HOME

20 Agustus, 2023

KHUTBAH JUM'AT PESAN PENTING MAULID NABI MUHAMMAD SAW

 


KHUTBAH PERTAMA

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

 وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

 اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،

 أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

 وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

 (QS al-Hasyr [59]: 7)

Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah atas segala nikmat dan karunianya yang tak terhingga, terutama nikmat iman dan Islam. Bershalawat kepada Nabi Muhammad  shallallahu ‘alaihi wa sallam, rasul yang membawa petunjuk bagi umat akhir zaman.

Bertakwalah kepada Allah. Sungguh sebaik-baik bekal bagi manusia adalah bekal takwa.

وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى

“Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.” (TQS Al-Baqarah [2]: 197)

 

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Saat ini kita berada di bulan Rabiul Awwal, bulan kelahiran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maulid Nabi adalah momentum penting bagi kita untuk mengingat kembali panutan hidup kita. Menjadikan beliau sebagai satu-satunya sosok pegangan, model perilaku dan suri teladan (uswah) dalam semua aspek kehidupan.

Sungguh dalam diri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terdapat suri teladan dalam berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

 

Sungguh telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kalian, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) Hari Akhir serta banyak menyebut Allah (TQS al-Ahzab [33]: 21).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling keras mujâhadah-nya dalam beribadah. Padahal beliau adalah sosok yang maksum (terbebas dari dosa) dan dijamin pasti masuk surga. Mujâhadah beliau dalam beribadah itu agar beliau menjadi hamba yang bersyukur.

Beliau adalah pribadi yang paling mulia akhlaknya. Aisyah radhiyallahu ‘anha menyebut akhlak beliau adalah Al-Qur’an. Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Rasulullah adalah orang yang paling mulia akhlaknya. Tidak pernah berlaku keji. Tidak mengucapkan kata-kata kotor. Tidak berbuat gaduh di pasar. Tidak pernah membalas dengan kejelekan serupa. Akan tetapi, beliau pemaaf dan pengampun.” (HR Ahmad).

Beliau pun paling baik terhadap wanita. Beliau juga teladan terbaik dalam bertetangga, bergaul, berteman, berkawan dan bermuamalah. Dalam semua itu kita diperintahkan untuk menjadikan beliau sebagai teladan dan model panutan.

 

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Kehadiran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan Islamnya di tengah-tengah umat manusia adalah untuk mengatur seluruh aspek kehidupan. Baik dalam lingkup akidah, ibadah, muamalah hingga siyasah (politik).

Meneladani Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bukan hanya dalam aspek akidah, spiritual, moral dan sosial saja. Sebab jika demikian, hal itu sama saja mengerdilkan sosok beliau.

Perhatikan, beliau juga memberikan teladan kepemimpinan dalam bernegara, berpolitik dalam dan luar negeri, menjalankan pemerintahan, menerapkan hukum dan menyelesaikan persengketaan.

Ingatlah firman Allah subhanahu wa ta’ala:

وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Apa saja yang Rasul berikan kepada kalian, terimalah. Apa saja yang dia larang atas kalian, tinggalkanlah. Bertakwalah kalian kepada Allah. Sungguh Allah amat keras hukuman-Nya (TQS al-Hasyr [59]: 7).

Maka, kita harus totalitas menjadikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai panutan dan suri teladan dalam segala aspek, baik dalam aspek individu, keluarga maupun negara; kecuali tentu saja hal-hal yang menjadi kekhususan bagi beliau saja (khawâsh ar-Rasûl) sebagaimana diterangkan oleh para ulama ushul.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Salah satu aspek teladan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam yang saat ini penting untuk diaktualisasikan adalah teladan kepemimpinan.

Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bukan hanya pemimpin spiritual (za’îm rûhi), tetapi juga pemimpin politik (za’îm siyâsi). Dalam konteks saat ini, beliau dapat disebut sebagai pemimpin negara (ra’îs ad-dawlah). Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلَّا لِيُطَاعَ بِإِذْنِ اللَّهِ

Tidaklah Kami mengutus kamu (Muhammad) melainkan untuk ditaati dengan izin Allah (TQS an-Nisâ` [4]: 64).

Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memberikan teladan bagaimana menjalankan sistem pemerintahan Islam. Beliau membangun struktur negara. Beliau menunjuk dan mengangkat para penguasa baik mu’awin, wali maupun ‘amil. Beliau menunjuk dan mengangkat para panglima dan komandan pasukan. Beliau membentuk kepolisian dan mengangkat kepala polisinya. Beliau mengangkat qâdhi (hakim) untuk berbagai wilayah. Beliau juga mengangkat para pegawai administratif yang disebut kâtib untuk berbagai urusan. Semua itu merupakan penjelasan atas kewajiban menerapkan hukum-hukum Islam.

Sebagai kepala negara di Madinah, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam menerapkan syariah Islam secara menyeluruh sejak awal Negara Islam berdiri. Beliau menerapkan syariah itu secara konsisten dan tanpa pandang bulu.

Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menyatukan dan melebur masyarakat yang beliau pimpin menjadi satu kesatuan umat dengan ikatan yang kokoh, yakni ikatan akidah Islam. Beliau sekaligus melenyapkan ikatan-ikatan ‘ashabiyyah jâhiliyah, seperti ikatan kesukuan dan kebangsaan.

Selain itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memimpin umat untuk menjalankan misi agung menyebarkan Islam ke seluruh penjuru dunia dengan dakwah dan jihad. Karena dakwah itu pula, Islam sampai ke negeri ini.

Akhirnya, mari kita jadikan momentum Maulid Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai jalan untuk meneladani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam secara totalitas. Meneladani pribadi beliau, kepemimpinan beliau, serta meneladani dan merealisasikan sistem yang beliau gariskan dan contohkan, yaitu sistem Islam, melalui penerapan syariah Islam secara kaffah.

