HOME

06 Mei, 2023

Khutbah Jum'at Singkat Tentang Keberkahan Bulan Ramadhan

 

اَلْحَمْدُ ِللهِ جَعَلَ رَمَضَانَ شَهْرًا مُبَارَكًا، وَفَرَضَ عَلَيْنَا الصِّيَامَ لِأَجْلِ التَّقْوٰى. أَشْهَدُ أَنْ لَاۧ إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ . اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مَحَمَّدِ نِالْمُجْتَبٰى، وَعَلٰى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَهْلِ التُّقٰى وَالْوَفٰى. أَمَّا بَعْدُ

فَيَاأَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ! أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ فَقَدْ فَازَ مَنِ اتَّقَى. فَقَالَ اللهُ تَعَالٰى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ : أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

يَاۤأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءٰمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ

Pada kesempatan yang mulia ini marilah kita tingkatkan kualitas takwa kita kepada Allah swt, dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Di antaranya dengan berusaha melaksanakan ibadah Ramadhan dengan sebaik-baiknya.   

Kita saat ini berada di bulan suci Ramadhan, yaitu bulan yang diberkahi. Terutama karena di bulan Ramadhan ini ada peristiwa agung, yaitu Nuzul al-Qur’an (turunnya kitab suci al-Qur’an). Al-Qur’an ini berfungsi sebagai nûr (cahaya), hudan (petunjuk), dan rahmat bagi manusia.   

Telah maklum bahwa Ramadhan adalah bulan keberkahan, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ﷺ يُبَشِّرُ أَصْحَابَهُ، يَقُوْلُ : " قَدْ جَاۤءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ، تُفْتَحُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَتُغْلَقُ فِيْهِ أَبْوَابُ النَّارِ، فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، مَنْ حُرِمَ خَيْرَها فَقَدْ حُرِمَ " )وَهٰذَا لَفْظُ حَمَّادِ بْنِ زَيْدٍ، أَخْرَجَهُ النَّسَائِيُّ، عَنْ بِشْرِ بْنِ هِلَالٍ

Artinya: Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata: Rasulullah s.a.w. memberikan kabar gembira kepada para sahabat beliau. Beliau bersabda: telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, yaitu bulan yang diberkahi, Allah telah memfardhukan (mewajibkan) atas kalian berpuasa di bulan itu, di bulan itu dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan di bulan itu pula ada Lailatul Qadar (Malam Qadar) yang lebih baik dari seribu bulan”, Siapa saja yang terhalang dari kebaikan malam itu maka ia terhalang dari rahmat Tuhan, (HR. al-Nasa’i).  

Oleh karena itu, sesungguhnya kita diajarkan oleh Nabi Muhammad saw agar menyambut bulan Ramadhan ini dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya sejak jauh-jauh hari, dari bulan Rajab. Sejak bulan Rajab kita diajarkan untuk memohon keberkahan hidup di bulan Rajab, Sya’ban, dan Ramadhan. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Ahmad, kita diajarkan agar berdoa:

   اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِيْ رَمَضَانَ 

“Allahumma baariklanaa fii rajaba wasya’baana wabaariklanaa fii ramadlaana”

Artinya: Wahai Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan bulan Sya’ban, dan berkahilah pula kami di bulan Ramadhan.

Ma`âsyiral Muslimîn hafidhakumullâh

Mengapa kita diajarkan untuk memohon keberkahan? Apakah keberkahan penting bagi kita? Ini karena keberkahan hidup menjadi dambaan setiap orang yang berakal sehat. Berkah berarti bertambah. Dalam makna luas berkah berarti bertambah kebaikan (ziyâdat al-khair fî al-syai’), termasuk kesejahteraan baik dari segi material maupun immaterial.  

Berkah dalam arti materi, seperti harta benda yang kita miliki makin bertambah, dan usaha semakin maju. Berkah dalam arti immateri, seperti ketenteraman hati kita makin terasa, dan pengetahuan dan wawasan yang semakin bertambah luas, yang mengarahkan kepada sikap dan perbuatan yang penuh hikmah kebijaksanaan, sikap dan perbuatan yang moderat, tidak ekstrem, sikap dan perbuatan yang mencerminkan rahmatan lil ‘alamin. 

