> S{ahi}h Muslim karya Abu> Sa‘i>d al-H{i>ri>, Ahmad Ibn Abu Bakr Muhammad iabn al-H{a>fiz} al-Kabi>r Abu ‘Uthma>n Sa‘i>d Ibn Isma‘i>l al-H{i>ri> (w. 353 H).

k.      Al-Mustakhraj ‘ala> S{ahi}h Muslim karya Abu H{a>mid, Ahmad ibn Sha>rak (w. 355 H).

l.        Al-Mustakhraj ‘ala> S{ahi}h Muslim karya Muhammad Ibn Abd Allah Ibn Muhammad Ibn Zakariya> al-Shayba>ni> al-Jawza>qi> (w. 388 H).

m.    Al-Mustakhraj ‘ala> S{ahi}h Muslim karya Abu Nu‘aym al-As}bah>ni> (w. 430).

3.      Al-Mustakhraja>t ‘ala> al-S{ahi>hayn

a.       Al-Mustakhraja>t ‘ala> al-S{ahi>hayn karya Abu ‘Abd Allah Muhammad Ibn Ya‘qu>b Ibn Yu>suf Ibn al-Akhram al-Shayba>ni> (w. 344 H).

b.      Al-Mustakhraja>t ‘ala> al-S{ahi>hayn karya Abu> ‘Ali al-Hasan Ibn Muhammad Ibn Ahmad Ibn Muhammad Ibn al-Husayn al-Ma>sarjisi> (w. 365 H).

c.       Al-Mustakhraja>t ‘ala> al-S{ahi>hayn karya Abu Bakr Ahmad Ibn Muhammad Ib al-Farraj al-Shayra>zi> (w. 388 H).

d.      Al-Mustakhraja>t ‘ala> al-S{ahi>hayn karya Abu> Bakr al-Barqa>ni> Ahmad Ibn Mhammad Ibn Ahmad Ibn Gha>lib al-Khawarizmi> al-Sha>fi‘i> (w. 425 H).

e.       Al-Mustakhraja>t ‘ala> al-S{ahi>hayn karya Abu Nu‘aym al-As}baha>ni> (w. 430 H).

f.       Al-Mustakhraja>t ‘ala> al-S{ahi>hayn karya Abu>Dharr, ‘Abd Ibn Ahmad Ibn Muhammad Ibn al-‘Ans}a>ri> al-Harawi> (w. 434 H).

g.      Al-Mustakhraja>t ‘ala> al-S{ahi>hayn karya Abu> Muhammad al-Khalla>l (w. 439 H).

h.      Al-Mustakhraja>t ‘ala> al-S{ahi>hayn karya Abu Mas‘u>d al-Muli>h}i> Sulayma>n Ibn Ibra>hi>m (w. 486 H).

4.      Al-Mustakhraja>t ‘ala> Sunan Abi> Da>wud

a.       Al-Mustakhraja>t ‘ala> Sunan Abi> Da>wud karya Ibn Faraj Abu> ‘Abd Allah Muhammad Ibn ‘Abd al-Malik Ibn Ayman Ibn Faraj al-Qurt}u>bi> (w. 330 H).

b.      Al-Mustakhraja>t ‘ala> Sunan Abi> Da>wud karya al-Qa>sim Ibn As}bagh (w. 340 H).

c.       Al-Mustakhraja>t ‘ala> Sunan Abi> Da>wud karya Abu> Bakr Ibn Manju>yah al-As}faha>ni> (w. 428 H).

5.      Al-Mustakhraja>t ‘ala> Ja>mi‘ al-Tirmidhi>

a.       Mustkahraj Abu> ‘Ali al-T{usi> ‘ala Ja>mi‘ al-Tirmidhi> karya H{asan Ibn ‘Ali> Ibn Nas}r al-Khurasa>ni> (w. 312 H).

b.      Al-Mustakhraj ‘ala> Ja>mi‘ al-Tirmidhi> Abu> Bakr Ibn Manju>yah (w. 428 H).

