LAPORAN PROGRAM KERJA
WAKIL KEPALA MADRASAH BIDANG KURIKULUM
MADRASAH ALIYAH
NEGERI 2 KOTA............. TAHUN PELAJARAN 2022/
2023
LAPORAN KEGIATAN
WAKA KURIKULUM
1.
RUMUSAN UMUM TUGAS DAN FUNGSI
Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan kegiatan Kurikuler.
2.
URAIAN TUGAS
1.
Menyusun Program
kerja tahunan
2.
Menyusun danmengembangan Kurikulum Madrasah.
3. Menyusun Program pengajaran (Mingguan, Bulanan, Semester, Tahunan) dan mengkoordinasikan
pelaksanaannya.
4. Mengkoordinir kegiatan belajar
mengajar termasuk pembagian
tugas pendidik, jadwal pelajaran, evaluasi belajar dan
sebagainya.
5.
Menganalisis ketercapaian target kurikulum dan daya serap.
6. Mengkoordinasikan persiapan dan pelaksanaan Penilaian
Harian, Penilaian AKhir Semester, Penilaian Akhir Tahun, UM,
, dan AN
7. Menyusun kriteria
kenaikan kelas dan persyaratan kelulusan
8.
Mengarahkan penyusunan Silabus dan RPP
9.
Mengkordinasi penyusunan KKM.
10. Menyusun laporan
berkala dan insidentil tentang kegiatan kurikuler
11. Mengkoordinir wali kelas dan bimbingan karir.
12. Mengkoordinir penulisan
dan pengembangan mata
pelajaran.
13. Mendokumentasikan kurikulum, penyesuaian kurikulum dan mata pelajaran yang telah
baku.
14.
Mewakili madrasah
dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum
15. Melaksanakan Proyek
Profil Pelajar Pancasila
dan Rahmatan Lil Alamin
PROGRAM KERJA BIDANG KURIKULUM
A. PROGRAM UMUM
1. Menyiapkan format
pembelajaran yang dibutuhkan Guru Mata Pelajaran
2.
Membantu
kepala madrasah mengurus kegiatan kurikulum untuk setiap guru bidang studi
B. PROGRAM POKOK
Dalam pelaksanaan program kurikulum telah disusun beberapa program kegiatan sebagai berikut :
1. Pengaturan Program
Kerja
a. Penyusunan Kalender Pendidikan
b.
Perencanaan dan Pembagian Kelas
c. Pembagian Tugas Mengajar
d.
Pembagian Tugas Tambahan
e. Penyusunan Jadwal Mengajar
f.
Penyusunan program
dan perangkat pembelajaran
a)
Program Tahunan
b)
Program Semester
c)
Analisis SK-KD
d) Penentuan KKM
e)
Silabus
f)
RPP
g)
Program Remedial
dan Pengayaan
h) Program Penilaian
2. Program KBM
1.
Menyusun Program
Silabus
2.
Menyusun Buku Kurikulum
3.
Menyusun Keseragaman Kerangka Program Kurikulum
4.
Mengisi Laporan
Nilai Bulanan
5.
Pencapaian target
kurikulum/daya serap siswa
6.
Pelaksanaan monitoring kegiatan belajar mengajar
7.
Mengoptimalkan tugas guru piket
8.
Perencanaan Supervisi
kelas oleh kepala madrasah
a. Kelengkapan Satuan Program
Pendidikan
b.
Daftar Nilai
c. Agenda Guru
10. Memberikan bimbingan belajar untuk kelas XII
12. Membentuk kelas binaan KSN dan KSM kelas X dan XI
14.
Penyusunan Program
Sukses ANBK
15.
Menysun program
sukses Ujian Madrasah
16.
P5RA
3. Evaluasi
1.
Pelaksanaan evaluasi
pembelajaran
a.
Penilaian Harian
b.
Penilaian
Tengah Semester
c.
Penilaian Semester
d.
ANBK
e.
Ujian Madrasah
f. Ujian Akhir Madrasah
Berstandar Nasional
2.
Pelaksanaan evaluasi
keikutsertaan dalam lomba mata pelajaran/ KSN/ KSM
3.
Evaluasi Wali kelas setiap
bulan
IV.
Laporan Pendidikan
1.
Pengumpulan nilai
a. Bulanan
b.
Pertengahan semester
c. Semester
d.
Ekstrakurikuler
e. Ujian Madrasah
f.
ANBK
g.
Penyerahan Lembar
Hasil Belajar
h.
Penyerahan Ijazah,
2.
Laporan Hasil
Belajar
3.
