A. Hadis al-Musalsal dan Faedahnya
1.
Definisi
hadis musalsal
a.
Al-musal
b.
sal
menurut Bahasa
Mah}mu>d al-T}ah}h}a>n dalam kitabnya Taisi>r
Mus}t}alah} al-H}adi>th menjelaskan sebagai berikut:
لغة: اسم مفعول من "السلسلة" وهي اتصال الشيء بالشيء، ومنه سلسلة الحديد، وكأنه سمي
بذلك لشبهه بالسلسلة، من ناحية الاتصال، والتماثل بين الأجزاء.[1]
Lafazh al-musalsal dengan dibaca dommah huruf mim dan
fathah huruf sin, serta dibaca sukun lam dan fathah sin yang kedua terakhir,
maka ia adalah isim maf ‘ul dari salsaltu al-shay’a artinya aku
menjadikannya sesuatu yang dirantai.[2]
Menurut
Bahasa: bersambungnya sebagian sesuatu dengan sebagian lain dengan susunan atau
rangkaian yang sama.[3]
c.
Al-musalsal
menurut istilah
Sedangkan menurut istilah, disini
penulis akan menjelaskan beberapa definisi yang telah dipaparkan oleh beberapa
ulama:
Abu>
Shuhbah:
وفي اصطلاح المحدثين: ما توارد فيه الرواة كلهم واحدا فواحدا على صفة واحدة أو
حالة واحدة للرواة تارة، وللرواية تارة أخرى.
Menurut istilah adalah hadis
yang seluruh perawinya sama dalam sifatnya atau keadaannya baik untuk rawi atau
riwayat.[4]
Menurut Nu>r al-Di>n ‘Itr:
المسلسل في اصطلاح المحدثين:
هو
ما تتابع رجال إسناده على صفة واحدة أو حال واحدة للرواة أو للرواية. [5]
Hadis yang perawi dalam sanadnya berturut-turut dalam sifat atau keadaan yang sama,
baik para rawinya atau riwayatnya.
Menurut Mah}mu>d al-T}ah}h}a>n:
اصطلاحا: هو تتابع رجال إسناده على صفة، أو حالة للرواة تارة،
وللرواية تارة أخرى[6]
Hadis yang rawi-rawi dalam mata rantai
perawinya berturut-turut dalam satu sifat atau keadaan tertentu, terkadang bagi
para perawi dan dari periwayatan.
Menurut
al-Jurja>ni>:
Hadis yang perawinya dari awal sampai kepada Rasulullah
berturut-turut dalam keadaan yang sama ketika meriwayatkan baik rawinya dari
segi perkataan, perbuatan, atau dari perkataan dan perbuatan, atau sama dalam
sifat, atau sama dalam riwayatnya.[7]
Menurut
al-Qa>simi>:
Hadis
yang perawinya berturut-turut dalam keadaan yang sama adakalanya dalam diri
perawinya baik dari segi perkataan, perbuatan atau perkataan dan perbuatan
secara bersamaan, atau sama dalam sifat.[8]
Menurut Ibnu
S}a>lih}:
Hadis
al-musalsal adalah hadis yang perawinya setuju dalam satu hal yang sama baik yang
berhubungan dengan perawi maupun riwayat.[9]
Al-‘Ira>qi>
dalam kitab sharahnya menjelaskan hadis al-musalsal dengan sangat rinci
sekali sebagaimana dijelaskan olehnya; al-musalsal adalah hadis yang
para perawinya berdatangan satu persatu dalam satu keadaan atau dalam satu
sifat, baik sifat para perawi maupun sifat penyandaran (isnad) baik
terjadi pada isnad dalam bentuk penyampaian periwayatan (ada>’ al-riwa>yah) maupun
berkaitan dengan waktu dan tempatnya, baik keadaan para perawi maupun
sifat-sifat mereka, dan baik perkataan maupun perbuatan.[10]
Definisi yang telah dikemukakan oleh ulama hadis seperti yang
dipaparkan di atas mengindikasikan bahwa hadis al-musalsal terhindar
dari adanya tadli>s. Hal ini dikarenakan setiap periwayatannya selalu
mengulang perkataan atau perbuatan yang sama, yang dinukil oleh setiap perawi
dari orang di atasnya dalam sanad hingga berakhir pada Rasulullah SAW.
