HOME

30 Mei, 2022

CONTOH TEKS NARATIF : BERLIBUR KE LOKASI WISATA

Teks naratif adalah karangan cerita yang menyajikan urutan peristiwa sesuai urutan waktu. Peristiwa atau kejadian bisa benar-benar terjadi atau hanya khayalan. Umumnya kalimat dalam teks narasi bertujuan untuk menghibur pembaca. Teks narasi memberikan pengetahuan pembaca mengenai sebuah cerita baik itu fiksi (karangan) atau non fiksi.

Tujuan teks narasi selain menghibur yaitu memberi pengalaman estetis pada pembaca, menambah pengetahuan, informasi, dan wawasan pada pembaca. Contoh teks naratif adalah cerpen, novel, dan cerita inspirasi tentang perjuangan hidup seseorang. Cerita inspirasi ini banyak yang dibukukan dan dibaca orang karena memiliki pengaruh positif untuk diikuti oleh pembaca. Jenis teks narasi dalam cerpen atau novel fiksi bisa bermacam-macam, seperti fabel (cerita hewan), mitos, legenda, cerita rakyat (folkore), dongeng, cerita romantis, horor, cerita sehari-hari, sains fiksi.

Teks narasi dalam bahasa Inggris disebut Narrative Text. Dalam bahasa Inggris Narrative Text termasuk dalam keahlian membaca (reading skill). Berikut contoh teks naratif  berlibur ke tempat wisata.

CONTOH TEKS NARASI : BERLIBUR KE LOKASI REKREASI

1. Liburan Sekolah Bersama Ibu

Liburan sekolah kemarin, Fida tidak pergi kemana pun. Selama satu minggu, Fida hanya di rumah saja. Akan tetapi bukan hanya bermalas-malasan, Fida mempunyai misi membantu ibu selama liburan. Liburan ini Fida dan ibu membuat kue kering untuk dijual ke tetangga atau dititipkan di warung langganan. Dalam satu hari, Fida dan ibu dapat membuat 5 toples kue. hari berikutnya Fida dan ibu mulai menjual kue tersebut. Liburan kali ini sangat berkesan untuk Fida. Fida belajar banyak hal dari pengalamannya bersama ibu. Selain belajar membuat kue, Fida juga berlatih cara berdagang.

1. Berlibur ke Rumah Nenek

Setiap libur akhir pekan, Aminah selalu pergi ke rumah nenek. Nenek tinggal seorang diri. Oleh karena itu Aminah sering berkunjung untuk menemani nenek. Terkadang Aminah bertemu dengan sepupu-sepupu yang kebetulan berkunjung juga ke rumah nenek. Satu aktivitas yang disukai Aminah saat berlibur ke rumah nenek adalah bermain bersama ikan koi peliharaan nenek. Nenek mempunyai peliharaan ikan koi yang besar-besar. Aminah terbiasa berenang dan bermain bersama ikan koi. Tak lupa Ami juga memberi makan ikan tersebut. Ami sangat senang berlibur akhir pekan ke rumah nenek.

1. Liburan ke Pantai

Liburan Idul Fitri kemarin, aku bersama seluruh anggota keluarga berlibur ke pantai. Pantai tujuan kami adalah pantai-pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta. Kami berangkat selepas sholat subuh. Tujuan pertama kami adalah pantai Indrayanti. Pantai ini berpasir putih dan memiliki panorama yang indah. Kami semua bermain air bersama. Lebih dari 2 jam kami bermain di air. Selepas itu kami beristirahat, makan, dan mandi. Kami pun melanjutkan perjalanan ke pantai Siung. Di pantai ini kami kembali bermain air, naik perahu, dan bersantai. Kami sangat senang dan menikmati bermain di pantai.

1. Berlibur ke Kebun Binatang

Riska dan teman-temannya berkumpul untuk pergi berlibur ke kebun binatang. Total ada 10 orang yang akan berlibur bersama. Setelah semuanya berkumpul, mereka pergi bersama-sama ke kebun binatang. Sesampainya di sana, mereka antre membeli tiket dan mulai masuk ke area kebun binatang. Kebun binatang itu sangat luas dan mempunyai banyak koleksi binatang. Mereka menyusuri setiap rute dan berfoto bersama beberapa binatang. Sesampainya di area menunggang gajah, mereka antre untuk dapat merasakan sensasi menunggang gajah. Tak lupa mereka pun menikmati wahana naik perahu dan melihat sirkus lumba-lumba dan binatang lain. Mereka semua sangat senang berlibur di kebun binatang.

1. Berdagang sambil Liburan

Siapa bilang liburan harus pergi ke tempat-tempat wisata. Musim liburan kemarin, aku tidak pergi ke tempat wisata tertentu. Justru selama liburan aku pergi ke pasar untuk berdagang. Tentunya tidak sendiri, aku pergi dengan kakak-kakakku. Kami berdagang bakso bakar. Sejak malam harinya, kami sudah memasak bakso itu sendiri. Bumbu bakar pun sudah kami siapkan agar keesokan harinya kami tinggal mengolahnya. Selepas sholat subuh kami membuat bumbu bakar dan menyiapkan semua peralatan. Secara bergantian kami membawa barang-barang ke pasar. Pukul 06.00 pasar mulai ramai, banyak pembeli yang datang untuk berbelanja. Kami pun memulai memasak bakso bakar. Aromanya sungguh menggoda. Satu per satu pembeli datang membeli bakso bakar kami. Kami melayani setiap pembeli dengan suka ria. Setelah sekitar 5 jam berjualan dagangan kami pun ludes habis terjual. Setelah itu kami mulai membereskan semua peralatan untuk pulang. Hasil yang kami peroleh pun lumayan. Sebagian hasilnya kami tabung, dan sebagian lagi kami gunakan untuk berjualan lagi di hari berikutnya. Sungguh liburan yang berkesan bagiku.