HOME

30 Januari, 2024

KISI-KISI MATERI UJIAN PRAKTEK

 


KISI-KISI MATERI UJIAN PRAKTEK KELAS XII

TAHUN PELAJARAN  2014-2015

SMA HIDAYATUL UMMAH SURAKARTA

 

Kelas                           : XII-IPA/IPS

Mata Pelajaran            : BAHASA ARAB

Jumlah Soal                 : 1 Soal

 

NO

KOMPETENSI

INDIKATOR

 

1.

 

Mampu menjawab dengan tepat benda-benda yang berkaitan dengan sekolah dan perpustakaan

 

 

 

 

1.      Siswa mampu menjawab dengan tepat benda-benda yang berkaitan dengan sekolah

2.      Siswa mampu menjawab dengan tepat benda-benda yang berkaitan dengan perpustakaan

 

 

 

 

 

 

 

 

UJIAN PRAKTIKUM BAHASA ARAB

TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015 

       I.Materi Ujian

Menjawab dengan tepat benda-benda yang berkaitan dengan sekolah dan perpustakaan

    II.Alat dan Bahan disediakan oleh siswa

Ø Gambar nama benda-benda berkaitan dengan alat-alat sekolah dan perpustakaan

Ø Alat peraga yang berkaitan  dengan alat-alat sekolah dan perpustakaan

 III.Penilaian

A.    Penilaian dilakukan oleh guru mata pelajaran Bahasa Arab

B.     Aspek penilaian: Psikomotorik

C.     Format penilaian terlampir

 

 IV.       Waktu Ujian

Tiap siswa diberikan waktu 10 menit

 

    V.Pembagian Waktu Praktikum

            Terdiri dari 2 gelombang :

A.    Gelombang I      =  untuk siswa kelas XII IPS

B.     Gelombang II     = untuk siswa kelas XII IPA

 

VI.  Tujuan

1.      Siswa mampu menjawab dengan tepat benda-benda yang berkaitan dengan sekolah

2.      Siswa mampu menjawab dengan tepat benda-benda yang berkaitan dengan perpustakaan

VII.Langkah kerja / prosedur:

 

1.      Siswa berdo’a bersama-sama

2.      Penguji menjelaskan tentang tata cara pelaksanaan ujian praktek

3.      Siswa menerima kartu nomor ujian

4.      Siswa dipanggil satu per saru ke depan dengan nomor diacak

5.      Siswa menyerahkan nomor ujian ke guru penguji

6.      Siswa mendapatkan pertanyaan dari penguji 5 gambar dan 5 alat peraga yang berkaitan dengan sekolah

7.      Siswa mendapatkan pertanyaan dari penguji 5 gambar dan 5 alat peraga yang berkaitan dengan perpustakaan                                                                                                                      

 

VIII.Penentuan waktu dilakukan pengundian sebelum ujian praktikum dilaksanakan

 

INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN PRAKTEK

Aspek penilaian             : Psikomotorik

Judul Kegiatan              : Menjawab dengan tepat benda-benda yang berkaitan dengan sekolah dan perpustakaan

Kelas                             : XII-IPA

NO

NAMA

Lancar dan Fasih

 

Tidak Lancar dan Fasih

Lancar dan Tidak Fasih

Tidak Lancar dan Tidak Fasih

Skor

Nilai

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

6.

 

 

 

 

 

 

7.

 

 

 

 

 

 

8.

 

 

 

 

 

 

9.

 

 

 

 

 

 

10.

 

 

 

 

 

 

11.

 

 

 

 

 

 

12.

 

 

 

 

 

 

13.

 

 

 

 

 

 

14.

 

 

 

 

 

 

15.

 

 

 

 

 

 

16.

 

 

 

 

 

 

17.

 

 

 

 

 

 

18.

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN PRAKTEK

Aspek penilaian             : Psikomotorik

Judul Kegiatan              : Menjawab dengan tepat benda-benda yang berkaitan dengan sekolah dan perpustakaan

Kelas                             : XII-IPS

NO

NAMA

Lancar dan Fasih

 

Tidak Lancar dan Fasih

Lancar dan Tidak Fasih

Tidak Lancar dan Tidak Fasih

Skor

Nilai

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

6.

 

 

 

 

 

 

7.

 

 

 

 

 

 

8.

 

 

 

 

 

 

9.

 

 

 

 

 

 

10.

 

 

 

 

 

 

11.

 

 

 

 

 

 

12.

 

 

 

 

 

 

13.

