HOME

30 Mei, 2022

BERIKUT CONTOH TEKS EKSPOSISI : TEMUAN BARU DALAM BIDANG KESEHATAN

Teks eksposisi adalah karangan bersifat informasi atau pengetahuan secara ringkas, jelas, padat, dan menarik untuk dibaca.

Paragraf di dalam teks eksposisi bersifat ilmiah atau non-fiksi. Tujuan dari teks ini memang untuk menjelaskan informasi tertentu agar pengetahuan pembaca bisa bertambah. Biasanya, teks eksposisi akan membahas isu pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan masih banyak lagi.


BERIKUT CONTOH TEKS EKSPOSISI : TEMUAN BARU DALAM BIDANG KESEHATAN

1. Manfaat Daun Sirih Bagi Tubuh

Bagian Tesis

Salah satu jenis tumbuhan rumahan yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional adalah Sirih Merah. Pembudidayaan bisa dilakukan sendiri di rumah untuk dijadikan persediaan obat-obat tradisional. Hal ini didasari oleh beberapa penelitian yang dilakukan bahwa Sirih Merah bisa dijadikan obat sakit maag, kanker, diabetes, dan juga sebagai obat masalah ketombe.

 

Bagian Argumentasi

Pada umumnya, masyarakat biasanya menggunakan Sirih Merah dengan memanfaatkan daunnya yang biasanya diolah melalui proses perebusan. Terdapat senyawa aktif yang ada di dalamnya, sehingga Sirih Merah sangatlah ampuh dijadikan tumbuhan obat tradisional. Senyawa aktif tersebut diantaranya seperti minyak atsiri, eugenol, polifenol, dan sebagainya.

 

Bagian Penegasan Kembali

Daun Sirih Merah mengandung berbagai zat baik yang sangat baik untuk kesehatan. Tapi perlu diingat juga, jika ingin menggunakannya sebagai ramuan pengobatan penyakit, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

 

2. Manfaat Air Putih dalam Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Bagian Tesis

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan manfaat dari air putih, salah satunya adalah menghilangkan racun dalam tubuh. Ketika kamu sudah minum air putih yang cukup, tubuh mengeluarkan racun melalui keringat dan melalui urin. Air putih juga dapat membersihkan usus kamu dalam keadaan perut yang kosong.

 

Bagian Argumentasi

Dalam mengonsumsi air putih, disarankan pada orang dewasa untuk mengonsumsinya sebanyak 2 liter atau kira-kira 8 gelas yang berukuran 230 ml per hari. Hal ini membuat air secara alami akan menghilangkan bakteri dan produk limbah di dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit atau infeksi.

 

Bagian Penegasan Kembali

Minum air putih secara teratur akan membantu menjaga keseimbangan mineral pada tubuh kamu. Jadi, awali hari dengan minum air putih setelah bangun tidur ya. Meskipun sebagai kebiasaan sederhana yang mudah untuk dilakukan, tetapi manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan.

 

3. Pisang yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Bagian Tesis

Buah-buahan seperti pisang, tentu memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menggantikan kandungan elektrolit yang hilang dalam tubuh, kalium pada pisang juga bisa menurunkan tekanan darah. Sebab, kalium bisa menurunkan kadar natrium dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

 

Bagian Penegasan Kembali

Mengonsumsi satu buah pisang, bisa membuat tekanan darah kamu lebih stabil. Diet kalium yang tinggi, bisa memengaruhi ginjal agar mengeluarkan lebih banyak garam dan air yang akan meningkatkan ekskresi kalium. Dalam urusan memilih pisang, pilihlah pisang yang belum terlalu matang atau masih yang berwarna hijau. Sebab, kandungan gula yang terkandung di dalamnya lebih rendah serta serat yang dihasilkan lebih tinggi.

