HOME

13 September, 2022

PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER BAHASA ARAB

 

PROGRAM  KERJA

JAMI’ATUL AL-LUGHOTUL AL-AROBIYYAH

( ARABIC CLUB )

 

جمعية اللغة العربية

Disusun Oleh:

. . . . . . . . . . . . .  .

 

 

 

MADRASAH TSANAWIYAH . . . . . . . . . . . . . .

Jl. CITRA RAYA NO. . . . . . . .  . . . .

TAHUN PELAJARAN 2022 - 2023

 

BAB  I

PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang

Kegiatan ekstrakurikuler Arabic  Club atau Jam’iyatu al-Lughot al-Arobiyah di MTs Negeri 2 . . . . . . . . . merupakan kegiatan tambahan dari materi pokok bahasa Arab yang diberikan di kelas.  Kegiatan ini sangat membantu siswa dan siswi dalam mendalami materi bahasa Arab terutama materi at-Tarkib atau tatabahasa bahasa Arab yang dirasakan memerlukan pendalaman lebih.

Melalui kegiatan ini di harapkan siswa dan siswi lebih mencintai bahasa al-Quran yaitu bahasa Arab.

Melalui kegiatan ini pula diharapkan muncul siswa dan siswi yang mampu memahami tatabahasa bahasa Arab yang diaplikasikan dalam dialog keseharian bahkan lebih dari itu seperti berpidato dengan menggunakan bahasa Arab dengan fasih sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Melalui kegiatan ini pula diharapkan mampu mengangkat nama baik sekolah dengan menorehkan prestasi dalam perlombaan baik tingkat kota, provinsi bahkan nasional.

B.        Dasar Hukum

Kegiatan ekstrakurikuler berlandaskan pada pedoman, peraturan dan keputusan menteri pendidikan  nasional RI sebagai berikut:

1. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Peraturan Pemerintah No. 32 tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan

3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39 tahun 2008 tentang Standar Pembinaan Kesiswaan.

4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan menengah.

6. Program Kerja MTs Negeri 2 . . . . . . . . . Tahun 2021-2022 

C.        Maksud dan Tujuan

Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah agar siswa memiliki empat keterampilan yaitu keterampilan mendengar ( al- Istima’), berbicara ( al-kalam), membaca (al-Qiraat), dan menulis (al-Kitaabah). Untuk memantapkan empat keterampilan tersebut siswa diharapkan juga memiliki keterampilan pendukungnya berupa unsur kebahasaan, yakni berupa ucapan, tekanan kata, intonasi, kosa kata, frasa, ejaan, tulisan dan tata bahasa.

Dalam pembelajaran bahas arab hendaknya siswa dikenalkan juga tentang budaya Arab, baik budaya lisan ataupun budaya tulisannya, karenanya dalam pembelajaran bahasa Arab guru diharapkan untuk membimbing siswa dalam mempraktikkannya, sehingga pembelajaran bahasa arab dapat menghantarkan siswa sebagaimana orang Arab berbahasa.

Sebagai bagian dari kurikulum yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan , maka pembelajaran bahasa Arab dituntut dapat berkontribusi dalam membentuk karakter siswa sengan menginternalisasikan nilai-nilai keislaman, budaya timur Tengah dan budaya universal kontemporer yang tidak bertentangan dengan Islam.

Untuk mewujudkan siswa mampu berbahasa Arab memang tidak mudah, karena dibutuhkan pendalaman tatabahasa Arab yang sangat beragam di banding dengan bahasa yang lainnya. Untuk itu siswa diberi jam tambahan atau ekstrakurikuler untuk membantu percepatan pemahaman bahasa Arab, dan tidak hanya itu siswa di harapkan mempunyai skill lebih dibidang muhaawaroh atau percakapan.

BAB II

PROGRAM KEGIATAN

A.       Waktu dan Tempat Kegiatan

Jami’yatu al-Lughot al-Arobiyyah dilaksanakan di luar jam belajar setiap hari Rabu dimulai jam 15.30 sd 17.00. bertempat dilingkungan MTs Negeri 2 . . . . . . . . ..

B.        Pembina dan Pelatih

Jami’yatu al-Lughot al-Arobiyyah dikelola oleh . . . . . . . . . . . . .  ., selaku pembina dan pelatih yang juga bertugas sebagai guru bahasa Arab dilingkungan MTs Negeri 2 . . . . . . . . ..

C.        Materi Ajar

Materi yang diberikan pada kegiatan ini meliputi empat keterampilan:

1. Al- Istima’ (ketrampilan Menyimak)

2. Al-Kalam (keterampilan Berbicara)

3. Al-Qiroah (keterampilan Membaca)

4. Al-Kitabah (keterampilan Menulis)

Namun dalam kegiatan ini yang paling dominan dan ditekankan adalah keterampilan berbicara atau al-Kalam dengan alasan untuk membiasakan peserta melafalkan apa yang telah dipelajari. Al-kalam adalah keterampilan yang lebih menantang karena peserta dituntut untuk mengeksflor kemampuan pemahaman baik tatabahasa maupun bacaanya.

