HOME

19 Agustus, 2023

TAFSIR SURAT AL-FIL AYAT 1-2


 Berikut ini adalah teks, terjemahan, kutipan sejumlah tafsir ulama atas Surat Al-Fil Ayat 1-2 dan sepenggal kisah ashabul fil.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ

(1) Alam tara kaifa fa'ala rabbuka bi'ashābil-fil(i). (2) Alam yaj'al kaidahum fi taḍlil(in).

Artinya, (1) "Tidakkah engkau (Nabi Muhammad) memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah? (2) Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?

Ragam Tafsir Ulama atas Surat Al-Fil Ayat 1-2

Imam al-Baidlawi (wafat 685 H) mengatakan bahwa khitabnya ayat untuk Rasullah SAW. Sekalipun beliau tidak menyaksikan peristiwa tersebut, namun beliau menyaksikan peningalannya dan mendengan kabarnya secara mutawatir maka seakan-akan Nabi menyaksikannya secara langsung. Kemudian terkait pengunaan kata 'kaifa' bagaimana bukan 'ma' apa menurutnya karena tujuannya ayat adalah mengingatkan peristiwa di dalamnya yang merupakn aspek petunjuk atas kesempurnaan pengetahuan, kekuasaan, kemulian baitulallah dan keagungan Rasul-Nya. Peristiwa ini sebagai Irhas, diriwayatkan peristiwa ini terjadi pada tahun kelahirannya. (Lihat: Nasiruddin as-Syairazi al-Baidhawi, Anwarut Tanzil wa Asrarut Ta'wil, [Beirut, Darul Ihya': 1418 H], juz V, halaman 339).

Ungkapan "fa'ala rabbuka" menurut Sayyid Thanthawi (wafat 2010 H) adalah isyarah bahwa tindakan ini tidak ada yang mampu melakukannya selain Allah swt, Dia lah yang mendidik dan mengasuh Nabi dengan penjagaannya, Dia lah pelindungnya dari musuh-musuhnya sebagaimana Allah menolong penduduk Makah dari serangan tentara Habasyah, mereka adalah Ashabul Fil. Mereka disebut dengan demikian karena mereka hadir bersama fil "gajah" untuk membantu mereka merusak Ka'bah dan menghinakan penduduk Makah. (Muhammad Sayyid Thanthowi, Tafsir Washit [Cairo, Dar Nahdlah: 1997 M] juz XV halaman 510).

Syekh Nawawi Banten (wafat 1898 M) mengatakan kata 'Alam yaj'al' dalam ayat kedua merupakan istifham litaqrir yaitu istifhan atau pertanyan sebagai penegasan sehingga makna ayatnya adalah sungguh Tuhanmu telah menjadikan tipu daya merusak ka'bah dalam kegagalan, yakni dengan membinasahkan mereka dengan sejelek-jelaknya pembinasahan. (Muhammad Nawawi Al-Jawi, At-Tafsîrul Munîr li Ma’âlimit Tanzîl, [Surabaya, al-Hidayah], juz II, halaman 663).

Menurut Sayyid Thantahawi kata 'al-kaid' maknanya adalah kehendak untuk merugikan orang lain secara diam-diam. Adapun alasan Allah menamakan kelakuan Abrahah dan tentanya dengan 'kaid' padahal mereka datang untuk merusak Ka'bah dengan terang terangan di siang hari, karena mereka memendam kebencian, hasud dan permusuhan kepada penduduk Makah lebih besar ketimbang yang ditampakkan. (Muhammad Sayyid Thanthowi, Tafsir Washit, juz XV halaman 511).

Berikut Sepenggal Kisah Ashabul Fil:

Syekh Wahbah Az-Zuhaili (wafat 2015 M) dalam tafsirnya, At-Tafsir Munir menyebutkan kisah Ashabul fil dengan ringkas, runtut dan apik, kisah ini beliau rangkum dari beberapa refrensi otoritatif di antaranya adalah Sirah Ibnu Hisyam. Beliau tidak hanya menyebutkan kisahnya saja, di akhir tulisanya beliau juga mencoba menjelaskan pandangannya terkait hikmah peristiwa ini. Berikut kisah selangkapnya.