6.      Al-Mustakhraja>t ‘ala> Kutub al-Ukhra>

a.       Mustakhraj Abu> Nu‘aym al-As}baha>ni> (w. 430 H) ‘ala> al-Tawhi>d Li Ibn Khuzaymah.

b.      Al-Muntaqa> karya Abu Muhammad ‘Abd Allah Ibn ‘Ali Ibn al-Ja>rawid (w. 308 H).

 

C.    Pembahasan Tentang Beberapa Kitab al-Mustakhraj

Dari bebrapa kitab di atas, penulis mencoba membahas beberapa kitab yang antara lain adalah:

1.      Musnad Abu ‘Awa>nah karya Ya’qu>b Ibn Ish}a>q Ibn Ibra>hi>m Ibn Yazi>d (w. 316 H).

Kitab ini dikarang oleh Abu> ‘Awa>nah Ya’qu>b Ibn Ish}a>q Ibn Ibra>hi>m Ibn Yazi>d, beliau adalah salah satu ulama besar dalam bidang hadis, beliau mengelilingi berbagai penjuru daerah untuk mendengarkan hadis dari para guru-gurunya, maka beliau pergi ke Khurasa>n, Iraq, H{ija>z, Yaman, Sha>m, Persia, As}faha>n, dan Mesir. Beliau berguru hadis kepada Abu> ‘Ali al-Naysa>bu>ri, Ibn ‘Adi>, dan al-T{abra>ni>.

Kitab Musnad ini adalah salah satu kitab yang terkanal yang mentakhri>j kitab S{ah}i>h Muslim, banyak ulama yang telah mengambil manfaat dari kitab beliau.

Dalam menyusun kitab musnad ini beliau menggunakan metode penyusunan seperti apa yang telah ada dalam kitab aslinya, tetapi beliau menambahi penjelasan tentang kehujjahan hadis yang belum ditakhri>j oleh imam Muslim, dan di dalamnya ada yang berkualitas s>ah}i>h, h>asan, maupun d}ai>f, dan mawqu>f. Pengarang (Abu> ‘Awa>nah) membagi bab-bab dalam kitabnya berdasarkan Kutub Fiqhiyyah, kemudian dalam setiap Kita>b ada bagian-bagian tertentu (abwa>b), dan beliau menulis setiap hadis yang ada dalam ba>bnya masing-masing.[4]

Contoh pembahasan dalam kitab Musnad Abu ‘Awa>nah dan perbandingannya dengan kitab S{ah}i>h} Muslim:

a.       Musnad Abu ‘Awanah (dalam bab keutamaan puasa)

-        حَدَّثَنَا الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ، حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ يَزِيدَ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ: حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيِّبِ أَنَّهُ، سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «كُلُّ عَمِلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلَّا الصِّيَامُ هُوَ لِي، وَأَنَا أَجْزِي بِهِ، وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَخِلْفَةُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ»[5]

-        حَدَّثَنَا حَمْدَانُ بْنُ الْجُنَيْدِ، وَأَبُو أُمَيَّةَ، قَالَا: حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ: أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ، عَنَ أَبِي صَالِحٍ الزَّيَّاتِ، أَنَّهُ، سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «كُلُّ عَمِلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ، إِلَّا الصَّوْمَ لِي، فَهُوَ لِي، وَأَنَا أَجْزِي بِهِ، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ»[6]

b.      Sahih Muslim (dalam bab keutamaan puasa)

-        وحدثني حرملة بن يحيى التجيبي، أخبرنا ابن وهب، أخبرني يونس، عن ابن شهاب، أخبرني سعيد بن المسيب، أنه سمع أبا هريرة رضي الله عنه، قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: قال الله عز وجل: كل عمل ابن آدم له، إلا الصيام، هو لي وأنا أجزي به «فوالذي نفس محمد بيده، لخلفة فم الصائم، أطيب عند الله من ريح المسك»[7]