Ma`âsyiral Muslimîn hafidhakumullâh

Di antara hikmah bulan Ramadhan adalah ada pengabulan doa bagi orang yang berdoa; ada penerimaan tobat orang yang bertobat, dan ada pengampunan bagi orang yang mohon ampunan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Qudsi yang panjang, yang diriwayatkan dari Ibn ‘Abbas radhiyallau ‘anhuma, di dalam bagian hadits ini disebutkan:

   يَقُوْلُ اللهُ - عَزَّ وَجَلَّ - فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ ثَلاثَ مَرَّاتٍ : هَلْ مِنْ سَاۤئِلٍ فَأُعْطِيَهُ سُؤَلْهُ ؟ هَلْ مِنْ تَاۤئِبٍ فَأَتُوْبَ عَلَيْهِ ؟ هَلْ مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَأَغْفِرَ لَهُ؟ 

Artinya: Dalam setiap malam bulan Ramadhan Allah ‘azza wa jalla berseru sebanyak tiga kali: Adakah orang yang meminta maka aku penuhi permintaannya? Adakah orang yang bertobat maka aku terima tobatnya? Dan adakah orang yang memohon ampunan maka aku ampuni dia?, (HR. Al-Thabrâni dan al-Baihaqî).   

Jamaah shalat Jumat yang semoga dimuliakan Allah,  

Pada bulan Ramadhan kita diwajibkan berpuasa, yang tujuan utamanya adalah untuk menjadikan kita orang-orang yang bertakwa. Sejarah kewajiban puasa Ramadhan ini ditetapkan pada bulan Sya’ban Tahun Kedua Hijriyah, yang mengandung banyak hikmahnya.   

Di antara hikmah berpuasa Ramadhan adalah mensyukuri nikmat Tuhan yang diberikan kepada kita selama ini. Karena makna ibadah secara mutlak, termasuk ibadah puasa, adalah ungkapan syukur dari seorang hamba kepada Tuhannya atas nikmat-nikmat yang telah diberikan kepadanya. Sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur’an, bahwa kita tidak akan dapat menghitung nikmat Tuhan (QS. Ibrâhim [14]: 34).  

Dalam puasa Ramadhan setidaknya ada 3 faedah (manfaat), yaitu fâ’idah rûhiyyah (manfaat psikologis/spiritual/kejiwaan), fâ’idah ijtimâ’iyyah (manfaat sosial-kemasyarakatan) dan fâ’idah shihhiyyah (manfaat kesehatan).  

Di antara faedah kejiwaan dari berpuasa Ramadhan adalah pembiasaan diri kita agar berlaku sabar, ajaran agar kita mengekang hawa nafsu, dan ekspresi atau ungkapan mengenai karakteristik takwa yang tertanam dalam hati. Takwa itulah yang menjadi tujuan khusus dalam berpuasa Ramadhan.

Di antara faedah sosial-kemasyarakatan dalam puasa Ramadhan ini adalah pembiasaan kita, umat Islam, untuk tertib, disiplin dan bersatu padu, cinta keadilan dan kesetaraan di antara umat Islam: antara yang kaya dan yang miskin, antara yang pejabat dan rakyat, antara pengusaha dan karyawan, dan seterusnya. Tidak ada perbedaan di antara mereka, semuanya wajib berpuasa ketika telah memenuhi persyaratannya. Juga di antara faedah sosial dari puasa adalah pembentukan rasa kasih sayang dan berbuat baik di antara kaum Muslim, sebagaimana puasa Ramadhan ini melindungi masyarakat dari keburukan-keburukan dan kemafsadatan.  

Adapun di antara manfaat kesehatan dari berpuasa Ramadhan adalah berpuasa itu membersihkan usus-usus dan pencernaan, memperbaiki perut yang terus-menerus beraktifitas, membersihkan badan dari lendir-lendir/lemak-lemak, kolesterol yang menjadi sumber penyakit, dan puasa dapat menjadi sarana diet atau pelangsing badan.   

