HOME

01 Juli, 2022

Teks Khutbah Idul Adha Bahasa Jawa

 

Pelajaran Ingkang Wigati saking Kisah Nabi Ibrahim

Pelajaran Yang Berharga dari Kisah Nabi Ibrahim

 

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

الله أكبر3 … الله أكبر3 … الله أكبر3 …الله أكبر كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة وأصيلا  لا إله إلا الله والله أكبر, الله أكبر و لله الحمد

إن الحمد لله نحمده ونستعينه و نستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له ,أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله

اللهم صل وسلم على نبينا محمد وعلى آله و صحبه و من تبعهم بإحسان إلى يوم  الدين… أما بعد

 

فيا عباد الله أوصي نفسي و إياكم بتقوى الله عز وجل فقد فاز المتقون

قال الله تعالى في القرآن الكريم : ( ياأيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون )

Kaum Muslimin lan Muslimat, Jama’ah sholat Idul Adha ingkang berbahagia…

Alhamdulillah, Wonten enjing ingkang kebak berkah lan rohmat meniko, Kito dados umat islam ngraosaken kebahagiaan, kebahagiaan saget merayakan hari raya idul adha kanthi sesarengan, Pramilo kito kedhah tansah bersyukur dumateng Allah, lan ngagungaken asmanipun Allah kanthi maos takbir lan tahmid.

 

Jama’ah sholat Idul Adha ingkang dipun rohmati Allah…

Kawontenan Hari raya Idul Adha meniko, ngemutaken dhumateng kito sedoyo kaliyan perjuangan lan pengorbanan Nabi Ibrohim alaihi sallam ingkang sampun kasebat wonten Al Qur’an.

Allah Ta’ala sampun menceritakan kisahipun Nabi Ibrohim ‘alaihi sallam wonten Al Qur’an, setunggalipun kisah ingkang penuh hikmah lan pelajaran ingkang kedhah dipun mangartosi.

Allah Ta’ala sampun paring pangandikan wonten surat Ash-Shoffat ayat 102:

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَى فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَى قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ (102)

Ingkang artosipun:

“Maka, tatkala anak itu (yaitu Ismail) sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama Ibrahim, Ibrahim berkata: ‘Wahai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi, bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!’ Ia ( Ismail ) menjawab: ‘Wahai Ayahku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.’.” (QS. Ash Shaffat: 102) [1]

Ayat meniko paring penjelasan:

Bileh Nabi Ibrohim ‘alaihi sallam dipun uji keimanan lan ketaatanipun supados menyembelih putranipun, ingkang asmanipun Ismail.

Nabi Ibrohim lan putranipun meniko termasuk tiyang ingkang sabar lan taat dhumateng Allah Ta’ala, purun nindakaken dhawuhipun Allah.

Pramilo kanthi kesabaran lan ketaatan meniko, perintah supados menyembelih Nabi Ismail ‘alaihissalaam, Allah ganti supados menyembelih hewan ternak.

Kisah meniko dados asal usul dipun syariataken ibadah menyembelih hewan qurban.

Kisahipun Nabi Ibrahim ‘alaihissalaam meniko mengandung hikmah lan pelajaran ingkang saget dipun pendhet:

 

Pelajaran ingkang sepindah

Bilih panggesangan meniko mbetahaken perjuangan, meraih kebahagiaan lan kesuksesan meniko mbetahaken pengorbanan, semanten ugi meraih keselamatan hidup wonten ndonyo lan akhirat meniko mbetahaken perjuangan lan pengorbanan.

Allah Ta’ala berfirman wonten surat Ash Shof ayat: 10:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ (10) تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ.

 Ingkang Artosipun:

“Wahai orang-orang yang beriman, maukah kamu aku tunjukkan kepada suatu perniagaan, yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad (berjuang) di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.” (QS. Ash Shaf: 10) [2]

Ayat meniko nedhahaken: Bilih meraih keselamatan dan kebahagiaan hidup meniko mbetahaken perjuangan lan pengorbanan. Kesuksesan meniko mboten saget dipun raih kanthi berpangku tangan lan bermalas-malasan. Ananging kesuksesan meniko saget dipun raih kanthi usaha keras lan dipun iringi do’a nyenyuwun dhumateng Allah Ta’ala.

 

Allahu akbar, Allahu akbar, walillahilhamd.

Jama’ah sholat idul Adha ingkang dipun rohmati Allah….