-        وحدثني محمد بن رافع، حدثنا عبد الرزاق، أخبرنا ابن جريج، أخبرني عطاء، عن أبي صالح الزيات، أنه سمع أبا هريرة رضي الله عنه، يقول: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " قال الله عز وجل: كل عمل ابن آدم له إلا الصيام، فإنه لي وأنا أجزي به، والصيام جنة، فإذا كان يوم صوم أحدكم، فلا يرفث يومئذ ولا يسخب، فإن سابه أحد أو قاتله، فليقل: إني امرؤ صائم "«والذي نفس محمد بيده، لخلوف فم الصائم أطيب عند الله، يوم القيامة، من ريح المسك»[8]


 


2.      Mustakhraj Abu Nu‘aym terhadap S{ah}i>h Muslim.

Nama lengkap pengarang kitab ini adalah Ahmad ibn Abdillah ibn Ahmad ibn Isha>q ibn Mu>sa> ibn Mihra>n. Beliau dilahirkan pada tahun 336 H. beliau adalah seorang Imam Hafiz dan ulama yang thiqat. Beliau adalah seorang muhaddith yang telah mendapatkan ijazah sanad hadis dari guru-gurunya di berbagai tempat antara lain adalah kepada ayahnya sendiri, kepada ulama Sha>m seperti Khaithamah ibn Sulaiman, kepada ulama Naisabur seperti kepada Abu al-Abba>s al-As}am, kepada ulama Wasit} seperti kepada Abdullah Ibn Umar ibn Shaudhab, kepada ulama Baghda>d seperti kepada Abu Sahl bin Ziyad al-Qat}t}an dan ulama-ulama lainnya.

Beliau mengarang berbagai kitab seperti kitab mu’jam, mustakhraj ‘ala sahihain, tarikh as}bahan, sifat al-jannah, dalail an-Nubuwwah, fad}ail al-s}ah}a>bah, ulu>m al-hadith, dan masih banyak lagi kitab karangan lainnya.

Banyak sekali pujian yang diberikan karena kitab karangan dan keilmuan beliau dalam berbagai bidang keislaman. Namun para ulama juga berpendapat bahwa beliau adalah seorang yang cukup tasa>hul dalam melakukan jarh maupun ta’dil terhadap rija>l hadi>th. Dan beliau wafat pada tahun 430 H pada tanggal 20 Muharram.[9]

Kitab hadis ini di dalam software shamilah memiliki 4 jilid. Hadis-hadis ditulis dengan metode penulisan Mustakhraj yaitu suatu jenis kitab hadis yang memuat matan hadis yang diriwayatkan oleh seorang perawi dan selanjutnya penyusun kitab ini meriwayatkan matan hadis tersebut dengan sanadnya sendiri.

Jika dilihat dari isi kitab dan hasil penelitian kecil terhadap karakteristik kitab ini, maka hasilnya adalah sebagai berikut: Kitab ini umumnya memiliki jalur sanad yang bisa dibilang panjang. Hal itu dikarenakan Abu Nuaim adalah ulama yang hidup pada masa abad ke empat yang membuat jalur periwayatan hadis semakin jauh dan kualitas rawi yang lebih rentan dari daif. Contohnya adalah seperti hadis di bawah ini, yang memiliki jalur periwayat yang panjang yaitu :

a.       Dalam Mustakhraj adalah:

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُوسُفَ بْنِ خَلادٍ ثَنَا الْحَارِثُ بْنُ أَبِي أُسَامَةَ ثَنَا يُونُسُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمُؤَدِّبُ ثَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُسَيْنٍ الآجُرِّيُّ ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى الْحُلْوَانِيُّ ثَنَا سَعِيدُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنِ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ ذَبَّانَ ثَنَا مُحَمَّدُ ابْن رمح أبنأ اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ أَبِي الْخَيْرِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَجُلا سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الإِسْلامِ خَيْرٌ قَالَ (تُطْعِمُ الطَّعَام وتقرىء السَّلامُ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ) لَفْظُ الْحَارِثِ رَوَاهُ مُسْلِمٌ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ رُمْحٍ عَن اللَّيْث[10]

b.      Dalam kitab Sahih Muslim:

حدثنا قتيبة بن سعيد، حدثنا ليث، ح وحدثنا محمد بن رمح بن المهاجر، أخبرنا الليث، عن يزيد بن أبي حبيب، عن أبي الخير، عن عبد الله بن عمرو، أن رجلا سأل رسول الله صلى الله عليه وسلم، أي الإسلام خير؟ قال: «تطعم الطعام، وتقرأ السلام على من عرفت، ومن لم تعرف»[11]

Melihat salah satu contoh di atas, dapat diketahui bahwa antara kitab asli (Sahih Muslim) dan kitab yang mentakhrijnya sangat berbeda sekali dalam jalur sanadnya, meskipun dalam matnnya sama seperti kitab yang telah ditakhrijnya.