2.
Macam-macam
hadis al-musalsal
Dari penjelasan di
atas, hadis al-musalsal bisa dibagi menjadi tiga:
a.
Al-musalsal
bi ah}wa>l al-ruwa>h
b.
Al-musalsal
bi s}ifa>ti al-ruwa>h
c.
Al-musalsal bi
s}ifa>ti al-riwa>yah
a.
Musalsal
mengenai keadaan perawi hadis terbagi pada tiga bagian;
1)
Perkataan
Contoh:
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ بْنُ عُمَرَ بْنِ
مَيْسَرَةَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ بْنُ يَزِيدَ الْمُقْرِئُ، حَدَّثَنَا حَيْوَةُ
بْنُ شُرَيْحٍ، قَالَ: سَمِعْتُ عُقْبَةَ بْنَ مُسْلِمٍ،
يَقُولُ: حَدَّثَنِي أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ
الْحُبُلِيُّ، عَنْ الصُّنَابِحِيّ، عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ، أَنَّ رَسُولَ
صَلَّى عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَذَ بِيَدِهِ، وَقَالَ:
«يَا
مُعَاذُ، وَاللَّهِ إِنِّي لَأُحِبُّكَ، وَاللَّهِ إِنِّي لَأُحِبُّكَ»
،
فَقَالَ: " أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لَا تَدَعَنَّ فِي
دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ تَقُولُ: اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ،
وَشُكْرِكَ، وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ "، وَأَوْصَى بِذَلِكَ مُعَاذٌ
الصُّنَابِحِيَّ، وَأَوْصَى بِهِ الصُّنَابِحِيُّ أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ[11]
Menceritakan kepada kami ‘Ubaid
ibn ‘Umar ibn Maisarah, menceritakan kepada kami ‘Abd ibn Yazi>d al-Muqri’,
menceritakan kepada kami H}aiwah ibn Shraih}, dia berkata: saya mendengar
‘Uqbah ibn Muslim berkata, menceritakna kepadaku Abu> ‘Abd al-Rah}ma>n
al-H}ubuli> dari al-S}una>bih}i> dari Mu‘a>zh ibn Jabal bahwa
Rasulullah SAW menggandeng tangannya lalu berkata “wahai Mu‘a>zh demi Allah
sungguh aku mencintaimu, lalu beliau bersabda aku wasiatkan kepadamu wahai
Mu‘a>zh janganlah engkau tinggalkan setiap selesai salat untuk mengucapkan Alla>humma
a‘inni> ‘ala> zhikrika wa shukrika wa h}usni ‘iba>datika, Mu‘a>zh
mewasiatkan hal tersebut kepada al-S}una>bih}> dan al-S}una>bih}i>
mewasiatkannya kepad ‘Abd al-Rah}ma>n.