Pelajaran ingkang kaping kalih

ingkang saget dipun pendet saking kisahipun Nabi Ibrohim ‘alaihissalaam inggih puniko:

Bilih panggesangan wonten ngalam ndonyo puniko penuh ujian lan cobaan, kados dene Nabi Ibrohim ‘alaihissalaam ingkang dipun uji keimanan lan ketaatanipun dhumateng Allah Ta’ala, semanten ugi tiyang ingkang beriman meniko badhe dipun uji keimananipun.

Allah Ta’ala berfirman wonten surat Al Ankabut ayat: 1 dumugi ayat 3:

الم (1) أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ (2) وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ (3)

Ingkang artosipun :

“Alif laam miim (1) Apakah manusia itu mengira, bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji? (2) Dan Sungguh kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar (jujur dlm imannya) dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (3).” (QS. Al Ankabut: 1-3) [3]

Ayat meniko nedahaken bilih: Tiyang ingkang beriman badhe dipun uji keimananipun, semakin tinggi keimananipun semakin berat ujianipun, Ujian keimanan meniko macem-macem werninipun.

Allah Ta’ala ugi berfirman wonten surat Al Baqarah ayat 155:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ (155)

Ingkang artosipun :

“Dan sungguh Kami akan berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS Al Baqarah: 155) [4]

Ayat meniko nedhahaken bileh tiyang ingkang beriman badhe dipun uji keimananipun kanthi ujian ingkang bermacam-macam, dipun uji dengan rasa ketakutan, kelaparan, kekurangan harta lan dipun uji dengan kehilangan tiyang ingkang dipun tresnani.

 

Jamaah sholat Idul Adha ingkang dipun rohmati Allah…

Ujian meniko sejatosipun tondo bilih Allah tresno dhumeteng hambanipun. Kanjeng Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam sampun paring pangandikan wonten Hadist ingkang dipun riwayataken imam Ibnu Majah rahimahullah.

عِظَمُ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلاَءِ ، وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ ، فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا ، وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السُّخْطُ.

Ingkang artosipun:

“Besarnya pahala tergantung dengan besarnya ujian dan sungguh Allah Ta’ala apabila menyukai suatu kaum maka Allah akan mengujinya dan memberikan cobaan, maka barang siapa ridho dengan ujian tersebut maka akan mendapatkan keridhoan Allah dan barang siapa marah dengan ujian tersebut maka akan mendapatkan kemarahan Allah.” (HR. Imam Ibnu Majah) [5]

Hadist meniko nedhahaken bileh ujian meniko sejatosipun tondo tresnanipun Allah dhumateng hambanipun, lan besarnya pahala meniko tergantung beratnya ujian, semakin berat ujian seseorang, milo semakin besar pahalanipun, lan tiyang ingkang ridho lan sabar anggenipun nampi ujian meniko badhe pikantuk keridhoanipun Allah lan pikantuk pahala ingkang ageng sanget.

 

Allahu akbar, Allahu akbar, walillahilhamd…

Jama’ah sholat idul Adha ingkang dipun rohmati Allah….

Pelajaran ingkang kaping tigo saking kisahipun Nabi Ibrohim ‘alaihissalaam inggih puniko:

Tiyang ingkang beriman meniko kedhah nggadahi cita-cita ingkang tinggi, Kados dene Nabi Ibrohim ‘alaihissalaam ingkang nggadahi cita-cita ingkang tinggi, inggih meniko pados keridhoanipun Allah Ta’ala. Semanten ugi cita-cita tertinggi tiyang ingkang beriman inggih puniko pados keridhoanipun Allah, pados surga firdaus, surgo ingkang paling tinggi derajatipun.

Kanjeng Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam sampun paring pangandikan wonten Hadist ingkang dipun riwayataken Imam Bukhori rahimahullah.

فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ فَسَلُوهُ الْفِرْدَوْسَ فَإِنَّهُ أَوْسَطُ الْجَنَّةِ وَأَعْلَى الْجَنَّةِ وَفَوْقَهُ عَرْشُ الرَّحْمَنِ وَمِنْهُ تَفَجَّرُ أَنْهَارُ الْجَنَّة

Ingkang artosipun :

“Apabila engkau meminta kepada Allah maka mintalah surga firdaus, karena surga firdaus adalah surga yang paling baik dan paling tinggi, dan atapnya adalah arsynya Allah, dan dari Surga firdauslah mengalir sungai-sungai surga.” (HR. Al Bukhori) [6]

Hadist meniko nedahaken bileh Kanjeng Nabi Muhammad sholallahu ‘alaihi wasallam paring anjuran dhumateng umatipun supados nggadahi cita-cita ingkang tinggi, lan cita-cita tertinggi tiyang ingkang beriman inggih puniko pados kebahagiaan ingkang langgeng wonten surganipun Allah Ta’ala. Pramilo kito kedah berusaha, berdoa, bersemangat anggenipun mengejar cita-cita kito sami.