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

 

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

 عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

BACA ARTIKRL LAINNYA YANG BERKAITAN:

KHUTBAH JUM'AT TENTANG HIKMAH MORALITAS DALAM MAULID NABI

 


"Alangkah agungnya Rasul yang selalu dihiasi oleh budi pekerti yang sangat mulia itu. Kepribadiannya selalu diselimuti kebaikan. Wajahnya selalu dihiasi oleh senyum keramahan yang menawan. Dia lemah lemah lembut ibarat bunga, mengundang pesona ibarat bulan purnama, luas kedermawanannya ibarat samudera, dan sangat pasti cita-citanya ibarat perjalanan masa." Demikian gambaran Imam al-Busyiri tentang kemuliaan akhlaq Rasulullah SAW.

 

KHUTBAH 1

الحمد لله الذي له ما في السماوات والأرض وهو على كل شيء قدير. والصلاة والسلام على معلم الناس الخير محمد بن عبد الله الذي أوتي القرآن ومثله معه، وجعل الله طاعته من طاعته هو سبحانه. أما بعد،  أما بعد. فياأيها الناس اتقوالله حق تقاته ولاتموتن الا وأنتم مسلمون

Ma’asyiral Muslimin Hafidzakumullah

Marilah kita bersama-sama berdo’a kepada Allah SWT agar kita senantiasa berada di bawah naungan rahmat-Nya. Marilah kita bersama-sama meningkatkan taqwa kita kepada-Nya, Sebab taqwa merupakan jembatan bagi kita untuk menggapai ridha dan kemulian di sisi-Nya, baik di dunia maupun akhirat. Sebagaimana firman Allah:

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ

“Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisiku ialah orang yang bertaqwa.” (QS: al-Hujurat, 14)

Beberapa hari yang lalu, tepatnya Selasa 12 Rabi’ul Awal 1435 H, kita bersama-sama memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Adalah sudah menjadi tradisi mayoritas umat Islam merayakan hari kelahiran Nabi tersebut. Bagi muslim Indonesia, tradisi maulid  sudah membumi di benak kolektif masyarakat. Peringatan maulid merupakan salah satu bukti kecintaan kita terhadap Nabi SAW. Ungkapan cinta itu diluapkan dengan ekpresi yang beraneka ragam. Misalnya, di Yogyakarta dan Surakarta kita menemukan sekaten, di banjar ada istilah Baayun Maulid, demikian pula di daerah-daerah lain, mereka memiliki istilah dan tradisi sendiri dalam memperingati maulid Nabi SAW.

Peringatan maulid Nabi memiliki dampak positif dalam pembentukan karakter umat Islam. Pada acara itu kita bisa mendengar berbagai macam ceramah yang menjelaskan tentang sosok Nabi Muhammad SAW. Mungkin saja, bayangan Nabi SAW itu sudah terlupakan dalam benak kita, lantaran kesibukan dunia. Seorang pemimpin bisa jadi sudah lupa bagaimana cara memimpin masyarakat yang benar, wakil rakyat mungkin saja lupa dengan janji-janjinya selama ini, para pejabat yang sudah lupa bagaimana cara menyimpan uang rakyat, sehingga banyak uang rakyat yang tercecer ke kantong pribadinya,  dan bisa jadi sebagai muslim kita sudah lupa bagaimana berakhlak mulia. Momentum maulid Nabi ini sangat tepat dijadikan sarana untuk melawan penyakit amnesia yang tengah mewabah itu.

Jama’ah Jum’at yang berbahagia

Ada banyak contoh yang dapat kita tiru dari Rasulullah SAW. Jika al-Qur`an diibaratkan mutiara yang memantulkan beraneka ragam warna cahaya, demikian pula dengan Nabi SAW. Kita bisa memetik hikmah apasaja yang terdapat dalam diri beliau. Terutama perihal akhlak dan budi pekertinya. Allah SWT berfirman.

 لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا.

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.” (QS: al-Ahdzab ayat 21)

 Dalam ayat lain Allah SWT berfirman:

 وأنك لعلى خلق عظيم

Dan sesungguhnya, kamu (muhammad) benar-benar berbudi perketi yang agung (QS. Al-Qalam 68: 4)

Ayat di atas menjelaskan kepada kita bahwa dalam diri Nabi tertanam akhlak yang mulia. Keelokan perangainya itu tidak hanya diakui kalangan Islam saja, non-muslim pun memuji akan akhlaknya tersebut. Tak heran di usia belia rasul dijuluki dengan gelar al-Amin, dan kejujurannya tersohor ke saentaro dunia. Kebaikan akhlaknya itu digambarkan  Imam al-Bushiri dalam gubahan syairnya: “Alangkah agungnya Rasul yang selalu dihiasi oleh budi pekerti yang sangat mulia itu. Kepribadiannya selalu diselimuti kebaikan. Wajahnya selalu dihiasi oleh senyum keramahan yang menawan. Dia lemah lemah lembut ibarat bunga, mengundang pesona ibarat bulan purnama, luas kedermawanannya ibarat samudera, dan sangat pasti cita-citanya ibarat perjalanan masa.”

Kaum muslimin yang dirahmati Allah.

Misi utama diutusnya Nabi SAW ke permukaan bumi ini ialah untuk memperbaiki akhlak manusia. Syeikh Yusuf al-Qardhawi dalam bukunya berjudul kaifa nata’amal ma’a al-Qur`an, menyebutkan salah satu tujuan dari syari’at Islam ialah untuk menyucikan hati manusia dan meluruskan akhlak. Dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah disampaikan bahwa Nabi bersabda:

إِنما بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاَقِ

“Sesungguhnya aku (Muhammad) diutus hanyalah untuk menyempurnakan (memperbaiki) akhlak manusia.” (HR: al-Baihaqi)

Dengan modal akhlak yang mulia itu pula Islam menyebar dalam tempo yang sangat singkat di Jazirah Arab. Praktik kehidupan Nabi, baik di Mekah ataupun Madinah, memberi gambaran kepada kita bahwa peranan akhlak dalam kehidupan ini sangatlah urgen. Penerimaan masyarakat terhadap kebenaran yang disampaikan sangat berkaitan dengan moral si penuturnya. Kebenaran akan meresap cepat ke dalam hati sabubari apabila disampaikan dengan cara-cara yang santun seperti yang dicontohkan Nabi SAW.