Di Yaman ada seorang raja, sebelum raja an-Najasyi (raja Habasyah), namanya adalah Abrahah bin Shabbah al-Asyram, kakek Najasyi yang hidup semasa dengan Nabi saw. Dia telah membangun sebuah gereja yang sangat besar dengan nama Qallis dengan tujuan untuk mengalihkan haji orang-orang Arab ke gereja tersebut.

Pada suatu malam ada seorang lelaki dari Bani Kinanah membuang air besar di dalam gereja tersebut. Kejadian itu membuat sang raja marah. Ia pun bersumpah akan menghancurkan Ka'bah sebagai balasan dari kejadian tersebut. Selain itu, pada dasarnya dia ingin menaklukkan Mekah untuk menghubungkan Yaman dengan negeri Syam serta memperluas negeri Nasrani.

Kemudian, raja tersebut menyiapkan pasukan dalam jumlah besar disertai dengan gajah dalam jumlah yang banyak. Ada yang mengatakan jumlah gajah tersebut mencapai dua belas ribu, ada juga yang mengatakan seribu. Itu dilakukan untuk menakut-nakuti musuh. Setelah itu, pasukan berjalan hingga sampai ke Muqammas, sebuah tempat dekat Mekah.

Abrahah mengirim utusan kepada para penduduk Mekah untuk memberitahu mereka bahwa dia datang bukan untuk memerangi mereka. Akan tetapi, dia datang untuk menghancurkan Ka'bah.

Penduduk Mekah pun menganggap bahwa tujuan tersebut merupakan masalah besar. Mereka ketakutan dan hendak memerangi Abrahah. Akan tetapi, mereka melihat bahwa mereka tidak mempunyai kekuatan yang cukup untuk menghadapi Abrahah dan bala tentaranya. Akhirnya mereka berlindung di balik gunung-gunung untuk melihat apa yang akan terjadi. Mereka yakin bahwa Ka'bah adalah milik Tuhan yang akan senantiasa menjaganya.

Ketika pasukan sudah mendekati Makah, Abrahah memerintahkan untuk merampas harta orang-orang Arab. Di antara harta tersebut adalah unta Abdul Muththalib bin Hasyim, kakek Nabi saw, unta yang berjumlah dua ratus ekor itu dibawa oleh salah seorang tentara.

Kemudian, Abrahah mengutus Hanathah al-Himyari ke Mekah dan memerintahkannya untuk mendatangi tokoh Quraisy serta memberitahunya bahwa sang raja datang bukan untuk memerangi kalian, kecuali jika kalian menghalanginya untuk menghancurkan Ka'bah.

Akhirnya, Hanathah sampai dan ditujukan ke Abdul Muththalib bin Hasyim. Hanathah pun menyampaikan pesan sebagaimana yang dikatakan oleh Abrahah. Lantas Abdul Muththalib berkata kepadanya,

"Demi Allah kami tidak ingin memeranginya. Kami tidak mempunyai kekuatan untuk itu. Ini adalah Baitullah al-Haram (rumah Allah) dan kekasih-Nya, Ibrahim. Jika Dia (Allah) mencegah Abrahah untuk menghancurkan Ka'bah, maka itu adalah rumah-Nya. Jika Dia membiarkan hal itu, maka demi Allah kami tidak mempunyai kekuatan untuk mencegah hal itu."

Lantas Hanathab berkata, "Pergilah bersamaku ke Abrahah."

Lantas Abdul Muththalib pergi bersamanya. Tatkala Abrahah melihatnya, dia pun menghormatinya. Abdul Muththalib adalah sosok lelaki dengan postur tubuh besar dan gagah. Lantas Abrahah turun dari singgasananya dan mempersilakan Abdul Muththalib duduk bersama di permadani yang terbentang. Kemudian Abrahah bertanya tentang kepentingannya datang kepadanya.

Abdul Muththalib menjawab: "Saya datang untuk memohon kepada raja agar mengembalikan dua ratus unta yang dirampas dariku."

Abrahah pun terkejut dengan hal itu dan berkata: "Apakah kamu ingin berbicara denganku tentang dua ratus unta yang aku rampas darimu dan tidak membicarakan Ka'bah yang merupakan agamamu dan nenek moyangmu. Aku datang untuk menghancurkannya. Tidakkah kamu ingin membicarakan hal itu denganku!?"

Abdul Muththalib menjawab: "Aku adalah pemilik unta-unta tersebut. Sedangkan Ka'bah mempunyai pemilik sendiri yang akan melindunginya dari seranganmu."

Dengan sombongnya Abrahah berkata: "Dia tidak akan dapat mencegahku"

Abdul Muththalib kembali menjawab: "ltu urusanmu."

Abdul Muththalib dan para tokoh Arab menawarkan sepertiga harta Tihamah agar Abrahah mengurungkan niat untuk menghancurkan Ka'bah. Akan tetapi, dia enggan untuk menerima tawaran tersebut.

Abrahah mengembalikan unta Abdul Muththalib. Kemudian Abdul Muththalib kembali dan mendatangi pintu Ka'bah dengan beberapa orang Quraisy. Mereka berkeliling di pintu Ka'bah untuk berdoa kepada Allah untuk meminta pertolongan atas serangan Abrahah dan bala tentaranya.

Kemudian pasukan bergerak menuju Ka'bah dan memasuki kota Mekah. Raja menaiki seekor gajah yang sangat besar, bernama Mahmud. Setiap kali diarahkan ke arah Baitul Haram, ia berlutut. Ketika diarahkan ke arah Yaman atau arah yang lain, dia berjalan kencang.

Di hari berikutnya, ketika Abdul Muththalib berdoa, dia menoleh, ternyata dia melihat burung-burung dari arah Yaman menuju ke arah laut. Kemudia ia berkata: "Demi Allah, sungguh burung-burung itu adalah burung-burung yang aneh, bukan burung dari Najd, tidak pula dari Tihamah."

Setiap burung membawa kerikil di paruh dan kakinya. Burung-burung tersebut melemparkan kerikil-kerikil kepada Abrahah dan bala tentaranya. Setiap orang yang terkena kerikil tersebut pasti mati. Bala tentara akhirnya tunggang-langgang melarikan diri menuju Yaman.

Di tengah perjalanan pun mereka tidak selamat dari maut. Abrahah juga terkena kerikil maut di bagian tubuhnya jari-jemarinya mulai berjatuhan satu per satu dan dagingnya remuk. Pasukan yang selamat membawanya hingga sampai ke San'a', dan akhirnya dia mati sangat mengenaskan.

Kekalahan pasukan Abrahah mempunyai pengaruh besar dalam sejarah dan di kalangan orang-orang Arab. Oleh karena itu, kabilah-kabilah lain memuliakan kaum Quraisy, dan berkata: "Mereka (kaum Quraisy) adalah ahli Allah. Allah telah melindungi mereka (dari musuh)."

Dengan hal itu, orang-orang Arab semakin mengagungkan Ka'bah dan keimanan mereka bertambah atas betapa mulianya Ka'bah di sisi Allah. Dengan kejadian tersebut, Allah SWT ingin mengagungkan Ka'bah, mengangkat identitasnya, dan mempersiapkan orang-orang Arab untuk mengemban misi ajaran Islam untuk disebarkan ke seluruh penjuru dunia.

Peristiwa besar tersebut terjadi bertepatan dengan tahun kelahiran Nabi saw., tahun 570 M. Dengan demikian, ada jarak 40 tahun antara tahun gajah dan tahun diutusnya Nabi saw.. Saat itu banyak orang yang menyaksikan kejadian besar tersebut. Bahkan berita tentang peristiwa tersebut bisa dikatakan telah mencapai derajat mutawatir saat itu. Semua itu merupakan irhash Rasulullah saw. (Lihat: Wahbah bin Musthafa az-Zuhaili, At-Tafsir Munir, juz XXX, halaman 404-406).