 


 


3.      Mustkahraj al-T{usi> ‘ala Ja>mi‘ al-Tirmidhi>

Kitab ini dikarang oleh Abu> ‘Ali al-H{asan Ibn ‘Ali Ibn Nas}r al-T{u>si>, beliau dilahirkan 222 H, beliau hidup dalam keadaan yang mendukungkanya dalam keilmuan, belajar kepada para guru yang ada diantara ulama besar pada masanya.[12]

Dari beberapa guru al-T{u>si> antara lain adalah:

a.       Muhammad Ibn Basha>r Binda>r (w. 252 H)

b.      Muhammad Ibn al-Muthanna> al-‘Anzi> (w. 252 H)

c.       Muhammad Ibn Yah}ya al-Dhuhli> (w. 258 H)

d.      Al-H{asan Ibn ‘Arafah (w. 257 H)

e.       Abu> H{a>tim al-Ra>zi> (w. 264 H), dan lain sebagainya.[13]

Sebagai seorang ulama tentunya al-T{usi> memiliki murid yang telah menimba ilmu beliau, dari memerapa muridnya antara lain adalah:

a.       Ahmad Ibn Ibra>hi>m Ibn Isma>‘i>l al-Isma>‘i>li> (w. 371 H)

b.      Ahmad Ibn ‘Ali al-Husayn al-Ra>zi>

c.       Ahmad Ibn Muhammad Ibn ‘Abdu>s

d.      Isha>q Ibn Muhammad al-Kaysa>ni>

e.       Ja‘far Ibn T{a>lib Ibn ‘Ali

f.       Ja‘far al-Kura>bi>si>

g.      Abu Bakr ‘Abd Allah Ibn Muhammad Ibn Muslim al-Isfara>yayni>

h.      ‘Ubaydillah Ibn Ahmad al-Rai>si>, dan lain sebagainya.[14]

Adapun beberapa pendapat/penilaian ulama tentang al-T{u>si>, antara lain:

a.       Ibn Abi> H{a>tim, Thiqah mu‘tamad ‘alaih.

b.      Abu> Shaykh al-As}baha>ni>, s}anafa al-kutub, kathi>r al-h}adi>th.

c.       Al-Dhahabi>, al-ima>m al-ha>fiz}.

d.      Ibn al-‘Ima>d, al-ha>fiz} al-mashhu>rah, dan lain sebagainya.[15]

Selain beberapa hal di atas, sebagai seorang yang giat dalam mendalami ilmunya tentunya beliau pernah melakukan rihlah ke berbagai penjuru daerah, antara lain: Asbaha>n (295), Jurja>n, Bas}rah, Bahgda>d, Wa>sit}, Ku>fah, Makkah, dan lain-lain.

Al-T{u>si menulis karya-karya yang lain selain kitab ini (al-Mustakhraj), antara lain adalah:

a.       Kitab al-Fawa>id

b.      Kitab al-Qira>a>t

c.       ‘Ishru>na Juz’an ‘an Ya‘qu>b al-Du>ra>qi>

d.      H{adi>th Shu‘bah.

