HOME

21 Oktober, 2022

PROPOSAL KEGIATAN SEKOLAH HARI SANTRI

 

A.      PENDAHULUAN

Pada awalnya, Hari Santri mengambil momentumn 1 Muharram bersamaan dengan Tahun Baru Hijriah, tetapi kemudian bergeser menjadi 22 Oktober. Mengapa kemudian Hari Santri diperingati 22 Oktober dan bukan 1 Muharram seperti saat pertama kali diwacanakan?. Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN) merupakan hasil musyawarah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama 12 Ormas Islam yang tergabung dalam Lembaga Persaudaraan Ormas Islam (LPOI). Dan Alhamdulillah, Presiden Jokowi telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, dan pada tanggal 22 Oktover 2015 merupakan peringatan Hari Santri Nasional yang perdana.

Telah ditetapkannya Hari Santri Nasional oleh Presiden Jokowi berarti ada pengakuan terhadap peran santri, tentu saja peran ulama, di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, baik sebelum kemerdekaan maupun sesudah kemerdekaan. Namun satu hal yang penting dicatat bahwa dengan adanya Hari Santri Nasional ini tidak sebatas euphoria seremonial semata. Sebab hal ini tidak akan bermakna bila tidak disertai program pemberdayaan terhadap pesantren.

terdapat tiga alasan pemerintah menetapkan Hari Santri Nasional. Pertama, Hari Santri Nasional pada 22 Oktober, menjadi ingatan sejarah tentang Resolusi Jihad KH Hasyim Asy’ari. Ini peristiwa penting yang menggerakkan santri, pemuda dan masyarakat untuk bergerak bersama, berjuang melawan pasukan kolonial, yang puncaknya pada 10 Nopember 1945.

Kedua, jaringan santri telah terbukti konsisten menjaga perdamaian dan keseimbangan. Perjuangan para kyai jelas menjadi catatan sejarah yang strategis, bahkan sejak kesepakatan tentang darul islam (daerah Islam) pada pertemuan para kiai di Banjarmasin, 1936. Para kyai dan santri sudah sadar pentingnya konsep negara yang memberi ruang bagi berbagai macam kelompok agar dapat hidup bersama. Ini konsep yang luar biasa

Ketiga, kelompok santri dan kyai-kyai terbukti mengawal kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Para kyai dan santri selalu berada di garda terdepan untuk mengawal NKRI, memperjuangan Pancasila. Pada Muktamar NU di Situbondo, 1984, jelas sekali tentang rumusan Pancasila sebagai dasar negara. Bahwa NKRI sebagai bentuk final, harga mati yang tidak bisa dikompromikan.

Hari santri merupakan salah satu hari untuk memperingati peran besar para kiai, ulama dan santri dalam perjuangannya melawan penjajahan yang bertepatan dengan resolusi jihad dari KH. Hasyim Asy'ari pada tanggal 22 Oktober 1945. Sejarah membuktikan, pesantren bersama dengan pejuang lainnya memiliki peran yang sangat penting dalam merebut kembali kedaulatan Negara Republik Indonesia dari penjajah bangsa asing peran historis dari kaum santri adalah mereka yang ikut berjuang dan memiliki peran dalam tetap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Resolusi jihad merupakan bukti komitmen kaum santri untuk berjuang menjaga NKRI yang menginspirasi Bung Karno (1901-1970) sebagai presiden, dan Bung Tomo (1920-1981) sebagai pejuang untuk gigih membela negara. Untuk memaknai perjuangan itu hari santri menjadi momentum untuk mengingat usaha para kiyai dan komunitas pesantren dalam membela bangsa. Tanggal 22 Oktober sangat tepat ditetapkan sebagai hari santri nasional, karena ini merupakan momentum bersejarah di mana Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari menggemakan fatwa membela tanah air sebagai "Resolusi Jihad".

 

B.       TUJUAN KEGIATAN

Adapun kegiatan memperingati hari santri di madrasah bertujuan untuk:

a.         Membangun Kesadaran akan pentingnya makna dari Peringatan Hari Santri Nasional.

b.         Menghargai peran kaum santri yang begitu dalam terhadap proses kemerdekaan Bangsa Indonesia

c.         Mewujudkan warga madrasah yang juga berjiwa sosial juga berpatriot.

 

C.       HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan setelah acara kegiatan ini adalah siswa/siswi madrasah MTs Negeri 2 Kota Surabaya dapat memiliki jiwa religius serta memiliki iman yang kuat serta menjadikan Indonesia Sehat, kuat dan maju yang sesuai tema resmi kementrian agama “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusian”.

 

D.      KEGIATAN

1. Waktu dan tempat Pelaksanaan:

Hari          : Kamis

Tanggal    : 22 Oktober 2022

Tempat     : MTs ...............