 

Bagian Argumentasi

Untuk lebih ampuhnya, kamu juga harus mengimbangi dengan mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung garam dan lemak. Sebaiknya kamu juga mengonsumsi buah ini dua kali sehari, yaitu jadi pengganti menu sarapan dan saat makan malam. Kamu bisa mengonsumsi pisang secara utuh atau mencampurnya ke dalam sereal favorit.  

 

4. Manfaat Bangun Pagi Bagi Tubuh

Bagian Tesis

Bukan hanya memiliki manfaat untuk kesehatan fisik, nyatanya bangun pagi juga bermanfaat bagi kesehatan mental kamu, lho. Setelah bangun tidur dan mandi, kamu jadi bisa melakukan perawatan kulit yang lebih baik. Setelah itu, dengan memiliki waktu yang cukup untuk sarapan, kamu jadi bisa memilih makanan yang lebih sehat. Jika nutrisi yang dibutuhkan otak sudah cukup, kamu jadi lebih mudah untuk berkonsentrasi.

 

Bagian Penegasan Kembali

Secara umum, ketika kamu bangun pagi, kamu jadi memiliki banyak waktu untuk menyesuaikan diri sebelum memulai pekerjaan. Kamu bisa berpikir dengan matang dan merencanakan apa saja yang akan kamu lakukan pada hari itu. Otak juga biasanya lebih fokus apabila digunakan pada pagi hari. Sehingga segala keputusan yang kamu buat di pagi hari akan lebih tepat.

 

Bagian Argumentasi

Banyak yang bisa kamu lakukan untuk bisa bangun pagi, meskipun terkadang menjadi tantangan tersendiri. Namun, yang harus kamu ingat bahwa banyak manfaat yang bisa diambil. Cobalah untuk membiasakan diri bangun pagi mulai dari sekarang, agar tubuh bisa jadi lebih semangat dan sehat dalam menjalankan aktivitas setiap harinya.

 

5. Berbagai Manfaat Sarapan Pagi untuk Tubuh

Bagian Tesis

Bukan tanpa alasan, sarapan pagi memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Menurut beberapa penelitian, sarapan bisa memberi energi untuk kamu memulai hari, mengendalikan berat badan, serta meningkatkan kinerja dan konsentrasi. Keterampilan kognitif otak yang bisa meningkatkan memori untuk menghasilkan konsentrasi tinggi, adalah manfaat dari sarapan.

 

Bagian Argumentasi

Karena begitu banyaknya manfaat yang bisa didapat dari asupan pada saat sarapan, maka jangan lewatkan sarapan setiap harinya, ya. Percayalah, dengan kamu membiasakan diri untuk sarapan yang sehat setiap harinya, maka hari-hari kamu akan berjalan lebih baik.

 

Bagian Penegasan Kembali

Saat tubuh tidur, kamu akan kehilangan asupan dalam tubuh selama beberapa jam. Untuk itulah, tubuh butuh diisi kembali dengan makanan yang bergizi dan sehat. Bisa kamu bayangkan, jika kamu melewatkan sarapan pagi. Perut akan kosong lebih lama yang bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit.

BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:

CONTOH TEKS DESKRIPTIF : PANTAI WATU DODOL DI BANYUWANGI

Teks Deskriptif merupakan salah satu metode yang dapat dipilih saat melakukan penelitian. Penelitian deskriptif adalah metode penelitian yang berusaha menggambarkan objek atau subjek yang diteliti secara mendalam, luas, dan terperinci. 

Metode penelitian deskriptif digunakan untuk memecahkan atau menjawab permasalahan yang sedang dihadapi dengan mengumpulkan data, klasifikasi, analisis, kesimpulan, dan laporan. Metode ini dilakukan dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Penyajian data dalam penelitian deskriptif dapat dilakukan melalui tabel, grafik, diagram, piktogram, perhitungan modus, median, mean, standar deviasi, dan perhitungan persentase. Berikut contoh teks diskriptif.