Kanjeng Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam sampun paring pangandikan wonten Hadist ingkang dipun riwayataken Imam Muslim rahimahullah.

احرص على ما ينفعك واستعن بالله ولا تعجز

Ingkang artosipun:

“Bersemangat dalam mengerjakan hal-hal yang bermanfaat bagimu, dan mohonlah pertolongan Allah dan janganlah merasa lemah.” (HR. Muslim) [7]

Hadist meniko nedhahaken bileh kito dipun perentahaken  supados bersemangat anggenipun ngibadah, bersemangat anggenipun bekerja, bersemangat anggenipun nindakaken perkawis ingkang bermanfaat, lan ampun kesupen bileh usaha meniko kedah dipun diiringi kalian do’a nyenyuwun dhumateng Allah Ta’ala.

 

Allahu akbar, Allahu akbar, walillahilhamd…

Jama’ah sholat idul Adha ingkang dipun rohmati Allah….

Pelajaran ingkang kaping sekawan

saking kisahipun Nabi Ibrohim ‘alaihissalsam inggih puniko:

Menjalani panggesangan wonten ngalam donyo puniko mbetahaken kesabaran, kesabaran anggenipun nindakaken dawuhipun Allah lan kesabaran anggenipun nebihi awisanipun Allah, amargi kesuksesan hidup wonten ndonyo lan akhirat meniko saget dipun raih kanthi kesabaran. Bersabar sebentar wonten ngalam ndonyo kangge meraih kebahagiaan ingkang abadi wonten alam akhirat.

Allah Ta’ala berfirman wonten surat Ar Ra’du ayat 22 lan 23:

جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ وَالْمَلَائِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِمْ مِنْ كُلِّ بَابٍ (23) سَلَامٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ (24)

Ingkang artosipun:

“(yaitu) Surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama dengan orang-orang yang sholeh dari bapak-bapak mereka, isteri-isteri mereka dan anak cucu mereka, sedang para malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu, (sambil mengucapkan): “Salamun ‘alaikum bima shabartum ( Keselamatan atasmu berkat kesabaranmu ). Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (QS. Ar-Ra’du: 23-24) [8]

Ayat meniko nedhahaken bileh saksampunipun tiyang ingkang beriman meniko mlebet surgo sesarengan kalian anggota keluarga lan anak  turunipun ingkang sholeh, milo poro malaikat podho paring ucapan selamat dhumateng penduduk suwargo: “Salamun ‘alaikum bima shabartum (Keselamatan atasmu berkat kesabaranmu)..”

 

Allahu akbar, Allahu akbar, walillahilhamd…

Jama’ah sholat idul Adha ingkang ingkang berbahagia….

Lan Pelajaran ingkang terakhir

Bileh ibadah haji ingkang mbetahaken perbekalan, kangge menempuh perjalanan haji ingkang berat lan tebih sanget meniko, ngemutaken dhumateng kito sedoyo kalian perjalanan negeri akhirat ingkang berat lan tebih sanget, kito sedoyo sampun menyadari bileh tiyang gesang wonten ngalam ndonyo meniko namung sementara, lan badhe menempuh perjalanan negeri akhirat ingkang berat lan tebih sanget, perjalanan negeri akhirat ingkang satu hari di akhirat sama dengan seribu tahun di dunia, perjalanan melawati alam kubur, alam mahsyar, jembatan sirot lan akhiripun surgo utawi nerakanipun Allah Ta’ala.

Pramilo perjalanan negeri akhirat ingkang berat lan tebih meniko mbetahaken bekal lan sangu ingkang kathah, lan saksae-saenipun bekal inggih puniko ketaqwaan dhumateng Allah Ta’ala.

Allah Ta’ala paring pangandikan wonten Al Qur’an surat Al Baqarah:

وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى

Ingkang artosipun:

“Dan berbekallah kalian maka sebaik-baik bekal adalah ketakwaan.” (QS. Al Baqarah: 197) [9]

Ayat meniko nedhahaken bilih kito sedoyo dipun perentahaken supados pados bekal lan sangu kangge menempuh perjalanan negeri akhirat, lan saksae- saenipun bekal lan sangu inggih puniko ketaqwaan dhumateng Allah Ta’ala.