 

2. Bentuk Kegiatan

a. Upacara Hari Santri

b. Lomba-lomba: Muhadarah, Gema Shalawat

 

3. Jadwal Pelaksanaan

No.

Kegiatan

Tanggal

Waktu

1.

Upacara Hari Santri

Senin, 24 Oktober 2022

07.00 – 08.00 WIB

2.

Lomba Muhadharah

Senin, 24 Oktober 2022

08.00 – 15.00 WIB

3.

Lomba Gema Shalawat

Senin, 24 Oktober 2022

08.00 – 15.00 WIB

 

 

4. Sasaran

Peserta peringatan hari santri tahun 2022 adalah seluruh siswa-siswi MTs ............... Kelas 7, 8, dan 9

 

5. Susunan panitia

a.         Penanggung Jawab : Agus Yulianto, S. Pd

b.         Ketua pelaksana : Zainal Fanani, M. Pd

c.         Sekretaris : Qomaruddin, M. Pd

d.        Bendahara : Isnun Nadhiroh, S. Pd

e.         Anggota Panitia

·         Koordinator lomba Muhadharah:

Nur Faiqah Nalini,Lc dan  Ahmad Harir Ats Tsaqofi, M.Pd

·         Koordinator lomba Gema Shalawat :

Bagus Arif Maulana, S.Pd, dan Muhammad Musyafa’, S.Pd

·         Koordinator Konsumsi

Radhiyah, S.Pd, dan Indah Yuli Kartika Sari, S.Pd

·         Koordinator Perlengkapan

Anas Ahmad, S.Pd, dan Saifuddin, M.Pd

 

6. Anggaran Dana Pelaksaan Kegiatan

No.

Perlengkapan/Kegiatan

Anggaran

1.

Terop kerucut 5x5m

2 x 750.000 = 1.500.000

2.

Hadiah juara 1,2, dan 3

2 lomba 1.500.000

 

 

 

 

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA YANG TERKAIT;

E.       Penutup

Demikian kami susun proposal ini sebagai bahan Pertimbangan dan pedoman dalam kegiatan yang akan Dilaksanakan nanti. Semoga proposal ini bisa menjadi Pegangan bagi semua pihak yang membutuhkannya. Akhirnya kami mengucapkan terimakasih yang Sebesar-besarnya,

 

    Jakarta, 16 Oktober 2022

Ketua Pelaksana                                                               Sekretaris Kegiatan

 

 

 

. . . . . . . . . . . . . . . .                                                          . . . . . . . . . . . . . . . .

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

 

 

. . . . . . . . . . . . . . . .

14 September, 2022

PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

 

BAB  I

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Kegiatan ekstrakurikuler PRAMASDA (Pramuka . . . . . . . . . . . . . . .) di . . . . . . . . . . . . . . . merupakan kegiatan wajib kelas 8 kurikulum K13 dan ekstrakurikuler tambahan bagi siswa kelas 7 dan 9.  Kegiatan ini sangat membantu program madrasah dalam memupuk karakter khas pramuka yang bersatya dharma dalam menjalankan aktifitas sehari hari sebagai siswa dan siswi madrasah.

Melalui kegiatan ini pula diharapkan muncul siswa dan siswi yang memiliki jiwa kepemimpinan diri yang baik sesuai visi madrasah. Seorang pramuka yang tidak hanya mengetahui  satya dharma pramuka, tapi juga memahami dan mengamalkan dalam keseharian mereka. Dewan Penggalang adalah bentuk upaya kita dalam memberi nilai lebih pada siswa siswi madrasah yang tergabung agar selalu setia, siap dan sedia dalam mengembang tugas apapun yang diamanahkan madrasah.

B.       Dasar Hukum

Kegiatan ekstrakurikuler berlandaskan pada pedoman, peraturan dan keputusan menteri pendidikan  nasional RI sebagai berikut:

1.      Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2.      UU. No 12 Tahun 2010 tentang Gerakan  Pramuka

3.      Peraturan Pemerintah No. 32 tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan

4.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39 tahun 2008 tentang Standar Pembinaan Kesiswaan.

5.      Permendikbud. No 63 Tahun 2014 tentang Ekstrakurikuler wajib Pendidikan Kepramukaan

6.      Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan menengah.

7.      Program Kerja . . . . . . . . . . . . . . . Tahun 2021-2022 

 

C.      Tujuan

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu menumbuhkan nilai nilai nasionalisme pada diri siswa . . . . . . . . . . . . . . . melalui kegiatan pramuka.