DESKRIPSI : PANTAI WATU DODOL DI BANYUWANGI

  1. Pantai Watu Dodol berjarak sekitar 5 km dari Pelabuhan Ketapang, atau tepatnya berada di Dusun Bangsring, Kecamatan Wonosorejo, Banyuwangi, Jawa Timur.
  2. Nama Watu Dodol sendiri diambil dari batu karang besar yang berada tepat di pinggir pantai. Batu karang berukuran tinggi sekitar 5 meter tersebut berbentuk panjang menyerupai jajanan tradisional yaitu dodol.
  3. Pantai Watu Dodol kerap dijadikan lokasi ritual Puter Kayon yang digelar setiap habis lebaran. Ritual ini diadakan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat yang disimbolkan dengan mengarak tumpeng dan sesajian dari perkampungan penduduk menuju pantai.
  4. Karakteristik unik dari Pantai Watu Dodol adalah pantainya yang tidak berpasir, melainkan dipenuhi bebatuan coral dan karang. Meski demikian, air di Pantai Watu Dodol masih sangat jernih dan memiliki panorama pemandangan alam yang sangat menawan.
  5. Pantai Watu Dodol, salah satu pantai yang menawarkan panorama alam yang menawan, lokasinya terletak di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi.

DIINDONESIAKAN ATAU TETAP BAHASA INGGRIS: PRO KONTRA PENERJEMAHAN


Salah satu topik pembicaraan yang cukup banyak memancing pro-kontra adalah pembicaraan mengenai proses penerjemahan istilah bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya ke Bahasa Indonesia, khususnya mengenai istilah-istilah komputer. Masing-masing pihak memiliki argumentasi mengapa mereka lebih mendukung penerjemahan istilah ke Bahasa Indonesia atau menentang penerjemahan. Berikut beberapa argumen yang banyak dikemukakan oleh pihak yang pro dan kontra.

Bagi yang pro, penerjemahan dianggap sebagai pintu masuk pengenalan ilmu dan pengetahuan. Penerjemahan akan membuka wawasan yang lebih luas karena pengguna bahasa Indonesia tentu jauh lebih banyak dibandingkan pengguna berbahasa asing. Penerjemahan juga dapat dianggap sebagai bentuk nasionalisme dan kecintaan pada tanah air karena mencintai bahasa persatuan dan bahasa negara, yaitu Bahasa Indonesia. Selain itu penerjemahan istilah komputer ke dalam Bahasa Indonesia dapat dianggap sebagi upaya untuk melestarikan dan mengembangkan Bahasa Indonesia.

Bagi yang kontra, penerjemahan dianggap sebagai tindakan yang egois, esklusif dan kurang mendidik. Banyak istilah hasil terjemahan yang justru lebih asing dibandingkan kata asing yang ingin diserap. Istilah tetikus untuk mouse, berkas untuk file, unduh untuk download, daring (dalam jaringan) untuk online, luring (luar jaringan) untuk offline, perkakas untuk tools dan berbagai contoh lainnya justru membuat suatu artikel menjadi lebih sulit dipahami. Selain itu, belum semua istilah komputer dalam Bahasa Inggris sudah ada padanannya dalam Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, pemakaian istilah asing sering kali terasa lebih efisien.

Bagi saya masalah pro-kontra penerjemahan istilah computer sebaiknya dikembalikan pada pribadi masing-masing. Saya setuju pada nilai-nilai positif penerjemahan, tetapi penerjemahan bukan berarti segala istilah harus diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Untuk kata-kata yang sifatnya baku dan umum, saya lebih suka untuk menyerapnya kedalam bahasa Indonesia. Bagaimana menurut Anda?