Hadis di atas dikatakan musalsal dalam perkataan karena setiap rawi dalam
meriwayatkan hadis ini mengungkapkan kata (والله اني لأحبك فقال)
sesungguhnya aku mencintaimu, maka katakan di setiap selesai salat. Hal
yang demikian dilakukan oleh setiap rawi ketika menyampaikan hadis kepada
muridnya sebagaimana yang dilakukan Rasulullah kepada Mu‘a>zh saat
menyampaikan hadis tersebut.[12]
2)
Perbuatan
Contoh:
حَدثنِي
وَشَبك بيَدي جمع من الْأَعْلَام مِنْهُم الشَّيْخ عمر حمدَان المحرسي وَالشَّيْخ
خَليفَة النبهاني وَالشَّيْخ عَليّ بن فالح الظَّاهِرِيّ عَن أبي الْيُسْر فالح
الظَّاهِرِيّ وَشَبك يَده بيدهم عَن السَّيِّد مُحَمَّد بن عَليّ السنوسي وَشَبك
بِيَدِهِ عَن النُّور مُحَمَّد بن عَامر المعداني وَشَبك بِيَدِهِ عَن مُحَمَّد بن
عبد السَّلَام الْبنانِيّ وَشَبك بِيَدِهِ عَن الْوَلِيّ مُحَمَّد الْخَرشِيّ
وَشَبك بِيَدِهِ عَن الشهَاب أَحْمد الخفاجي وَشَبك بِيَدِهِ عَن إِبْرَاهِيم بن
عبد الرَّحْمَن العلقمي وَشَبك بِيَدِهِ عَن أَخِيه مُحَمَّد العلقمي وَشَبك
بِيَدِهِ عَن الْجلَال السُّيُوطِيّ وَشَبك بِيَدِهِ عَن الإِمَام تَقِيّ الدّين
الشمني وَشَبك بِيَدِهِ عَن عبد الله الْحَنْبَلِيّ وَشَبك بِيَدِهِ عَن أبي
الْحسن العرضي وَشَبك بِيَدِهِ عَن أبي الْحسن ابْن البُخَارِيّ وَشَبك بِيَدِهِ
(ح)
وَبِه
إِلَى الْجلَال السُّيُوطِيّ عَن أَحْمد بن مُحَمَّد الْمرْجَانِي والكمال إِمَام
الكاملية وشبكا بِيَدِهِ عَن الشَّمْس مُحَمَّد ابْن الْجَزرِي وَشَبك بيدهما عَن
أبي حَفْص عمر بن الْحسن المراغي وَشَبك بِيَدِهِ
عَن
أبي الْحسن عَليّ بن أَحْمد الْمَقْدِسِي عرف بِابْن البُخَارِيّ وَشَبك بِيَدِهِ
عَن عمر بن سعد الْحلَبِي وَشَبك بِيَدِهِ عَن أبي الْفرج يحيى بن مَحْمُود
الثَّقَفِيّ وَشَبك بِيَدِهِ عَن الْحَافِظ إِسْمَاعِيل بن مُحَمَّد التَّيْمِيّ
وَشَبك بِيَدِهِ عَن أبي مُحَمَّد الْحسن بن أَحْمد السَّمرقَنْدِي وَشَبك
بِيَدِهِ عَن أبي الْعَبَّاس جَعْفَر بن مُحَمَّد المستغفري وَشَبك بِيَدِهِ عَن
أبي بكر أَحْمد بن عبد الْعَزِيز الْمَكِّيّ وَشَبك بِيَدِهِ عَن أبي الْحسن
مُحَمَّد بن طَالب وَشَبك بِيَدِهِ عَن أبي عمر عبد الْعَزِيز بن الْحسن بن أبي
بكر بن عبد الله بن الشرود الصَّنْعَانِيّ وَشَبك بِيَدِهِ عَن أَبِيه الْحسن
وَشَبك بِيَدِهِ عَن إِبْرَاهِيم بن أبي يحيى وَشَبك بِيَدِهِ عَن صَفْوَان بن
سليم وَشَبك بِيَدِهِ عَن أَيُّوب بن خَالِد وَشَبك بِيَدِهِ عَن عبد الله بن
رَافع وَشَبك بِيَدِهِ عَن أبي هُرَيْرَة وَشَبك بِيَدِهِ قَالَ شَبكَ بيَدي أَبُو
الْقَاسِم صلى الله عَلَيْهِ وَسلم وَقَالَ خلق الله الأَرْض يَوْم السبت
وَالْجِبَال يَوْم الْأَحَد وَالشَّجر يَوْم الِاثْنَيْنِ وَالْمَكْرُوه يَوْم
الثُّلَاثَاء والنور يَوْم الْأَرْبَعَاء وَالدَّوَاب يَوْم الْخَمِيس وآدَم يَوْم
الْجُمُعَة[13]
Contoh
di atas ini sangat jelas dalam perbuatan yang dilakukan perawi saat memulai
meriwayatkan hadis yakni berjabat/ mensejajarkan tangan.