Mugi kito sedoyo pikanthuk kebahagiaan lan keselamatan hidup wonten ndonyo lan akhirat, aamiin ya Rabbal alamin…

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

 رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ, وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ , وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

والسلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Baca artikel lainnya yang terkait;

09 Juni, 2022

PANDANGAN ORIENTALIS TENTANG HADIS DAN SUNNAH

 

    A.    Pendahuluan

Alquran yang menjadi mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad SAW oleh umat Islam dijadikan sumber hukum yang paling utama. Sedangkan Sunnah Rasulullah dijadikan sumber hukum kedua karena Rasulullah adalah contoh praktis dalam mengamalkan ajaran agama. Terlebih dalam Alquran disebutkan agar umat manusia mentaati Rasulullah yang implikasinya adalah wajib mentaati apa-apa yang telah disampaikannya. Oleh karena, Sunnah Rasulullah dijadikan sumber hukum dan penuntun akhlak selain Alquran.[1] Selain itu Sunnah memiliki peran penting terhadap Alquran yakni bayan taqrir, tafsil, taqyid, takhsis dan tashri‘.[2]

Hadis Nabi menjadi sumber ajaran agama setelah Alquran, maka hadis juga perlu untuk dipelajari dan diteliti lebih dalam lagi. Bahkan ulama-ulama telah melakukan penelitian dan kajian terhadap hadis untuk menentukan dan mengetahui kualitas hadis sehingga bisa dijadikan hujjah.[3] Maka hadis menjadi sesuatu yang menarik untuk dikaji, apalagi hadis ditulis setelah Rasulullah meninggal sehingga menimbulkan keraguan dari segi validitasnya.

Banyak ulama muslim yang melakukan penelitian terhadapnya tetapi tidak sedikit pula non muslim yang ikut serta dalam meneliti hadis dengan tujuan tertentu. Misalnya orang barat yang mengkaji tentang dunia timur yang disebut dengan orientalis. Awalnya orientalis mengkaji materi keislaman secara umum termasuk sastra dan sejarah. Pada masa selanjutnya mereka memfokuskan kajiannya pada hadis-hadis Nabi.[4]

Adapun orientalis yang pertama kali melakukan kajian dalam bidang hadis oleh ahli sejarah masih diperdebatkan. Diantaranya ada yang mengatakan bahwa orientalis yang pertama kali mengadakan kajian khusus terhadap hadis adalah Alois Spenger. Kemudian kajian itu dilanjutkan oleh Sir Willian Muir dan kajian ini mencapai puncaknya dilakukan oleh Ignaz GHoldziher[5] yang disebut bapak orientalis. Oleh karenanya perlu untuk mengemkakan pendapat orientalis terhadap hadis dan Sunnah itu sendiri.


    B.  Pembahasan

1.    Pengertian Orientalisme dan Orientalis

Orientalisme berasal dari bahasa Perancis yang berasal dari kata ”orient” yang artinya timur dan ”isme” artinya faham, ajaran, cita-cita atau sikap.[6] Adapula yang mengatakan bahwa kata ”orient” berasal dari bahasa Latin ”oriri” yang berarti terbit, dan dalam bahasa Inggris artinya ”direction of rising sun” (arah terbitnya matahari atau bumi belahan Timur).[7] H.M. Joesoef Sou’yb berpendapat bahwa Orientalisme asalnya adalah orient yang secara bahasa artinya timur dan secara geografis berarti dunia belahan timur. Kata orient yang ditambahi isme atau ism memberi arti sebuah paham atau aliran yang ingin meneliti hal-hal yang berkaitan dengan bangsa-bangsa Timur beserta lingkungannya.[8]

Sederhanyanya, orientalisme diartikan sebagai sebuah gerakan pemikiran terhadap luar Eropa.artinya, orientalis adalah orang-orang yang mengkaji tentang ketimuran baik itu sastra, Bahasa, antropologi, sosiologi, psikologi, sampai pada agama dengan menggunakan paradigm eorocentrisme. Dengan begitu, kajian yang mereka lakukan menghasilkan konklusi yang distortif tentang apa yang dikaji.[9] Makna luasnya, orientalis bisa diartikan suatu kegiatan yang berkaitan dengan bangsa-bangsa timur beserta lingkungannya sampai meliputi aspek kehidupannya. Namun secara sempit, orientalis adalah kegiatan ahli ketimuran barat tentang agama-agama di timur terutama agama Islam.[10] Secara termenelogis, biasanya identic dengan paradigma berpikir,[11] perbedaan ontologis dan epistimologis yang dibuat antara Timur (the orient) dan barat 9the occident).[12]

Menurut Edward Said orientalisme adalah suatu gaya berpikir yang berdasarkan pada pembedaaan ontologis dan epistimologis yang dibuat antara “Timur” (the orient) dan hampir selalu “Barat” (the occident).[13]

