BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kegiatan
ekstrakurikuler PRAMASDA (Pramuka . . . . . . . . . . . . . . .)
di . . . . . . . . . . . . . . . merupakan kegiatan wajib kelas 8 kurikulum K13
dan ekstrakurikuler tambahan bagi siswa kelas 7 dan 9. Kegiatan ini sangat membantu program madrasah
dalam memupuk karakter khas pramuka yang bersatya dharma dalam menjalankan
aktifitas sehari hari sebagai siswa dan siswi madrasah.
Melalui
kegiatan ini pula diharapkan muncul siswa dan siswi yang memiliki jiwa
kepemimpinan diri yang baik sesuai visi madrasah. Seorang pramuka yang tidak
hanya mengetahui satya dharma pramuka,
tapi juga memahami dan mengamalkan dalam keseharian mereka. Dewan Penggalang
adalah bentuk upaya kita dalam memberi nilai lebih pada siswa siswi madrasah
yang tergabung agar selalu setia, siap dan sedia dalam mengembang tugas apapun
yang diamanahkan madrasah.
B.
Dasar Hukum
Kegiatan
ekstrakurikuler berlandaskan pada pedoman, peraturan dan keputusan menteri
pendidikan nasional RI sebagai berikut:
1.
Undang-undang
No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.
UU.
No 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka
3.
Peraturan
Pemerintah No. 32 tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan pemerintah No. 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan
4.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional No. 39 tahun 2008 tentang Standar Pembinaan
Kesiswaan.
5.
Permendikbud.
No 63 Tahun 2014 tentang Ekstrakurikuler wajib Pendidikan Kepramukaan
6.
Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan menengah.
7.
Program
Kerja . . . . . . . . . . . . . . . Tahun 2021-2022
C.
Tujuan
Kegiatan ini bertujuan
untuk membantu menumbuhkan nilai nilai nasionalisme pada diri siswa . . . . . .
. . . . . . . . . melalui kegiatan pramuka.
1.
Setiap
anggota pramuka . . . . . . . . . . . . . . . menjadi manusia yang
berkpribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, dan berbudi
pekerti dan kuat keyakinan beragama
2.
Setiap
anggota pramuka . . . . . . . . . . . . . . . menjadi manusia yang tinggi
kecerdasan dan keterampilannya,
3.
Setiap
anggota pramuka . . . . . . . . . . . . . . . menjadi manusia yang kuat dan
sehat fisiknya
4.
Setiap
anggota pramuka . . . . . . . . . . . . . . . menjadi manusia warga Negara
Indonesia yang berjiwa pancasila, setia dan patuh pada NKRI
BAB II
PROGRAM KEGIATAN
A.
Waktu dan Tempat Kegiatan
Waktu : Kamis dan
Sabtu (Dewan Penggalang)
Jumat
(Pramuka wajib kelas 8)
Tempat : . . . . . . . . .
. . . . . .
B.
Pembina dan Pelatih
1.
. .
. . . . . . . . . . . . .
2.
Eka
Difa Rizqi Putra
3.
Salvia
Sarwahita
4.
Alifia
Donna
C.
Materi Ajar
Materi yang diberikan pada kegiatan ini meliputi:
1.
Kepramukaan
2.
Kebangsaan
3.
Keterampilan
4.
Ketangkasan
D.