Jamaah shalat Jumat hafidhakumullah,  

Oleh karena itu, marilah Bulan Ramadhan ini, kita jadikan bulan kesederhanaan, bulan peribadatan, bulan memperbanyak berbuat kebajikan kepada orang-orang fakir dan orang-orang yang membutuhkan bantuan, bulan perlindungan badan kita, ucapan kita dan hati kita dari hal-hal yang dilarang agama, seperti perkataan keji (qaul az-zûr), ghibah, menebar hoaks, fitnah, hate speech (ujaran kebencian), dan adu domba, baik secara langsung maupun melalui media-media digital, media elektronik, televisi, radio, internet, dan media sosial (medsos). Intinya marilah kita jadikan bulan Ramadhan ini bulan penyucian badan dan rohani kita dari segala keburukan, agar kita mendapatkan hikmah yang berharga dan keberkahan hidup.  

Saudara-saudara jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah,  

Sebagai penutup khutbah pertama ini marilah kita renungkan firman Allah Ta’ala dalam QS. al-A’raf (7): ayat 96:

   أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٓ ءٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَآءِ وَاْلأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوْا فَأَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ.  

Artinya: Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan (QS. al-A’raf (7): 96).   

Semoga kita mendapatkan hikmah yang berharga dan keberkahan di bulan Ramadhan ini. Amîn yâ rabbal ‘âlamîn.

    بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ بِاْلُقْرءَانِ اْلعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ ِبمَا ِفيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهٗ هُوَ اْلغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ  

 

 

Khutbah II

   اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا   أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ   اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:

Khutbah Jumat Singkat Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan

 

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ اٰدَمَ يُضَاعَفُ، الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ، قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: إِلَّا الصَّوْمَ، فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ، يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي (رَوَاهُ مُسْلِمٌ)

Maknanya: 

“Setiap kebaikan yang dilakukan anak Adam akan dilipatgandakan dari sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat kecuali puasa, sebab puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya kepada orang-orang yang telah menahan syahwat, makan, dan minum karena-Ku. 

Berikut Khutbah jum'at singkat tentang Keutamaan Bulan Ramadhan

 KHUTBAH 1

اَلْحَمْدُ ِللهِ جَعَلَ رَمَضَانَ شَهْرًا مُبَارَكًا، وَفَرَضَ عَلَيْنَا الصِّيَامَ لِأَجْلِ التَّقْوٰى. أَشْهَدُ أَنْ لَاۧ إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ . اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مَحَمَّدِ نِالْمُجْتَبٰى، وَعَلٰى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَهْلِ التُّقٰى وَالْوَفٰى. أَمَّا بَعْدُ

فَيَاأَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ! أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ فَقَدْ فَازَ مَنِ اتَّقَى. فَقَالَ اللهُ تَعَالٰى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ : أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

يَاۤأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءٰمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ

Pada kesempatan yang mulia ini marilah kita tingkatkan kualitas takwa kita kepada Allah swt, dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Di antaranya dengan berusaha melaksanakan ibadah Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Khutbah jumat singkat: Keutamaan Bulan Ramadhan 

Hadirin jamaah shalat Jumat hafidhakumullah,

Bulan suci Ramadhan adalah anugerah dan nikmat yang agung bagi umat Nabi Muhammad saw. Di dalamnya terdapat keutamaan dan hikmah yang Allah SWT berikan kepada hambanya yang dengan ikhlas menjalankan ibadah puasa serta ibadah-ibadah lainnya. Pada bulan ini pula umat Islam sangat dianjurkan melakukan ibadah-ibadah sunah. Karena semua pahala ibadah sekecil apapun akan dilipatgandakan, pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu neraka ditutup serapat-rapatnya. Bahkan setan pun dibelenggu dan diikat pada bulan suci ini. Rasulullah saw. Bersabda:

أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ، تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ، وَتُغَلَّقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ، وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ، لِلَّهِ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia terhalang mendapat sesuatu yang besar.” (HR. Ahmad dan An-Nasa’i)

Begitu penting dan mulianya bulan Ramadhan sehingga Nabi Muhammad Saw. bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَاناً وَاحْتِسَاباً، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barang siapa berpuasa Ramadhan karena percaya kepada Alloh dan hanya mengharapkan (ridlo) kepada Alloh Swt., maka akan diampuni semua dosa yang telah dilakukannya.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Bahkan dalam hadits qudsi dikatakan bahwa:

