PROGRAM KERJA
JAMI’ATUL
AL-LUGHOTUL AL-AROBIYYAH
( ARABIC CLUB )
جمعية اللغة العربية
Disusun Oleh:
.
. . . . . . . . . . . . .
MADRASAH
TSANAWIYAH . . . . . . . . . . . . . .
Jl.
CITRA RAYA NO. . . . . . . . . . . .
TAHUN
PELAJARAN 2022 - 2023
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kegiatan ekstrakurikuler Arabic Club atau Jam’iyatu al-Lughot
al-Arobiyah di MTs Negeri 2 . . . . . . . . . merupakan kegiatan
tambahan dari materi pokok bahasa Arab yang diberikan di kelas. Kegiatan ini sangat membantu siswa dan siswi
dalam mendalami materi bahasa Arab terutama materi at-Tarkib atau
tatabahasa bahasa Arab yang dirasakan memerlukan pendalaman lebih.
Melalui kegiatan ini di harapkan siswa dan siswi lebih
mencintai bahasa al-Quran yaitu bahasa Arab.
Melalui kegiatan ini pula diharapkan muncul siswa dan
siswi yang mampu memahami tatabahasa bahasa Arab yang diaplikasikan dalam
dialog keseharian bahkan lebih dari itu seperti berpidato dengan menggunakan
bahasa Arab dengan fasih sesuai dengan kaidah yang berlaku.
Melalui kegiatan ini pula diharapkan mampu mengangkat
nama baik sekolah dengan menorehkan prestasi dalam perlombaan baik tingkat
kota, provinsi bahkan nasional.
B.
Dasar Hukum
Kegiatan ekstrakurikuler berlandaskan pada pedoman,
peraturan dan keputusan menteri pendidikan
nasional RI sebagai berikut:
1. Undang-undang
No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan
Pemerintah No. 32 tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan pemerintah No. 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan
3. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional No. 39 tahun 2008 tentang Standar Pembinaan
Kesiswaan.
4. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi
Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
5. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan menengah.
6. Program Kerja
MTs Negeri 2 . . . . . . . . . Tahun 2021-2022
C.
Maksud dan Tujuan
Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah
agar siswa memiliki empat keterampilan yaitu keterampilan mendengar ( al-
Istima’), berbicara ( al-kalam), membaca (al-Qiraat), dan
menulis (al-Kitaabah). Untuk memantapkan empat keterampilan tersebut siswa
diharapkan juga memiliki keterampilan pendukungnya berupa unsur kebahasaan,
yakni berupa ucapan, tekanan kata, intonasi, kosa kata, frasa, ejaan, tulisan
dan tata bahasa.
Dalam pembelajaran bahas arab hendaknya siswa
dikenalkan juga tentang budaya Arab, baik budaya lisan ataupun budaya
tulisannya, karenanya dalam pembelajaran bahasa Arab guru diharapkan untuk
membimbing siswa dalam mempraktikkannya, sehingga pembelajaran bahasa arab
dapat menghantarkan siswa sebagaimana orang Arab berbahasa.
Sebagai bagian dari kurikulum yang menekankan
pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan , maka
pembelajaran bahasa Arab dituntut dapat berkontribusi dalam membentuk karakter
siswa sengan menginternalisasikan nilai-nilai keislaman, budaya timur Tengah
dan budaya universal kontemporer yang tidak bertentangan dengan Islam.
Untuk mewujudkan siswa mampu berbahasa Arab memang
tidak mudah, karena dibutuhkan pendalaman tatabahasa Arab yang sangat beragam
di banding dengan bahasa yang lainnya. Untuk itu siswa diberi jam tambahan atau
ekstrakurikuler untuk membantu percepatan pemahaman bahasa Arab, dan tidak
hanya itu siswa di harapkan mempunyai skill lebih dibidang muhaawaroh
atau percakapan.
BAB II
PROGRAM
KEGIATAN
A.
Waktu dan Tempat Kegiatan
Jami’yatu
al-Lughot al-Arobiyyah dilaksanakan di luar jam belajar setiap hari Rabu dimulai jam 15.30 sd
17.00. bertempat dilingkungan MTs Negeri 2 . . . . . . . . ..
B.
Pembina dan Pelatih
Jami’yatu
al-Lughot al-Arobiyyah dikelola oleh . . . . . . . . . . . . .
., selaku pembina dan pelatih yang juga bertugas sebagai guru bahasa
Arab dilingkungan MTs Negeri 2 . . . . . . . . ..
C.
Materi Ajar
Materi yang diberikan pada kegiatan
ini meliputi empat keterampilan:
1. Al- Istima’ (ketrampilan Menyimak)
2. Al-Kalam (keterampilan Berbicara)
3. Al-Qiroah (keterampilan Membaca)
4. Al-Kitabah (keterampilan Menulis)
Namun dalam kegiatan ini yang paling
dominan dan ditekankan adalah keterampilan berbicara atau al-Kalam
dengan alasan untuk membiasakan peserta melafalkan apa yang telah dipelajari. Al-kalam
adalah keterampilan yang lebih menantang karena peserta dituntut untuk
mengeksflor kemampuan pemahaman baik tatabahasa maupun bacaanya.
D.