Imam Ibnu Katsir (wafat 774 H) mengatakan terkait peristiwa ini, bahwa ini merupakan nikmat yang telah dianugerahkan oleh Allah kepada kaum Quraisy, karena Allah telah menyelamatkan mereka dari serangan tentara bergajah, yang sejak semula telah bertekad akan merobohkan Ka'bah dan meratakannya dengan tanah hingga tiada bekas-bekasnya lagi. Maka Allah memusnahkan mereka dan menjadikan mereka kalah serta usaha mereka menjadi sia-sia, begitu pula tiada hasilnya dari kerja mereka; Allah mengusir mereka dengan cara yang buruk dan akibat yang mengecewakan. Mereka adalah kaum Nasrani, dan agama mereka saat itu lebih mirip keadaannya dengan apa yang dilakukan oleh orang-orang Quraisy, yaitu menyembah berhala.

Peristiwa ini terjadi sebagai irhas dan pendahuluan bagi akan diutus-Nya Rasulullah Saw. Karena sesungguhnya di tahun itu Nabi Muhammad, menurut pendapat yang terkenal dilahirkan. Dan seakan-akan takdir Allah Swt. telah menetapkan bahwa hai golongan orang-orang Quraisy, Kami menolong kalian bukanlah karena kalian lebih baik daripada orang-orang Habsyah itu, tetapi karena memelihara Baitul 'Atiq yang akan Kami muliakan, Kami agungkan, dan Kami hormati dengan diutusnya seorang nabi yang ummi, yaitu Muhammad Saw. penutup para nabi. (Ibnu Katsir, Tafsir Ibnu Katsir, [Bairut, Dar-Kitab Ilmiyah: 1419 H], juz 4 halaman 483). Wallahu a'lam bis shawab.


BACA ARTIKRL LAINNYA YANG BERKAITAN:

18 Agustus, 2023

TASHRIF FI'IL MADHI MUJARRAD LUGHOWI

Isim Dhamir

Bacaan Latin

Artinya

هُوَ

Huwa

Dia laki-laki

 هُمَا

Huma

Mereka berdua laki-laki

 هُمْ

Hum

Mereka laki-laki

 هِيَ

Hiya

Dia perempuan

هُمَا

Huma

Mereka berdua perempuan

هُنَّ

Hunna

Mereka Perempuan

 اَنْتَ

Anta

Kamu laki-laki

 اَنْتُمَا

Antuma

Kalian berdua laki-laki

 اَنْتُمْ

Antum

Kalian laki-laki

 اَنْتِ

Anti

Kamu perempuan

 اَنْتُمَا

Antuma

Kalian berdua perempuan

 اَنْتُنَّ

Antunna

Kalian perempuan

 اَنَا

Ana

Aku/Saya

نَحْنُ

Nahnu

Kita/Kami

 

Fiil Madhi

Latin

Artinya

نَصَرَ

Nashoro

Dia (1 laki-laki) menolong

نَصَرَا

Nashoroo

Dia (2 laki-laki) menolong

نَصَرُوْا

Nashoru

Dia (3 laki-laki/lebih) menolong

نَصَرَتْ

Nashorot

Dia (1 perempuan) menolong

نَصَرَتَا

Nashorota

Dia (2 perempuan) menolong

نَصَرْنَ

Nashorna

Dia (3 perempuan/ lebih) menolong

نَصَرْتَ

Nashorta

kamu (1 laki-laki) menolong

نَصَرْتُمَا

Nashortuma

kamu (2 laki-laki) menolong

نَصَرْتُمْ

Nashortum

kamu (3 laki-laki/lebih) menolong

نَصَرْتِ

Nashorti

kamu (1 perempuan) menolong

ننَصَرْتُمَا

Nashortuma

kamu (2 perempuan menolong

نَصَرْتُنَّ

Nashortunna

kamu (3 perempuan /lebih) menolong

نَصَرْتُ

Nashortu

saya menolong

نَصَرْنَا

Nashorna

kita menolong

Dari tabel diatas kita bisa melihat 14 bentuk fiil madhi dari tasrif lughowi. Dari tasrif lughowi dan istilahi bisa diketahui bahwa ciri-ciri fiil madhi diantaranya adalah huruf akhir berharakat fathah, dapat ditemui ta' fail dan tak taknis.