 

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ أَدَمَ لَهُ إِلَّا الصِّيَامَ فَهُوَ لِيْ، وَأَنَا أَجْزِيْ بِهِ

Setiap amal yang dilakukan anak Adam adalah untuknya, ‘Kecuali puasa, itu untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya. (HR. Bukhari)

Hadirin jamaah shalat Jumat yang kami muliakan

Hadits qudsi tersebut menghabarkan bahwa puasa memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki ritual ibadah lainnya yakni pahala puasa tidak bisa diukur sama sekali, bahkan tidak akan pernah terbesit dalam angan-angan manusia, karena Allah Swt. secara langsung menisbatkan puasa sebagai ibadah yang ditujukan kepada-Nya walaupun sudah maklum bahwa semua ibadah pada hakikatnya ditujukan untuk Allah Swt. semata. Demikian menurut Imam al-Ghozali memiliki dua arti;

Pertama, tidak lain karena puasa adalah menahan diri supaya tidak melakukan tindakan yang membatalkan puasa dan hal lain yang dilarang agama tanpa sepengetahuan orang lain, melainkan hanya dirinya dan Allah Swt. saja yang tahu. Kedua, puasa merupakan alternatif paling manjur untuk menahan hawa nafsu yang merupakan jalan satu-satunya bagi setan untuk menjerumuskan manusia kedalam perbuatan dosa. Karena dengan tidak makan dan minum satu hari penuh dorongan hawa nafsu untuk melakukan dosa dapat berkurang.

Hadirin sidang jumat yang berbahagia

Di era modern ini banyak sekali para pakar yang membuktikan berbagai manfaat yang didapat oleh orang yang berpuasa. Misalkan saja dalam bidang psikologi, puasa dapat menyebabkan pelepasan produksi protein ke otak yang dinamakan BDNF (Braind Derived Neurotropic Factor). Protein otak yang dilepaskan ini memiliki efek yang mirip dengan obat-obatan anti depresan sehingga tingkat kecemasan, stres dan depresi ringan bisa menurun.

Dalam bidang kedokteran para dokter mengungkapkan manfaat puasa adalah mengistirahatkan organ pencenaan tubuh yang sebelumnya dipaksa terus-menerus untuk bekerja, serta membersihkan jasmani dari racun-racun yang membahayakan.

Puasa juga memiliki dampak sosial yang luar biasa. Sebab dengan berpuasa orang akan merasakan letih, lapar dan haus. Dengan itu manusia diharapkan akan  sadar dan lebih tergerak hatinya untuk berbelas kasih dan berbagi dengan orang-orang yang kesulitan secara ekonomi.

 

Demikianlah banyak sekali keutaman dan manfaat dari bulan Ramadhan. Maka sudah seyogyanya dalam bulan Ramadhan ini kita umat Islam supaya lebih meningkatkan amal ibadah dan kebersihan hatinya dengan melaksanakan segala bentuk kewajiban dan kesunahan.

جَعَلَنا اللهُ وَإيَّاكم مِنَ الفَائِزِين الآمِنِين، وَأدْخَلَنَا وإِيَّاكم فِي زُمْرَةِ عِبَادِهِ المُؤْمِنِيْنَ

أعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجِيْم، بسم الله الرحمن الرحيم، وَالْعَصْرِ (١) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (٢) إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (٣) ـ وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرّاحِمِيْنَ

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَجَعَلَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاِت وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. إِنَّهُ هُوَ البَرُّ التَّوَّابُ الرَّؤُوْفُ الرَّحِيْمُ.

Khutbah II

   اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا   أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ   اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:

MAKALAH PRAKTIK MENYIMAK KONSERVATIF

 

Pendahuluan

1.1  Latar Belakang

Bahasa memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Bahasa digunakan sebagai alat berkomunikasi, untuk menyampaikan suatu informasi baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Dalam berbahasa, terdapat empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis.

