PROGRAM KERJA PESANTREN KILAT
MA’HAD
AL-HIKMAH . . . . . .
TAHUN
PELAJARAN 2022/2023
KEMENTRIAN
AGAMA REPUBLIK INDONESIA
KANTOR
KEMENTRIAN AGAMA KOTA SURABAYA
MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA SURABAYA
JL. CITRA RAYA
NO. 27 LAKARSANTRI SURABAYA 60211
TELEPON
(031)7532130, FAKSIMILI (031)7523040
Website.www.mtsn2-surabya.sch.id,
email: mts.121135780002@gmail.com
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Allah SWT. yang telah
melimpahkan rahmat dan karunia-Nya hingga kami dapat menyiapkan, mengantur, dan
mengontrol program Pesantren Kilat ini sehingga bisa menjadi program unggulan
madrasah.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan
program ini masih banyak kekurangan, baik ditinjau dari materi maupun teknik
penyusunannya. Oleh karena itu, teguran, pandangan, dan koreksi dari berbagai
pihak akan kami terima demi sempurnanya penyusunan program kerja pada waktu
yang akan datang.
Akhirnya kami menyampaikan terima kasih kepada
semua pihak yang telah memberi bantuan, motivasi serta pembinaan. Semoga amal
baiknya mendapat limpahan rahmat dan kasih sayang dari Allah SWT.
Surabaya, 5 September 2022
Ketua Pelaksana Pesantren Kilat
. . . . . . . . . . . . . . .
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………………………..……………………………………
DAFTAR
ISI……………………………………………………………………………………………….
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………………………
A. Latar Belakang………………………………………………………………………………………..
B. Pengertian
………………...……………………………………………………………………………
C. Tujuan dan
sasaran……..…………………………………………………………………………..
BAB II
PENGORGANISASIAN………………………………………………………………………
A. Pengorganisasian
Personil..……………………………………………………………………..
B. Pengorganisasian
Siswa ..………………………………........................................................
BAB III RENCANA
KEGIATAN……………………………………………………………………….
Ruang Lingkup Kegiatan
…...………………………………………………………………………..
BAB IV EVALUASI………………………………………………………………………………………
A. Evaluasi
Penyelenggaraan ……………………………………………………………………….
B. Evaluasi
Edukatif …………………………………………………………………………………….
BAB V PENUTUP………………………………………………………………………………………….
A. Simpulan
…………………..……………………………………………………………………………
B.
Saran………………………………………………………...............................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Siswa merupakan sumber daya insani potensian bagi
pembangunan bangsa. Oleh karena itu, perlu terus dibina dan dikembangkan sesuai
dengan tujuan pendidikan nasional. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan,
khususnya dalam hal keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta
budi pekerti luhur, khususnya di sekolah, diupayakan dicapai melalui mata
pelajaran Agama yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik pada semua
jenjang pendidikan. Hal ini karena agama merupakan landasan moral, etika, dan
spiritual yang kuat untuk pembangunan bangsa.
Namun demikian, dewasa ini dirasakan bahwa mata
pelajaran Agama di sekolah masih kurang, terutama jumlah jamnya yang sangat
terbatas sehingga tujuan pendidikan agama di sekolah sulit untuk dicapau. Hal
ini juga tercermin dari rendahnya prilaku hidup beragama antarsiswa dalam
kehidupan sehari-hari. Untuk melengkapi kekurangan tersebut perlu diciptakan
kegiatan sekolah dalam waktu tertentu di luar jam pelajaran yang mengarah pada
peningkatan keimanaan dan ketaqwaan serta berbudi pekerti luhur dalam bentuk aktualisasi
pembiasaan hidup beragama.