Laporan Sukses ANBK
B.
PROGRAM KERJA KURIKULUM
1.
PROGRAM KERJA HARIAN
No |
Kegiatan |
Waktu |
Keterangan |
1 |
Mengontrol atau memeriksa pada jam awal pelajaran
Mengecek guru yang masuk pada awal pelajaran
Mengecek saat pergantian jam pelajaran Mengecek keterlaksanaan PBM dikelas |
Setiap hari efektif |
Penggunaan media Whatsapp dan
e-learning |
2.
PROGRAM KERJA MINGGUAN
No |
Kegiatan |
Waktu |
Keterangan |
1 |
Merekapitulasi kehadiran guru |
Akhir minggu |
Terlaksana bersama TU |
2 |
Ikut serta
pertemuan singkat dengan
kepala madrasah, wakil kepala madrasah, sarana, kesiswaan, dan wali
kelas |
Disesuaikan |
Terlaksana setiap senin |
3 |
Ikut serta
Upacara Senin, |
Disesuaikan |
Tidak terlaksana karena pandemi |
4 |
Evaluasi
kinerja guru mingguan |
Akhir Pekan |
Terlaksana Zoom |
5 |
Rekapitulasi Surat masuk dan
Keluar |
Akhir Pekan |
TU |
3.
PROGRAM KERJA BULANAN
No |
Kegiatan |
Waktu |
Keterangan |
1 |
Merekapitulasi : Kehadiran
guru Kehadiran piket Kehadiran guru dalam kegiatan tambahan belajar (les Pagi) |
Setiap
bulan |
Tidak terlaksnana |
2 |
Mengumpulkan : Laporan Wali
kelas |
Setiap
bulan |
Laporan
tiga bulanan |
3 |
Rapat Bulanan |
Setiap
bulan |
Zoom |
4.
PROGRAM KERJA TAHUNAN
No |
Kegiatan |
Langkah – Langkah Mencapai Keberhasilan |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Meningkatkan program kerja bidang kurikulum |
Membuat program kerja tahunan |
Juni |
Terlaksana bulan Juli |
2 |
Pembagian tugas mengajar |
Membagi tugas
mengajar secara adil dan
merata |
Juni |
Terlaksana Bulan Juli |
3 |
Menetapkan kegiatan proses kegiatan belajar mengajar |
Membuat kelender pendidikan dan analisa waktu efektif Pembuatan jadwal pelajaran Pembagian wali kelas Pembagian
jadwal piket Pembuatan buku piket
harian Mengkoordinasi
pembuatan perangkat, silabus, program semester dan program tahuanan Pembuatan buku
daftar penyerahan perangkat pembelajaran Pembuatan jadwal
supervisi kunjungan kelas |
Juni – Juli |
Terlaksana |
4 |
Melaksanakan
Penilaian mid
semester dan Penilaian semester |
Mengkoordinasi jadwal ujian mid semester dan ujian
semester Mengkoordinasi pembuatan kisi – kisi soal dan naskah soal Menyusun jadwal
pengoreksian hasil ujian dan pengumpulan nilai Mengkoordinir guru
membuat analisa soal Melaporkan kegiatan semester 1 dan semester 2 Mengkoordinir pengisian daftar nilai murni, nilai mid semester atau semester, target kurikulum dan
lengger wali kelas |
Awal & Akhir Semester |
Disesuaikan
dengan kelender pendidikan/ Daring |
5 |
Melaksanakan ANBK |
Membuat program
ANBK |
Desember
– |
Ujian Madrasah |
|
bagi siswa kelas
XII |
Mengkoordinir waktu
tambahan belajar atau terobosan Mengkoordinir bahan
ajar terobosan bersama guru MAPEL Bedah SKL Menyusun panitia ANBK Menyusun tim pengawas |
Maret |
terlaksana, UN tidak terlaksnana karena Pandemi |
6 |
Mempersiapkan
Peserta
didik untuk lomba KSM, dan KSN |
Membuat program intensif latihan olimpiade dan KIR Menentukan Pembina dan pelatih olimpiade Membuat rencana pelatihan jangka panjang |
Juli |
Terlaksana pelatihan bulan Oktober |
7 |
Membuat Kurikulum Madrasah |
Merancang Tim
penyusun kurikulum Merevisi kurikulum sebelumnya Membuat pengesahan kurikulum madrasah Mendokumentasikan kurikulum
madrasah |
Juli |
Terlaksana dan ditandatangani
Kanwil |
8 |
Menentukan
Jurusan |
Membuat tim perumus
jurusan Menentukan jumlah kelas |
Juli |
Awal tahun pelajaran sesuai hasilTes Masuk |
JADWAL KEGIATAN
No |
Program Kegiatan |
Jadwal Pelaksanaan |
||||||||||||||
Semester 1 |
Semester 2 |
|||||||||||||||
Juli |
Agus |
Sept |
Okt |
Nop |
Des |
Jan |
Feb |
Mar |
Aprl |
Mei |
Juni |
|||||
1 |
Pengaturan Program |
1.1. |
Penyusunan Kalender Pendidikan |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kerja |
1.2. |
Perencanaan dan Pembagian Kelas |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3. |
Pembagian Tugas
Mengajar |
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4. |
Pembagian Tugas
Tambahan |
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
1.5. |
Penyusunan Jadwal
Mengajar |
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
1.6 |
Penyusunan program
dan perangkat pembelajaran |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. |
Program Tahunan |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. |
Program Semester |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. |