 

D.       Jadwal Materi Pelajaran

BULAN

MINGGU/TANGGAL

MATERI

KETERANGAN

Agustus

( 1 )  03 Agustus 2022

Menjelaskan keutamaaan dan arti pentingnya bahasa arab

 

( 2 )  10 Agustus 2022

Mengajarkan dan mempraktikan cara membuka kamus

 

( 3 )  24 Agustus 2022

Hiwar At-Ta’aruf

 

( 4 )  31 Agustus 2022

Kitabah At-Ta’aruf

 

 

 

 

 

September

( 1 )  07 September 2022

Istima’ Fil Bait

 

( 2 )  14 September 2022

Kalam Fil Bait

 

( 3 )  21 September 2022

Qira’ah Fil Bait

 

( 4 )  28 September 2022

Kitabah Fil Bait

 

 

 

 

 

 

 

 

Oktober

( 1 )  05 Oktober 2022

Istima’ Fil Madrasah

 

( 2 )  12 Oktober 2022

Kalam Fil Madrasah

 

( 3 )  19 Oktober 2022

Qira’ah Fil Madrasah

 

( 4 )  26 Oktober 2022

Kitabah Fil Madrasah

 

 

 

 

 

Nopember

( 1 )  02 Nopember 2022

Istima’ A’malul Yaumiyyah

 

( 2 )  09 Nopember 2022

Kalam A’malul Yaumiyyah

 

( 3 )  16 Nopember 2022

Qira’ah A’malul Yaumiyyah

 

( 4 )  23 Nopember 2022

Kitabah A’malul Yaumiyyah

 

 

 

 

 

Januari

( 1 )  04 Januari 2023

Istima’ Fil Masjid

 

( 2 )  11 Januari 2023

Kalam Fil Masjid

 

( 3 )  18 Januari 2023

Qira’ah Fil Masjid

 

( 4 )  25 Januari 2023

Kitabah Fil Masjid

 

 

 

 

 

Februari

( 1 )  01 Februari 2023

Istima’ Fil ‘Utlah

 

( 2 )  08 Februari 2023

Kalam Fil ‘Utlah

 

( 3 )  15 Februari 2023

Qira’ah Fil ‘Utlah

 

( 4 )  22 Februari 2023

Kitabah Fil ‘Utlah

 

 

 

 

 

Maret

( 1 )  01 Maret 2023

Istima’ Hiwayah

 

( 2 )  08 Maret 2023

Kalam Hiwayah

 

( 3 )  15 Maret 2023

Qira’ah Hiwayah

 

( 4 )  22 Maret 2023

Kitabah Hiwayah

 

( 5 ) 29 Maret 2023

Tadriibat

 

 

 

 

 

April

( 1 )  05 April 2023

Istima’ Fil Mihnah

 

( 2 )  12 April 2023

Kalam Fil Mihnah

 

( 3 )  19 April 2023

Qira’ah Fil Mihnah

 

( 4 )  26 April 2023

Kitabah Fil Mihnah

 

 

 

 

 

Mei

( 1 )  03 Mei 2023

Istima’ Fil Maqshaf

 

( 2 )  10 Mei 2023

Kalam Fil Maqshaf

 

( 3 )  17 Mei 2023

Qira’ah Fil Maqshaf

 

( 4 )  24 Mei 2023

Kitabah Fil Maqshaf

 

( 5 ) 31 Mei 2023

Tadriibat

 

 

 

 

 

Juni

( 1 )  07 Juni 2023

Istima’ Fil Hadiqah

 

( 2 )  14 Juni 2023

Kalam Fil Hadiqah

 

( 3 )  21 Juni 2023

Qira’ah Fil Hadiqah

 

( 4 )  28 Juni 2023

Kitabah Fil Hadiqah

 

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA YANG TERKAIT;

 

BAB III

PENUTUP

Demikianlah gambaran rencana kerja yang kami susun dengan harapan menjadi acuan dalam pelaksanaan Arabic Club dan menjadi pedoman sehingga dalam pelaksanaanya menjadi lebih terarah dan mencapai target. Kami berharap mudah-mudahan kegiatan ini menjadi bermanfaat bagi para siswa dan siswi baik sekarang atau masa yang akan datang.

                                                                                              Surabaya, 31 Juli 2022

 

Mengetahui,

Wakamad Kesiswaan

 

  

. . . . . . . . . . . . .  .

     . . . . . . . . . . . . .  .

 

 

Pembina Arabic Club

 

 

. . . . . . . . . . . . .  .

           NIP. -

 

 

 

                                                      

Menyetujui,

 Kepala Madrasah

 

. . . . . . . . . . . . .  .

. . . . . . . . . . . . .  .

MAKALAH HADIST TENTANG HIJAB

  A.   Latar Belakang Telah disepakati oleh seluruh umat Islam bahwa al-Qur’an menjadi pedoman hidup baik tentang syariah maupun dalam keh...