3)
Dalam perkataan
dan perbuatan
Contoh:
أَخْبرنِي
بِهِ الشَّيْخ عمر حمدَان المحرسي وَالشَّيْخ عبد الله بن مُحَمَّد غَازِي وَقبض
كل مِنْهُمَا على لحيته وَقَالَ آمَنت بِالْقدرِ خَيره وشره حلوه ومره الأول عَن
السَّيِّد عَليّ بن ظَاهر الوتري وَالثَّانِي عَن عبد الْجَلِيل برادة الْمدنِي
كِلَاهُمَا عَن عبد الْغَنِيّ الدهلوي عَن مُحَمَّد عَابِد السندي عَن السَّيِّد
عبد الرَّحْمَن بن سُلَيْمَان الأهدل عَن أَمر الله بن عبد الْخَالِق بن أبي بكر
المزجاجي عَن مُحَمَّد بن احْمَد الشهير بِابْن عقيلة الْمَكِّيّ عَن حسن بن عَليّ
العجيمي عَن عِيسَى بن مُحَمَّد الْجَعْفَرِي عَن النُّور عَليّ الأَجْهُورِيّ
(ح)
وَرَوَاهُ
مُحَمَّد عَابِد أَيْضا عَن عَمه مُحَمَّد حُسَيْن الْأنْصَارِيّ عَن مُحَمَّد بن
مُحَمَّد بن مُحَمَّد المغربي عَن عبد الله بن سَالم الْبَصْرِيّ عَن الشَّمْس
مُحَمَّد بن عَلَاء الدّين البابلي عَن النُّور عَليّ الأَجْهُورِيّ عَن الْبَدْر
مُحَمَّد بن الرضي الْغَزِّي عَن أبي الْفَتْح مُحَمَّد بن مُحَمَّد الْمزي عَن
أبي الْعَبَّاس أَحْمد بن عَليّ الْمُؤَذّن بصالحية دمشق عَن الْكَمَال أبي عبد
الله ابْن مُحَمَّد بن النّحاس وَأبي هُرَيْرَة عبد الرَّحْمَن ابْن الْحَافِظ
الذَّهَبِيّ كِلَاهُمَا عَن أبي الْعَبَّاس أَحْمد بن عبد الرَّحْمَن البعلي عَن
أبي عبد الله مُحَمَّد بن إِسْمَاعِيل بن أَحْمد
المرداوي
خطيب مردا عَن أبي الْفرج يحيى بن مَحْمُود الثَّقَفِيّ عَن جده لأمه الْحَافِظ
أبي الْقَاسِم إِسْمَاعِيل بن مُحَمَّد التَّمِيمِي عَن الشَّيْخ أبي بكر أَحْمد
بن عَليّ بن خلف الشِّيرَازِيّ عَن الإِمَام أبي عبد الله مُحَمَّد بن عبد الله
الْحَاكِم النَّيْسَابُورِي ثَنَا الزبير بن عبد الْوَاحِد الْأسد آبادي ثَنَا
أَبُو الْحسن يُوسُف بن عبد الْأَحَد الشَّافِعِي ثَنَا سُلَيْمَان بن شُعَيْب
الْكسَائي ثَنَا سعيد الْأدم ثَنَا شهَاب بن خرَاش قَالَ سَمِعت يزِيد الرقاشِي
يحدث عَن أنس بن مَالك قَالَ قَالَ رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لَا يجد
العَبْد حلاوة الْإِيمَان حَتَّى يُؤمن بِالْقدرِ خَيره وشره حلوه ومره قَالَ
وَقبض رَسُول الله صلى اللع عَلَيْهِ وَسلم على لحيته وَقَالَ آمَنت بِالْقدرِ
خَيره وشره حلوه ومره وَهَكَذَا قَالَ كل راو من الروَاة وَأَقُول وَأَنا قَابض
على لحيتي عَن نِيَّة صَادِقَة وعقيدة صَحِيحَة آمَنت بِالْقدرِ خَيره وشره حلوه
ومره[14]
Contoh di atas jiak diperhatikan
maka diketahui bahwa saat perawi meriwayatkan sebuah hadis kepada muridnya maka
mereka melakukan dan mengucapkan apa yang telah dilakukan oleh Rasulullah yakni
mereka mengucapkan “saya beriman kepada qadar yang baik dan buruk, yang pahit
dan yang manis” serta sama-sama menggenggam jenggotnya.
b.
Musalsal
mengenai sifat periwayat hadis
1)
Perkataan
Contoh:
Misalnya seperti hadis yang berkenaan
dengan surat as-Shaf.