Dalam mentakhri>j kitab Ja>mi‘ al-Tirmi>dhi>, beliau mengikuti apa yang telah ada dalam kitab aslinya, meskipun terkadang dalam sebagian penulisan hadisnya ada yang diringkas ataupun dijelaskan tentang pemahaman hadis-hadis tersebut. Terkadang pula al-T{u>si> menambahi bahasan dalam penulisan kitab ini, contohnya seperti dalam “Kita>b al-S{ala>h” pada hadis nomor  507.[16]

-         حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ قَالَ: حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ قَالَ: أَخْبَرَنَا مَنْصُورٌ وَهُوَ ابْنُ زَاذَانَ، عَنْ ابْنِ سِيرِينَ، عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ، «أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُخْرِجُ الأَبْكَارَ، وَالعَوَاتِقَ، وَذَوَاتِ الخُدُورِ، وَالحُيَّضَ فِي العِيدَيْنِ»، فَأَمَّا الحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ المُصَلَّى، وَيَشْهَدْنَ دَعْوَةَ المُسْلِمِينَ، قَالَتْ إِحْدَاهُنَّ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنْ لَمْ يَكُنْ لَهَا جِلْبَابٌ، قَالَ: «فَلْتُعِرْهَا أُخْتُهَا مِنْ جَلَابِيبِهَا»[17]

-         نَا عَلِيُّ بْنُ مُسْلِمٍ قَالَ نَا هُشَيْمٌ قَالَ نَا مَنْصُورٌ عَنِ ابْنِ سِيرِينَ عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ وَهِشَامٌ عَنِ ابْنِ سِيرِينَ عَنْ حَفْصَةَ عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُخْرِجُ الأَبْكَارَ وَالْعَوَاتِقَ وَذَوَاتَ الْخُدُورِ وَالْحُيَّضَ يَوْمَ الْعِيدِ فَأَمَّا الْحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الْمُصَلَّى وَيَشْهَدْنَ الْخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِينَ قَالَتْ فَقَالَتْ إِحْدَاهُنَّ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لإِحْدَانَا جِلْبَابٌ قَالَ فَلْتُعِرْهَا أُخْتُهَا جِلْبَابَهَا[18]

وَفِي الْبَابِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ وَيُقَالُ حَدِيثُ أُمِّ عَطِيَّةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَقَدْ ذَهَبَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ إِلَى هَذَا الْحَدِيثِ وَرَخَّصَ إِلَى النِّسَاءِ فِي الْخُرُوجِ إِلَى الْعِيدَيْنِ وَكَرِهَهُ بَعْضُهُمْ وَرُوِيَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُبَارَكِ أَنَّهُ قَالَ أَكْرَهُ الْيَوْمَ الْخُرُوجَ لِلنِّسَاءِ فِي الْعِيدَيْنِ فَإِنْ أَبَتِ الْمَرْأَةُ إِلا أَن تخرج فليأدن لَهَا زَوْجُهَا أَنْ تَخْرُجَ فِي أَطْمَارِهَا وَلا تَزَيَّنُ فَإِنْ أَبَتْ أَنْ تَخْرُجَ كَذَلِكَ فَلِلزَّوْجِ أَنْ يَمْنَعَهَا مِنَ الْخُرُوجِ وَيُرْوَى عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا لَوْ رَأَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا أَحْدَثَ النِّسَاءُ لَمَنَعَهُنَّ الْمَسْجِدَ كَمَا مُنِعَتْ نِسَاءُ بَنِي إِسْرَائِيلَ وَيُرْوَى عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ أَنَّهُ كَرِهَ الْيَوْمَ الْخُرُوجَ لِلنِّسَاءِ إِلَى الْعِيدِ

Setelah disebutkan bab-bab dalam kitab tersebut, kemudian disebutkan sanad-sanad hadis yang bertemu dengan guru al-Tirmi>dhi> atau mungkin di atasnya lagi, atau bahkan dengan gurunya yang lebih jauh lagi. Terkadang antara keduanya (al-Tu>si> dan al-Tirmi>dhi>) ada sedikit perbedaan dalam sebagian apa yang telah ditulis. Selain itu, beliau juga memberikan penilaian tentang hadis yang ditakhrijnya dari al-Tirmi>dhi>.

 


 


D.    Manfaat Penyusunan Kitab Al-Mustakhraj

Adapun beberapa manfaat dari kitab jenis al-Mustakhraj ini antara lain adalah:

1.      Lengkapnya lafaz, seperti melengkapi lafaz yang mahdhu>f, adanya keterangan dalam hadis.

2.      ‘Uluww al-Isna>d.