Hadirin yang berbahagia

Berbicara mengenai moral atau akhlak pada hari ini membuat  air mata kita menetes. Bagaimana tidak, hampir setiap hari media cetak maupun elektronik mengabarkan kepada kita perihal kemungkaran sosial yang terjadi di negeri ini. Bukan berati negeri ini penuh dengan penjahat, tidak. Namun, suara kejahatan  lebih masih ketimbang kebaikan. Menengok kembali  kepribadian Nabi SAW adalah solusi nyata untuk keluar dari jeratan masalah ini. Rasul telah mencontohkan kepada kita bagaimana mengatur negara yang baik dan masyarakat yang bermoral. Dalam menjalankan kekuasaan Rasulullah SAW selalu menekankan aspek kebaikan, kejujuran, kaselahan, dan keadilan bagi semua kalangan tanpa memandang warna kulit, keyakinan, serta ras.

Selain itu, Rasulullah SAW selalu mewanti-wanti agar umatnya tidak selalu menuruti hawa nafsunya. Karena hawa nafsu sumber kemungkaran dan kemerosotan akhlak. Orang akan mudah terjerumus untuk korupsi, menipu, dan kemungkaran sosial lainnya jika terlalu menuruti nafsu rakusnya.  Bahkan Rasulullah mengancam status keimanan umatnya yang tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan ‘Amr bin al-‘Ash, Nabi berkata:

لا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يَكُونَ هَوَاهُ تَبَعًا لِمَا جِئْتُ بِهِ

“Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian sehingga hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa.”    

 Jama’ah jum’at yang dirahmati Allah SWT

Demikianlah khutbah jum’at kali ini. Semoga dengan peringatan maulid Nabi ini dapat membawa perubahan dalam tingkah laku kita. Peringatan maulid bukan hanya sekedar formalitas atau seremonial belaka. Lebih dari itu, peringatan maulid sebagai sarana bagi kita untuk menambah wawasan tentang kehidupan Nabi SAW, kemudian  mengamalkan dan mengkontekstualkan dalam kehidupan sehari-hari.     

باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلكمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيّاكُمْ بِالآياتِ والذِّكْرِ الحَكِيْمِ. إنّهُ تَعاَلَى جَوّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ.

 

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ

BACA ARTIKRL LAINNYA YANG BERKAITAN:

19 Agustus, 2023

HIKMAH KEKALAHAN TENTARA GAJAH SAAT MENYERAH KA'BAH

 


Raja Abrahah tidak senang Ka’bah menjadi tujuan orang-orang Arab saat menunaikan ibadah haji. Ia berniat untuk mengalihkannya ke al-Qullais, gereja di Shan’a, ibu kota Yaman. Bersama pasukan gajah ia berangkat menuju Makkah berniat menghancurkan Ka’bah yang selama ini dijadikan pusat ibadah haji orang-orang Arab.

Al-Qullais Gereja Abrahan Tandingan Ka'bah

Abrahah membangun al-Qullais di Shan’a, Yaman. Sebuah gereja yang terbuat dari tanah. Bangunan mewah tanpa ada yang menandingi saat itu. Begitu selesai dibangun, Abrahah segera mengabarkan kepada Raja Najasyi:

“Saya telah membangunkannya untukmu, wahai Baginda Raja, sebuah gereja yang belum pernah dibangun untuk seorang pun dari kalangan raja sebelum Engkau. Saya tidak akan berhenti sampai berhasil memindahkan orang-orang Arab yang berhaji ke sana!”

Kabar itu menyebar hingga sampai ke telinga seorang pria dari kalangan Nas’ah (orang yang biasa menunda janji sampai beberapa bulan lamanya, nas’ah artinya menunda). Pria Na’sah itu tidak suka. Sebagai responnya, ia datangi bangunan Al-Qullais dan tidak tanggung-tanggung nekat buang hajat di sana.

Mengetahui aksi ‘kurang ajar’ pria Nas’ah itu, Abharah murka. Ketidaksukaannya terhadap Ka’bah semakin menjadi. Ia bersumpah mengerahkan tentara menuju Makkah dan merobohkan bangunan Ka’bah. Tekad Abrahah mendapat kutukan keras dari orang-orang Arab. Bahkan, mereka sampai pada keputusan berjihad melawan Abrahah adalah wajib. Dalam perjalanan menuju Makkah nanti, pasukan Abrahah akan banyak menemui perlawanan. Kendati kekuatan tentaranya tidak tertandingi.

 

Perjalanan Tentara Gajah ke Makkah

Dzu Nafir, seorang pria dari kalangan terhormat dan tokoh negeri Yaman mencoba menghadang Abrahah. Mengajak kaum dan para pengikutnya untuk memerangi Abrahah demi menjaga Baitullah. Tapi, Dzu Nafir beserta pasukannya berhasil dilumpuhkan, Dzu Nafir ditangkap dan dijadikan tawanan perang.

Abrahah melanjutkan perjalanannya. Ketika sampai di wilayah Khats’am, Nufail bin Habib bereserta dua kabilah Khats’am; Syahran dan Nahis, dan sejumlah kabilah Arab lainnya, menghadang pasukan Abrahah. Namun lagi-lagi kekuatan pasukan Abrahah terlalu kuat. Akhirnya Abrahah berhasil mengatasi serangan. Sementara Nufail ditangkap dan dijadikan penunjuk jalan menuju Makkah.

Sampai di Tha’if, Mas’ud bin Mu’tab bersama sejumlah orang dari suku Tsaqif menemuinya. Kali ini, orang-orang Arab dari Tha’if tidak bermaksud untuk menyerang pasukan Abrahah. Mereka mengakui Abrahah sebagai raja dan meminta berdamai. Sebagai bukti penghormatan pada Sang Raja, mereka mengutus Abu Righal sebagai penunjuk jalan menuju Makkah. Namun, Abu Righal meninggal dunia begitu sampai di Mughamas, tempat di dekat kota Mekah, dari arah Tha’if.

