HOME

24 Februari, 2021

Isim Kaana Dan Saudara-Saudaranya (اِسْمُ كَانَ وَأَخَوَاتُهَا)

 Isim Kaana Dan Saudara-Saudaranya 

(اِسْمُ كَانَ وَأَخَوَاتُهَا)

Kaana dan saudara-saudaranya adalah fi’il-fi’il (kata kerja) yang masuk susunan mubtadak dan khabar sehingga me-rafa’-kan mubtadak dan me-nasab-kan khabar. Adapun mubtadak yang di-rafa’-kan kaana dan saudara-saudaranya dinamakan isim-nya kaana, dan khabar yang di-nashab-kan dinamakan khabar-nya kaana dan saudara-saudaranya. Contoh;

لُقْمَانُ تَاجِرٌ فِى السُّوْقِ

كَانَ لُقْمَانُ تَاجِرًا فِى السُّوْقِ

 Kalimat nomor 1 adalah susunan mubtadak dan khabar. Lafadz luqmanu kedudukanya sebagai mubtadak dan lafadz taajirun sebagai khabar. Sedangkan kalimat nomor 2 kemasukan kaana, maka lafadz luqmanu bukan sebagai mubtadak tapi sebagai isim kaana dan lafadz taajirun bukan sebagai khabar mubtadak tapi sebagi khabar kaana.

Adapun saudara-saudaranya kaana sebagai berikut; كَانَ، أَصْبَحَ، أَضْحَى، ظَلَّ، أَمْسَى، بَاتَ، صَارَ، لَيْسَ، زَالَ، بَرِحَ، فَتِئَ، انْفَكَّ، دَامَ.

· كَانَ اللَّهُ غَفُوْرًا رَحِيْمًا (Allah senatiasa Dzat yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang)

· كَانَ وَجْهُهُ مُسْوَدَّةً (Wajahnya menjadi suram)

· كَانَ أَحْمَدُ تَاجِرًا (Ahmad dahulunya adalah seorang pedagang)

Menunjukkan arti terus-menerus, menjadi, atau dahulu

كَانَ

·   أَصْبَحَتِ السَّمَاءُ صَافِيَةً (di pagi langit cerah)

· ظَلِلْتُمَا صَائِمَيْنِ بِنَشَاطٍ (seharian masih aktif berpuasa)

· تُضْحِى الشَّوَارِعُ مُزْدَحِمَةً (di pagi hari jalanan macet)

Untuk menunjukkan waktu (waktu pagi, waktu dhuha, seharian, waktu sore, semalaman)

أَصْبَحَ، أَضْحَى، ظَلَّ، أَمْسَى، بَاتَ

سَتَصِيْرُ مَرْيَمُ وَخَدِيْجَةُ مُضِيْفَتَيْنِ (Maryam dan Khodijah akan menjadi pramugari)

Menunjukkan terjadinya perubahan berarti “menjadi”

صَارَ

· لَيْسَ أَحْمَدُ عَمُّهُ الخَدَاع (Paman Ahmad bukan seorang penipu)

· لَيْسَ النَّجَاحُ سَهْلًا (kesuksesan itu tidaklah mudah)

Untuk meniadakan atau penafian, memiliki arti “bukan/tidak”

لَيْسَ

لَنْ يَرْجِعَ إِلْيَاسُ اَوَّلاً مَادَامَ مَرِيْضًا فِى المُسْتَشْفَى (Ilyas tidak akan pulang lebih dulu selama selama dia sakit di rumah sakit)

Menunjukkan jeda waktu memiliki arti “selama”

مَادَامَ

·   مَازَالَ اْلسَارِقُ مُكَدِّرًا (pencuri itu senantiasa membuat resah)

·   لاَتَزَالُ سَارَّةُ صَغِيْرَةً لاِلْتِحَاقَ دِرَاسَتَهَا اِلىَ الجَامِعَةِ

(sarah masih kecil untuk melanjutkan studinya ke universitas)

Menunjukkan adanya kesinambungan atau terus menerus berarti “senantiasa/masih

مَازَالَ، مَابَرِحَ، مَافَتِئَ، مَانْفَكَّ

        
        Baca juga tentang artikel yang terkait:

Terdapat beberapa perubahan dalam bentuk Kaana (Tasrifu Kaana), dapat kita pahami dalam table berikut;

No.

