فصل
فى تعظيم العلم وأهله
FASAL
MENGAGUNGKAN ILMU DAN AHLI ILMU
1. Mengagungkan ilmu
اعلم أن طالب العلم لا ينال العلم ولا ينتفع به إلا
بتعظيم العلم وأهله، وتعظيم الأستاذ وتوقيره.
Penting
diketahui, Seorang pelajar tidak akan memperoleh
kesuksesan ilmu dan tidak pula ilmunya dapat bermanfaat, selain jika mau
mengagungkan ilmu itu sendiri, ahli ilmu, dan menghormati keagungan gurunya.
قيل: ما وصل من وصل إلا بالحرمة، وما سقط من سقط إلا
بترك الحرمة. وقيل: الحرمة خير من الطاعة، ألا ترى أن الإنسان لا يكفر بالمعصية،
وإنما يكفر باستخفافها، وبترك الحرمة. ومن تعظيم العلم تعظيم الأستاذ
Ada dikatakan : “Dapatnya orang mencapai
sesuatu hanya karena mengagungkan sesuatu itu, dan gagalnya pula karena tidak
mau mengagungkannya. “Tidaklah anda telah tahu, manusia tidak menjadi kafir
karena maksiatnya, tapi jadi kafir lantaran tidak mengagungkan Allah.
2. Mengagungkan Guru
قال على رضى الله عنه: أنا عبد من علمنى حرفا واحدا، إن
شاء باع، وإن شاء استرق.
Termasuk arti mengagungkan ilmu, yaitu
menghormati pada sang guru. Ali ra berkata: “Sayalah menjadi hamba sahaya orang
yang telah mengajariku satu huruf. Terserah padanya, saya mau dijual, di
merdekakan ataupun tetap menjadi hambanya.”
وكان أستاذنا الشيخ الإمام سديد الدين الشيرازى يقول:
قال مشايخنا: من أراد أن يكون ابنه عالما ينبغى أن يراعى الغرباء من الفقهاء، ويكرمهم
ويطعمهم ويطيعهم شيئا، وإن لم يكن ابنه عالما يكون حفيده عالما.
Guru kita Syaikhul Imam Sadiduddin
Asy-Syairaziy berkata : Guru-guru kami berucap : “bagi orang yang ingin
putranya alim, hendaklah suka memelihara, memulyakan, mengagungkan, dan menghaturkan
hadiah kepada kaum ahli agama yang tengah dalam pengembaraan ilmiyahnya. Kalau
toh ternyata bukan putranya yang alim, maka cucunyalah nanti.”
ومن توقير المعلم أن لايمشى أمامه، ولا يجلس مكانه، ولا
يبتدئ بالكلام عنده إلا بإذنه، ولا يكثر الكلام عنده، ولا يسأل شيئا عند ملالته
ويراعى الوقت، ولا يدق الباب بل يصبر حتى يخرج الأستاذ.
Termasuk arti menghormati guru, yaitu
jangan berjalan di depannya, duduk di tempatnya, memulai mengajak bicara
kecuali atas perkenan darinya, berbicara macam-macam darinya, dan menanyakan
hal-hal yang membosankannya, cukuplah dengan sabar menanti diluar hingga ia
sendiri yang keluar dari rumah.
فالحاصل: أنه يطلب رضاه، ويجتنب سخطه، ويمتثل أمره فى
غير معصية لله تعالى، فإنه لا طاعة للمخلوق فى معصية الخالق كما قال النبى صلى
الله عليه وسلم: إن شر الناس من يذهب دينه لدنيا بمعصية
الخالق. ومن توقيره: توقير أولاده ومن يتعلق به.
Pada pokoknya, adalah melakukan hal-hal
yang membuatnya rela, menjauhkan amarahnya dan menjungjung tinggi perintahnya
yang tidak bertentangan dengan agama, sebab orang tidak boleh taat kepada
makhluk dalam melakukan perbuatan durhak kepada Allah Maha Pencipta. Termasuk
arti menghormati guru pula, yaitu menghormati putera dan semua oarang yang
bersangkut paut dengannya.
وكان أستاذنا شيخ الإسلام برهان الدين صاحب الهداية رحمة
الله عليه حكى: أن واحدا من أكابر الأئمة بخارى كان يجلس مجلس الدرس، وكان يقوم فى
خلال الدرس أحيانا فسألوا عنه, فقال: إن ابن أستاذى يلعب مع الصبيان فى السكة،
ويجيئ أحيانا إلى باب المسجد، فإذا رأيته أقوم له تعظيما لأستاذى.
Di sini Guru kita Syaikhul Islam
Burhanuiddin Shahibul Hidayah pernah bercerita bahwa ada seorang imam besar di
Bochara, pada suatu ketika sedang asyiknya di tenmgah majlis belajar ia sering
berdiri lalu duduk kembali. Setelah ditanyai kenapa demikian, lalu jawabnya :
ada seorang putra guruku yang sedang main-main dihalaman rumah dengan
teman-temannya, bila saya melihatnya sayapun berdiri demi menghormati guruku.
فمن تأذى منه أستاذه يحرم بركة العلم ولا ينتفع بالعلم
إلا قليلا.
إن جفوت معلما]
Barang siapa melukai hati sang gurunya,
berkah ilmunya tertutup dan hanya sedikit kemamfaatannya
حكى أن الخليفة هارون راشيد بعث ابنه إلى الأصمعى ليعلمه
العلم والأدب فرآه يوما يتوضأ ويغسل رجله، وابن الخليفة يصب الماء على رجله، فعاتب
الأصمعى [فى ذلك] بقوله: إنما بعثت إليك لتعلمه وتؤدبه فلماذا لم تأمره بأن يصب
الماء بإحدى يديه، ويغسل بالأخرى رجلك؟
Suatu hikayat : Khalifah Harun Ar-Rasyid
mengirim putranya kepada Al-Ashma’iy agar diajar ilmu dan adab. Pada suatu
hari, Khalifah melihat Al-Ashma’iy berwudlu dan membasuh sendiri kakinya, sedang
putra khalifah cukup menuang air pada kaki tersebut. Maka, Khalifahpun menegur
dan ujarnya : “Putraku saya kirim kemari agar engkau ajar dan didik; tapi
mengapa tidak kau perintahkan agar satu tangannya menuang air dan tangan
satunya lagi membasuh kakimu?”
3. Memulyakan Kitab
ومن تعظيم العلم: تعظيم الكتاب، فينبغى لطالب العلم أن
لا يأخذ الكتاب إلا بطهارة. وحكىعن الشيخ شمس الأئمة
الحلوانى رحمه الله تعالى أنه قال: إنما نلت هذا العلم بالتعظيم، فإنى ما أخذت
الكاغد إلا بطهارة. والشيخ الإمام شمس الأئمة السرخسى كان مبطونا فى ليلة، وكان
يكرر، وتوضأ فى تلك الليلة سبع عشرة مرة لأنه كان لا يكرر إلا بالطهارة، وهذا لأن
العلم نور والوضوء نور فيزداد نور العلم به.
Termasuk arti mengagungkan ilmu, yaitu
memulyakan kitab, karena itu, sebaiknya pelajar jika mengambil kitabnya itu
selalu dalam keadaan suci. Hikayat, bahwa Syaikhul islam Syamsul Aimmah
Al-Khulwaniy pernah berkata : “Hanya saya dapati ilmu ilmuku ini adalah dengan
mengagungkan. Sungguh, saya mengambil kertas belajarku selalu dalam keadaan
suci.
Syaikhul Imam Syamsul Aimmah
As-sarkhasiy pada suatu malam mengulang kembali pelajaran-pelajarnnya yang
terdahulu, kebetulan terkena sakit perut. Jadi sering kentut. Untuk itu ia
melakukan 17 kali berwudlu dalam satu malam tersebut, karena mempertahankan
supaya belajar dalam keadaan suci. Demikianlah sebab ilmu itu cahaya, wudlupun
cahaya. Dan cahaya ilmu akan semakin cemerlang bila di barengi cahaya berwudlu.