 

 

 

 

 

 

14.

 

 

 

 

 

 

15.

 

 

 

 

 

 

16.

 

 

 

 

 

 

17.

 

 

 

 

 

 

18.

 

 

 

 

 

 

19.

 

 

 

 

 

 


Rubrik Penilaian Praktek.

1.   Setiap siswa mendapatkan 20 pertanyaan

2.   Jika siswa mampu menjawab 20 pertanyaan dengan lancer dan fasih, maka mendapatkan nilai 100

3.   Jika siswa mampu menjawab 18 pertanyaan dengan fasih dan tidak lancar, maka mendapat nilai 90

4.   Jika siswa mampu menjawab 16 pertanyaan dengan lancar dan tidak fasih, maka mendapat nilai 80

5.   Jika siswa mampu menjawab 14 pertanyaan dengan tidak lancar dan tidak fasih, maka mendapat nilai 70

 

PENILAIAN                                                                                        

                       Perolehan nilai

Nilai Akhir = ------------------- X 100                                        

                       Nilai maksimal

 

                                                                

Pedoman Penskoran           Nilai

Sangat Baik                       4

   Baik                                   3

   Cukup                                2

   Kurang                               1                                                 

 

                                                                                                                                          

SURAKARTA,…………… 2015

                                                                                                            

Penguji II                                                                                      Penguji I

 

 

 

                                 

    

 

_________________

 

29 Januari, 2024

CONTOH MEMPERKENALKAN DIRI DALAM BAHASA ARAB

 

 CONTOH MEMPERKENALKAN DIRI DALAM BAHASA ARAB

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

 

أُسْتَاذِي الفَاضِلُ وَأَصْدِقَائِيْ الأَحِبَّاء

Guruku yang terhormat dan teman-temanku yang tercinta   

 

اِسْـمَحُوا لِي أَنْ أُعَرِّفَ نَفْسِي لَكُمْ جَـمِيْعًا

Izinkan aku untuk memperkenalkan diriku kepada kalian semua

 

اِسْـمِي عَبْدُ اللهِ لُطْفِي وَيُنَادُوْنَنِـي بِـلُطْفِي

Namaku Abdullah Luthfi dan mereka biasa memanggilku 'Luthfi'

 

وُلِدْتُ فِي سُوْرَبَايَا، في التَارِيْخِ السَّابِــعِ وَ اْلعِشْرِيْنَ مِنْ نُوْفَمْبِرْ سَنَةَ أَلْفَيْنِ وَتِسْعٍ

Saya lahir Surabaya tanggal 27 November 2009.

 

وَالآنْ عُمْرِيْ أَرْبَعَ عَشرَةَ سَنَةً

Umur saya sekarang 12 tahun

 

أَنَا تِلْمِيْذٌ/ أَنَا تِلْمِيْذَةٌ

Saya seorang siswa/siswi

 

 فِى الْمَدْرَسَةِ اْلمُتَوَسِّطَة الْثَّانِيَة الْحُكُوْمِيَّة بِسُوْرَبَايَا

MTsN 2 Surabaya

 

جَلَسْتُ فِى صَفِّ التَّاسِع - B

Saya di kelas 9 B

 

عُنْوَانُ بَيْتِيْ فِي شَارِع مُوْسْتِيْكَا رَقْمُ الوَاحِد

Alamat rumahku di Jalan Mustika nomor satu

 

هِوَايَتِيْ الكِتَابَةُ وَ اْلقِرَأَةُ وَ الرِّيَاضَةُ

Hobi saya menulis, membaca dan olahraga

 

شِعَارِيْ "كُنْ عَالِمًا وَلَا تَكُنْ جَاهِلًا!"

Motto hidup saya adalah ~ Jadilah orang yang berilmu dan jangan jadi orang yang bodoh!!!

 

أُحِبُّ اللُّغَةَ العَرَبِيَّة، لِأَ نَّهاَ لُغَةَ القُرْآنِ وَالسُّنَّةِ.

Saya menyukai bahasa Arab karena ia merupakan bahasa Al-Qur’an dan Al-Hadits

 

 شُكْرًا عَلَي حُسْنِ اهْتِمَامِكُمْ

Terimakasih atas perhatiannya

 

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْـمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh



#KLIK DI BAWAH INI UNTUK#

MAKALAH HADIST TENTANG HIJAB

  A.   Latar Belakang Telah disepakati oleh seluruh umat Islam bahwa al-Qur’an menjadi pedoman hidup baik tentang syariah maupun dalam keh...