Saat tiba di Mughamas, Abrahah mengutus Aswad bin Mashfud, pria dari kalangan bangsa Habsyi, untuk pergi ke Makkah. Sesampai di Makkah, ia merampas harta Tihamah dari kaum Quraisy dan selain mereka. Ia juga merampas 200 ekor unta milik Abdul Muthallib, kakek Nabi saw. Suku Quraisy, Kinanah, Hudzail, serta orang-orang yang berada di tanah Haram ingin sekali melawan. Tapi sadar, kekuatan musuh terlalu besar.

Abrahah juga mengutus Hunathah al-Himyari guna menemui pemimpin Makkah, Abdul Muthallib, untuk menyampaikan tujuan pasukannya hanya untuk merobohkan Ka’bah, bukan untuk bertempur. Jika memang pemimpin Makkah itu tidak mau bertempur, Abrahah memintanya untuk menghadap. Singkat cerita, Abdul Muthallib menyadari tidak akan mampu melawan tentara Abharah. Ia hanya bisa pasrah dan menemui Abrahah.

Sesampainya bertemu Abrahah, Abdul Muthallib tidak membicarakan soal tujuan Abrahah yang ingin merobohkan Ka’bah. Ia sudah pasrah, hanya meminta unta-unta yang telah dirampas Abrahah untuk dikembalikan. Permintaan Abdul Muthallib dikabulkan. Lalu Abdul Muthallib kembali menemui kaum Quraisy dan memberitahu apa yang akan terjadi. Kemudian menginstruksikan mereka untuk mengungsi keluar dari Makkah dan berlindung di puncak serta lereng gunug.

Di pengungsian itu, mereka berdoa kepada Allah agar mengalahkan tentara Abrahah. Sementara itu, Abdul Muhtallib memegangi rantai pintu Ka’bah sembari bersenandung:

لَاهُمَّ إِنَّ الْعَبْدَ يَمْنَعُ *** رَحْلَهُ فَامْنَعْ حِلَالَكْ

لَا يَغْلِبَنَّ صَلِيبُهُمْ *** وَمِحَالُهُمْ غَدْوًا مِحَالَكْ

إِنْ كَنْتَ تَارِكَهُمْ وَ *** قِبْلتَنَا فَأَمْرٌ مَا بَدَا لَكْ

Artinya, “Bukan mereka, sesungguhnya ada hamba yang mencegah untanya, maka cegahlah tanah suci-Mu. Salib dan tipu daya mereka tidak dapat mengalahkan tipu daya-Mu esok. Jika Engkau hendak membiarkan mereka dan kiblat kami, perintahkanlah yang semestinya Engkau perintahkan.”

Lalu, Abdul Muthallib melepaskan mata rantai pintu Ka’bah dan ikut naik ke puncak gunung bersama orang Quraisy lainnya.

Tatkala pasukan Abrahah sampai, hampir menyentuh Ka’bah, tiba-tiba pasukan gajah yang mereka bawa mogok menderum. Dipaksa, tetap saja. Tapi, begitu diarahkan untuk kembali pulang ke arah Yaman, gajah-gajah itu langsung berdiri dan berlari-lari kecil.

Allah kemudian mengutus serombongan burung dari arah laut yang bentuknya seperti burung layang-layang hitam dan burung jalak. Masing-masing dari mereka membawa tiga butir batu kecil seukuran biji kacang, dua batu di kaki dan satu di paruh. Siapapun yang terkena batu itu langsung binasa. Pasukan Abrahah segera hancur, binasa oleh batu-batu kecil yang menimpanya. Peristiwa ini diabadikan dalam al-Qur’an surat Al-Fîl. (Abdussalam Muhammad Harun, Tahdzîb Sîrah Ibnu Hisyâm, [Beirut, Mu’assasah ar-Risalah: 1985], halaman 26-30).

Menurut riwayat paling shahih, peristiwa ini terjadi pada Muharram, bertepatan dengan Februari tahun 570 M. Tepat setelah 50 hari setelah itu, lahir Nabi Muhammad saw. (Shalih ‘Abduh al-Barkani, al-Umam al-Hâlikah fil Yaman, [Kairo, Dârul Lu’lu’ah: 2018], halaman 247).

 

Hikmah Kekalahan Tentara Gajah

Kekalahan Tentara Gajah sebagaimana kisah di atas mengandung banyak hikmah, yang di antaranya adalah sebagai berikut.

Pertama, sebagai persiapan kelahiran Rasulullah saw. Banyak dijelaskan oleh ulama, seperti Ibnu Katsir dalam tafsirnya, Ibnul Qayyim dalam Zâdul Ma’âd, Muhammad asy-Syami dalam Subulul Hudâ war Rasyâd , dan lain sebagainya, kekalahan pasukan gajah di bawah pimpinan Raja Abrahah merupakan pertanda akan dilahirkannya nabi akhir zaman di kota Makkah. Peristiwa ini tergolong sebagai irsâhsh, hal-hal irasional (luar biasa) yang terjadi pada diri Rasulullah saw sebelum diutus menjadi nabi.

Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, peristiwa kekalahan Tentara Gajah yang dipimpin oleh Raja Abrahah merupakan pertanda akan dilahirkannya Nabi saw di kota Makkah. Secara logika, seharusnya pasukan Abrahah yang beragrama Nasrani (Ahlul Kitab), otomatis lebih mulia dari penduduk Makkah yang menyembah berhala. Tetapi, Allah lebih berpihak kepada penduduk Makkah. Tidak lain, kehendak Allah itu adalah untuk memuliakan kota Makkah, kota yang 50 hari setelah itu akan melahirkan seorang nabi akhir zaman. Artinya, Nabi sudah ada dalam kandungan Sayyidah Aminah. Secara tidak langsung, seolah Allah berpesan:

“Wahai suku Quraisy sekalian, kami menolong kalian dengan mengalahkan Habasyah bukan karena kalian lebih mulia (dari para ahlul kitab, pen). Kami hanya ingin menjaga Ka’bah yang kelak akan kami muliakan dan kami agungkan dengan diutusnya nabi yang ummi.” (Ibnu Katsir, Tafsîrul Qur’ân al-‘Adhîm, [Islam Kotob: 1950], juz XIV, halaman 455).