Orientalis adalah pelaku atau orang yang melakukan kegiatan penelitian terhadap hal-hal yang berakitan dengan Timur.[14] Lebih luas lagi orientalis adalah sarjana Barat yang meneliti bahasa dunia Timur dan kesusastraannya serta mengkaji secara mendalam tentang agama-agama dunia Timur, sejarahnya, adat-istiadatnya, dan ilmu-ilmunya.[15] Sebenarnya kegiatan belajar mereka bisa diartikan sebagai kegiatan yang sengaja menyerang umat Islam dan mendikreditkan Islam, sedangkan mempelajari tradisi Islam merupakan topeng an sich saja.[16]

2.    Hadits dalam Pandangan Orientalis

‘Ajjaj al-Khatib mendefinisikan sunnah sebagai berikut:

كل ما أثر عن النبي من قول أو فعل أو تقرير أو صفة خلقية أو خلقية أو سيرة سواء كانت ذالك قبل البعثة كتحنثه في غار حراء أو بعدها

 

Segala sesuatu yang datang dari Nabi baik berupa perkataan, perbuatan, pengakuan, sifat baik itu sifat fisik atau perangai, atau sejarah baik sebelum di angkat menjadi Rasul seperti menyendiri beribadah di dalam gua hira atau sesudahnya.[17]

Sedangkan hadis menurut orientalis adalah sekumpulan dongeng. Hal ini dikarenakan hadis menurut mereka tidak ada yang sahih bersumber dari Nabi Muhammad dan hanya sedikit yang benar-benar dari Nabi. Sebagaimana dalam sejarah disebutkan bahwa hadis baru ditulis secara keseluruhan dan dibukukan setelah Rasulullah wafat. Sehingga bagi orientalis, hadis mudah untuk di-distorsikan secara keseluruhan.

faktor yang menjadikan kajian hadis menarik bagi orientalis adalah pertama; hadis lebih mudah untuk dicari kelemahannya dibandingkan dengan Alquran. Bisa dikatakan bahwa penelitian orientalis terhadap Alquran gagal dalam mencari keleman-kelemahannya. Bahkan ada keinginan kuat dari beberapa orientalis untuk mendiskriditkan Islam. Kedua; terjadinya kontradiksi dalam tubuh hadis itu sendiri.[18] Di tambah dengan adanya pengakuan dari pemalsu hadis yang telah membuat hadis-hadis palsu secara sengaja untuk tujuan tertentu.

Ada beberapa aspek yang sering dikemukakan oleh orientalis  dalam kajian hadis yakni aspek pribadi Rasulullah sendiri, sanad dan matan, dan kodifikasi hadis. Bagi mereka hadis bukanlah wahyu tetapi buatan manusia. Dalam kajian isnad banyak dari orientalis yang tidak mempercayai adanya sanad. Salah satu orientalis yaitu H. Motzki menyatakan bahwa sangat kecil kemungkinan untuk melakukan pemalsuan isnad. Sanad yang terdapat dalam kitan musannaf patut dipercaya karena dari sekian banyaknay perawi tidak mungkin melakukan kebohongan berencana.[19]

Menanggapi pemikiran orientalis, ulama muslim telah melakukan bantahan dengan tulisannya misalnya Muhammad Mustafa Azami. Ia berpendapat bahwa sejak Rasulullah masih hidup, sahabat sudah menulis hadis-hadis yang didengar dari Rasulullah. Bukti nyata bahwa ada sebagian sahabat yang memiliki catatan hadis antara lain Ibnu Sa’ad Bin Ubadah Al-Ansary, Abdullah bin Abi Aufa. Tidak kurang dari 52 sahabat yang memiliki catatan hadis begitu juga dengan atbi’in yang memiliki catatan hadis dan mereka berjumlah 247 tabi’in.[20]

Orang Islam beranggapan bahwa orientalis adalah orang Barat yang mengkaji dunia Timur dalam segala bidang, baik itu budaya, keilmuan, politik dan sejarah. Penelitian tersebut dilakukan untuk konsumsi politik penjajahan maupun penelitian ilmiah yang murni atau sebuah misi jahat yang terselubung di dalamnya. Sebagian besar dari orientalis memiliki niat negative tetapi ada juga sebagian dari mereka dalam penelitiannya yang menggunakan metode ilmiah. Hal ini terlihat dari kajian Islam di Barat di beberapa lembaga tidak lagi dibawah organisasi keagamaan atau para peniliti bukan dari golongan agamawan.[21]

Hasil penelitian orientalis yang disebutkan terakhir ini yang menghasilkan karya dan memberikan kontribusi bagi perkembangan kajian ke-Islaman baik umtuk muslim atau non-muslim. Misalnya berbagai kitan indeks hadis, kamus, dan ensiklopedi baik secara kolektif maupun peorangan. Karya orientalis yang banyak digunakan umat Islam khususnya ilmu hadis adalah Consordance et Indices da la Traadition Musulmane yang dikenal dengan al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadhi al-hadith karya A. J Wensink.[22]