3.      Semakin kuat kehujjahan hadis, karena banyaknya jalur sanad.

4.      Bersambungnya antara satu guru dengan yang lain, terkadang mera>jih satu sama lain.

5.      Semakin menjelaskan para perawi hadis tersebut.

6.      Mengetehui persamaan dan perbedaan dalam salah satu huruf atau dua huruf bahkan lebih dari itu antara kitab aslinya dan kitab yang mentakhrijnya.

7.      Menjelaskan adanya pertambahan lafaz} pada beberapa hadis dalam kitab aslinya.

8.      Menyebutkan kisah yang mungkin tidak tertulis dalam kitab aslinya, tetapi tertulis dalam kitab al-Mustakhraj.

9.      Menerangkan lafaz} yang mushkil yang terdapat dalam kitab S{ah}i>hayn atau salah satu darinya.

10.  Adapun sanad yang terlewat dalam kitab yang ditakhrij, terkadang bersambung dalam kitab al-Mustakhraj. [19]


 

PENUTUP

 

Beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan di atas antara lain adalah:

a.       Kitab al-Mustakhraj adalah suatu kitab hadis yang ditulis oleh seorang ulama’ dengan mentakhrijkan (menuliskan riwayat) hadis-hadis yang sudah dibukukan di dalam suatu kitab hadis.

b.      Kitab mustakhraj harus sesuai dengan kitab yang ditakhrijkan hadisnya baik susunan maupun pembagian babnya, karena topik pembahasan yang ada dalam kitab mustakhraj adalah topik kitab-kitab yang ditakhrijkan, baik itu berupa susunan, jumlah pembahasan, maupun bab-babnya.

c.       Beberapa manfaat dari kitab jenis al-Mustakhraj ini antara lain adalah:

1.      Lengkapnya lafaz, seperti melengkapi lafaz yang mah}dhu>f, adanya keterangan dalam hadis.

2.      ‘Uluww al-Isna>d.

3.      Semakin kuat kehujjahan hadis, karena banyaknya jalur sanad.

4.      Semakin menjelaskan para perawi hadis tersebut.

5.      Mengetehui persamaan dan perbedaan dalam salah satu huruf atau dua huruf bahkan lebih dari itu antara kitab aslinya dan kitab yang mentakhrijnya, dan lain sebagainya.

 


 

DAFTAR PUSTAKA

 

Abd Allah, Abu> Nuaym Ahmad Ibn. al-Musnad al-Mustakhraj ‘Ala S{ahi>h Muslim, vol I (Beirut: Da>r Kutub al-‘ilmiyyah, 1996).

 

Dhahabi> (al), Shams al-Di>n Muhammad Ibn Ahmad Ibn ‘Uthma>n Siya>r A‘la>m al-Nubala>’, vol 17 (Beiru>t: Muassasah al-Risa>lah, 1993).

 

Ghu>ri> (al),  ‘abd al-Ma>jid al-Waji>z fi Ta‘ri>f Kutub al-Hadi>th (Beiru>t: muassasah al-Sharq, 2009).

 

Qushayri> (al), Muslim Ibn al-Hajja>j Abu al-Hasan. S{ahih Muslim, vol I, (Beiru>t: Da>r Ihya>’ al-Turath, Tt).

 

___________. S{ahih Muslim, vol II, (Beiru>t: Da>r Ihya>’ al-Turath, Tt).

 

Suyut}I> (al), Jalal al-Di>n ‘Abd al-Rahma>n Ibn Abi> Bakr tadri>b al-Ra>wi Fi> Sharh Taqri>b al-Nawa>wi>, vol I (Beiru>t: Da>r al-Kutub al-Ilmiyyah, 1996).

 

T{ah}h}a>n (al), Mahmu>d Us}ul al-Takhri>j wa Dira>sah al-Asa>ni>d (Beiru>t: Da>r al-Qur’a>n al-Kari>m, 1979).