Sumber : Di Indonesiakan atau Tetap Bahasa Inggris : Pro Kontra Penerjemahan – Jurnal Kehidupan Vavai


BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:

Pertanyaan Yang Ditanyakan Waktu USG

 

Ini 6 Hal yang Perlu Ibu Hamil Perhatikan Saat USG

"Saat menjalani pemeriksaan USG, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Termasuk kesehatan, tumbuh kembang, berat badan, hingga detak jantung bayi dalam kandungan, serta posisi plasenta."

Memasuki usia kehamilan, banyak persiapan yang perlu dilakukan oleh ibu untuk menjaga kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungan. Pada masa kehamilan merupakan masa-masa emas, ketika ibu perlu memerhatikan asupan nutrisi dan gizi untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Perkembangan bayi dalam kandungan dapat diketahui melalui proses USG. Dengan melakukan USG ibu dapat memantau perkembangan janin secara jelas.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan USG, seperti:

1. Perkembangan Bayi dalam Kandungan

USG dengan teknik trans-abnormal membuat pengalaman baru pada ibu. Proses ini dapat menjelaskan tentang kesehatan bayi dalam kandungan, mulai dari lingkar kepala hingga banyaknya air ketuban pada kandungan ibu dapat dilihat melalui proses USG. Tidak hanya itu, kondisi struktur tulang pada bayi juga dapat terlihat dengan proses USG. Hal ini nyatanya bisa digunakan untuk mendeteksi kelainan yang terjadi pada bayi.


2. Mengetahui Ukuran Bayi

Mengetahui ukuran bayi penting dalam proses kehamilan. Kondisi ini untuk memastikan apakah berat badan bayi dalam tahap normal, kurang atau berlebihan. Bayi yang memiliki berat badan kurang rentan mengalami persalinan prematur karena tidak tahan terhadap kontraksi yang mulai dirasakan pada trimester ketiga. Selain itu, bayi dengan kelebihan berat badan berisiko mengalami kesulitan saat persalinan yang mengakibatkan gangguan kesehatan pada bayi.


3. Ritme dan Detak Jantung Bayi

Dengan melakukan USG, ibu bisa mendengar ritme serta detak jantung bayi dalam kandungan. Normalnya, detak jantung pada bayi berubah-ubah sesuai dengan usia bayi dalam kandungan. Pada trimester kedua, bayi memiliki detak jantung diantara 120 – 180 denyut jantung per menit. Ibu juga bisa memastikan kondisi bayi dari gerakan bayi. Sebaiknya, jangan ragu untuk bertanya pada dokter jika menemukan perubahan pada gerak bayi.


4. Posisi Plasenta

Mengetahui posisi plasenta penting bagi ibu. Pada proses USG dokter memastikan posisi plasenta tidak menutup jalan lahir. Sebaiknya ibu jangan khawatir jika hal ini terjadi, kondisi ini bisa berubah normal sesuai dengan perkembangan kehamilan. Tidak hanya posisi, sebaiknya ibu mengetahui kondisi plasenta. Plasenta yang rusak memengaruhi pasokan oksigen serta nutrisi dan gizi yang dibawa untuk bayi dalam kandungan.


5. Jumlah Cairan Ketuban

Penting untuk memerhatikan kondisi jumlah cairan ketuban dalam kandungan. Kurangnya jumlah cairan ketuban pada ibu hamil mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu, air ketuban yang sedikit menyebabkan bayi terlilit tali pusar yang menyebabkan pasokan oksigen pada bayi berkurang.


6. Jenis Kelamin pada Bayi

Memasuki trimester kedua, jenis kelamin pada bayi sudah bisa terdeteksi. Namun posisi bayi yang kurang baik dalam kandungan dapat mempersulit pendeteksian jenis kelamin bayi.

Tidak ada salahnya untuk bertanya sebanyak-banyaknya pada dokter ketika sedang melakukan USG. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Ibu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kehamilan ibu.


BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:

CONTOH TEKS NARATIF : BERLIBUR KE LOKASI WISATA

 Teks naratif adalah karangan cerita yang menyajikan urutan peristiwa sesuai urutan waktu. Peristiwa atau kejadian bisa benar-benar terjadi atau hanya khayalan. Umumnya kalimat dalam teks narasi bertujuan untuk menghibur pembaca. Teks narasi memberikan pengetahuan pembaca mengenai sebuah cerita baik itu fiksi (karangan) atau non fiksi. 

Tujuan teks narasi selain menghibur yaitu memberi pengalaman estetis pada pembaca, menambah pengetahuan, informasi, dan wawasan pada pembaca. Contoh teks naratif adalah cerpen, novel, dan cerita inspirasi tentang perjuangan hidup seseorang. Cerita inspirasi ini banyak yang dibukukan dan dibaca orang karena memiliki pengaruh positif untuk diikuti oleh pembaca. Jenis teks narasi dalam cerpen atau novel fiksi bisa bermacam-macam, seperti fabel (cerita hewan), mitos, legenda, cerita rakyat (folkore), dongeng, cerita romantis, horor, cerita sehari-hari, sains fiksi. 

Teks narasi dalam bahasa Inggris disebut Narrative Text. Dalam bahasa Inggris Narrative Text termasuk dalam keahlian membaca (reading skill). Berikut contoh teks naratif  berlibur ke tempat wisata.


CONTOH TEKS NARASI : BERLIBUR KE LOKASI REKREASI

  1. Liburan Sekolah Bersama Ibu

Liburan sekolah kemarin, Fida tidak pergi kemana pun. Selama satu minggu, Fida hanya di rumah saja. Akan tetapi bukan hanya bermalas-malasan, Fida mempunyai misi membantu ibu selama liburan. Liburan ini Fida dan ibu membuat kue kering untuk dijual ke tetangga atau dititipkan di warung langganan. Dalam satu hari, Fida dan ibu dapat membuat 5 toples kue. hari berikutnya Fida dan ibu mulai menjual kue tersebut. Liburan kali ini sangat berkesan untuk Fida. Fida belajar banyak hal dari pengalamannya bersama ibu. Selain belajar membuat kue, Fida juga berlatih cara berdagang.

  1. Berlibur ke Rumah Nenek

Setiap libur akhir pekan, Aminah selalu pergi ke rumah nenek. Nenek tinggal seorang diri. Oleh karena itu Aminah sering berkunjung untuk menemani nenek. Terkadang Aminah bertemu dengan sepupu-sepupu yang kebetulan berkunjung juga ke rumah nenek. Satu aktivitas yang disukai Aminah saat berlibur ke rumah nenek adalah bermain bersama ikan koi peliharaan nenek. Nenek mempunyai peliharaan ikan koi yang besar-besar. Aminah terbiasa berenang dan bermain bersama ikan koi. Tak lupa Ami juga memberi makan ikan tersebut. Ami sangat senang berlibur akhir pekan ke rumah nenek.

  1. Liburan ke Pantai

Liburan Idul Fitri kemarin, aku bersama seluruh anggota keluarga berlibur ke pantai. Pantai tujuan kami adalah pantai-pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta. Kami berangkat selepas sholat subuh. Tujuan pertama kami adalah pantai Indrayanti. Pantai ini berpasir putih dan memiliki panorama yang indah. Kami semua bermain air bersama. Lebih dari 2 jam kami bermain di air. Selepas itu kami beristirahat, makan, dan mandi. Kami pun melanjutkan perjalanan ke pantai Siung. Di pantai ini kami kembali bermain air, naik perahu, dan bersantai. Kami sangat senang dan menikmati bermain di pantai.