Belum ada kitab yang menjelaskan indeks hadis yang susunannya lebih baik dari karya A. J. Wensink tersebut. Karena dengan adanya kitab tersebut pelajar dipermudah dalam mencari perawi hadis, matan hadis dan di dalam kitab apa saja yang meriwaytakan hadis yang dicari. Hal ini sangat penting karena hadis tidak seperti Alquran yang mudah untuk mengecek kevalid-annya. Bahkan Alquran sudah final tidak membutuhkan penelitian lagi dalam masalah tersebut.

Karya A. J. Wensink ini sangat membantu dalam mencari matan hadis tidak perlu membuka satu persatu kitab hadis induk tetapi cukup dengan mencari kata kunci atau pokok bahasan hadis tersebut baru kemudia mengecek kepada kitab yang telah tercantum dalam kitab indeks.[23] Kesulitan
 yang dihadapkan kepada peneliti jaman sekarang adalah kitab indeks tersebut disusun berdasarkan kitab hadis sebelum tahun 1939 M. Sementara kitab-kitab hadis tersebut telah diterbitkan lagi dengan berbaai edisi, sudah di-tahqiq sehingga terdapat ketidak cocokan antara data yang diperoleh dari kitab indeks dengan kib induk hadis.


Ignaz Goldziher

Hadis secara Bahasa memiliki makna yang sama namun memiliki cakupan yang berbeda karena sunah biasanya dimaknai lebih luas dibandingkan dengan hadis. Secara istilah, hadis adalah sesuatu yang disandarkan kepada Nabi baik itu berupa perkataan, prilaku serta taqrir Rasulullah SAW.[24] Sedangkan sunah adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi baik itu ucapan, prilaku, ketetapan, sifat, sikap, gerak-gerik, keinginan baik di alam nayata atau dalam mimpi.[25]

Menurut Ignaz, hadis merupakan suatu disiplin ilmu yang bersifat teoritis, sedangkan sunah berisi aturan-aturan praktis.[26] Baginya sunah adalah segala sesuatu yang menjelaskan tentang tradisi, budaya, adat-istiadat dan kebiasaan orang Arab dari para leluhurnya. Kesimpulannya, baginya sunah hanyalah pelestarian budaya Arab kuno. Ia menyebut sunah dengan istilah anamisme atau jahiliyah yang digunakan umat Islam.[27]

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa hadis adalah bentuk komunikasi lisan yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sedangkan sunah merupakan budaya, aturan dan kebiasaan yang dilestarikan umat Islam tanpa memandang apakah ada dalam hadis atau tidak.[28] Maka pantas saja jika ia meragukan bahwa hadis adalah sumber hukum Islam. Dengan tegas ia katakan bahwa hadis tidak bisa dijadikan bukti yang autentik di masa awal Islam. Hadis hanyalah peninggalan orang Arab kuno yang dikembangkan pasca Islam.[29]


Nabia Abbott

Menurutnya kata Sunnah terkadang menggunakan kata plural (Sunnah) tidak hanya terbatas pada prilaku Nabi saja, melainkan juga berlaku pada sahabat yang memiliki kedudukan tertinggi dalam pemerintahan. Dilihat dari segi fungsi dan kedudukannya, ia berpendapat bahwa sunah adalah praktik hukum atau legalitas terhadap suatu bidang dibandingkan sebagai jawaban atau solusi beberapa aktifitas kehidupan. Sedangkan makna sunah dalam bentuk jamak, tidak hanya sebatas contoh atau prilaku Nabi saja, namun juga digunaan untuk khalifah dan sejumlah tokoh terkemuka yang berada dalam deretan pemerintahan. Sunah tidak hanya solusi dari beragam kehidupan namun merupakan bagian dari bidang administrasi dan sebuah praktek hukum.[30]


Alois Sprenger

Alois Sprenger oleh pemerhati orientalis dianggap orientalis pertama kali yang mempelajari hadis. Dalam tesisnya ia mengatakan bahwa hadis adalah kumpulan anekdot (cerita-cerita bohong tetapi menarik). Jadi hadis adalah teks palsu bukan berasal dari Rasulullah SAW. Hal ini didukung oleh temannya yaitu William Mur yang mengatakan bahwa dalam literature hadis nama Nbi Muhammad SAW sengaja dicatat untuk menutupi bermacam-macam kebohongan dan keganjilan. Oleh karenanya ia menolak hadis yang diriwayatkan oleh al-Bukhari. Katanya, setidaknya separuh dari 4000 hadis yang diriwayatkan al-Bukhari harus ditolak.[31]

 

    C.  PENUTUP

Orientalisme berasal dari bahasa Perancis yang berasal dari kata ”orient” yang artinya timur dan ”isme” artinya faham. Kata orientalisme dipahami sebagai paham atau aliran yang ingin meneliti hal-hal yang berkaitan dengan bangsa-bangsa Timur beserta lingkungannya. Sedangkan orientalis adalah pelaku atau para peniliti “Timur” baik itu dalam bidang sejarah, agama, ilmu, politik maupun budaya.