 

T{u>si> (al), Abu> ‘Ali al-H{asan Ibn ‘Ali Ibn Nas}r Mukhtas}ar al-Ah}ka>m, Mustakhraj al-T{u>si>, vol I (Madinah: Maktabah al-Ghuraba>’ al-Athariyyah, 1412H).

 

Tirmidhi> (al), Muhammad Ibn ‘Isa> Ibn Sawrah Ibn Mu>sa> Ibn al-D{ahha>k. Sunan al-Tirmidhi>, vol II (Mesir: Maktabah Mus}t}afa> al-Ba>bi>, 1975).

 

Yazi>d, Abu> ‘Awanah Ya’qu>b Ibn Ish}a>q Ibn Ibra>hi>m Ibn. Mustakhraj Abi> ‘Awa>nah, vol II (Beiru>t: Da>r al-Fikr, 1998).

 

Software al-Maktabah al-Sha>milah (Mustakhraj Abi> ‘Awa>nah).

 



[1]Jalal al-Di>n ‘Abd al-Rahma>n Ibn Abi> Bakr al-Suyut}i>, tadri>b al-Ra>wi Fi> Sharh Taqri>b al-Nawa>wi>, vol I (Beiru>t: Da>r al-Kutub al-Ilmiyyah, 1996), 55.

[2]Mahmu>d al-T{ah}h}a>n, Us}ul al-Takhri>j wa Dira>sah al-Asa>ni>d (Beiru>t: Da>r al-Qur’a>n al-Kari>m, 1979), 115.

[3]‘Abd al-Ma>jid al-Ghu>ri>, al-Waji>z fi Ta‘ri>f Kutub al-Hadi>th (Beiru>t: Muassasah al-Sharq, 2009),82-87.

[4]Software al-Maktabah al-Sha>milah (Mustakhraj Abi> ‘Awa>nah).

[5]Abu> ‘Awanah Ya’qu>b Ibn Ish}a>q Ibn Ibra>hi>m Ibn Yazi>d, Mustakhraj Abi> ‘Awa>nah, vol II (Beiru>t: Da>r al-Fikr, 1998) 163.

[6]Ibid., 163.

[7]Muslim Ibn al-Hajja>j Abu al-Hasan al-Qushayri>, S{ahih Muslim, vol II, (Beiru>t: Da>r Ihya>’ al-Turath, Tt) 806.

[8]Ibid., 807.

[9]Shams al-Di>n Muhammad Ibn Ahmad Ibn ‘Uthma>n al-Dhahabi>, Siya>r A‘la>m al-Nubala>, vol 17 (Beiru>t: Muassasah al-Risa>lah, 1993), 453.

[10]Abu> Nuaym Ahmad Ibn Abd Allah, al-Musnad al-Mustakhraj ‘Ala S{ahi>h Muslim, vol I (Beirut: Da>r Kutub al-‘ilmiyyah, 1996), 130.

[11]Muslim Ibn al-Hajja>j Abu al-Hasan al-Qushayri>, S{ahih Muslim, vol I, (Beiru>t: Da>r Ihya>’ al-Turath, Tt), 65.

[12]Abu> ‘Ali al-H{asan Ibn ‘Ali Ibn Nas}r al-T{u>si>, Mukhtas}ar al-Ah}ka>m, Mustakhraj al-T{u>si>, vol I (Madinah: Maktabah al-Ghuraba>’ al-Athariyyah, 1412H), 24.

[13]Ibid., 36.

[14]Ibid., 37.

[15]Ibid., 39.

[16]Ibid., 52.

[17]Muhammad Ibn ‘Isa> Ibn Sawrah Ibn Mu>sa> Ibn al-D{ahha>k al-Tirmidhi>, Sunan al-Tirmidhi>, vol II (Mesir: Maktabah Mus}t}afa> al-Ba>bi>, 1975), 419.

[18]al-T{u>si>, Mukhtas}ar al-Ah}ka>m, vol III…70.

[19]al-Ghu>ri>, al-Waji>z fi Ta‘ri>f…81.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH HADIST TENTANG HIJAB

  A.   Latar Belakang Telah disepakati oleh seluruh umat Islam bahwa al-Qur’an menjadi pedoman hidup baik tentang syariah maupun dalam keh...