Jadwal Materi Pelajaran
BULAN |
MINGGU/TANGGAL |
MATERI |
KETERANGAN |
Agustus |
( 1 ) 03 Agustus 2022 |
Menjelaskan keutamaaan dan arti pentingnya bahasa arab |
|
( 2 ) 10 Agustus 2022 |
Mengajarkan dan mempraktikan cara membuka kamus |
|
|
( 3 ) 24 Agustus 2022 |
Hiwar At-Ta’aruf |
|
|
( 4 ) 31 Agustus 2022 |
Kitabah At-Ta’aruf |
|
|
|
|
|
|
September |
( 1 ) 07 September 2022 |
Istima’ Fil Bait |
|
( 2 ) 14 September 2022 |
Kalam Fil Bait |
|
|
( 3 ) 21 September 2022 |
Qira’ah Fil Bait |
|
|
( 4 ) 28 September 2022 |
Kitabah Fil Bait |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Oktober |
( 1 ) 05 Oktober 2022 |
Istima’ Fil Madrasah |
|
( 2 ) 12 Oktober 2022 |
Kalam Fil Madrasah |
|
|
( 3 ) 19 Oktober 2022 |
Qira’ah Fil Madrasah |
|
|
( 4 ) 26 Oktober 2022 |
Kitabah Fil Madrasah |
|
|
|
|
|
|
Nopember |
( 1 ) 02 Nopember 2022 |
Istima’ A’malul Yaumiyyah |
|
( 2 ) 09 Nopember 2022 |
Kalam A’malul Yaumiyyah |
|
|
( 3 ) 16 Nopember 2022 |
Qira’ah A’malul Yaumiyyah |
|
|
( 4 ) 23 Nopember 2022 |
Kitabah A’malul Yaumiyyah |
|
|
|
|
|
|
Januari |
( 1 ) 04 Januari 2023 |
Istima’ Fil Masjid |
|
( 2 ) 11 Januari 2023 |
Kalam Fil Masjid |
|
|
( 3 ) 18 Januari 2023 |
Qira’ah Fil Masjid |
|
|
( 4 ) 25 Januari 2023 |
Kitabah Fil Masjid |
|
|
|
|
|
|
Februari |
( 1 ) 01 Februari 2023 |
Istima’ Fil ‘Utlah |
|
( 2 ) 08 Februari 2023 |
Kalam Fil ‘Utlah |
|
|
( 3 ) 15 Februari 2023 |
Qira’ah Fil ‘Utlah |
|
|
( 4 ) 22 Februari 2023 |
Kitabah Fil ‘Utlah |
|
|
|
|
|
|
Maret |
( 1 ) 01 Maret 2023 |
Istima’ Hiwayah |
|
( 2 ) 08 Maret 2023 |
Kalam Hiwayah |
|
|
( 3 ) 15 Maret 2023 |
Qira’ah Hiwayah |
|
|
( 4 ) 22 Maret 2023 |
Kitabah Hiwayah |
|
|
( 5 ) 29 Maret 2023 |
Tadriibat |
|
|
|
|
|
|
April |
( 1 ) 05 April 2023 |
Istima’ Fil Mihnah |
|
( 2 ) 12 April 2023 |
Kalam Fil Mihnah |
|
|
( 3 ) 19 April 2023 |
Qira’ah Fil Mihnah |
|
|
( 4 ) 26 April 2023 |
Kitabah Fil Mihnah |
|
|
|
|
|
|
Mei |
( 1 ) 03 Mei 2023 |
Istima’ Fil Maqshaf |
|
( 2 ) 10 Mei 2023 |
Kalam Fil Maqshaf |
|
|
( 3 ) 17 Mei 2023 |
Qira’ah Fil Maqshaf |
|
|
( 4 ) 24 Mei 2023 |
Kitabah Fil Maqshaf |
|
|
( 5 ) 31 Mei 2023 |
Tadriibat |
|
|
|
|
|
|
Juni |
( 1 ) 07 Juni 2023 |
Istima’ Fil Hadiqah |
|
( 2 ) 14 Juni 2023 |
Kalam Fil Hadiqah |
|
|
( 3 ) 21 Juni 2023 |
Qira’ah Fil Hadiqah |
|
|
( 4 ) 28 Juni 2023 |
Kitabah Fil Hadiqah |
|
- Belajar – Pengertian, Proses, Sistem, Ciri, Hasil & Prinsip
- Teori-Teori Belajar Menurut Para Ahli
- PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER BAHASA ARAB
- PROGRAM KERJA PESANTREN KILAT
- PERJANJIAN KERJASAMA MORANDUM OF UNDERSTANDING (MoU) SEKOLAH DENGAN PONDOK
- PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
- PROPOSAL KEGIATAN SEKOLAH HARI SANTRI
- LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN MENGIKUTI PERLOMBAAN TAHFIDZ, DA'I, DAN KALIGRAFI
BAB III
PENUTUP
Demikianlah
gambaran rencana kerja yang kami susun dengan harapan menjadi acuan dalam
pelaksanaan Arabic Club dan menjadi pedoman sehingga dalam pelaksanaanya
menjadi lebih terarah dan mencapai target. Kami berharap mudah-mudahan kegiatan
ini menjadi bermanfaat bagi para siswa dan siswi baik sekarang atau masa yang
akan datang.
Surabaya,
31 Juli 2022
Mengetahui, Wakamad Kesiswaan . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . |
|
Pembina Arabic Club . . . . . . . . . . . . . . NIP. - |
|
|
|
Menyetujui,
Kepala Madrasah
. . . . . . . . . . . . . .
. . . . .
. . . . . . . . .