Serta Banyak orang tua yang menginginkan agar
putra putrinya jauh dari pergaulan bebas, narkoba, pergaulan sex bebas dan
pengaruh-pengaruh negative yang muncul dewasa ini, demikian itu dibutuhkan
sebuah lembaga atau intuisi untuk mengakomodir keinginan orang tua. Kegiatan
yang dimaksud salah satunya melalui Pesantren. Namun, di pesantren kegiatan
yang padat, kurikulum komprehensif menjadikan orang tua minim komunikasi dengan
anakanya. Kadang orang tua bisa bertemu dengannya sebulan sekali, dua bulan
sekali, bahkan ada yang persemester. Bagi orang tua waktu tersebut sangat
kurang, karena sedikit kesepatan menyaksikan tumbuh kembanya anak dan menjalin
emosional antara orang tua dan anak. Oleh karena, sekolah memprogramkan Kegiatan
yang yang diinginkan orang tua yang dimaksud adalah kegiatan Pesantren Kilat.
B.
Pengertian
1.
Umum
Pesantren Kilat mengandung dua kata kunci, yaitu
pesantren dan Kilat. Pengertian pesantren secara umum, yaitu suatu lembaga
pendidikan Islam yang di dalamnya teradap kiyai yang mendidik dan mengajar para
santri yang mondok dengan menggunakan sarana mesjid, madrasah, dan didukung
adanya asrama tempat tinggal santri. Kilat berkenaan suatu waktu yang sebentar.
Jadi Pesantren Kilat adalah sebuah lembaga pendidikan islam yang berbasis di
perkotaan yang dibimbing oleng seorang guru atau kiyai yang bertempat tinggal
di asrama dengan waktu yang singkat.
Beberapa nilai yang terkandung dalam tata cara
kehidupan Pesantren Kilat, antara lain :
a.
Adanya suasana kebersamaan dan kesederhanaan;
b.
Adanya suasana kekerabatan dan kekeluargaan;
c.
Adanya peningkatan pengalaman, penghayatan, dan praktik dalam kehidupan
sehari-hari.
2.
Khusus
Pesantren Kilat
adalah salah satu wahana alternatif kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka
memantapkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Bagi siswa
yang beragama Islam dengan pola dan tata cara kehidupan pesantren yang
dilakukan di dalam lingkungan sekolah.
C.
Tujuan dan Sasaran
a.
Tujuan
Dengan
adanya pelaksanaan Pesantren Kilat bagi
siswa diharapkan dapat :
1.
Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan siswa tentang
ajaran agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa
kepada Allah SWT. serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara ;
2.
Memperdalam, memantapkan, dan meningkatkan penghayatan ajaran agama
Islam khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak, dan Al quran ;
3.
Menerapkan dan mengamalkan ajaran Islam dam kehidupan sehari-hari
dalam rangka membentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh, dan mampu menghadapi
tantangan-tantangan negatif, baik yang datang dari dirinya pribadi maupun dari
luar dirinya.
b.
Sasaran
Siswa MTsN
2 Kota Surabaya yang duduk di kelas VII, VIII, dan IX tahun pembelajaran 2022/2023.
BAB II
PENGORGANISASIAN
Secara garis besar unsur yang terlibat dalam
kepanitiaan Pesantren Kilat Ma’had Al-Hikmah MTsN 2 Kota Surabaya tahun
pembelajaran 2022/2023 yaitu sebagai berikut.
1. Penanggung jawab penyelenggara : Kepala sekolah
2. Ketua Kegiatan Keagamaan : Waka Humas
3. Penggurus : Guru-guru yang beragama Islam
4. Panitia pelaksana :
Dibentuk sesuai dengan kebutuhan
5. Peserta :
seluruh siswa yang beragama Islam
6.
Penyusun materi Pembina : guru-guru PAI dengan berpedoman
pada
juklak Pesantren Kilat
A.
Pengorganisasian Personil
1. Susunan panitia pelaksana Pesantren Kilat
Penanggung
jawab penyelenggara :
Kepala Sekolah
Ketua
Kegiatan Keagamaan :
. . . . . . . . . . . . . . . .
Ketua
pengurus : . . . . . . . . . . . . . . . .
Sekretaris :
. . . . . . . . . . . . . . . .
Bendahara :
. . . . . . . . . . . . . . . .