أن الصحابة سألوا المصطفى صلى الله
عليه وسلم عن أحب الأعمال إلى الله عز وجل ليعملوه فقرأ عليهم سورة (
الصف
)
Para rawi dalam sanad
hadis ini membaca surat Shaf ketika meriwayatkan hadis tersebut.
Al-‘Ira>Qi>
mengomentari masalah musalsal s}ifa>tu al-ruwa>h al-qauliyah dan ah}wa>l
al-ruwa>h al-qauliyah, sebenarnya sama saja.[15]
2)
Perbuatan
Contoh:
حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ،
حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ
عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ:
قَالَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
«البَيِّعَانِ
بِالخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا، أَوْ يَقُولُ أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ اخْتَرْ»
،
وَرُبَّمَا قَالَ: «أَوْ يَكُونُ بَيْعَ خِيَارٍ»
Hadis ini dikatakan musalsal karena
diriwayatkan oleh fuqaha kepada fuqaha yang lain secara terus menerus atau
termasuk musalsal yang menyepakati nama-nama para perawi, seperti musalsal
dalam nama Al-Muh{ammadi>n kesepakatan dalam menyebut
bangsa/nisbat mereka seperti musalsal dalam menyebut Ad-Dimasyqiyin dan
Al-Mishriyin.
c.
Musalsal
mengenai sifat riwayat
1)
Musalsal dalam
bentuk penyampaian; seperti hadis musalsal sebab setiap rawinya mengatakan “sami‘tu
atau akhbarana>”
2)
Waktu
meriwayatkan
Misalnya hadis tentang yaumi
al-‘I>d
عن ابن عباس رضي الله عنه
قال ( شهدت رسول الله صلى الله
عليه وسلم في يوم عيد فطر أو أضحى فلما فرغ من الصلاة أقبل علينا بوجهه فقال : أيها الناس قد أصبحتم خيراً . فمن أحب أن ينصرف فلينصرف, ومن أحب أن يقيم حتى يسمع الخطبة فليقم )
Hadis di atas musalsal waktu
periwayatan yaitu pada hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Setiap perawi
mengungkapkan kalimat tersebut dalam menyampaikan periwayatan kepada muridnya.
3)
Tempat
meriwayatkan
Misalnya hadis tentang terkabulnya da
di multazam
قال ابن عباس رضي الله عنه
سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول ( الملتزم موضع يستجاب فيه الدعاء وما دعا الله فيه عبد
دعوة إلا استجاب له ) , قال ابن عباس رضي الله عنه
فوالله ما دعوت الله عز وجل فيه قط منذ سمعت هذا الحديث إلا استجاب لي , وقد تسلسل الحديث بقول كل من رواته وأنا ما دعوت الله
فيه بشيء منذ سمعته إلا استجاب لي.
Hadis ini musalsal pada tempat periwayatannya, karena
setiap rawi mengungkapkan sebagaimana yang diucapkan Ibnu Abba>s ketika meriwayatkan hadis ini kepada murid-muridnya.
DAFTAR PUSTAKA
‘Athi>main(al),
Muh}ammad ibn S}a>lih} ibn Muh}ammad. Mus}t}alah} al-H}adi>th. Kairo:
Maktabah al-‘Ilm, 1994.
Fa>da>ni> (al), Abu> al-Fayd} Muh}ammad ib Ya>si>n ibn Muh}ammad ‘I>sa>. al-‘Uja>lah fi> al-Ah}a>di>th al-Musalsalah. Damaskus: Da>r al-Bas}a>’ir, 1985.
‘Itr,
Nu>r al-Di>n. Manhaj al-Naqd fi> ‘Ulu>m al-H}adi>th. Damaskus:
Da>r al-Fikr, 1997 M.
‘Ira>qi>
(al), Abu> al-Fad}l Zain al-Di>n ‘Abd al-Rah}ma>n ibn al-H}usain. Sharh}
al-Tabs}irah wa al-Tazhkirah Alfiyah al-‘Ira>qi>, juz. 2. Beirut:
Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1423 H/ 2002 M.