Analisis SK-KD |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. |
Penentuan KKM |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. |
Silabus |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
f. |
RPP |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
g. |
Program Remedial dan Pengayaan |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
h. |
Program Penilaian |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Program KBM |
2.1. |
Menyusun Buku KTSP |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2. |
Menyusun Keseragaman Kerangka Program KTSP |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3. |
Mengisi Laporan Nilai Bulanan |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
|
2.4. |
Pencapaian target
kurikulum/ daya serap
siswa |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
2.5. |
Pelaksanaan monitoring kegiatan belajar mengajar |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
||
|
|
2.6. |
Mengumpulkan rekap kehadiran guru yang menambah jam di sekolah lain |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
||
|
|
2.7. |
Mengoptimalkan tugas
guru piket |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
||
|
|
2.8. |
Perencanaan Supervisi kelas |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
a. |
Kelengkapan Satuan
Program Pendidikan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. |
Daftar Nilai |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. |
Agenda Guru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.9. |
Memberikan bimbingan belajar sore untuk
kelas XII |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
√ |
√ |
|
|
|
|
||
|
|
2.10. |
Membentuk kelas
binaan olimpiade kelas
X dan XI |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
||
|
|
2.11. |
Membentuk klinik
mata pelajaran |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
||
|
|
2.12. |
Penyusunan Program
Sukses ANBK |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Evaluasi |
3.1. |
Pelaksanaan evaluasi pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
a. |
Penilaian Harian |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
|
|
b. |
Penilaian Mid Semester |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
c. |
Penilaian Semester |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
d. |
TO ANBK |
|
|
|
|
√ |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. |
Ujian Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
f. |
ANBK |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Laporan Pendidikan |
4.1. |
Pengumpulan Nilai |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
a. |
Bulanan |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
|
|
b. |
Pertengahan Semester |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
c. |
Semester |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
d. |
Ekstrakurikuler |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
e. |
Ujian Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
f. |
ANBK |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
g. |
Penyerahan Rapor |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
h. |
Penyerahan STTB |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
4.2. |
Laporan Hasil
Belajar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
4.3. |
Laporan Sukses
ANBK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
BAB
V PENUTUP
Banyak kegiatan kurikulum yang tidak terlaksana dengan baik karena pandemic, besar aharapan kami agar evaluasi tentang pemebelajaran Daring bias dilaksanakan setiap bulan menggunakan Zoom, dan pemeberian paket data untuk siswa bias setiap bulan agara pemebelajaran bias terlaksana
Kami berusaha membuat laporan setiap kegiatan meskipun belum sempurna, sehingga kritik dan saran kami harapkan dari semua pihak demi menuju kesempurnaan Program Kerja kurikulum ini.
Terwujudnya Program Kerja Kurikulum MAN 2 KOTA............. ini tidak lain dari pada adanya bimbingan dan pengarahan dari Bapak Kepala, Kasi Mapenda, Bapak Pengawas, untuk itu kami haturkan banyak terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi – tingginya.
KOTA............., 30 Juni 2021
Penyusun
Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum
............................... NIP................................
Menyetujui / Mengesahkan Kepala Madrasah
...............................
NIP. .............................