1.      Setiap anggota pramuka . . . . . . . . . . . . . . . menjadi manusia yang berkpribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, dan berbudi pekerti dan kuat keyakinan beragama

2.      Setiap anggota pramuka . . . . . . . . . . . . . . . menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya,

3.      Setiap anggota pramuka . . . . . . . . . . . . . . . menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya

4.      Setiap anggota pramuka . . . . . . . . . . . . . . . menjadi manusia warga Negara Indonesia yang berjiwa pancasila, setia dan patuh pada NKRI

 

BAB II

PROGRAM KEGIATAN

A.      Waktu dan Tempat Kegiatan

Waktu      : Kamis dan Sabtu (Dewan Penggalang)

  Jumat  (Pramuka wajib kelas 8)

Tempat     : . . . . . . . . . . . . . . .

B.       Pembina dan Pelatih

1.      . . . . . . . . . . . . . . .

2.      Eka Difa Rizqi Putra

3.      Salvia Sarwahita

4.      Alifia Donna

 

C.      Materi Ajar

Materi yang diberikan pada kegiatan ini meliputi:

1.      Kepramukaan

2.      Kebangsaan

3.      Keterampilan

4.      Ketangkasan

 

D.      Jadwal Materi Pelajaran

BULAN

MINGGU/TANGGAL

MATERI

KETERANGAN

Agustus

 05 Agustus 2022

 Pengenalan PBB Dasar bertongkat

 

12 Agustus 2022

Penerapan PBB bertongkat dasar

 

19 Agustus 2022

KIM

 

26 Agustus 2022

Outbond pramuka ceria

 

September

2 September 2022

SKU penggalang ( Dewan Penggalang)

 

9 September 2022

Materi Penjernihan air

 

16 September 2022

Mengenal simpul

 

23 September 2022

Mengenal Ikatan tali pramuka

 

30 September 2022

Pioneering dasar

 

Oktober

7 Oktober 2022

Penerapan dharma pramuka ke 2

 

14 Oktober 2022

Pengenalan pentingnya Tanaman sekitar

 

 21 Oktober 2022

Penghijauan

 

 28 Oktober 2022

Mengenal dasar Survival

 

Nopember

4 Nopember 2022

Jenis dan fungsi salam dalam pramuka

 

11 Nopember 2022

Mengenal tanda jejak

 

18 Nopember 2022

Peta pita pramuka

 

25 Nopember 2022

Panorama sket

 

Januari

06 Januari 2023

kompas

 

13 Januari 2023

Jenis dan fungsi tenda

 

20 Januari 2023

Tapak tenda

 

27 Januari 2023

Pemilihan lokasi Berkemah

 

Februari

03 Februari 2023

Sandi kotak 1 &2

 

10 Februari 2023

Sandi morse

 

17 Februari 2023

simaphore

 

24 Februari 2023

Menaksir ketinggian dan lebar

 

Maret

03 Maret 2023

Berkemah

 

10 Maret 2023

Jelajah

 

17 Maret 2023

Pelantikan SKU Rakit

 

24 Maret 2023

Pengenalan 10 TKK dasar

 

31 Maret 2023

Penempuhan 10  TKK dasar

 

April

7 April 2023

Penempuhan 10  TKK dasar

 

14 April 2023

Penempuhan 10  TKK dasar

 

21 April 2023

Penempuhan 10  TKK dasar

 

28 April 2023

Penempuhan 10  TKK dasar

 

Mei

5 Mei 2023

Penempuhan 10  TKK dasar

 

12 Mei 2023

Penempuhan 10  TKK dasar

 

19 Mei 2023

Penempuhan 10  TKK dasar

 

26 Mei 2023

Penempuhan 10  TKK dasar

 

Juni

2 Juni 2023

Penempuhan 10  TKK dasar

 

9 Juni 2023

Outbond pramuka ceria

 

16 Juni 2023

Pengenalan SKU Terap

 

23 Juni 2023

Evaluasi kegiatan kepramukaam

 

30 Juni 2023

Penutupan Kegiatan Pramuka

 

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA YANG TERKAIT;

 

BAB III

PENUTUP

Demikianlah gambaran rencana kerja yang kami susun dengan harapan menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan kepramukaan di . . . . . . . . . . . . . . . dan menjadi pedoman sehingga dalam pelaksanaanya menjadi lebih terarah dan mencapai target. Kami berharap mudah-mudahan kegiatan ini menjadi bermanfaat bagi para siswa dan siswi baik sekarang atau masa yang akan datang.

                                                                                              Surabaya,    Juli 2022

 

Mengetahui,

Wakamad Kesiswaan

 

 

 

 

. . . . . . . . . . . . . . .

NIP. -

 

 

Kordinator Pembina

 

 

 

 

. . . . . . . . . . . . . . .

 

 

Mengetahui,

 

 

Kepala Madrasah

 

 

 

 

 

. . . . . . . . . . . . . . .

NIP.-

 

MAKALAH HADIST TENTANG HIJAB

  A.   Latar Belakang Telah disepakati oleh seluruh umat Islam bahwa al-Qur’an menjadi pedoman hidup baik tentang syariah maupun dalam keh...