Jurja>ni>
(al), ‘Ali> ibn Muh}ammad ibn ‘Ali> al-Zain. al-Di>ba>j
al-Muhazhzhab fi> Mus}t}alah} al-H}adi>th. Mesir: Mat}ba‘ah
Mus}t}afa> al-Ba>bi> al-H}albi>, 1350 H.
Qa>simi>
(al), Muh}ammad Jma>l al-Di>n ibn Muh}ammad al- Qawa>‘id
al-Tah}di>th min Funu>n Mus}t}alah} al-H}adi>th. Beirut: Da>r
al-Kutub al-‘Ilmiyah, t.th.
Sijista>ni>
(al), Abu> Da>ud Sulaima>n ibn al-Ash‘ath. Sunan Abi> Da>ud, juz.
2. Beirut: al-Maktabah al-‘As}riyah, t.th.
Shuhbah,
Muh}ammad ibn Muh}ammad ibn. al-Wasi>t} fi> ‘Ulu>m wa Mus}t}lah}
al-H}adi>th. t.t: Da>r al-Fikr al-‘Arabi, t.th.
T}ah}h}a>n
(al), Abu> H}afs} Muh}ammad ibn Ah}mad ibn Mah}mu>d. Taisi>r
Mus}t}alah} al-H}adi>th. t.t: Maktabah al-Ma‘a>rif li al-Nashri wa
al-Tauzi>‘, 1425 H.
[1] Abu> H}afs} Muh}ammad ibn Ah}mad ibn Mah}mu>d al-T}ah}h}a>n, Taisi>r Mus}t}alah} al-H}adi>th (t.t: Maktabah al-Ma‘a>rif li al-Nashri wa al-Tauzi>‘, 1425 H), 229.
[2] Muh}ammad ibn Muh}ammad ibn Shuhbah, al-Wasi>t} fi> ‘Ulu>m wa Mus}t}lah} al-H}adi>th (t.t: Da>r al-Fikr al-‘Arabi, t.th), 414.
[3] Ibid.
[4] 414.
[5] Nu>r al-Di>n ‘Itr, Manhaj al-Naqd fi> ‘Ulu>m al-H}adi>th (Damaskus: Da>r al-Fikr, 1997 M), 354.
[6] al-T}ah}h}a>n, Taisi>r Mus}t}alah}…, 229.
[7] ‘Ali> ibn Muh}ammad ibn ‘Ali> al-Zain al-Jurja>ni>, al-Di>ba>j al-Muhazhzhab fi> Mus}t}alah} al-H}adi>th (Mesir: Mat}ba‘ah Mus}t}afa> al-Ba>bi> al-H}albi>, 1350 H), 33-34.
[8] Muh}ammad Jma>l al-Di>n ibn Muh}ammad al-Qa>simi>, Qawa>‘id al-Tah}di>th min Funu>n Mus}t}alah} al-H}adi>th (Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, t.th), 127.
[9] Muh}ammad ibn S}a>lih} ibn Muh}ammad al-‘Athi>main, Mus}t}alah} al-H}adi>th (Kairo: Maktabah al-‘Ilm, 1994), 38.
[10] Abu> al-Fad}l Zain al-Di>n ‘Abd al-Rah}ma>n ibn al-H}usain al-‘Ira>qi>, Sharh} al-Tabs}irah wa al-Tazhkirah Alfiyah al-‘Ira>qi>, juz. 2 (Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1423 H/ 2002 M), 90.
[11] Abu> Da>ud Sulaima>n ibn al-Ash‘ath al-Sijista>ni>, Sunan Abi> Da>ud, juz. 2 (Beirut: al-Maktabah al-‘As}riyah, t.th), 86.
[12] al-T}ah}h}a>n, Taisi>r Mus}t}alah}…, 230.
[13] Abu> al-Fayd} Muh}ammad ib Ya>si>n ibn Muh}ammad ‘I>sa> al-Fa>da>ni>, al-‘Uja>lah fi> al-Ah}a>di>th al-Musalsalah (Damaskus: Da>r al-Bas}a>’ir, 1985), 13.
[14] Ibid., 96-97.
[15] al-T}ah}h}a>n, Taisi>r Mus}t}alah}…, 231.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar