HOME

28 November, 2021

Object (Bahasa Inggria)

Object merupakan bagian dari kalimat. Dalam kalmat terdapat dua macam object, yaitu :

1. Direct object

  • Biasanya digunakan untuk menjawab pertanyaan what dan whom (apa dan siapa) setelah action verb dalam kalimat transitif.
  • Umumnya terletak setelah verb. Tetapi ada kalanya berada di belakang indirect object

            Ex. : The boy play football in the yard

            Ex. : He gives me a flower

2. Indirect object

  • Biasanya digunakan untuk  menerangkan untuk apa atau untuk siapa (to whom, for whom, for what) sesuatu yang dilakukan oleh avtion verb dalam kalimat transitif.
  • Dapat diletakkan sebelum direct object atau setelah direct object dengan menambahkan to atau for.

            Ex. : My teacher gives me good score

            Ex. : I buy some fruits for my mother

 

Pengertian Refer to dan Contohnya

Refer to adalah salah satu bentuk phrasal verb (frase kata kerja) yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan 'merujuk kepada'.

Refer to terbagi menjadi :

1. Refer to somebody / living things (refer to untuk orang atau benda hidup)

    Ex. : My sister has just been sleeping at her bedroom, she is looked so tired

    Ex. : I find the bird in my roof top, it can not fly

    Ex. : I have just bought some fruits for my mother, she likes it so much

2. Refer to something (refer to untuk benda atau suatu hal)

    Ex. : I have just bought some fruits for my mother, she likes it so much

    Ex. : I find a pen under your desk, is it yours?

    Ex. : Thank you for helping me to bring my books, it is so heavy


Refer To memiliki beberapa fungsi, yaitu :

1. Digunakan untuk mrujuk kepada sesuatu atau seseorang.

    Ex. : I have just bought some fruits for my mother, she likes it so much

2. Digunakan ketika kita berbicara dengan seseorang dan lawan bicara kita membahas sesuatu tanpa menyebut objek yang jelas maka kita bias menggunakan Refer to dalam artian ‘siapa yang dimaksud?’ atau “apa yang dimaksud?’

    Ex. : dina : “Today, I meet your classmate in market”

.         Vio : “Who is she? Or Who is he?”

3. Digunakan untuk melihat rujukan dalam hal informasi atau referensi (untuk refer to something)

    Ex. : I hear that you have just lost your money, is it true?

Kata yang dirujuk harus mendahului kata yang merujuk, atau disebut antecedent. 

Perbedaan Dependent Clause dan Independent Caluse

Perbedaan Dependent Clause dan Independent Caluse :

Independent caluse :

- Disebut kalimat lengkap karena sudah memiliki subject dan verb yang dapat berdiri sendiri sebagai suatu kalimat

- Mengungkapkan satu gagasan yang utuh

Ex. : He gives me a flower


Dependent caluse :

- Merupakan kalimat yang tidak lengkap sehingga disebut subordinate clause

- Tidak dapat berdiri sendiri sebagai suatu kalimat tanpa dilengkapi klausa atau frasa lain

- Tidak mengungkapkan gagasan secara utuh

- Harus slalu didampingi oleh independent clause agar dapat berfungsi dengan baik

Ex. : He gives me a flower when I fall asleep

 Baca artikel yang lain;

Karya Ilmiah dan Karya Ilmiah Populer

Karya Ilmiah adalah karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah. Biasanya Karya ilmiah berisikan data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat. Penulisan karya ilmiah dilakukan secara runtut dan sistematis.

Struktur Karya Ilmiah

Suatu karya ilmiah biasanya memiliki tiga bagian di dalamnya:

1.     Pendahuluan

Bagian pendahuluan berisikan dasar-dasar penelitian ilmiah dilakukan, masalah yang diangkat, dan mekanisme penyelesaian masalah itu.

2.     Isi dan Pembahasan

Bagian isi dan pembahasan ini bisa terdiri dari satu atau lebih bab. Jumlah bab pada bagian ini bergantung seberapa pelik pembedahan dan pembahasan dari bahan penelitian.

3.     Kesimpulan

Bagian kesimpulan berisikan kesimpulan dari hasil analisis pada bagian isi dan pembahasan. Kesimpulan yang disampaikan pada bagian ini berupa penjelasan singkat dan padat mengenai hasil analisis. Biasanya, bagian ini hanya terdiri dari satu bab.

Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah :

  • Reproduktif
  • Tidak Ambigu
  • Tidak Emotif
  • Menggunakan Bahasa Baku
  • Menggunakan Kaidah Keilmuan
  • Bersifat Dekoratif
  • Terdapat Kohesi
  • Bersifat Objektif
  • Menggunakan Kalimat Efektif

 

Karya ilmiah populer adalah karya ilmiah yang disajikan ke hadapan massa secara popular pada media-media massa cetak (majalah, koran, tabloid). Oleh karena demikian, maka karya ilmiah populer memiliki karakter yang khas agar dapat diserap isinya oleh khalayak luas, tidak terbatas pada kalangan akademisi.

Karakteristik karya ilmiah populer

1.     Judul karangan ilmiah harus informatif, mudah ditangkap maksudnya dan dengan cepat menimbulkan imajinasi pada pembacanya;

2.     Disajikan secara objektif dan mendalam, juga referensial, deskriptif, dan argumetatif;

3.     Disajikan dengan bahasa populer, yaitu bahasa yang akrab (komunikatif), menyenangkan, menarik, dan mudah dipahami oleh rakyat (populus). Meskipun demikian, bahasa tersebut harus tetap menggunakan istilah-istilah yang tepat, tidak ceroboh, tidak urakan;

4.     Tidak memancing pernyataan-pernyataan yang bernada meragukan;

5.     Penyajian fakta objektif sering disertai oleh penyajian sejarah kerja ilmuwan penemunya atau deskripsi fakta proses pengamatan secara sederhana;

6.     Penjelasan tentang suatu masalah didramatisasikan melalui suatu cerita;metode penjelasan biasanya tidak langsung, terutama dalam karangan yang bukan tentang pengetahuan alam;

7.     Penulis senantiasa berusaha dengan sentuhan bahasanya agar pembaca seolah-olah melihat, merasa, atau mengalami sendiri situasi yang ditulis oleh penulis.

 

Jenis penyajian karya ilmiah populer (feature dan artikel ilmu pengetahuan pada media massa):

1.     Penyajian deskriptif yang hanya menggambarkan suatu pengetahuan sebagai kumpulan fakta sebagaimana adanya atau mengemukakan penemuan mutakhir di bidang keilmuan tertentu, tanpa banyak penjelasan tentang jalannya proses (riwayat atau latar belakang) penemuan itu.

2.     Penyajian deskriptif, tetapi disertai penjelasan tentang jalannya proses pembentukan, riwayat penemuan atau sejarah terjadinya hal, penjelasan tentang mengapa, dan penjelasan tentang bagaimana jalan keluar atau pemecahan masalah itu.


Baca artikel yang lain;

27 November, 2021

Pengertian Menyimak dan Pembagiannya

 Menyimak

1.       Setiap orang perlu memiliki kemampuan menyimak yang baik. Karena,

1-      Menyimak merupakan salah satu dari empat kemampuan yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh setiap manusia (menyimak, menulis, berbicara, dan membaca).

2-      Menyimak berhubungan dengan keterampilan lain. Yakni, keterampilan berbicara, membaca, dan menulis. Jadi, menyimak memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan.

3-      Terdapat beberapa jenis menyimak:

1.       Menyimak ekstensif ialah proses menyimak yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti: mendengarkan siaran radio, televisi, percakapan orang di pasar, khotbah di masjid, pengumuman di stasiun kereta api, dan sebagainya. Ada beberapa jenis kegiatan menyimak ekstensif, yaitu:

1-      Menyimak sosial dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan sosial, seperti di pasar, terminal, stasiun, kantor pos, dan sebagainya. Jadi, manusia sebagai makhluk social hendaknya memiliki kemampuan menyimak yang baik.

2-      Menyimak sekunder terjadi secara kebetulan. Misalnya, jika seorang pembelajar sedang membaca di kamar, ia juga dapat mendengarkan percakapan orang lain, suara siaran radio, suara televisi, dan sebagainya. Suara tersebut sempat terdengar oleh pembelajar tersebut, namun ia tidak terganggu oleh suara tersebut.

3-      Menyimak estetika sering disebut menyimak apresiatif. Menyimak estetika ialah kegiatan menyimak untuk menikmati dan menghayati sesuatu. Misalnya, menyimak pembacaan puisi, rekaman drama, cerita, syair lagu, dan sebagainya. Kegiatan menyimak itu lebih menekankan aspek emosional penyimak seperti dalam menghayati dan memahami sebuah pembacaan puisi.

4-      Menyimak pasif ialah menyimak suatu bahasan yang dilakukan tanpa upaya sadar. Misalnya, dalam kehidupan sehari-hari, seseorang mendengarkan bahasa daerah, setelah itu dalam masa dua atau tiga tahun ia sudah mahir memahami pesan dalam bahasa daerah tersebut. Kemudian, dia mahir pula menggunakan bahasa daerah tersebut

2.       Menyimak intensif merupakan kegiatan menyimak yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dengan tingkat konsentrasi yang tinggi untuk menangkap makna yang dikehendaki.

Baca artikel yang lain;

MENDENGAR DAN MENYIMAK

Mendengar ialah aktivitas menangkap bunyi, baik bunyi bahasa maupun nonbahasa. Mendengar ini dilakukan secara tidak sengaja oleh manusia. Contoh: 1) Saat mengerjakan tugas dini hari di kamarnya, Budi mendengar suara jangkrik yang bersahutan di halaman rumah. 2) Ketika melintasi warga yang sedang duduk di warung, Budi mendengar samar-samar pembicaraan tentang politik pemilukada.

Mendengarkan semacam kegiatan menangkap bunyi yang dilakukan dengan sungguh-sungguh. Dengan kata lain, mendengarkan dilakukan secara sengaja. Contoh: Budi mendengarkan informasi yang disampaikan penyiar di radio kesayangannya.

Menyimak adalah aktivitas yang hampir sama dengan mendengarkan. Namun, menyimak dilakukan dengan serius sembari memperhatikan baik-baik apa yang diucapkan atau yang dibacakan oleh orang yang didengarnya. Contoh: Budi memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru di depan kelas.

Baca artikel yang lain;


Dream of Studying Master of English at the University of Helsinki In Finland

 Dream of Studying Master of English at the University of Helsinki In Finland

Education is important for everyone. Education is not everything, but everything starts with education. Getting a higher education is a privilege and everyone's dream. Moreover, he continued his education in the English Master Program at the University of Helsinki in Finland. Finland is known to have an advanced quality of education and is often a curriculum reference for other countries, including Indonesia. In addition, Finland is one of the safest countries in the world by instilling the values of equality, integrity and openness as fundamental rights for its citizens.

English Studies there can focus on several topics related to the English language, literature in English, and teaching English. It is also possible to choose to combine programs from one or more according to interests. For example In Linguistics programs can focus on the structure and use of English as well as on language variation and change, sociolinguistics and corpus linguistics.

When I follow full-time can complete Master's degree in two years. During the Master's studies you can focus mainly on the main subject of study, deepen your knowledge through courses and write a Master's thesis. And the attraction again when after graduation, I will have excellent knowledge of English, By working in a challenging environment with accomplished research and mentoring teachers, will also develop other skills needed in future careers, such as skills in presentations, independent and group work, and project management.

    Baca Juga tentang:


MAKALAH HADIST TENTANG HIJAB

  A.   Latar Belakang Telah disepakati oleh seluruh umat Islam bahwa al-Qur’an menjadi pedoman hidup baik tentang syariah maupun dalam keh...