2. Daftar Guru Pembina Sanlat Pesantren Kilat yaitu
sebagai berikut.
No |
Nama Pembina |
Materi |
1. |
Ustd. . . . . . . . . . . . . . . . |
Akhlaq |
2. |
Ustd. . . . . . . . . . . . . . . . |
Arabic Club |
3. |
Ustd. . . . . . . . . . . . . . . . |
Bimbingan
Baca Tulis al-Qur’an (BBQ) |
4. |
Ustd. . . . . . . . . . . . . . . . |
Fiqih |
5. |
Ustd. . . . . . . . . . . . . . . . |
Engglish Area |
6. |
Ustd. . . . . . . . . . . . . . . . |
Pembiasaan Positif |
B.
Pengorganisasian Siswa
Terlampir
BAB III
RENCANA
KEGIATAN
A.
Ruang Lingkup Kegiatan
Ruang lingkup kegiatan Pesantren Kilat di MTsN 2
Kota Surabaya tahun pembelajaran 2022/2023 meliputi :
a. Kegiatan Persiapan dalam Bidang
a.
Administrasi
b.
Personalia
c.
Sarana dan Prasarana
d.
Sistematika operasional dalam kegiatan Pesantren Kilat
b. Kegiatan Pelaksanaan Pesantren Kilat meliputi
a.
Mengatur jadwal kegiatan
b.
Mengatur jadwal Pembina
c.
Penggunaan kurikulum kegiatan
c.
Pendekatan
Dalam pelaksanaan kegiatan Pesantren Kilat dapat
digunakan beberapa pendekatan sebagai berikut.
a.
Pendekatan secara kekeluargaan
b.
Pendekatan secara pengalaman, memberikan kesempatan kepada siswa untuk
melaksanakan praktik ajaran agama
c.
Pendekatan kebiasaan, memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengamalkan ajaran agama
d.
Pendekatan emosional, memberikan kesempatan kepada peserta Pesantren
Kilat untuk berperan menggunakan akalnya dalam memahami dan menerima kebenaran
agama Islam, termasuk memahami hikmah dan fungsi ajaran agama.
d. Metode
Beberapa alternatif metode yang dapat digunakan
dalam proses kegiatan Pesantren Kilat adalah sebagai berikut.
a.
Metode ceramah, yaitu menyajikan materi melalui penuturan dan
penerapan lisan oleh guru kepada siswa
b.
Metode Tanya Jawab, dapat dikembangkan untuk menjalin komunikasi
timbal balik antara siswa dengan pembimbing, serta mengurangi kesan adanya
pemaksaan konsep materi dan siswa dapat menanyakan hal-hal yang belum jelas
c.
Metode diskusi, suatu cara menyampaikan materi melalui pengajuan suatu
topik yang kemudian dibahas bersama-sama
d.
Metode cerita dianggap efektif untuk menawarkan nilai kebenaran dan
keteladanan tokoh-tokoh Islam dan perjuangannya kepada peserta.
e.
Materi
Ruang
lingkup materi Pesantren Kilat di MTsN 2 Kota Surabaya mencakup segala usaha mewujudkan
keserasian, keselarasan, dan keseimbangan yang menyangkut
a.
Hubungan manusia dengan Allah (Hablum minallah)
b.
Hubungan manusia dengan manusia (hablum minannas)
c.
Hubungan manusia dengan dirinya sendiri
d.
Hubungan manusia dengan makhluk Allah lainnya dan lingkungan alam
sekitarnya.
Materi Pesantren Kilat meliputi 7 unsur pokok,
yaitu
1. Keimanan (15%)
2. Ibadah (20%)
3. Al-Qur’an (20%)
4. Akhlak (20%)
5. Tarikh (10%)
6. Bilingual (15%)
Presentasi setiap unsur materi pokok bersifat
fleksibel atau tidak mutlak, yaitu jumlah muatan materi dapat berubah sesuai
dengan kebutuhan pemberian materi, sedangkan di dalam pemberian materi lebih
ditekankan pada aspek pembentukan sikap dan perilaku (afektif dan psikomotor).