LATIHAN-LATIHAN

عَلِمَ

جَلَسَ

نَصَرَ

هُوَ

 

 

نَصَرَا

هُمَا

 

 

نَصَرُوْا

هُمْ

 

 

نَصَرَتْ

هِيَ

 

 

نَصَرَتَا

هُمَا

 

 

نَصَرْنَ

هُنَّ

 

 

نَصَرْتَ

اَنْتَ

 

 

نَصَرْتُمَا

اَنْتُمَا

 

 

نَصَرْتُمْ

اَنْتُمْ

 

 

نَصَرْتِ

اَنْتِ

 

 

ننَصَرْتُمَا

اَنْتُمَا

 

 

نَصَرْتُنَّ

اَنْتُنَّ

 

 

نَصَرْتُ

اَنَا

 

 

نَصَرْنَا

نَحْنُ

 

14 Agustus, 2023

TAFSIR SURAT AL-BAQARAH AYAT 45

 


Berikut ini adalah teks, transliterasi, terjemahan, dan kutipan sejumlah tafsir ulama atas Surat Al-Baqarah ayat 45:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Wasta‘īnū bis shabri was shalāti, wa innahā la kabīratun illā ‘alal khāsyi‘īna.

Artinya, “Jadikan sabar dan shalat sebagai penolong kalian. Sungguh hal itu teramat berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,” (Surat Al-Baqarah ayat 45).

Ragam Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 45

Imam Jalaluddin dalam Kitab Tafsirul Jalalain mengatakan, “Jadikan sabar (menahan diri dari segala yang tidak diridhai) dan shalat sebagai penolong (atas masalah) kalian.” Kata “shalat” disebut secara khusus sebagai tanda pentingnya urusan ibadah shalat. Sebuah hadits meriwayatkan, Rasulullah SAW bila dirundung oleh sebuah persoalan segera melakukan shalat.

Sebagian ulama, kata Imam Jalaluddin, mengatakan, Surat Al-Baqarah ayat 45 ditujukan untuk Yahudi Madinah ketika enggan beriman karena terhalangi oleh kerakusan dan mabuk kekuasaan. Mereka kemudian diperintahkan untuk bersabar, yaitu ibadah puasa yang dapat mengendurkan syahwat; dan melakukan ibadah shalat yang dapat membuahkan kekhusukan dan mengikis kesombongan.

Sungguh, kata Imam Jalaluddin, ibadah shalat itu memang teramat sulit dan berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, yaitu orang yang tenteram jiwanya pada ketaatan.

Imam Al-Baidhawi dalam Kitab Anwarut Tanzil wa Asrarut Ta’wil mengatakan, Surat Al-Baqarah ayat 45 berkaitan dengan ayat sebelumnya, Surat Al-Baqarah ayat 44.

اَتَأْمُرُوْنَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنْسَوْنَ اَنْفُسَكُمْ وَاَنْتُمْ تَتْلُوْنَ الْكِتٰبَ ۗ اَفَلَا تَعْقِلُوْنَ

“Mengapa kamu menyuruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedangkan kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca Kitab (Taurat)? Tidakkah kamu mengerti?”

Setelah diperintahkan tugas berat yaitu meninggalkan kekuasaan dan berpaling dari kerakusan pada harta duniawi, kalangan Ahli Kitab diberikan resep obat pada Surat Al-Baqarah ayat 45.

Surat Al-Baqarah ayat 45 dimaknai sebagai berikut, “Jadikan penantian atas keberhasilan dan kemudahan sebagai bentuk tawakal kepada Allah; puasa yang melatih kesabaran dari hal yang membatalkan dan meredakan syahwat serta pembersihan jiwa; dan ibadah shalat yang menjadi wasilah dan sandaran sebagai penolong kalian.”

Al-Baidhawi menyebutkan keutamaan ibadah sembahyang. Ibadah sembahyang lima waktu mengandung berbagai jenis ibadah baik rohani maupun jasmani. Sembahyang lima waktu terdiri atas bersuci, tutup aurat, tawajuh ke Ka’bah, fokus pada ibadah, menyatakan tunduk secara jasmani, mengikhlaskan niat, memerangi setan, munajat dengan Allah, membaca Al-Qur’an, melafalkan kalimat syahadat, menahan diri sejenak dari makan sehingga mereka diijabah untuk menerima kebaikan akhirat dan mengatasi musibah.