Dhamir Munfasil

Kaana

1

هُوَ

كَانَ

2

هُمَا

كَانَا

3

هُمْ

كَانُوْا

4

هِيَ

كَانَتْ

5

هُمَا

كَانَتَا

6

هُنَّ

كُنَّ

7

أَنْتَ

كُنْتَ

8

أَنْتُمَا

كُنْتُمَا

9

أَنْتُمْ

كُنْتُمْ

10

أَنْتِ

كُنْتِ

11

أَنْتُمَا

كُنْتُمَا

12

أَنْتُنَّ

كُنْتُنَّ

13

أَنَا

كُنْتُ

14

نَحْنُ

كُنَّا

Khabar (الخَبَرُ)

Khabar (الخَبَرُ)

Khabar (penjelas) adalah isim (kata benda) yang di-rafa’-kan yang memberitakan keaadaan mubtadak atau menyempurnakan makna mubtadak sehingga bisa disebut jumlah mufidah. Oleh karena itu anatara mubtadak dan khabar harus sesuai berdasarkan jumlah bilangan dan jenisnya. Contoh;

يُوْسُفُ تَاجِرٌ Yusuf  seorang pedagang

الْمُسْلِمَانِ مُطِيْعَانِ Dua orang muslim itu taat

الْمُسْلِمَاتُ مُطِيْعَاتٌ Orang-orang muslim perempuan itu taat

Lafadz Taajir kedudukannya sebagai khabar yang menyempurnakan maknanya mubtadak dan terletak setelah mubtadak. Seandainya tidak terdapat lafadz tersebut, maka kalimat di atas tidak bisa dipahami apa maksudnya.

Dengan demikian seperti yang sudah dijelaskan khabar disebut juga sebagai predikat. Apabila mubtadak tidak diikuti khabar belum dikatakan kalimat yang sempurna. Seperti halnya dalam bahasa Indonesia, setiap kalimat berpola S P, atau S P O. Kalau dalam Bahasa Arab polanya Mubtadak dan Khabar.

Khabar terbagi menjadi 2 bagian khabar mufrad dan khabar ghoiru mufrad. Lihat penjelasan di bawah ini.

1.    Khabar Mufrad adalah khabar yang tidak terdiri dari jumlah atau serupa jumlah. Contoh;

فَاطِمَةُ صَالِحَةٌ Fatimah seorang yang berbudi luhur

فَاطِمَةُ وَعَائِشَةُ صَالِحَتَانِ Fatimah dan Aisyah seorang yang berbudi luhur

هُنَّ صَالِحَاتٌ Mereka (perempuan) seorang yang berbudi luhur

 

2.    Khabar Ghoiru Mufrad adalah khabar yang terdiri dari jumlah dan shibhul jumlah (serupa jumlah). Khabar Ghairu Mufrad dibagi menjadi 2 yaitu khabar jumlah dan khabar syibhul jumlah.

a.    Khabar Jumlah adalah khabar-nya berupa susunan jumlah fi’liyyah (yang terdiri dari fi’il dan fa’il) dan jumlah ismiyyah (yang terdiri dari mubtadak dan khabar). Contoh;

جملة إسمية : سُفْيَانُ سَيَّارَتُهُ عَتِيْقَةٌ Mobil Sufyan antik

القَمِيْصُ جَيْبُهُ مَمْزُوْقٌ Saku kemeja itu sobek

Lafadz سَيَّارَتُهُ عَتِيْقَةٌ adalah khabar dari mubtadak lafadz سُفْيَانُ. Sedangkan lafadz سَيَّارَتُهُ عَتِيْقَةٌ adalah khabar yang terdiri dari susunan mubtadak dan khabar, سَيَّارَتُهُ sebagai mubtadak dan عَتِيْقَةٌ sebagai khabar.