1. Keimanan
Bahasan
dan kegiatan yang mengarah pada keimanan antara lain:
a.
Rukun iman
1. Iman kepada Allah
2. Iman kepada malaikat
3. Iman kepada rasul
4. Iman kepada kitab
5. Iman kepada hari akhir
6. Iman kepada qodlo dan qodar
2. Ibadah
Bahasan
dan kegiatan yang berkaitan dengan ibadah antara lain :
a.
Rukun Islam
1.
Syahadat
2.
Sholat
3.
Puasa
4.
Zakat
5.
Haji
b.
Bimbingan praktik bersuci
c.
Bimbingan praktik sholat wajub
3. Al-Qur’an
Praktik
membaca, menyalin, mengartikan, dan menghapal al-qur’an.
4. Akhlak
1.
Bimbingan akhlak kepada orang tua
2.
Bimbingan akhlak kepada kakak dan adik
3.
Bimbingan akhlak kepada teman
4.
Bimbingan akhlak kepada guru
5.
Bimbingan akhlak kepada tetangga
6.
Silaturahmi/ memupuk rasa persaudaraan
7.
Bimbingan cara berbicara yang baik
8.
Mengucapkan salam
9.
Bimbingan bersikap jujur, amanah, fathonah, dan tabligh.
5. Muamalah
1.
Pinjam-meminjam
2.
Musyawarah
3.
Jual beli
4.
Utang piutang
5.
Mengurus jenazah
6. Tarikh
a.
Kisah Nabi Muhammad SAW.
b.
Kisah kehidupan khulafaurrosyidin
c.
Kisah kehidupan tokoh Islam Indonesia dan dunia
e. Program tambahan
a.
Seni kreasi Islam
b.
Kultum
f. Pola pembinaan
Pola pembinaan Pesantren Kilat meliputi.
a.
Proses pengenalan
b.
Proses pembiasaan
c.
Proses penghayatan
g. Waktu dan Tempat
Waktu pelaksanaan Pesantren Kilat di MTsN 2 Kota Surabaya
dimulai pada hari Senin-Jum’at Pukul 16.00 WIB – 05.30 WIB.
B.
Jadwal Kegiatan
Terlampir
BAB IV
EVALUASI
1.
Evaluasi Penyelenggaraan
Adalah
suatu evaluasi terhadap terlaksananya Pesantren Kilat. Evaluasi dapat dilihat
melalui pengamatan langsung terhadap proses kegiatan dan laporan dari pelaksana
kegiatan. Hal-hal yang di evaluasi
a. Kepanitiaan
b. Fasilitas
c. Sarana dan prasarana
BAB V
PENUTUP
A.
Simpulan
Adapun simpulan yang dapat diambil dari
penyusunan program ini adalah.
a. Sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan Pesantren
Kilat serta dapat dijadikan pedoman demi lancarnya pelaksanaan Pesantren Kilat
b. Terlaksananya program Pesantren Kilat ini
dijadikan acuan bagi seluruh Satuan Pendidikan yang lainnya.
B.
Saran
Saran pelaksanaan program ini akan dikemukakan
setelah program ini dilaksanakan, sedangkan saran khusus akan disampaikan
secara tetulis pada waktu penutupan kegiatan Pesantren Kilat)
Mengetahui Surabaya,
14 September 2022
Kepala Madrasah Ketua Pengurus Ma’had al-Hikmah
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
- Belajar – Pengertian, Proses, Sistem, Ciri, Hasil & Prinsip
- Teori-Teori Belajar Menurut Para Ahli
- PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER BAHASA ARAB
- PROGRAM KERJA PESANTREN KILAT
- PERJANJIAN KERJASAMA MORANDUM OF UNDERSTANDING (MoU) SEKOLAH DENGAN PONDOK
- PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
- PROPOSAL KEGIATAN SEKOLAH HARI SANTRI
- LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN MENGIKUTI PERLOMBAAN TAHFIDZ, DA'I, DAN KALIGRAFI