Sebuah riwayat menyebutkan bahwa ketika dirundung sebuah masalah Rasulullah SAW berlindung kepada shalat. Tetapi shalat di sini, kata Imam Al-Baidhawi, dapat juga dimaknai dengan doa.

Kata “innahā” atau “hal itu” dapat merujuk pada shalat secara khusus, perlindungan diri dengan sabar dan shalat, atau ketentuan perintah dan larangan terhadap mereka secara umum. Sedangkan “khusyu‘” adalah ketundukan secara jasmani. Sementara “khudhu‘” adalah ketundukan batin.

Imam Al-Baghowi dalam Kitab Ma’alimut Tanzil fit Tafsir wat Ta’wil mengatakan, Surat Al-Baqarah ayat 45 menganjurkan shalat dan sabar sebagai penolong dalam menghadapi berbagai jenis ujian. Sebagian ulama mengatakan, keduanya dapat menjadi penolong dalam meraih kebahagiaan akhirat.

Sabar, kata Imam Al-Baghowi, adalah upaya menahan diri dari segala maksiat. Tetapi ada juga ulama yang memaknainya sebagai kesabaran dalam menjalankan kewajiban agama. Sementara Imam Mujahid memaknai sabar sebagai ibadah puasa sebagaimana sebutan, “Bulan Ramadhan bulan sabar.” Sedangkan sembahyang dapat menimbulkan cinta seseorang pada akhirat.

Imam Al-Baghowi mengutip ulama yang memaknai anjuran sabar sebagai penolong dalam menjalankan ibadah sembahyang karena huruf “wawu” dimaknai “‘alā” sebagaimana keterangan pada Surat Thaha ayat 132, “Perintahkan keluargamu untuk sembahyang dan bersabarlah dalam menjalankannya.”

Husen bin Fadhal, kutip Imam Al-Baghowi, memaknai “al-khāsyi‘īna” sebagai orang-orang beriman. Al-Hasan memaknainya sebagai orang-orang yang takut. Ada ulama yang menafsirkannya sebagai orang-orang yang taat. Muqatil bin Hayyan memaknainya sebagai orang-orang yang tawadhu’.

Khusyuk, kata Al-Baghowi, asalnya berarti tenteram sebagaimana keterangan Surat Thaha ayat 108, “Suara-suara tunduk tenteram kepada Zat yang maha rahman.” Jadi orang yang khusysuk adalah orang yang tenang tenteram bergantung pada ketaatan terhadap Allah. 

Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengutip Ibnu Jarir yang memaknai Surat Al-Baqarah ayat 45, “Wahai pemuka agama Ahli Kitab, jadikanlah kesabaran menahan diri dan ibadah sembahyang yang dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar serta dapat mendekatkan diri kepada Allah sebagai penolong kalian dalam menjalankan perintah-Nya.”

Semua itu, kata Ibnu Jarir sebagaimana dikutip oleh Imam Ibnu Katsir, teramat suli dan berat kecuali bagi orang yang tunduk pasrah kepada Allah, orang yang tenang tenteram dalam menjalankan perintah-Nya, dan orang yang merendahkan diri karena takut kepada-Nya.

Surat Al-Baqarah ayat 45 secara zahir meski konteksnya ditujukan untuk mengingatkan Bani Israil Madinah tidak ditujukan khusus untuk mereka saja. Surat Al-Baqarah ayat 45 secara makna zahirnya ditujukan secara umum bagi Bani Israil Madinah dan masyarakat selain mereka. Wallahu a’lam. 


BACA ARTIKRL LAINNYA YANG BERKAITAN:

Materi Akidah Akhlak Kelas VII Semester Genap BAB II : Iman Kepada Para Malaikat

  Materi Akidah Akhlak Kelas VII Semester Genap BAB II : Iman Kepada Para Malaikat dan Makhluk Ghaib PEMBAHASAN 1.        Malaikat Pengertia...