Menyimak merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang bersifat langsung, apresiatif, reseptif dan fungsional. Menyimak merupakan rangkaian kegiatan mendengarkan dengan penuh perhatian dan pemahaman agar informasi dapat tersampaikan serta isi dari informasi tersebut dapat dipahami dengan baik.

Dalam kegiatan menyimak terdapat bebrapa jenis menyimak, seperti menyimak intensif dan menyimak ekstensif. Menyimak ekstensif merupakan menyimak tanpa bimbingan dan pengawasan yang lebih ahli. Contoh menyimak ekstensif yaitu Menyimak sosial, menyimak sekunder, menyimak estetik dan menyimak pasif.

Sedangkan menyimak intensif yaitu menyimak dengan dibawah bimbingan dan pengawasan yang lebih ahli. Ada enam macam menyimak intensif yaitu menyimak kritis, menyimak konsentratif, menyimak kreatif, menyimak eksplor, menyimak interogatif dan menyimak selektif. Dalam makalah ini terfokuskan pada menyimak konsentratif, yaitu menyimak yang memerlukan konsentrasi agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan baik.

 

1.2  Rumusan Masalah

1.      Bagaimana  maksud dari menyimak konsentratif ?

2.      Bagaimana strategi agar dapat menyimak konsentratif?

 

1.3  Tujuan

1.      Untuk mendeskripsikan maksud dari menyimak konsentratif.

2.      Untuk mendeskripsikan strategi agar dapat menyimak konsentratif.

 

Pembahasan

2.1    Pengertian Menyimak Konsentratif

Menyimak konsentratif adalah kegiatan menyimak yang dilakukan dengan penuh perhatian untuk memperoleh pemahaman yang baik terhadap informasi yang disimak. Menyimak konsentratif pada dasarnya adalah bagian dari menyimak komprehensif. Penggolongan menyimak konsentratif  kedalam menyimak komprehensif berkaitan dengan aktifitas yang terjadi pada menyimak konsentrasi yang fokusnya menelaah pembicaraan atau hal yang disimaknya. Kegiatan menyimak konsentratif merupakan kegiatan menyimak dengan memusatkan perhatian pada ide, informasi, pengembangan ide, dan sebagainya. Hal ini diperlukan konsentrasi penuh dari penyimak agar ide dari pembicara dapat diterima dengan baik.

 

2.2    Tujuan Menyimak Konsentratif

Tujuan meyimak konsentratif secara khusus adalah tertangkapnya berbagai informasi yang disampaikan oleh penutur sehingga ide dari pembicara dapat dipahami dengan baik.

Tujuan menyimak konsentratif secara umum:

1.      Untuk mendengarkan dan mengikuti petunjuk

2.      Mencari hubungan antar unsur atau antar komponen dalam menyimak

3.      Mencari hubungan kuantitas dan kualitas dalam suatu komponen

4.      Mendapatkan butir-biutir informasi penting

5.      Memahami persoalan yang sangat penting

6.      Menemukan gagasan penting suatu simakan

7.      Menemukan urutan penempatan gagasan dalam materi simakan

 

2.3    Kegiatan-kegiatan dalam Menyimak Konsentratif

Kegiatan-kegiatan yang tercakup dalam menyimak konsentratif yaitu :

1)      Mengikuti petunjuk yang terdapat dalam pembicaraan

2)      Mencari dan merasakan hubungan-hubungan seperti kelas, waktu, urutan, serta sebab-akibat

3)      Mendapatkan atau memperoleh butir-butir informasi tertentu

4)      Memperoleh pemahaman dan pengertian yang mendalam

5)      Merasakan serta menghayati ide-ide sang pembicara

6)      Memahami urutan ide-ide sang pembicara

7)      Mencari dan mencatat fakta-fakta penting

 

2.4    Strategi Dalam Menyimak Konsentratif

1.      memusatkan perhatian

agar dapat melakukan penyimakan dengan baik harus memusatkan pada tuturan pembicara. Penutur atau pembicara biasanya menggunakan isyarat visual dan verbal untuk menyampaikan pesan dan mengarahkan perhatian penyimak. Isyarat visual meliputi gerak tubuh (gesture), tulisan atau kerangka informasi penting, dan perubahan ekspresi wajah. Iyarat verbal meliputi perhentian, naik turunya suara, lambatnya pengucapan butir-butir penting, dan pengulangan informasi penting.

2.      Membuat catatan

Membuat catatan dapat membantu aktivitas menyimak karna mendorong berkonsentrasi, menyediakan bahan-bahan untuk meriview, dan dapat membantu mengingatkan. Akan tetapi membuat catatan juga memerlukan konsentrasi. Agar membuat catatan sewaktu menyimak tidak menggangu konsentrasi sebaiknya saran-saran berikut dipertimbangkan:

1.      Catatan bersifat sederhana

Membuat catatan yang bersifat sederhana maksudnya adalah membuat catatan dengan mencatat ide-ide pokok yang dianggap penting saja dan bukan berupa kalimat yang panjang.

2.      Catatan menggunakan singkatan-singkatan dan simbol-simbol.

Catatan yang dibuat saat melakukan kegiatan menyimak haruslah berisi singkatan-singkatan dan simbol-simbol yang dapat dipahami dengan baik maksud dari simbol-simbol itu.

3.      Catatan harus jelas.

Catatan yang dibuat harus jelas menurut ukuran diri sendiri agar tidak susah jika membaca ulang tulisan tersebut.

 

2.5    Isi video

Dalam makalah ini akan dilaksanakan kegiatan menyimak konsentratif dengan menggunakan media pemutaran video yang berjudul “Kick Andy- Dokter Ini Marah Apabila Ditanya Tarif”.

Dalam video tersebut, Andy F. Noya sebagai pembawa acara dan Dr.Aznan Lelo sebagai narasumber.  Dr. Aznan Lelo merupakan seorang dokter dari Medan dan mulai membuka praktik pertamanya pada tahun 1978. Praktik Dr.Aznan Lelo dilakukan di garasi rumahnya. Pasien yang datang setiap hari mulai dari 30 sampai 153. Dr. Aznan Lelo sering disebut dengan julukan “buya” yang berarti “ayah”. Dr.Aznan merupakan anak pertama dari enam bersaudara dan kedua orang tuanya bekerja sebagai tukang jahit. Pendidikan kedua orang tuanya tidak tamat SD. Pertama kali muncul keinginan untuk menjadi dokter karena ingin membantu orang banyak. Dr.Aznan masuk kuliah kedokteran berbohong kepada kedua orang tuanya karena tidak diizinkan dan beliau masuk ke satu universitas kemudian setelah lulus baru kedua orang tuanya tau bahwa Dr.Aznan masuk ke fakultas kedokteran. Selama kuliah, beliau membiayai kuliah dengan biaya sendiri dan tanpa dibantu orang tua karena beliau hanya meminta uang kepada orang tua untuk awal masuk daftar ke universitas.

Dr.Aznan Lelo disebut sebagai dokter aneh karena bukan dari penampilan tapi dari tarif dan sistem praktik. Salah satu yang membuatn aneh adalah tidak ada papan nama di tempat praktik. Selain itu, beliau tidak mengenakan tarif dalam pasien yang berobat. Alasan Dr.Aznan tidak boleh mengenakan tarif karena menurut beliau ada tiga profesi yang tidak boleh dikenai tarif tetapi jika dikasih harus diterima . Profesi tersebut antara lain apabila ada seseorang murid ingin berguru (Dosen atau guru) , apabila datang orang untuk meminta nasihat (Pengacara) dan apabila ada orang yang datang untuk berobat (Dokter).

Sistem pembayaran yang diterapkan oleh Dr.Aznan dengan menggunakan prinsip bayar suka-suka dan menggunakan amplop. Dengan sistem seperti itu Dr.Aznan tidak merasa dirugikan dan jika ada pasien yang bertanya tentang tarif, maka Dr.Aznan akan marah karena menurut beliau itu penghinaan dengan alasan jika beliau sudah bisa menghargai berapa rupiah maka orang lain akan bisa membeli beliau. Dr. Aznan akan bersikap sama terhadap semua pasiennya baik itu orang biasa maupun pejabat. Amanat dari Dr. Aznan untuk anak muda masa kini yang merasa bahwa materi adalah ukuran sukses yaitu Apa yang dicari dalam hidup ini. Maksudnya apa yang dicari dari kekayaan itu, yang penting cari kekayaan yang berkah yang dapat dinikmati diri sendiri dan orang lain.