Awal mulanya kajian oerientalis bersifat umum dalam bidang ke-Islamannya namun pada masa selanjutnya mereka fokus pada kajian hadis. penelitian itu dilakukan baik misi murni penelitian ilmiah atau misi tertentu. Sebagian besar dari mereka beranggapan negative terhadap hadis tetapi ada pula yang memiliki nilai positif terhadap hadis. beberapa hasil karya mereka banyak membantu para peneliti hadis baik untuk muslim-maupun non-muslim.

Menurut Ignaz Gholzhiher, hadis adalah sesuatu yang disandarkan kepada Nabi baik itu berupa perkataan, prilaku serta taqrir Rasulullah SAW. Sedangkan sunah adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi baik itu ucapan, prilaku, ketetapan, sifat, sikap, gerak-gerik, keinginan baik di alam nayata atau dalam mimpi.

 Baca artikel lainnya yang terkait;

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, M. “Ilmu Hadis Sebagai Sumber Pemikiran” dalam Ensiklopedi Tematis Dunia Islam , jil. 4. Jakarta: PT Ichtiar baru Van Houve, 2002.

A‘Zami, (al) Mustafa. Dirasat fi al-Hadith al-Nabawi; Tarikh Tadwinihi. Beirut: al-Maktab al-Islami, 1980.

Buchari, Mannan. Menyingkap Tabir Orientalisme. Jakarta: Amzah, 2006.

Bakkar, Muhammad Mahmud Ahmad. Bulugh al-‘Amal min Mustalah al-Hadith wa al-Rijal. Kairo: Dar al-Salam, 2012.

Darmalaksana, Wahyudin. Hadits dimata Orientalis. Bandung: Benang Merah Press, 2004.

Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam, Ensiklopedi Islam, jil. 4. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002.

Fatimah, Siti. “Sistem Isnad dan Otentisitas Hadits” dalam Ulul Albab; Jurnal Studi Islam, vol. 15, no. 2, Juli-Desember 2014.

Gholdziher, Ignaz. Mulism Studies, vol. II, terj. Barber dan Stern. London: Ruskin House Musuem Street, 1971.

Hanafi, A. Orientalis Ditinjau Menurut Kacamata Agama (Qur’an dan Hadits). Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1981.

Haqan, Arina . Orientalisme dan Islam dalam Pergulatan Sejarah, Mutawatir, vol. 1, no. 2, Juli-Desember, 2011.

Izzan, Ahmad dan Saifuddin Nur. Ulumul Hadis. Bandung: Humaniora, 2011.

Ismail, M. Syuhudi Ismail. Metodologi Penelitian Hadits Nabi. Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

Idri, Al-Tahrir, Jurnal Pemikiran Islam. vol. 11, no. 1 Mei 2011.

Idri, Studi Hadis. Jakarta: Kencana, 2013.

Khathib (al), M. Ajaj. Hadits Nabi Sebelum dibukukan. Terj. AH. Akrom Fahmi. Jakarta: Gema Insani Press. 1999.

Khatib, (al) Muhammad ‘Ajjaj. Usul al-Hadith ‘Ulumuhu wa Mustalahuhu. Beirut: Dar al-Fikr, 1989.

Khatib, (al) ‘Ajjaj. al-Sunnah Qabl al-Tadwin. Beirut: Dar al-Fikr, 1997.

Maufuf, Mustolah. Orientalisme; Serbuan Ideologis dan Intelektual. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1995.

Rahim, Abdul. Sejarah Perkembangan Orientalisme, Hunafa, vol. 7. No. 2, Desember 2010.

Sou’yb, Joesoef. Orientalisme dan Islam. Jakarta: PT Bulan Bintang, 1995.

Said, Edward E. Orientalisme, terj. Asep Hikmat. Bandung: Pustaka, 1994.

Wizan, Adnan M. Akar GeerakanOrientalisme dari Perang Fisik Menuju Perang Fikir, terj. Ahmad Rafiq Zainul Mun’im dan Fathurrahman. Yogyakarta: Fajar Pustaka, 2003.