ومن التعظيم الواجب للعالم أن لا يمد الرجل إلى الكتاب
ويضع كتاب التفسير فوق سائر الكتب [تعظيما] ولا يضع شيئا آخر على الكتاب.
Termasuk memulykan yang harus dilakukan,
hendaknya jangan membentangkan kaki kearah kitab. Kitab tafsir letaknya
diatas kitab-kitab lain, dan jangan sampai menaruh sesuatu diatas kitab.
وكان أستاذنا الشيخ برهان الدين رحمه الله تعالى يحكى عن
شيخ من المشايخ: أن فقيها كان وضع المحبرة على الكتاب، فقال له [بالفارسية]:
برنيايى
Guru kita Burhanuddin pernah membawakan
cerita dri seorang ulama yang mengtakan ada seoranag ahli fikih meletakan botol
tinta di atas kitab. Ulama itu sraya berkata : “Tidak bermanfaat ilmumu.
وكان أستاذنا القاضى الإمام الأجل فخر الدين المعروف
بقاضى خان رحمه الله تعالى يقول: إن يرد بذلك الاستخفاف فلا بأس بذلك والأولى أن
يحترز عنه.
Guru kita Qodli Fakhrul Islam yang
termasyur dengan Qodli Khan pernah berkata: “Kalau yang demikian itu tidak
dimaksud meremehkan, maka tidak mengapalah. Namun lebih baiknya disingkiri
saja.”
ومن التعظيم: أن يجود كتابة الكتاب ولا يقرمط ويترك
الحاشية إى عند الضرورة. ورأى أبو حنيفة رحمه الله تعالى كتابا يقرمط فى الكتابة
فقال: لا تقرمط خطك، إن عشت تندم وإن مت تشتم. يعنى إذا شخت وضعف نور بصرك ندمت على ذلك.
وحكى عن الشيخ الإمام مجد الدين الصرخكى، حكى أنه قال:
ما قرمطنا ندمنا، وما انتخبنا ندمنا، وما لم نقابل ندمنا
Termasuk pula arti mengagungkan, hendaknya
menulis kitab sebaik mungkin. Jangan kabur, jangan pula membuat catatan
penyela/penjelas yang membuat tulisan kitab tidak jelas lagi, kecuali terpaksa
harus dibuat begitu. Abu hanifah pernah mengetahui seorang yang tidak jelas
tulisannya, lalu ujarnya: “Jangan kau bikin tulisanmu tidak jelas, sedang kau kalau
ada umur panjang akan hidup menyesal, dan jika mati akan dimaki.” Maksudnya,
jika kau semakin tua dan matamua rabun, akan menyesali perbuatanmua sendiri
itu. Diceritakan dari Syaikhul Imam Majduddin Ash-Shorhakiy pernah berkata:
“Kami menyesal;I tulisan yang tidak jelas, catatan kami yang pilih-pilih dan
pengetahuan yang tidak kami bandingkan dengan kitab lain.”
وينبغى أن يكون تقطيع الكتاب مربعا، فإنه تقطيع أبى
حنيفة رحمه الله تعالى، وهو أيسر على الرفع والوضع والمطالعة
4. Menghormati Teman
ومن تعظيم العلم: تعظيم الشركاء [فى طلب العلم والدرس]
ومن يتعلم منه. والتملق مذموم إلا فى طلب العلم. فإنه ينبغى أن يتملق لأستاذه
وشركائه ليستفيد منهم
Termasuk makna mengagungkan ilmu pula,
yaitu menghormati teman belajar dan guru pengajar. Bercumbu
rayu itu tidak dibenarkan, selain dalam menuntut ilmu. Malah sebaliknya di sini
bercumbu rayu degnan guru dan teman sebangku pelajarannya.