Pertanyaan

1.      Apa usaha Dr. Aznan Lelo  ketika dia tidak disetujui oleh orang tuanya untuk menjadi dokter?

2.      Pada tahun berapa awal mulainya praktik Dr.Aznan dan pada pukul berapa praktik mulai buka?

3.      Dimana Dr.Aznan melakukan praktiknya?

4.      Mengapa Dr. Aznan Lelo disebut dengan dokter  yang aneh ?

5.      Apa nama populer dari Dr. Aznan Lelo dan apa artinya?

6.      Mengapa jika ada yang bertanya soal tarif  dokter tersebut marah?

7.      Mengapa  Dr. Aznan menerapkan pembayaran dengan sistem suka-suka ?

8.      Sebutkan tiga profesi menurut Dr. Aznan Lelo  yang tidak menargetkan tarif pembayaran?

9.      Berapa banyak jumplah pasien Dokter  perharinya ?

10.  Apa  amanat yang disampaikan oleh Dr.Aznan Lelo untuk anak muda yang menilai sukses dari segi materi atau uang?

 

Jawaban

1.      Awalnya berbohong karena tidak diizinkan untuk bersekolah kedokteran. Kemudian Dr.Aznan meminta uang kepada orang tuanya untuk daftar satu Universitas. Orang tua tidak tau jika Dr.Aznan mendaftar kedokteran. Biaya saat kuliah diperoleh dari hasil privat les anak SMA dan menjual kumpulan soal-soal yang ia fotokopi kepada mahasiswa.

2.      Tahun 1978 dan buka mulai pukul 5 sampai dini hari.

3.      Di garasi rumahnya

4.      Dari penampilannya, dalam praktiknya tidak menggunakan papan nama dan tidak mengenakan tarif untuk pasiennya.

5.      Nama populer Dr. Aznan Lelo adalah buya dan artinya ayah

6.      Karena dia merasa terhina dengan pertanyaan itu, jika doter tersebut menargetkan tarif, maka orang lain bisa membeli harga dirinya.

7.      Karena Dr.Aznan menerapkan sistem bayar seikhlasnya dan sang dokter tidak pernah mengerti atau membuka amplopp yang diberikan oleh pasiennya.

8.      apabila ada seseorang murid ingin berguru (Dosen atau guru) , apabila datang orang untuk meminta nasihat (Pengacara) dan apabila ada orang yang datang untuk berobat (Dokter).

9.      30 sampai 153 pasien

10.  Amanat dari Dr. Aznan untuk anak muda masa kini yang merasa bahwa materi adalah ukuran sukses yaitu Apa yang dicari dalam hidup ini. Maksudnya apa yang dicari dari kekayaan itu, yang penting cari kekayaan yang berkah yang dapat dinikmati diri sendiri dan orang lain.

 

Simpulan

Dalam keterampilan berbahasa, menyimak adalah salah satu keterampilan dalam berbahasa. Jenis-jenis dari menyimak ada menyimak ekstensif dan menyimak intensif. Menyimak intensif merupakan kegiatan menyimak yang dibawah bimbingan yang lebih ahli. Salah satu jenis menyimak intensif adalah menyimak konsentratif. Menyimak konsentratif adalah menyimak dengan membutuhkan konsentrasi penuh terhadap bahan yang disimak agar dapat memahami isi simakan. Selain itu, dapat menemukan hal-hal penting dan ide-ide dalam simakan.

 

Daftar Pustaka

http://pengertianedefinisi.com/pengertian-menyimak-tujuan-jenis-menyimak/

http://dinimarisya.blogspot.co.id/2015/07/.html

http://www.planetxperia.tk/2014/04/pengertian-menyimak-jenis-jenis-meyimak.html

 BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:

MAKALAH HADIST TENTANG HIJAB

  A.   Latar Belakang Telah disepakati oleh seluruh umat Islam bahwa al-Qur’an menjadi pedoman hidup baik tentang syariah maupun dalam keh...