Yaqub, Ali Mustafa. Kritik Hadits. Jakarta: PT Pustaka Firdaus, 1996.

Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam, Ensiklopedi Islam, jil. 4. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002.


[1] M. Ajaj al-Khathib, Hadits Nabi Sebelum dibukukan, Terj. AH. Akrom Fahmi (Jakarta: Gema Insani Press, 1999), 21.

[2] Ahmad Izzan dan Saifuddin Nur, Ulumul Hadis (Bandung: Humaniora, 2011), 30.

[3] M. Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadits Nabi (Jakarta: Bulan Bintang, 1992),  28

[4] Ali Mustafa Yaqub, Kritik Hadits (Jakarta: PT Pustaka Firdaus, 1996), 8.

[5] Idri, Al-Tahrir, Jurnal Pemikiran Islam (vol. 11, no. 1 Mei 2011), 201.

[6] Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam, Ensiklopedi Islam, jil. 4 (Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002), 5.

[7] Mustolah Maufur, Orientalisme; Serbuan Ideologis dan Intelektual (Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1995), 11.

[8] Joesoef Sou’yb, Orientalisme dan Islam (Jakarta: PT Bulan Bintang, 1995), 1.

[9] Arina Haqan, Orientalisme dan Islam dalam Pergulatan Sejarah, Mutawatir, vol. 1, no. 2, Juli-Desember, 2011, 156.

[10] Abdul Rahim, Sejarah Perkembangan Orientalisme, Hunafa, vol. 7. No. 2, Desember 2010, 182.

[11] Adnan M. Wizan, Akar GeerakanOrientalisme dari Perang Fisik Menuju Perang Fikir, terj. Ahmad Rafiq Zainul Mun’im dan Fathurrahman (Yogyakarta: Fajar Pustaka, 2003), 1.

[12] Edward W. Said, Orientalisme, terj. Asep Hikmat (Bandung: Pustaka, 1996), 6.

[13] Edward E. Said, Orientalisme, terj. Asep Hikmat (Bandung: Pustaka, 1994), 23.

[14] Sou’yb, Orientalisme dan Islam, 1.

[15] A. Hanafi, Orientalis Ditinjau Menurut Kacamata Agama (Qur’an dan Hadits) (Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1981), 8.

[16] M. Abdurrahman, “Ilmu Hadis Sebagai Sumber Pemikiran” dalam Ensiklopedi Tematis Dunia Islam , jil. 4 (Jakarta: PT Ichtiar baru Van Houve, 2002), 59.

[17]‘Ajjaj al-Khatib, al-Sunnah Qabl al-Tadwin (Beirut: Dar al-Fikr, 1997), 18.

[18] Wahyudin Darmalaksana, Hadits dimata Orientalis (Bandung: Benang Merah Press, 2004), 81.

[19] Siti Fatimah, Ulul Albab, Jurnal Studi Islam, vol. 15, no. 2, Juli-Desember 2014, 210.

[20] Yaqub, Kritik Hadits, 30.

[21] Mannan Buchari, Menyingkap Tabir Orientalisme (Jakarta: Amzah, 2006), 11.

[22] Ibid.

[23] Ibid, 111.

[24] Muhammad ‘Ajjaj al-Khatib, Usul al-Hadith ‘Ulumuhu wa Mustalahuhu (Beirut: Dar al-Fikr, 1989), 32.

[25] Muhammad Mahmud Ahmad Bakkar, BUlugh al-‘Amal min Mustalah al-Hadith wa al-Rijal (Kairo: Dar al-Salam, 2012), 43.

[26] Idri, Studi Hadis (Jakarta: Kencana, 2013), 311.

[27] Mustafa al-A‘Zami, Dirasat fi al-Hadith al-Nabawi; Tarikh Tadwinihi (Beirut: al-Maktab al-Islami, 1980), 6.

[28] Ignaz Gholdziher, Mulism Studies, vol. II, terj. Barber dan Stern (London: Ruskin House Musuem Street, 1971), 26.

[29] Ibid., 5.

[30] Nabia Abbott, Studies in Arabic Literary Papyri II; Qur’anic Commentry and Tradition, 27.

[31] Siti Fatimah “Sistem Isnad dan Otentisitas Hadits” dalam Ulul Albab; Jurnal Studi Islam, vol. 15, no. 2, Juli-Desember 2014, 209.

MAKALAH HADIST TENTANG HIJAB

  A.   Latar Belakang Telah disepakati oleh seluruh umat Islam bahwa al-Qur’an menjadi pedoman hidup baik tentang syariah maupun dalam keh...