5. Sikap Selalu Hormat Dan Khidmah
وينبغى لطالب العلم أن يستمع العلم والحكمة بالتعظيم
والحرمة، وإن سمع مسألة واحدة أو حكمة واحدة ألف مرة. وقيل: من لم يكن تعظيمه بعد
ألف مرة كتعظيمه فى أول مرة فليس بأهل العلم.
Hendaknya penuntut ilmu memperhatikan
segala ilmu dan hikmah atas dasar selalu mengagungkan dan menghormati,
sekalipun masalah yang itu-itu saja telah ia dengar seribu kali. Adalah
dikatakan : “Barang siapa yang telah mengagungkannya setelah lebih dari 1000
kali tidak sebagaimana pada pertama kalinya, ia tidak termasuk ahli ilmu.”
6. Jangan Memilih Ilmu Sendiri
وينبغى لطالب العلم أن لا يختار نوع العلم بنفسه، بل
يفوض أمره إلى الأستاذ، فإن الأستاذ قد حصل له التجارب فى ذلك، فكان أعرف بما
ينبغى لكل واحد وما يليق بطبيعته.
Hendaklah sang murid jangan menentukan
pilihan sendiri terhadap ilmu yang akan dipelajari. Hal itu
dipersilahkan sang guru untuk menentukannya, karena dialah yang telah berkali-kali
melakukan percobaan serta dia pula yang mengetahui ilmu yang sebaiknya
diajarkan kepada seseorang dan sesuai dengan tabiatnya.
7. Jangan Duduk Terlalu Dekat Dengan Guru
وينبغى لطالب العلم أن لايجلس قريبا من الأستاذ عند
السبق بغير ضرورة، بل ينبغى أن يكون بينه وبين الأستاذ قدر القوس فإنه أقرب إلى
التعظيم.
Diwaktu belajar, hendaklah jangan duduk
terlalu mendekati gurunya, selain bila terpaksa. Duduklah sejauh antar busur
panah. Karena dengan begitu, akan terlihat mengagungkan sang guru.
8. Menyingkiri Akhlak Tercela
وينبغى لطالب العلم أن يحترز عن الأخلاق الذميمة، فإنها
كلاب معنوية، وقد قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا تدخل الملائكة بيتا فيه
كلب أو صورة. وإنما يتعلم الإنسان بواسطة ملك.
والأخلاق الذميمة تعرف فى كتاب الأخلاق وكتابنا هذا لا
يحتمل بيانها.
[وليحترز] خصوصا عن التكبر ومع التكبر لا يحصل العلم.
قيل: العلم حرب [للفتى]
المتعالى كالسيل حرب للمكان
العالى
قيل: بجـد لا بجــد كــل مـجــد
فهل جد بلا جد بمجدى
فكم من عبد يقوم مقام
حر وكم حر يقوم مقام عبد
Pelajar selalu memnjaga dirinya akhlak-akhlak
yang tercela. daripada Karena akhlak buruk itu ibarat anjing.
Rasulullah saw bersabda: “Malaikat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya
terdapat gambar atau anjing”. Padahal orang belajar itu dengan perantara malaikat.
Dan terutama yang disingkiri adalah sikap takabur dan sombong.
- Khutbah Jum'at Singkat Tentang Keberkahan Bulan Ramadhan
- Khutbah Jumat Singkat Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan
- KHUTBAH IDUL FITRI : BAGAIMANA CARA MERAYAKAN IDUL FITRI
- ETIKA BERMEDIA SOSIAL BAGI GENERASI MUDA DALAM ISLAM
- SHALAT HAJAT, KEUTAMAAN, TATA CARA, NIAT, DAN DO'A
- TA'LIM AL-MUTA'ALLIM TENTANG MENGAGUNGKAN ILMU DAN AHLI ILMU
- TA'LIMUL MUTA'ALLIM TENTANG NIAT DI WAKTU BELAJAR