جملة فعليَّة :  مَرْيَمُ قَامَ أَبُوْهَا Ayahnya maryam sedang berdiri

أَحْمَدُ تَكْنُسُ خَادِمَتُهُ اْلبِلَاطَ Asisten rumah tangga ahmad menyapu lantai

Lafadz قَامَ أَبُوْهَا adalah khabar dari mubtadak lafadz مَرْيَمُ. Sedangkan lafadz قَامَ أَبُوْهَا adalah khabar yang terdiri dari susunan fi’il  dan fa’il, قَامَ sebagai fi’il  dan أَبُوْهَا sebagai fa’il.

b.    Syibhul Jumlah (serupa jumlah) adalah khabar-nya berupa jar majrur dan dhorof (baik dhorof makan atau dhorof zaman).

جار مجرور :   اْلاَبْقَارُ فِى اْلكُوْخِ sapi itu di dalam kandang

اْلبُوْمَةُ عَلَى اْلقِرْمِيْدِ burung hantu itu di atas genteng

ظرف :       اْلبُسْتَانُ أَمَامَ اْلبَيْتِ taman itu di depan rumah

اْلمَقْصَفُ جَانِبَ اْلمَدْرَسَةِ kantin di samping sekolah

Dalam beberapa kondisi terdapat susunan mendahulukan khabar (خَبَرٌ مُقَدَّمٌ) dan mengahirkan mubtadak (مُبْتَدَأٌ مُؤَخَّرٌ), dengan syarat khabar berupa syibhul jumlah.  Contoh;

فِيْ الفَصْلِ تِلْمِيْذٌ = di dalam kelas (ada) siswa

عَلَى الْمَكْتَبِ كِتَابٌ = di atas meja (ada) buku

Keterangan :

Dalam khabar ghoiru mufrod, harus terdapat dhomir yang kembali kepada mubtada, dan dhomir tersebut harus sesuai dengan mubtada itu. Ketentuan ini berlaku apabila khabar ghoiru mufrod-nya terdiri dari jumlah ismiyah atau fi'liyah. Dhomir tersebut baik mustatir ( tidak nampak ), atau bariz ( nampak ).

Mubatak (الْمُبْتَدَأُ)

Mubatak (الْمُبْتَدَأُ)

Mubtadak secara bahasa berarti yang berada di awal, sedangkan secara istilah setiap isim (kata benda) yang berada di awal kalimat. Hukum isim (kata benda) yang berada di awal kalimat (mubtadak) dibaca rafa’ dan berfungsi sebagai Subjek, Khabar sebagi predikat, sehingga menjadi kalimat yang sempurna atau bisa disebut jumlah mufidah (الجُمْلَةُ الْمُفِيْدَةُ). Contoh;

الشَّجَرَةُ مُرْتَفِعَةٌ (Pohon itu tinggi)

Lafadz as – Syajarotu berkedudukan sebagai mubtadak yang berada di awal kata sebagai subjek dan lafadz murtafiatun yang terletak setelah mubtadak kedudukanya khabar sebagai predikat.

Mubtadak dibagi menjadi 2 yaitu; mubtadak berupa dhohir dan mubtadak berupa dhomir

Contoh;

الظاهر:   التَّمَرُ حُلْوٌ Kurma itu manis

مُحَمَّدٌ قَائِمٌ  Muhammad berdiri

المضمر:   هُوَ طَالِبٌ    Dia (laki-laki) seorang pelajar

هِيَ مُدَرِّسَةٌ Dia (perempuan) seorang guru

هُمَا طَلِبَانِ Mereka dua (laki-laki) seorang pelajar

Materi Akidah Akhlak Kelas VII Semester Genap BAB II : Iman Kepada Para Malaikat

  Materi Akidah Akhlak Kelas VII Semester Genap BAB II : Iman Kepada Para Malaikat dan Makhluk Ghaib PEMBAHASAN 1.        Malaikat Pengertia...