PELAKSANAAN PROGRAM KERJA
DALAM SATU TAHUN WAKIL KEPALA
URUSAN KURIKULUM
|
|
Semester 1 |
Semester 2 |
|||||||||||||
Juli |
Agus |
Sept |
Okt |
Nop |
Des |
Jan |
Feb |
Mar |
Aprl |
Mei |
Juni |
|||||
1 |
Pengaturan Program |
1.1. |
Penyusunan Kalender Pendidikan |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kerja |
1.2. |
Perencanaan dan Pembagian Kelas |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3. |
Pembagian Tugas
Mengajar |
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4. |
Pembagian Tugas
Tambahan |
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
1.5. |
Penyusunan Jadwal
Mengajar |
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
1.6 |
Penyusunan program
dan perangkat pembelajaran |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. |
Program Tahunan |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. |
Program Semester |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. |
Analisis SK-KD |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. |
Penentuan KKM |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. |
Silabus |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
f. |
RPP |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
g. |
Program Remedial dan Pengayaan |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
h. |
Program Penilaian |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Program KBM |
2.1. |
Menyusun Buku KTSP |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2. |
Menyusun Keseragaman Kerangka Program KTSP |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3. |
Mengisi Laporan Nilai Bulanan |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
|
2.4. |
Pencapaian target
kurikulum/ daya serap
siswa |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
2.5. |
Pelaksanaan monitoring kegiatan belajar mengajar |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
2.6. |
Mengumpulkan rekap
kehadiran guru yang
menambah |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
jam di sekolah lain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
2.7. |
Mengoptimalkan tugas
guru piket |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
||
|
|
2.8. |
Perencanaan Supervisi kelas |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
a. |
Kelengkapan Satuan
Program Pendidikan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. |
Daftar Nilai |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. |
Agenda Guru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.9. |
Memberikan bimbingan belajar sore untuk
kelas XII |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
√ |
√ |
|
|
|
|
||
|
|
2.10. |
Membentuk kelas
binaan olimpiade kelas
X dan XI |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
||
|
|
2.11. |
Membentuk klinik
mata pelajaran |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
||
|
|
2.12. |
Penyusunan Program
Sukses ANBK |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Evaluasi |
3.1. |
Pelaksanaan evaluasi pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
a. |
Penilaian Harian |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
|
|
b. |
Penilaian Mid Semester |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
c. |
Penilaian Semester |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
d. |
TO ANBK |
|
|
|
|
√ |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
e. |
Ujian Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
f. |
ANBK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Laporan Pendidikan |
4.1. |
Pengumpulan Nilai |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
a. |
Bulanan |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
|
|
|
b. |
Pertengahan Semester |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
c. |
Semester |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
d. |
Ekstrakurikuler |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
e. |
Ujian Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
|
f. |
ANBK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
|
|
g. |
Penyerahan Rapor |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
h. |
Penyerahan STTB |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
4.2. |
Laporan Hasil
Belajar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
|
|
|
4.3. |
Laporan Sukses
ANBK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
√ |
No |
Jenis Kegiatan |
Bentuk Kegiatan |
Tujuan |
Sasaran |
Koordinator Pelaksana |
Sumber dana |
|
1 |
Kegiatan awal tahun pelajaran |
Perencanaan |
Persiapan |
Pendidik dan Tenaga Kependidikan |
Kepala dan Waka Kurikulum |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|
|
Pemetaan mata pelajaran |
Pembagian
tugas |
Pendidik |
Kepala dan Waka |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|
|
dan alokasi waktu |
Kurikulum |
|
|||
|
|
Pembagian
tugas mengajar |
Pembagian beban |
Pendidik |
Kepala dan Waka |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|
|
ajar |
Kurikulum |
|
|||
|
|
Menentukan
KKM |
Penentuan target |
Pendidik |