Seandainya Tentara Gajah berhasil menguasai kota Makkah saat itu, tentu mereka akan menahan seluruh penduduknya dan dijadikan budak. Termasuk ibunda Nabi saw, Sayyidah Aminah yang kala itu sedang mengandungnya. Jika Siti Aminah dijadikan budak, Nabi saw yang masih di dalam kandungannya pun menjadi budak, baik saat masih di kandungan, maupun nanti jika sudah lahir. (Ali Ash-Shallabi, as-Sirâh an-Nabawiyyah, [Beirut, Dârul Ma’rifah: 2008], halaman 43).

Kedua, penjagaan terhadap Ka’bah. Tujuan Allah membebaskan Ka’bah dari sentuhan Abrahah dan pasukannya adalah untuk melindunginya dari penguasaan dan kendali orang-orang zalim, sehingga Makkah tetap menjadi kota merdeka. Ini adalah cara Allah untuk menjaga agama dan dan Baitullah, sebelum semua orang tahu akan lahirnya sosok Nabi saw. (Ali Ash-Shallabi, as-Sirâh an-Nabawiyyah, halaman 43).

Ketiga, menjadikannya sebagai perhitungan kalender orang Arab. Dalam tradisi Arab sebelum mengenal kalender Hijriyah, mereka menggunakan peritiswa-peristiwa besar sebagai pengingat suatu peristiwa. Misal mereka mengatakan, “Hal itu terjadi pada Tahun Gajah, Si Fulan lahir pada Tahun Gajah, itu sekian tahun setelah Tahun Gajah.” (Abul Hasan an-Nadawi, as-Sîratun Nabawiyyah, [Jedah: Darus Syuruq, 1989], halaman 82). Wallahu a’lam.


BACA ARTIKRL LAINNYA YANG BERKAITAN:

PENYERANGAN PASUKAN GAJAH KE KA'BAH

 

Penduduk Makkah, melalui pemimpin mereka, Abdul Muthalib mendapat kabar bahwa kota tempat berdirinya Ka’bah tersebut hendak diserang oleh Abrahah dan pasukan bergajahnya. Pasukan yang akan menyerbu Kota Makkah saat itu dikenal sangat kuat. Kedatangan mereka tidak lain untuk menghancurkan Ka’bah Baitullah yang senantiasa dimuliakan oleh penduduk Makkah.

Pasukan biadab itu berasal dari Negeri Yaman yang berada dalam kekuasaan Abessinia (sekarang Ethiopia). Mereka dipimpin oleh seorang panglima besar bernama Abrahah. Abrahah dan para pemimpin Abessinia merasa iri dan dengki terhadap penduduk Makkah dengan Ka’bahnya karena senantiasa dikunjungi oleh para pelancong dari segala penjuru Arabia, baik untuk berhaji maupun hanya sekedar berziarah.

Perasaan dengki inilah yang melatarbelakangi maksud dari tindakan terkutuk tersebut. Abrahah dan para pemimpin Abessinia menginginkan agar tempat ziarah itu berada di Yaman, bukan di Makkah. Akhirnya mereka membangun gereja megah di Sana'a yang diberi nama al-Qalis dengan harapan dapat menjadi tempat ibadah haji terbesar di seluruh Arab, menyaingi Makkah.

Martin Lings dalam Muhammad: Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik (2015) menuliskan, hal ini mengundang kemarahan suku yang tersebar di Hijaz dan Najd. Seseorang dari suku Kinanah, yang punya hubungan nasab dengan Quraisy, meruntuhkan gereja itu. Abrahah geram dan bersumpah meratakan Ka'bah.

Muhammad Husain Haekal dalam Sejarah Hidup Muhammad (1980) menyebutkan, Abrahah yang sudah menghiasi rumah sucinya sedemikian rupa, berhadapan dengan kenyataan: orang-orang Arab hanya berniat ziarah ke Mekkah. Mereka menganggap ziarah tidak akan sah jika tidak ke Ka'bah. Abrahah kemudian mengambil keputusan menyerang Mekkah. Dia sendiri tampil paling depan di atas seekor gajah besar.

Tetapi, usaha mereka tidak membuahkan hasil karena ‘magnet’ Ka’bah masih ampuh untuk menarik para pelancong mengunjunginya. Maka api kedengkian pun kian menyulut ubun-ubun mereka, tak terbendungkan lagi. Dengan dipimpin langsung oleh Abrahah, pasukan besar dari Yaman dengan sebagian besar mengendari gajah berbaris untuk menyerbu Kota Makkah sekaligus menghancurkan Ka’bah.

Ketika Abrahah dan pasukannya tiba di daerah Mughammas, dekat Kota Makkah, mereka pun singgah sejenak untuk beristirahat. Abrahah mengirimkan seorang utusan kepada Abdul Muthalib pemimpin kota suci yang amat dicintai penduduknya itu, untuk memberitahukan bahwa mereka akan menghancurkan Ka’bah. Mengetahui hal itu, Abdul Muthalib dan rakyatnya tidak bisa berbuat banyak karena pasukan Abrahah sangat kuat.

Dengan perasaan sedih bercampur takut, satu persatu penduduk Makkah meninggalkan tanah kelahirannya menuju bukit-bukit yang mengelilingi kota tua itu untuk bersembunyi. Abdul Muthalib sendiri, sebelum pergi, ia menyempatkan untuk ‘pamit’ terlebih dahulu ke Baitullah.

Di sana Abdul Muthalib berdoa seraya menyerahkan pemeliharaan Baitullah sepenuhnya kepada pemiliknya sendiri yaitu Tuhan Yang Mahaperkasa. Doanya itu diuntainya dalam sebuah syair dengan sangat memelas,

“Wahai Tuhanku, Tidak ada yang kuharapkan selain dari-Mu. Wahai Tuhanku, Selamatkan rumah-Mu dari serangan mereka. Sesungguhnya mereka yang akan merusak bait-Mu, Adalah musuh-Mu.”

Doa Abdul Muthalib yang tulus dan amat bersungguh-sungguh itu kiranya dikabulkan oleh Allah swt. Sebelum tentara Abrahah menjamah Ka’bah, mereka telah disambut oleh gerombolan burung Ababil yang melemparkan bebatuan sampai mereka binasa bagaikan dedaunan yang dimakan ulat. Peristiwa ini diabadikan oleh Al-Qur’an Surat Al-Fil ayat 1-5.