  1. Berlibur ke Kebun Binatang

Riska dan teman-temannya berkumpul untuk pergi berlibur ke kebun binatang. Total ada 10 orang yang akan berlibur bersama. Setelah semuanya berkumpul, mereka pergi bersama-sama ke kebun binatang. Sesampainya di sana, mereka antre membeli tiket dan mulai masuk ke area kebun binatang. Kebun binatang itu sangat luas dan mempunyai banyak koleksi binatang. Mereka menyusuri setiap rute dan berfoto bersama beberapa binatang. Sesampainya di area menunggang gajah, mereka antre untuk dapat merasakan sensasi menunggang gajah. Tak lupa mereka pun menikmati wahana naik perahu dan melihat sirkus lumba-lumba dan binatang lain. Mereka semua sangat senang berlibur di kebun binatang.

  1. Berdagang sambil Liburan

Siapa bilang liburan harus pergi ke tempat-tempat wisata. Musim liburan kemarin, aku tidak pergi ke tempat wisata tertentu. Justru selama liburan aku pergi ke pasar untuk berdagang. Tentunya tidak sendiri, aku pergi dengan kakak-kakakku. Kami berdagang bakso bakar. Sejak malam harinya, kami sudah memasak bakso itu sendiri. Bumbu bakar pun sudah kami siapkan agar keesokan harinya kami tinggal mengolahnya. Selepas sholat subuh kami membuat bumbu bakar dan menyiapkan semua peralatan. Secara bergantian kami membawa barang-barang ke pasar. Pukul 06.00 pasar mulai ramai, banyak pembeli yang datang untuk berbelanja. Kami pun memulai memasak bakso bakar. Aromanya sungguh menggoda. Satu per satu pembeli datang membeli bakso bakar kami. Kami melayani setiap pembeli dengan suka ria. Setelah sekitar 5 jam berjualan dagangan kami pun ludes habis terjual. Setelah itu kami mulai membereskan semua peralatan untuk pulang. Hasil yang kami peroleh pun lumayan. Sebagian hasilnya kami tabung, dan sebagian lagi kami gunakan untuk berjualan lagi di hari berikutnya. Sungguh liburan yang berkesan bagiku.


BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:

KOMPETENSI SOSIOLINGUISTIK DALAM PENGAJARAN BAHASA

 

Bahasa merupakan salah satu bentuk interaksi sosial budaya masyarakat. Dalam interaksi tersebut, bahasa dipahami dari dua aspek, yaitu aspek bentuk dan makna. Jika kedua aspek tersebut dapat dipahami, bahasa dapat dimaknai sebagai deretan tanda yang memuat konteks makna dan nilai. Interaksi dapat dimaksudkan lebih khusus, yaitu interaksi dalam pembelajaran bahasa di ruang pembelajaran maupun interaksi peserta didik di luar ruang pembelajaran sebagai aplikasi dari pembelajaran bahasa. Peserta didik diharap mampu berkomunikasi di tengah masyarakat yang mempunyai konteks makna dan nilai dalam setiap bahasa yang dituturkan. Oleh karena itu, Kemampuan peserta didik dalam berbahasa yang baik dan benar akan terwujud jika didukung oleh kompetensi sosiolinguistik dari pengajar bahasa maupun peserta didik sendiri. Sosiolinguistik merupakan disiplin ilmu yang mempunyai objek kajian pada hubungan antara bahasa dan masyarakat. Sosiolinguistik juga memberikan perhatian pada kondisi masyarakat yang memengaruhi penggunaan bahasa.

Kontribusi sosiolinguistik dalam pengajaran bahasa dapat dilihat dari penentuan bahasa pengantar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran tersebut. Kemampuan pengajar bahasa dalam memilih variasi ditentukan oleh kompetensi sosiolinguistiknya. Kompetensi tersebut mengarahkan untuk menggunakan bahasa yang familiar dengan peserta didik sesuai dengan situasinya. Dalam sosiolinguitik dikenal dengan istilah alih kode dan campur kode. Hal tersebut dilakukan semata-mata hanya untuk menciptakan pembelajaran yang komunikatif.