Waka Kurikulum |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|
|
PBM |
|
||||
|
|
Menyusun jadwal |
Pembagian waktu |
Pendidik |
Waka Kurikulum |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|
|
pelajaran |
mengajar |
|
|||
|
|
Menyusun KTSP |
Pembuatan
perangkat pembelajaran dan persiapan
PBM |
Pendidik |
Tim penyusun
KTS (seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|
|
Menyusun Perangkat PBM |
Pembuatan |
|
|
DIPA/ BOS/Komite |
|
|
|
(Kalender Pendidikan, minggu efektif, Prota, |
perangkat pembelajaran dan |
Pendidik |
Waka Kurikulum |
|
|
|
|
Prosem, Silabus, RPP) |
persiapan PBM |
|
|
|
|
|
|
|
Pembagian peserta |
|
|
DIPA/ BOS/Komite |
|
|
|
Pembagian
Kelas/Rombel |
didik dalam
kelas dan program studi |
Peserta didik |
Waka Kurikulum |
|
|
|
|
|
sesuai dengan minat |
|
|
|
|
|
|
dan kemampuan |
|
|
|
|
Pembuatan Absensi |
Menyiapkan
administrasi kehadiran peserta didik |
Peserta didik |
Waka Kurikulum |
DIPA/ BOS/Komite |
|
||
2 |
Pelaksanaan
PBM |
Pelaksanaan PBM |
|
Peserta didik (Hasil belajara peserta didik) |
Pendidik |
DIPA/ BOS/Komite |
|
Pelaksanaan pengayaan / pemantapan kelas XII |
Meningkatkan dan mengoptimalkan daya serap
peserta didik |
Peserta didik
kelas XII |
Panitia dan Pendidik bidang studi |
DIPA/ BOS/Komite |
|
||
3 |
Evaluasi |
Penilaian
Harian |
Memperoleh
gambaran
hasil belajar peserta didik |
Peserta didik |
Pendidik |
DIPA/ BOS/Komite |
|
UTS Semester Ganjil |
Peserta didik |
Panitia
UTS *) |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
|
|
UAS Semester Ganjil |
Memperoleh gambaran hasil
belajar peserta didik |
Peserta didik |
Panitia UAS *) |
DIPA/ BOS/Komite |
|
UTS Semester Genap |
Peserta didik |
Panitia
UTS *) |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
UAS Semester Genap/ Penilaian Kenaikan Kelas |
Peserta didik |
Panitia UAS *) |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Analisis
Hasil Penilaian |
Peserta didik |
Pendidik |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Remidial |
Peserta didik |
Pendidik |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Try OUT Kelas XII (1) |
Peserta didik |
Panitia
TO *) |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Try OUT Kelas XII (2) |
Peserta didik |
Panitia
TO *) |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Try OUT Kelas XII (3) |
Peserta didik |
Panitia
TO *) |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|
|
UN kelas XII |
|
Peserta didik |
Panitia UN, UM *) |
DIPA/ BOS/Komite |
|
Ujian Praktek Kelas
XII |
Peserta didik |
Panitia UN, UM *) |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
UM Kelas XII |
Peserta didik |
Panitia UN, UM *) |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
4 |
Pelaporan Hasil |
Pembagian Lembar Hasil Belajart Semester Ganjil |
Pemberitahuan kepada peserta
didik, orang tua dan
kantor kementerian agama tentang keberhasilan PBM |
Orang tua dan Peserta didik |
Wali Kelas |
DIPA/ BOS/Komite |
|
Pengumuman TO kelas XII |
Orang tua dan Peserta didik |
Panitia TO |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Pengumuman Kelulusan Kelas XII |
Orang tua dan Peserta didik |
Kepala dan Panitia |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Penyerahan SKHUN dan Ijazah |
Orang tua dan Peserta didik |
Kepala dan Panitia |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Penyerahan Laporan UM,UAMBN, UN |
Kantor Wilayah Kemenag |
Panitia UM, UAMBN, UN |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Pembagian Lembar Hasil Belajart Semester Genap |
Orang tua dan Peserta didik |
Wali Kelas |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
5. |
Peningkatan Kwalitas Peserta Didik |
Olimpiade
Matematika |
Meningkatkan
kwalitas Peserta Didik |
Peserta Didik |
Guru bidang |
DIPA/ BOS/Komite |
|
Olimpiade
Fisika |
Peserta Didik |
Guru bidang |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Olimpiade
PAI |
Peserta Didik |
Guru bidang |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Seleksi Peserta
Didik Berprestasi |
Peserta Didik |
Team Seleksi |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Cerdas Cermat Mata Pelajaran |
Peserta Didik |
Guru bidang |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Lomba Kreasi Seni |
Peserta Didik |
Bid. Seni |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Lomba Olah Raga |
Peserta Didik |
Bid. Olahraga |
DIPA/ BOS/Komite |
|
6. |
Peningkatan Kwalitas
Tenaga Pendidik |
Mengikuti
Diklat Mata Pelajaran |
Meningkatkan kwalitas Tenaga Pendidik |
Tenaga Pendidik |
Kementerian Agama / Balai Diklat |
DIPA/ BOS/Komite |
|
Mengikuti Seminar / Loka Karya |
Tenaga Pendidik |
Kementerian Agama / PT |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Mengadakan Kunjungan Kerja (perbandingan) |
Tenaga Pendidik |
Madrasah |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Meningkatkan Kemampuan TIK |
Tenaga Pendidik |
Tenaga Pendidik / Madrasah |
DIPA/ BOS/Komite |
|
|||
Melanjutkan Jenjang Pendidikan |
Tenaga Pendidik |
Tenaga Pendidik |
DIPA/ BOS/Komite |
|