Di tengah peristiwa penyerangan yang dilakukan oleh pasukan gajah tersebut, lahir seorang anak laki-laki dari pasangan Abdullah bin Abdul Muthalib dan Aminah binti Wahab. Setelah lahir di tahun gajah itu, Abdul Muthalib yang mendengar kabar ini demikian gembira, mengangkatnya, dan membawanya ke Ka'bah. Ia memberi nama Muhammad untuk sang cucu, bukan nama umum di kalangan Arab saat itu.

Namun, Abdul Muthalib, yang menjadi saksi bagaimana Tuhan melindungi Ka'bah dari serangan pasukan Abrahah punya alasan kuat. Abdul Muthalib menginginkan cucunya kelak menjadi orang yang terpuji, bagi Tuhan di langit dan bagi makhluk-Nya di bumi.


BACA ARTIKRL LAINNYA YANG BERKAITAN:

TAFSIR SURAT AL-FIL AYAT 1-2


 Berikut ini adalah teks, terjemahan, kutipan sejumlah tafsir ulama atas Surat Al-Fil Ayat 1-2 dan sepenggal kisah ashabul fil.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ

(1) Alam tara kaifa fa'ala rabbuka bi'ashābil-fil(i). (2) Alam yaj'al kaidahum fi taḍlil(in).

Artinya, (1) "Tidakkah engkau (Nabi Muhammad) memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah? (2) Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?

Ragam Tafsir Ulama atas Surat Al-Fil Ayat 1-2

Imam al-Baidlawi (wafat 685 H) mengatakan bahwa khitabnya ayat untuk Rasullah SAW. Sekalipun beliau tidak menyaksikan peristiwa tersebut, namun beliau menyaksikan peningalannya dan mendengan kabarnya secara mutawatir maka seakan-akan Nabi menyaksikannya secara langsung. Kemudian terkait pengunaan kata 'kaifa' bagaimana bukan 'ma' apa menurutnya karena tujuannya ayat adalah mengingatkan peristiwa di dalamnya yang merupakn aspek petunjuk atas kesempurnaan pengetahuan, kekuasaan, kemulian baitulallah dan keagungan Rasul-Nya. Peristiwa ini sebagai Irhas, diriwayatkan peristiwa ini terjadi pada tahun kelahirannya. (Lihat: Nasiruddin as-Syairazi al-Baidhawi, Anwarut Tanzil wa Asrarut Ta'wil, [Beirut, Darul Ihya': 1418 H], juz V, halaman 339).

Ungkapan "fa'ala rabbuka" menurut Sayyid Thanthawi (wafat 2010 H) adalah isyarah bahwa tindakan ini tidak ada yang mampu melakukannya selain Allah swt, Dia lah yang mendidik dan mengasuh Nabi dengan penjagaannya, Dia lah pelindungnya dari musuh-musuhnya sebagaimana Allah menolong penduduk Makah dari serangan tentara Habasyah, mereka adalah Ashabul Fil. Mereka disebut dengan demikian karena mereka hadir bersama fil "gajah" untuk membantu mereka merusak Ka'bah dan menghinakan penduduk Makah. (Muhammad Sayyid Thanthowi, Tafsir Washit [Cairo, Dar Nahdlah: 1997 M] juz XV halaman 510).

Syekh Nawawi Banten (wafat 1898 M) mengatakan kata 'Alam yaj'al' dalam ayat kedua merupakan istifham litaqrir yaitu istifhan atau pertanyan sebagai penegasan sehingga makna ayatnya adalah sungguh Tuhanmu telah menjadikan tipu daya merusak ka'bah dalam kegagalan, yakni dengan membinasahkan mereka dengan sejelek-jelaknya pembinasahan. (Muhammad Nawawi Al-Jawi, At-Tafsîrul Munîr li Ma’âlimit Tanzîl, [Surabaya, al-Hidayah], juz II, halaman 663).

Menurut Sayyid Thantahawi kata 'al-kaid' maknanya adalah kehendak untuk merugikan orang lain secara diam-diam. Adapun alasan Allah menamakan kelakuan Abrahah dan tentanya dengan 'kaid' padahal mereka datang untuk merusak Ka'bah dengan terang terangan di siang hari, karena mereka memendam kebencian, hasud dan permusuhan kepada penduduk Makah lebih besar ketimbang yang ditampakkan. (Muhammad Sayyid Thanthowi, Tafsir Washit, juz XV halaman 511).

Berikut Sepenggal Kisah Ashabul Fil:

Syekh Wahbah Az-Zuhaili (wafat 2015 M) dalam tafsirnya, At-Tafsir Munir menyebutkan kisah Ashabul fil dengan ringkas, runtut dan apik, kisah ini beliau rangkum dari beberapa refrensi otoritatif di antaranya adalah Sirah Ibnu Hisyam. Beliau tidak hanya menyebutkan kisahnya saja, di akhir tulisanya beliau juga mencoba menjelaskan pandangannya terkait hikmah peristiwa ini. Berikut kisah selangkapnya.

Di Yaman ada seorang raja, sebelum raja an-Najasyi (raja Habasyah), namanya adalah Abrahah bin Shabbah al-Asyram, kakek Najasyi yang hidup semasa dengan Nabi saw. Dia telah membangun sebuah gereja yang sangat besar dengan nama Qallis dengan tujuan untuk mengalihkan haji orang-orang Arab ke gereja tersebut.

Pada suatu malam ada seorang lelaki dari Bani Kinanah membuang air besar di dalam gereja tersebut. Kejadian itu membuat sang raja marah. Ia pun bersumpah akan menghancurkan Ka'bah sebagai balasan dari kejadian tersebut. Selain itu, pada dasarnya dia ingin menaklukkan Mekah untuk menghubungkan Yaman dengan negeri Syam serta memperluas negeri Nasrani.