Jadwal Materi Pelajaran
BULAN |
MINGGU/TANGGAL |
MATERI |
KETERANGAN |
Agustus |
05 Agustus 2022 |
Pengenalan PBB Dasar bertongkat |
|
12
Agustus 2022 |
Penerapan
PBB bertongkat dasar |
|
|
19
Agustus 2022 |
KIM |
|
|
26
Agustus 2022 |
Outbond
pramuka ceria |
|
|
September |
2
September 2022 |
SKU
penggalang ( Dewan Penggalang) |
|
9
September 2022 |
Materi
Penjernihan air |
|
|
16
September 2022 |
Mengenal
simpul |
|
|
23
September 2022 |
Mengenal
Ikatan tali pramuka |
|
|
30
September 2022 |
Pioneering
dasar |
|
|
Oktober |
7
Oktober 2022 |
Penerapan
dharma pramuka ke 2 |
|
14
Oktober 2022 |
Pengenalan
pentingnya Tanaman sekitar |
|
|
21 Oktober 2022 |
Penghijauan
|
|
|
28 Oktober 2022 |
Mengenal
dasar Survival |
|
|
Nopember |
4
Nopember 2022 |
Jenis
dan fungsi salam dalam pramuka |
|
11
Nopember 2022 |
Mengenal
tanda jejak |
|
|
18
Nopember 2022 |
Peta
pita pramuka |
|
|
25
Nopember 2022 |
Panorama
sket |
|
|
Januari |
06
Januari 2023 |
kompas |
|
13
Januari 2023 |
Jenis
dan fungsi tenda |
|
|
20
Januari 2023 |
Tapak
tenda |
|
|
27
Januari 2023 |
Pemilihan
lokasi Berkemah |
|
|
Februari |
03
Februari 2023 |
Sandi
kotak 1 &2 |
|
10
Februari 2023 |
Sandi
morse |
|
|
17
Februari 2023 |
simaphore |
|
|
24
Februari 2023 |
Menaksir
ketinggian dan lebar |
|
|
Maret |
03
Maret 2023 |
Berkemah
|
|
10
Maret 2023 |
Jelajah |
|
|
17
Maret 2023 |
Pelantikan
SKU Rakit |
|
|
24
Maret 2023 |
Pengenalan
10 TKK dasar |
|
|
31
Maret 2023 |
Penempuhan
10 TKK dasar |
|
|
April |
7
April 2023 |
Penempuhan
10 TKK dasar |
|
14
April 2023 |
Penempuhan
10 TKK dasar |
|
|
21
April 2023 |
Penempuhan
10 TKK dasar |
|
|
28
April 2023 |
Penempuhan
10 TKK dasar |
|
|
Mei |
5
Mei 2023 |
Penempuhan
10 TKK dasar |
|
12
Mei 2023 |
Penempuhan
10 TKK dasar |
|
|
19
Mei 2023 |
Penempuhan
10 TKK dasar |
|
|
26
Mei 2023 |
Penempuhan
10 TKK dasar |
|
|
Juni |
2
Juni 2023 |
Penempuhan
10 TKK dasar |
|
9
Juni 2023 |
Outbond
pramuka ceria |
|
|
16
Juni 2023 |
Pengenalan
SKU Terap |
|
|
23
Juni 2023 |
Evaluasi
kegiatan kepramukaam |
|
|
30
Juni 2023 |
Penutupan
Kegiatan Pramuka |
|
- Belajar – Pengertian, Proses, Sistem, Ciri, Hasil & Prinsip
- Teori-Teori Belajar Menurut Para Ahli
- PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER BAHASA ARAB
- PROGRAM KERJA PESANTREN KILAT
- PERJANJIAN KERJASAMA MORANDUM OF UNDERSTANDING (MoU) SEKOLAH DENGAN PONDOK
- PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
- PROPOSAL KEGIATAN SEKOLAH HARI SANTRI
- LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN MENGIKUTI PERLOMBAAN TAHFIDZ, DA'I, DAN KALIGRAFI
BAB III
PENUTUP
Demikianlah
gambaran rencana kerja yang kami susun dengan harapan menjadi acuan dalam
pelaksanaan kegiatan kepramukaan di . . . . . . . . . . . . . . . dan menjadi
pedoman sehingga dalam pelaksanaanya menjadi lebih terarah dan mencapai target.
Kami berharap mudah-mudahan kegiatan ini menjadi bermanfaat bagi para siswa dan
siswi baik sekarang atau masa yang akan datang.
Surabaya,
Juli 2022
Mengetahui, . . . . . . . . . . . . . . . NIP. - |
|
Kordinator
Pembina . . . . . . . . . . . . . . . |
|
Mengetahui, |
|
|
Kepala Madrasah |
|
|
. . . . . . .
. . . . . . . . NIP.- |
|