Pengajaran bahasa Indonesia haruslah mampu menempatkan bahasa sebagai sarana penyampaian informasi, melakukan proses sosial, dan berinteraksi dalam proses pembelajaran. Dalam rumusan Fishman (Chaer dan Agustina, 2010: 48), sosiolinguistik menerangkan penggunaan bahasa dalam aspek atau segi sosial tertentu dengan memerhatikan “who speak, what language, to whom, when, and to what end”. Rumusan Fishman tersebut dirasa penting untuk dijadikan pedoman dalam berinteraksi. Rumusan tersebut mengajak untuk mempertimbangkan beberapa hal dalam berbahasa, yaitu siapa yang sedang berbicara, bahasa apa yang harus digunakan, dan untuk siapa bahasa tersebut digunakan.

Salah satu penerapan sosiolinguistik yang sesuai dengan rumusan di atas adalah tentang penggunaan pronomina persona dalam bahasa. Seorang pengajar bahasa harusnya mampu menjelaskan kepada peserta didik tentang kaidah sosial penggunaan pronomina persona. Tanpa bantuan penjelasan sosiolinguistik, peserta didik akan kesulitan untuk menggunakan pronominal persona sesuai kaidah sosial. Kaidah sosial tersebut meliputi, kepada siapa, kapan, dan di mana kata ganti tersebut harus digunakan.

Selain itu, pengajaran bahasa juga harus mampu mengidentfikasi kesalahan-kesalahan berbahasa atau interferensi yang diakibatkan dari bahasa gaul yang meluas. Penjelasan sosiolinguistik mengenai interferensi suatu bahasa lebih tepat digunakan untuk mendasari pengidentifikasian tersebut. Mengingat bahwa banyaknya interferensi istilah asing yang menggantikan kata-kata agar terlihat keren dan gaul.

BACA ARTIKEL LAINNYA YANG BERKAITAN:

SOCIOLINGUISTIC COMPETENCE IN LANGUAGE TEACHING

Language is a form of social and cultural interaction in society. In this interaction, language is understood from two aspects, namely aspects of form and meaning. If these two aspects can be understood, language can be interpreted as a series of signs that contain the context of meaning and value. Interaction can be intended more specifically, namely interaction in language learning in the learning room and interaction of students outside the learning room as an application of language learning. Students are expected to be able to communicate in a society that has a context of meaning and value in every language spoken. Therefore, the ability of students to speak properly and correctly will be realized if it is supported by the sociolinguistic competence of the language teacher and the students themselves. Sociolinguistics is a scientific discipline that has an object of study on the relationship between language and society. Sociolinguistics also pays attention to the conditions of society that affect the use of language.

The contribution of sociolinguistics in language teaching can be seen from the determination of the language of instruction to be used in the learning process. The ability of language teachers to choose variations is determined by their sociolinguistic competence. These competencies lead to using language that is familiar to students according to the situation. In sociolinguistics it is known as code switching and code mixing. This is done solely to create communicative learning.

Indonesian language teaching must be able to place language as a means of delivering information, carrying out social processes, and interacting in the learning process. In Fishman's formulation (Chaer and Agustina, 2010: 48), sociolinguistics explains the use of language in certain social aspects or aspects by paying attention to "who speaks, what language, to whom, when, and to what end". The Fishman formulation is considered important to be used as a guide in interacting. The formulation invites to consider several things in language, namely who is speaking, what language should be used, and for whom the language is used.

One application of sociolinguistics in accordance with the above formulation is about the use of personal pronouns in language. A language teacher should be able to explain to students about the social rules of using personal pronouns. Without the help of sociolinguistic explanations, students will find it difficult to use personal pronouns according to social rules. The social rules include, to whom, when, and where the pronoun should be used.

In addition, language teaching must also be able to identify language errors or interference caused by widespread slang. A sociolinguistic explanation of the interference of a language is more appropriate to use to base the identification. Given that there are many interferences of foreign terms that replace words to make them look cool and slang.

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...