Kemudian, raja tersebut menyiapkan pasukan dalam jumlah besar disertai dengan gajah dalam jumlah yang banyak. Ada yang mengatakan jumlah gajah tersebut mencapai dua belas ribu, ada juga yang mengatakan seribu. Itu dilakukan untuk menakut-nakuti musuh. Setelah itu, pasukan berjalan hingga sampai ke Muqammas, sebuah tempat dekat Mekah.

Abrahah mengirim utusan kepada para penduduk Mekah untuk memberitahu mereka bahwa dia datang bukan untuk memerangi mereka. Akan tetapi, dia datang untuk menghancurkan Ka'bah.

Penduduk Mekah pun menganggap bahwa tujuan tersebut merupakan masalah besar. Mereka ketakutan dan hendak memerangi Abrahah. Akan tetapi, mereka melihat bahwa mereka tidak mempunyai kekuatan yang cukup untuk menghadapi Abrahah dan bala tentaranya. Akhirnya mereka berlindung di balik gunung-gunung untuk melihat apa yang akan terjadi. Mereka yakin bahwa Ka'bah adalah milik Tuhan yang akan senantiasa menjaganya.

Ketika pasukan sudah mendekati Makah, Abrahah memerintahkan untuk merampas harta orang-orang Arab. Di antara harta tersebut adalah unta Abdul Muththalib bin Hasyim, kakek Nabi saw, unta yang berjumlah dua ratus ekor itu dibawa oleh salah seorang tentara.

Kemudian, Abrahah mengutus Hanathah al-Himyari ke Mekah dan memerintahkannya untuk mendatangi tokoh Quraisy serta memberitahunya bahwa sang raja datang bukan untuk memerangi kalian, kecuali jika kalian menghalanginya untuk menghancurkan Ka'bah.

Akhirnya, Hanathah sampai dan ditujukan ke Abdul Muththalib bin Hasyim. Hanathah pun menyampaikan pesan sebagaimana yang dikatakan oleh Abrahah. Lantas Abdul Muththalib berkata kepadanya,

"Demi Allah kami tidak ingin memeranginya. Kami tidak mempunyai kekuatan untuk itu. Ini adalah Baitullah al-Haram (rumah Allah) dan kekasih-Nya, Ibrahim. Jika Dia (Allah) mencegah Abrahah untuk menghancurkan Ka'bah, maka itu adalah rumah-Nya. Jika Dia membiarkan hal itu, maka demi Allah kami tidak mempunyai kekuatan untuk mencegah hal itu."

Lantas Hanathab berkata, "Pergilah bersamaku ke Abrahah."

Lantas Abdul Muththalib pergi bersamanya. Tatkala Abrahah melihatnya, dia pun menghormatinya. Abdul Muththalib adalah sosok lelaki dengan postur tubuh besar dan gagah. Lantas Abrahah turun dari singgasananya dan mempersilakan Abdul Muththalib duduk bersama di permadani yang terbentang. Kemudian Abrahah bertanya tentang kepentingannya datang kepadanya.

Abdul Muththalib menjawab: "Saya datang untuk memohon kepada raja agar mengembalikan dua ratus unta yang dirampas dariku."

Abrahah pun terkejut dengan hal itu dan berkata: "Apakah kamu ingin berbicara denganku tentang dua ratus unta yang aku rampas darimu dan tidak membicarakan Ka'bah yang merupakan agamamu dan nenek moyangmu. Aku datang untuk menghancurkannya. Tidakkah kamu ingin membicarakan hal itu denganku!?"

Abdul Muththalib menjawab: "Aku adalah pemilik unta-unta tersebut. Sedangkan Ka'bah mempunyai pemilik sendiri yang akan melindunginya dari seranganmu."

Dengan sombongnya Abrahah berkata: "Dia tidak akan dapat mencegahku"

Abdul Muththalib kembali menjawab: "ltu urusanmu."

Abdul Muththalib dan para tokoh Arab menawarkan sepertiga harta Tihamah agar Abrahah mengurungkan niat untuk menghancurkan Ka'bah. Akan tetapi, dia enggan untuk menerima tawaran tersebut.

Abrahah mengembalikan unta Abdul Muththalib. Kemudian Abdul Muththalib kembali dan mendatangi pintu Ka'bah dengan beberapa orang Quraisy. Mereka berkeliling di pintu Ka'bah untuk berdoa kepada Allah untuk meminta pertolongan atas serangan Abrahah dan bala tentaranya.

Kemudian pasukan bergerak menuju Ka'bah dan memasuki kota Mekah. Raja menaiki seekor gajah yang sangat besar, bernama Mahmud. Setiap kali diarahkan ke arah Baitul Haram, ia berlutut. Ketika diarahkan ke arah Yaman atau arah yang lain, dia berjalan kencang.

Di hari berikutnya, ketika Abdul Muththalib berdoa, dia menoleh, ternyata dia melihat burung-burung dari arah Yaman menuju ke arah laut. Kemudia ia berkata: "Demi Allah, sungguh burung-burung itu adalah burung-burung yang aneh, bukan burung dari Najd, tidak pula dari Tihamah."

Setiap burung membawa kerikil di paruh dan kakinya. Burung-burung tersebut melemparkan kerikil-kerikil kepada Abrahah dan bala tentaranya. Setiap orang yang terkena kerikil tersebut pasti mati. Bala tentara akhirnya tunggang-langgang melarikan diri menuju Yaman.

Di tengah perjalanan pun mereka tidak selamat dari maut. Abrahah juga terkena kerikil maut di bagian tubuhnya jari-jemarinya mulai berjatuhan satu per satu dan dagingnya remuk. Pasukan yang selamat membawanya hingga sampai ke San'a', dan akhirnya dia mati sangat mengenaskan.

Kekalahan pasukan Abrahah mempunyai pengaruh besar dalam sejarah dan di kalangan orang-orang Arab. Oleh karena itu, kabilah-kabilah lain memuliakan kaum Quraisy, dan berkata: "Mereka (kaum Quraisy) adalah ahli Allah. Allah telah melindungi mereka (dari musuh)."

Dengan hal itu, orang-orang Arab semakin mengagungkan Ka'bah dan keimanan mereka bertambah atas betapa mulianya Ka'bah di sisi Allah. Dengan kejadian tersebut, Allah SWT ingin mengagungkan Ka'bah, mengangkat identitasnya, dan mempersiapkan orang-orang Arab untuk mengemban misi ajaran Islam untuk disebarkan ke seluruh penjuru dunia.

Peristiwa besar tersebut terjadi bertepatan dengan tahun kelahiran Nabi saw., tahun 570 M. Dengan demikian, ada jarak 40 tahun antara tahun gajah dan tahun diutusnya Nabi saw.. Saat itu banyak orang yang menyaksikan kejadian besar tersebut. Bahkan berita tentang peristiwa tersebut bisa dikatakan telah mencapai derajat mutawatir saat itu. Semua itu merupakan irhash Rasulullah saw. (Lihat: Wahbah bin Musthafa az-Zuhaili, At-Tafsir Munir, juz XXX, halaman 404-406).

Imam Ibnu Katsir (wafat 774 H) mengatakan terkait peristiwa ini, bahwa ini merupakan nikmat yang telah dianugerahkan oleh Allah kepada kaum Quraisy, karena Allah telah menyelamatkan mereka dari serangan tentara bergajah, yang sejak semula telah bertekad akan merobohkan Ka'bah dan meratakannya dengan tanah hingga tiada bekas-bekasnya lagi. Maka Allah memusnahkan mereka dan menjadikan mereka kalah serta usaha mereka menjadi sia-sia, begitu pula tiada hasilnya dari kerja mereka; Allah mengusir mereka dengan cara yang buruk dan akibat yang mengecewakan. Mereka adalah kaum Nasrani, dan agama mereka saat itu lebih mirip keadaannya dengan apa yang dilakukan oleh orang-orang Quraisy, yaitu menyembah berhala.

Peristiwa ini terjadi sebagai irhas dan pendahuluan bagi akan diutus-Nya Rasulullah Saw. Karena sesungguhnya di tahun itu Nabi Muhammad, menurut pendapat yang terkenal dilahirkan. Dan seakan-akan takdir Allah Swt. telah menetapkan bahwa hai golongan orang-orang Quraisy, Kami menolong kalian bukanlah karena kalian lebih baik daripada orang-orang Habsyah itu, tetapi karena memelihara Baitul 'Atiq yang akan Kami muliakan, Kami agungkan, dan Kami hormati dengan diutusnya seorang nabi yang ummi, yaitu Muhammad Saw. penutup para nabi. (Ibnu Katsir, Tafsir Ibnu Katsir, [Bairut, Dar-Kitab Ilmiyah: 1419 H], juz 4 halaman 483). Wallahu a'lam bis shawab.


BACA ARTIKRL LAINNYA YANG BERKAITAN:

18 Agustus, 2023

TASHRIF FI'IL MADHI MUJARRAD LUGHOWI

Isim Dhamir

Bacaan Latin

Artinya

هُوَ

Huwa

Dia laki-laki

 هُمَا

Huma

Mereka berdua laki-laki

 هُمْ

Hum

Mereka laki-laki

 هِيَ

Hiya

Dia perempuan

هُمَا

Huma

Mereka berdua perempuan

هُنَّ

Hunna

Mereka Perempuan

 اَنْتَ

Anta

Kamu laki-laki

 اَنْتُمَا

Antuma

Kalian berdua laki-laki

 اَنْتُمْ

Antum

Kalian laki-laki

 اَنْتِ

Anti

Kamu perempuan

 اَنْتُمَا

Antuma

Kalian berdua perempuan

 اَنْتُنَّ

Antunna

Kalian perempuan

 اَنَا

Ana

Aku/Saya

نَحْنُ

Nahnu

Kita/Kami

 

Fiil Madhi

Latin

Artinya

نَصَرَ

Nashoro

Dia (1 laki-laki) menolong

نَصَرَا

Nashoroo

Dia (2 laki-laki) menolong

نَصَرُوْا

Nashoru

Dia (3 laki-laki/lebih) menolong

نَصَرَتْ

Nashorot

Dia (1 perempuan) menolong

نَصَرَتَا

Nashorota

Dia (2 perempuan) menolong

نَصَرْنَ

Nashorna

Dia (3 perempuan/ lebih) menolong

نَصَرْتَ

Nashorta

kamu (1 laki-laki) menolong

نَصَرْتُمَا

Nashortuma

kamu (2 laki-laki) menolong

نَصَرْتُمْ

Nashortum

kamu (3 laki-laki/lebih) menolong

نَصَرْتِ

Nashorti

kamu (1 perempuan) menolong

ننَصَرْتُمَا

Nashortuma

kamu (2 perempuan menolong

نَصَرْتُنَّ

Nashortunna

kamu (3 perempuan /lebih) menolong

نَصَرْتُ

Nashortu

saya menolong

نَصَرْنَا

Nashorna

kita menolong

Dari tabel diatas kita bisa melihat 14 bentuk fiil madhi dari tasrif lughowi. Dari tasrif lughowi dan istilahi bisa diketahui bahwa ciri-ciri fiil madhi diantaranya adalah huruf akhir berharakat fathah, dapat ditemui ta' fail dan tak taknis.

LATIHAN-LATIHAN

عَلِمَ

جَلَسَ

نَصَرَ

هُوَ

 

 

نَصَرَا

هُمَا

 

 

نَصَرُوْا

هُمْ

 

 

نَصَرَتْ

هِيَ

 

 

نَصَرَتَا

هُمَا

 

 

نَصَرْنَ

هُنَّ

 

 

نَصَرْتَ

اَنْتَ

 

 

نَصَرْتُمَا

اَنْتُمَا

 

 

نَصَرْتُمْ

اَنْتُمْ

 

 

نَصَرْتِ

اَنْتِ

 

 

ننَصَرْتُمَا

اَنْتُمَا

 

 

نَصَرْتُنَّ

اَنْتُنَّ

 

 

نَصَرْتُ

اَنَا

 

 

نَصَرْنَا

نَحْنُ

 

DALIL PUASA RAMADHAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST

  Dalil Puasa Ramadhan dalam Al-Qur'an Berikut empat dalil tentang puasa Ramadhan yang ada dalam Al-Qur'an: 1. Surah Al-Baqarah ...